cover
Contact Name
Fanni Zulaiha
Contact Email
fanni.zulaiha@gmail.com
Phone
+6285295611291
Journal Mail Official
fanni-zulaiha@unucirebon.ac.id
Editorial Address
Jalan Dr Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon
Location
Kab. cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS)
ISSN : 26227789     EISSN : 2622822X     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) or called "Journal of Physics and Science Education" (in english) is a journal that focuses on research on physics education, other science education (chemistry, biology, and Natural Science), and science (theory and application of physics, chemistry, and biology). JPFS has been registered with LIPI with [p-ISSN 2622-7789 | e-ISSN 2622-822X]. JPFS publishes a scientific paper on the results of the study and review of the literature in the sphere of natural science education in primary education, secondary education and higher education. Additionally, this journal also covers the issues of environmental education & environmental science. This journal is published twice a year in March and September while the first issue is in September 2018.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2019): Maret" : 7 Documents clear
Pengembangan PDEODODE-Ws yang Berorientasi Mengubah Konsepsi Siswa pada Sistem Hidrolik Dewi Yulianawati; Lilik Hasanah; Achmad Samsudin
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) Vol. 2 No. 1 (2019): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.557 KB) | DOI: 10.52188/jpfs.v2i1.63

Abstract

Pembelajaran fisika harus memfasilitasi siswa untuk berperan secara aktif dan interaktif agar terciptanya suasana untuk mengubah konsepsi siswa, salah satunya dengan menggunakan lembar kerja siswa (worksheet) yang berbasis PDEODODE. Pendekatan faktual dan konseptual menjadi dasar dalam pengembangannya. PDEODODE merupakan modifikasi strategi pembelajaran yang tahapannya meliputi Predict, Discuss, Explain, Observe, Discuss, Observe, Discuss dan Explain. Tujuan pengembangan PDEODODE-Ws adalah memfasilitasi siswa untuk mengubah konsepsi mengenai konsep dalam sistem hidrolik. PDEODODE-Ws dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari beberapa langkah, yaitu: Analyzing, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Penelitian ini dilakukan kepada 32 siswa kelas XI di salah satu SMA Negeri Kabupaten Kuningan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa PDEODODE-Ws dapat memfasilitasi siwa untuk memahami konsep fisika secara komprehensif dan memiliki potensi untuk mengungkap konsepsi siswa selama proses pembelajaran.
Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Learning Cycle Terhadap Hasil Belajar Siswa Damar Septian
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) Vol. 2 No. 1 (2019): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.039 KB) | DOI: 10.52188/jpfs.v2i1.64

Abstract

Multimedia interaktif berbasis learning cycle pada materi alat optik IPA di SMP perlu untuk diimplementasikan untuk mengurangi mis-interpretasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh multimedia interaktif berbasis learning cycle terhadap hasil belajar siswa; (2) penilaian siswa terhadap multimedia interaktif berbasis learning cycle. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas VIII D dan kelas VIII E. Kelas VIII E terpilih menjadi kelas eksperimen sedangkan kelas VIII D terpilih menjadi kelas kontrol. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu: (1) ada pengaruh multimedia interaktif berbasis learning cycle terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan nilai signifikansi 0,000; (2) kategori penilaian siswa terhadap multimedia interaktif pada komponen daya tarik, tingkat kesulitan, dan manfaat adalah sangat baik.
Pengembangan Modul Fisika Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Fluida Dinamis Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMAN 1 Astanajapura Madroji; Fanni Zulaiha; Faizah
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) Vol. 2 No. 1 (2019): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.909 KB) | DOI: 10.52188/jpfs.v2i1.65

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pengembangan dan pengaruh modul fisika berbasis Problem Based Learning pada materi fluida dinamis dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMAN 1 Astanajapura. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Sampel penelitian berjumlah 31 siswa SMA kelas XI. Sampel ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian diperoleh: 1) modul yang dikembangkan layak berdasarkan 5 validator (ahli materi, bahasa, media, praktisi, dan teman sejawat) dengan kategori “sangat baik”, respon siswa (dari aspek daya tarik modul, tingkat pemahaman penggunaan modul, penggunaan Problem Based Learning, dan tingkat pemahaman penggunaan kemampuan berfikir kritis) dikategorikan “sangat baik”; 2) adanya pengaruh modul pembelajaran fisika pada kemampuan berfikir kritis siswa kelas XI MIA 1 SMAN 1 Astanajapura.
Efektivitas Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Nilai Kognitif Siswa Pada Pokok Bahasan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) Siswa Kelas X MA Pringgabaya Rustaman; Sutisna; Mohamad Rendi Astono Sentosa
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) Vol. 2 No. 1 (2019): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.434 KB) | DOI: 10.52188/jpfs.v2i1.66

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) respon siswa terhadap penggunaan metode mind mapping; 2) nilai kognitif siswa kelas X MA Pringgabaya pada pokok bahasan gerak lurus berubah beraturan; dan 3) efektivitas belajar jika menggunakan metode mind mapping untuk pembelajaran pada pokok bahasan gerak lurus berubah beraturan. Penelitian ini menggunakan metode pre experimental design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MA Pringgabaya yang berjumlah 46 siswa. Teknik sampling menggunakan teknik sampling jenuh (sensus) yaitu meneliti semua populasi. Instrumen penelitian berupa lembar tes (pretes dan postes) dan lembar angket. Teknik analisa data menggunakan teknik analisis deskriptif dan uji hipotesis paired-sample t-test. Kesimpulan penelitian ini yaitu: 1) respon siswa terhadap penggunaan metode mind mapping sebagai metode belajar yaitu: 60,9% siswa menyetujui bahwa penggunaan metode mind mapping efektif dalam pembelajaran GLBB, 85,4% siswa menyatakan bahwa mencatat dengan metode mind mapping dapat menemukan informasi lebih cepat, seluruh siswa kelas X MA Pringgabaya menyatakan kesulitan dalam menyimbolkan suatu bahasan untuk digambarkan dalam mind mapping, 60,9% siswa akan menggunakan mind mapping untuk metode belajar selanjutnya, 39% siswa menyatakan bahwa penggunaan metode mind mapping sebagai metode belajar membuat mereka lebih cepat lelah; 2) Nilai kognitif rata-rata kelas pada saat pretes adalah 30,98 sedangkan nilai rata-rata kelas saat postes adalah 72,80; 3) terdapat efektivitas metode pembelajaran mind mapping terhadap nilai kognitif siswa pada bahasan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) siswa kelas X MA Pringgabaya.
Pengembangan Modul Fisika Berbasis Problem Solving Untuk Meningkatkan High Order Thinking Skill Pada Materi Fluida Statis Kelas XI MAN 2 Kuningan Sa’diah; Damar Septian; Gita Erlangga Kurniawan
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) Vol. 2 No. 1 (2019): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (474.156 KB) | DOI: 10.52188/jpfs.v2i1.67

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan modul berbasis model problem solving terhadap high order thinking skill pada siswa kelas XI IPA, (2) kelayakan produk berupa modul dalam meningkatkan high order thinking skill. Penelitian ini merupakan penelitian Researh and Development (R&D) yang mengacu pada model Four-D (4D). Data angket dianalisis secara deskriptif dengan persentase sedangkan data hasil high order thinking sklill dianalisis dengan uji wilcoxon menggunakan software IBM SPSS Statics 19. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan: (1) produk yang dihasilkan berupa modul pembelajaran fisika berbasis Problem Solving layak digunakan sebagai bahan ajar dengan nilai persentase 79,9%, (2) adanya pengaruh penggunaan modul pembelajaran fisika berbasis problem solving terhadap High Order Thinking Skill kelas XI IPA 3 MAN 2 Kuningan semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 dibuktikan dengan hasil uji wilcoxon memperoleh nilai sig 0,000 berada pada taraf signifikansi kurang dari 0,005 menunjukan ada perbedaan pada nilai posttest dan pretest dengan nilai posttest lebih besar dari nilai pretest.
Media Belajar Lewat Kesalahan Film Kartun Untuk Mengajarkan HOTS Materi Dispersi Cahaya Niky Ayu Sekar Arum; Marmi Sudarmi; Alvama Pattiserlihun
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) Vol. 2 No. 1 (2019): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (586.195 KB) | DOI: 10.52188/jpfs.v2i1.68

Abstract

Permendikbud No. 68 tahun 2013 menuntut siswa untuk dapat berpikir tingkat HOTS. Namun, banyak guru yang belum siap mengajar HOTS. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memanfaatkan film kartun Larva sebagai media belajar lewat kesalahan untuk mengajarkan siswa berpikir HOTS khususnya ranah evaluasi dan analisis; (2) memberi contoh RPP di mana pembelajarannya mengajarkan siswa berpikir HOTS. Tingkat berpikir HOTS yang diajarkan dalam penelitian ini adalah tingkat evaluasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain RPP, lembar observasi, kuesioner, serta soal evaluasi. Hasil analisis lembar observasi menyatakan 86,1% siswa menjawab dengan benar setiap pertanyaan menggiring HOTS yang diberikan, lembar kuesioner yang diisi siswa setelah KBM berlangsung yang menyatakan 96,6% siswa paham dan terbantu dengan pertanyaan menggiring yang diberikan untuk menarik kesimpulan. Hasil tes siswa menunjukkan 85% siswa mendapatkan nilai di atas KKM yang ditentukan yaitu 70. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini telah berhasil dan memenuhi kriteria sehingga RPP ini dapat menjadi contoh RPP berbasis HOTS bagi guru untuk mengajarkan siswa berpikir HOTS.
Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Vektor Kelas X MIPA MAN 1 Cirebon Ganda Noor Andaru; Mohamad Rendi Astono Sentosa; Damar Septian
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS) Vol. 2 No. 1 (2019): Maret
Publisher : Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.454 KB) | DOI: 10.52188/jpfs.v2i1.69

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle 7E terhadap keterampilan proses sains siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X MAN 1 Cirebon. Semester ganjil tahun ajaran 2016. Teknik pengambilan Sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, diperoleh kelas eksperimen yaitu X MIPA 4 dan kelas kontrol X MIPA 1. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu posttest only control design. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Pada uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t untuk mencari adakah pengaruh model learning cycle 7E terhadap keterampilan proses sains siswa. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan (positif) antara model pembelajaran learning cycle 7E terhadap keterampilan proses sains siswa dibandingkan dengan model konvensional pada pembelajaran fisika pokok bahasan vektor kelas X MAN 1 Cirebon.

Page 1 of 1 | Total Record : 7