cover
Contact Name
M. Kamal
Contact Email
eduinsan75@gmail.com
Phone
+6282210210100
Journal Mail Official
eduinsan75@gmail.com
Editorial Address
Jl. Lintas Jambi Muara Bulian KM. 21 Kel. Pijoan Kec. Jambi Luar Kota Provinsi Jambi
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Bina Ilmu Cendekia
ISSN : -     EISSN : 27223612     DOI : https://doi.org/10.46838/jbic.v1i1.1
Core Subject : Education,
Jurnal Bina Ilmu Cendekia yang bertujuan untuk memfasilitasi para siswa, guru, dosen, praktisi pendidikan dan peneliti untuk mempublikasikan karya ilmiah mereka baik berupa reveiw literasi, penelitian, pengabdian dalam bidang pendidikan, Teaching and Learning,Curriculum Development Learning Environments,Teacher Education,Educational Technology,Educational Developments
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Bina Ilmu Cendekia" : 10 Documents clear
أخطاء الدارسين فى استخدام الأفعال المتعدية بحرف الجر : (KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENGGUNAKAN VERBA TRANSITIF DENGAN PREPOSISI) Syaiful Rahmat
Jurnal Bina Ilmu Cendekia Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Publisher : MAN Insan Cendekia Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46838/jbic.v2i1.17

Abstract

The study aims to identify the student’s linguistic errors in using the transitive verbs with the letter of traction. The study was conducted at First Grade Students in the State Islamic High School of Insan Cendekia of North Tapanuli Indonesia. The method used by the researcher in this study is the descriptive and error analysis method. The researcher took 30 students as sample of study. After the study was conducted and the results has showed errors of linguistics in using synonyms as follows: 1) Ignorance of rule restriction, 2) false concepts hypothesized, 3) Mother Tongue Interference, 4) Psychological factors such as forgetfulness, haste, fatigue, anxiety, laziness, illness and others.
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL CIRCUIT LEARNING BERBANTUAN PAPEL INTERAKSI PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA KELAS V SDN 03 PANCUR BERBASIS LESSON STUDY Brian Priyangga; Sri Utaminingsih; Deka Setiawan
Jurnal Bina Ilmu Cendekia Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Publisher : MAN Insan Cendekia Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46838/jbic.v2i1.23

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, keterampilan guru, dan aktivitas siswa menggunakan model circuit learning berbasis lesson study di kelas V SDN 03 Pancur. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian berupa tes kemampuan berpikir kritis, lembar observasi keterampilan guru, dan lembar observasi aktivitas siswa. Analisis data dalam penelitian menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, keterampilan guru, dan aktivitas siswa. Kemampuan berpikir kritis siswa siklus I memperoleh nilai 69, pada siklus II 84. Keterampilan guru siklus I mencapai 73%, pada siklus II 90%. Aktivitas siswa siklus I memperoleh nilai 69, pada siklus II 84. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model circuit learning berbantuan papel interaksi berbasis lesson study dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, keterampilan guru, dan aktivitas siswa pada tema lingkungan sahabat kita kelas V SDN 03 Pancur.
SISTEM PENGAJUAN DAFTAR USUL PENETAPAN ANGKA KREDIT (DUPAK) GURU DAN PENGAWAS KEMENAG PROV. JAMBI GOLONGAN IV/A KE IV/b dI MASA PANDEMI COVID 19 elfandi putra
Jurnal Bina Ilmu Cendekia Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Publisher : MAN Insan Cendekia Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46838/jbic.v2i1.50

Abstract

Abstract Teachers and Supervisors with the status of ASN have the right guaranteed by the Law to propose promotions in each period. Teachers and supervisors are declared to be promoted to a higher level if the person concerned has a Credit List Proposal List (DUPAK) value reaching the determined cumulative Credit Score (AKK). Besides AKK, Performance Assessment (PK) and Scientific Publication (PI) assessment must also be fulfilled. The assessment output in the form of Teacher and Supervisor Credit Score (PAK) is determined based on the total value of the calculation of physical evidence contained in the Proposed Credit Determination List (DUPAK). The DUPAK assessment process will be assessed and evaluated by an nationally certified assessor team. Over the past years, precisely before the DUPAK proposal for the October 2020 period, proposing and calculating credit numbers in DUPAK still used conventional methods (by paper). These conventional methods certainly require a lot of paper, including binding, and sending DUPAK so that it consumes a lot of time and money. In addition to the process of preparing and sending DUPAK, the verification and assessment process by the assessment team was also forced to be carried out manually as well, including an assessment team meeting to determine the results of the forced evaluation must also be carried out face-to-face. Proposal and evaluation of DUPAK in conventional ways is certainly no longer effective and efficient in the 4.0 era as it is today, especially since the atmosphere is still in the 19th Pandemic era. The government banned activities and activities that gathered large numbers of people during the 19th pandemic. Therefore, to overcome this problem the government, in this case the Indonesian Ministry of Religion through the Director General of Islamic Education issued a regulation contained in the Secretariat General Letter of the Ministry of Religion of the Republic of Indonesia Number B-16308 / B.II / 4 / Kp.01.2 / 05/2020 May 6 2020, the contents of which are dated May 12, which requires DUPAK proposers to make the online submission process. The Ministry of Religion's Civil Service Bureau has developed a method and system for proposing DUPAK teachers and supervisors online, so that the process of proposing and calculating credit numbers is fast and accurate. This new system is built based on online applications, in which there are features that contain elements of activities whose credit numbers will be assessed. Each teacher and supervisor who proposes the rank registers and has their own account. Login through the account that has been made is used by the proposer for data entry required.According to the authors, procedurally and formal legality, the old system and the new system are not much different. But in terms of work effectiveness, the new system is far more effective than conventional methods (by paper). the fundamental difference also lies in the function of online application-based computer technology in the file upload process, so as to shorten the DUPAK submission and assessment process. This research will describe the data and facts arising from an act of using an online application system. The online application in this action research is Simpeg-5 released by the Republic of Indonesia Civil Service Bureau for proposing DUPAK with rank IV / a to IV / b in the period of October 2020.
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BATANG HARI MEMBENTUK KETELADANAN DALAM PERILAKU Fahri Firdaus Djong; M. Rusdi; Hary Soedarto Sarjono
Jurnal Bina Ilmu Cendekia Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Publisher : MAN Insan Cendekia Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46838/jbic.v2i1.54

Abstract

ABSTRACT This research aims to know: (1) The process of multimedia development of website-based learning on the subjects of Sociology, (2) information on the feasibility of multimedia products based learning website on the subjects of sociology grade X class Madrasah AliyahThis method of research is Research and Development (R&D) with the development method of ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The research was located at MAN 1 Batang Hari in March 2020. Data collection instruments are observations and polls. This multimedia learning feasibility is assessed by a team of learning design experts, website design experts, material experts and practitioners.The results explained that: (1) Multimedia based website learning has been developed with the address http://digsostory.com. (2) Multimedia-based learning website on the subject of sociology of class X Madrasah Aliyah Negeri 1 Batang Hari deserves to be used as a learning media after the interview and validation by experts and practitioners. Keywords: multimedia learning, the subjects of the sociology, website-based learning, Research and Development
PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING DALAM MEMPERSIAPKAN GENERASI MILENIAL DI ERA 4.0 Deka Oktaviana; Yulleila; Maryana
Jurnal Bina Ilmu Cendekia Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Publisher : MAN Insan Cendekia Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46838/jbic.v2i1.59

Abstract

Era revolusi 4.0 saat ini sudah tidak bisa dihindari lagi. Untuk memasuki era 4.0., diperlukan sumber daya manusia yang memadai, seperti yang dijelaskan Trina Fizzanty peneliti P2 KMIptekin LIPI, mengenai kondisi Indonesia dalam awal era Revolusi Industri 4.0. Indonesia memiliki bonus demografi dan dengan profil penduduk pengguna internet yang mencapai 54,68%, yaitu 143 juta dari total 243 juta penduduk. Namun, Indonesia masih perlu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kesiapan Generasi Milenial Menghadapi Era 4.0 melalui Penerapan pembelajaran berbasis E-Learning di MAN Insan Cendekia Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: Guru di MAN Insan Cendekia Jambi telah mendapatkan sosialisasi tentang penerapan e-learning, serta sudah menerapkan pembelajaran e-learning kepada siswa di MAN Insan Cendekia Jambi. Sedangkan bagi siswa, siswa selalu membawa dan menggunakan laptop dalam pembelajaran sehari-hari, media-media pembelajaran e-learning telah dilaksanakan di MAN Insan Cendekia Jambi dalam pembelajaran e-learning-nya, sarana dan prasarana pendukung pembelajaran e-learning sudah sangat maksimal penggunaan dan pelaksanaannya, Pembelajaran e-learning membawa dampak yang sangat positif bagi siswa, dan e-learning merupakan bentuk pembiasaan teknologi yang baik disadari ataupun tidak, akan memberikan kontribusi yang sangat besar dalam mempersiapkan generasi milenial menghadapi era 4.0.
Satu Koin: Kamus Bahasa Orang Kayo Berbasis Tekstual dan Android Warisan Budaya Bahasa Kerinci Hasya Syakira; Luthviana Hafizah; Maryana; M. Safar
Jurnal Bina Ilmu Cendekia Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Publisher : MAN Insan Cendekia Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46838/jbic.v2i1.60

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan kosa kata yang terdapat di Desa Sungai Tutung, Kecamatan Air Hangat Timur dan Desa Koto Beringin, Kecamatan Siulak, Kabupaten Kerinci, dan mendeskripsikan arti kosa kata yang terdapat di Desa Sungai Tutung, Kecamatan Air Hangat Timur dan Desa Koto Beringin, Kecamatan Siulak, Kabupaten Kerinci. Metode penelitian data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data berasal dari hasil observasi dan wawancara dengan narasumber mengenai kosa kata dan maknanya yang terdapat di lokasi penelitian. Sumber data berasal dari informan penelitian yang menjadi narasumber penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa daerah Kerinci memiliki kosa kata yang beraneka ragam. Hal ini membuat Kamus Satu Koin berbasis tekstual dan android menjadi solusi untuk melestarikan bahasa daerah di Kabupaten Kerinci.
PENERAPAN ALGORITMA APRIORI DALAM ANALISIS DATA PENJUALAN DI KOPERASI CENDEKIA MAN INSAN CENDEKIA JAMBI M. Safar; Irma Suana
Jurnal Bina Ilmu Cendekia Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Publisher : MAN Insan Cendekia Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46838/jbic.v2i1.61

Abstract

Penerapan asosiasi data mining terdapat beberapa algoritma diantaranya adalah algoritma apriori, algoritma hash base, algoritma fp growth, dan algoritma fuzy c covering. Masing-masing algoritma memiliki kelebihan dan kekurangan. Pada penelitian ini menggunakan algoritma apriori yang bertujuan untuk untuk mencari informasi dari kumpulan data. Didalam mempelajari hasil dari algoritma, apriori dapat digunakan untuk menjadi dipertimbangkan dalam membuat strategi pemasaran, optimalisasi penjualan serta sebagai pertimbangan material untuk penyetokan ulang. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa pengaflikasian algoritma apriori dapat dilakukan dengan cara data-data pembelian barang pada Koperasi Cendekia MAN Insan Cendekia Jambi. Data-data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dalam MS Excel dengan menggunakan tabel agar data tersebut lebih mudah untuk dibaca. Tabel data yang telah diolah dimasukkan ke dalam software khusus bernama “Weka 3.8 ( with console )” untuk diolah lebih lanjut. Dari software tersebut, kami dapat mengetahui sampel data minat pembeli, termasuk barang yang paling sering maupun yang jarang dibeli. Data bersih yang telah dimasukkan dalam software diolah kembali secara manual sehingga barang yang jarang dibeli kami letakkan sedikit jauh dari barang yang sering dibeli. Penerapan algoritma apriori akan mempengaruhi tata letak barang di Koperasi Cendekia sehingga mempermudah konsumen dalam Pembelian barang. Hal ini juga akan memudahkan pengelola koperasi dalam menentukan barang yang akan distok ulang sesuai kebutuhan.
PENERAPAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK TOKEN ECONOMY UNTUK MEMINIMALISIR PERILAKU MEMBOLOS SISWA KELAS IX F SMP NEGERI 3 MELAYA Sri Sedar Marhain; I Ketut Winata; Kartini Ayu Trisna wati
Jurnal Bina Ilmu Cendekia Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Publisher : MAN Insan Cendekia Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46838/jbic.v2i1.62

Abstract

Sekolah adalah tempat dimana para siswa mendapat kesempatan mengaktualisasikan dirinya, baik itu dalam berkomunikasi, dalam bertingkah laku, dalam bergaul dan belajar. Berbagai usaha telah dilakukan agar tercipta sumber daya manusia yang berkualitas yang mampu mengikuti berbagai kemajuan dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam upaya mencapai keberhasilan ini tentunya terdapat beberapa hambatan yang disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satu hambatan tersebut adalah perilaku membolos siswa. Penelitian yang dilakukan ini diadaptasi dari PTK hanya saja lebih mengkhusus ke bidang bimbingan konseling yang disebut Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK). Rancangan PTBK pada dasarnya sama dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan didasarkan pada filosofi bahwa setiap manusia tidak suka atas hal-hal yang statis, tetapi selalu menginginkan sesuatu yang lebih baik. Peningkatan diri untuk hal yang lebih baik ini dilakukan terus menerus sampai tujuan tercapai. Hasilnya adalah Berdasarkan hasil penelitian bahwa konseling behavioral dengan token economy dapat membantu meminimalisir perilaku membolos tinggi siswa kelas IX F SMP Negeri 3 Melaya. Ini terbukti dari rata-rata penurunan perilaku membolos siswa mencapai 35.65%.
ANALISA KECANDUAN MEDIA SOSIAL PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN KONSELING UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI Miftahul Arifin; Siti Napisah; Brillyan Gita Abigamika Arimbawa
Jurnal Bina Ilmu Cendekia Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Publisher : MAN Insan Cendekia Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46838/jbic.v2i1.63

Abstract

Mahasiswa program studi bimbingan konseling di Universitas PGRI Banyuwangi, maka aktivitas mahasiswa yang bersangkutan akan terganggu, baik aktivitas sehari-harinya maupun aktivitasnya sebagai mahasiswa. Jika hal ini terus dibiarkan maka mahasiswa yang bersangkutan tidak bisa menjadi lulusan yang berkompeten di bidang konseling. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitif dengan pendekatan fenomenologi dengan hasil penelitian adalah Aplikasi Whatsapp merupakan media sosial yang paling sering diakses oleh mahasiswa program studi bimbingan konseling Universitas PGRI Banyuwangi, yaitu dari 61 responden mahasiswa, sebanyak 55 mahasiswa (90,2%) paling sering mengakses media sosial ini. Dan Intensitas mahasiswa program studi bimbingan dan konseling Universitas PGRI Banyuwangi dalam mengakses media sosial termasuk kategori sedang. Terbukti dari data yang telah dianalisa menunjukkan dari 61 mahasiswa yang menjadi responden penelitian, sebanyak 12 mahasiswa (19,67%) memiliki intensitas mengakses media sosial dalam kategori rendah, 30 mahasiswa (49,18%) memiliki intensitas mengakses media sosial dalam kategori sedang dan 19 mahasiswa (31,14%) memiliki intensitas mengakses media sosial dalam kategori tinggi
STUDI DESKRIPTIF DAMPAK PSIKOLOGIS MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI DALAM PENYUSUNAN SKRIPSI DI MASA PANDEMI COVID-19 Retno Permatasari
Jurnal Bina Ilmu Cendekia Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Publisher : MAN Insan Cendekia Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46838/jbic.v2i1.64

Abstract

Bagi para mahasiswa tingkat akhir khususnya prodi Bimbingan dan Konseling yang sedang mengerjakan tugas akhir (skripsi) sangat mengalami masalah-masalah yang terjadi dikarenakan wabah COVID-19, salah satunya adalah karena umumnya layanan konseling harus dilakukan dengan bertatap muka, sulitnya mencari topik atau judul di tengah wabah COVID-19, tidak bisa keluar rumah sebagaimana biasa untuk melakukan penelitian atau riset lapangan, sekolah-sekolah yang liburkan sehingga tidak bisa melakukan konseling untuk mencari data yang relevan, terbatasnya teknologi yang dimiliki oleh siswa, tidak bisa berkumpul dan diskusi bersama teman, dosen yang sulit ditemui, proses bimbingan yang dilakukan secara online dirasa kurang maksimal di kondisi pandemi COVID-19 yang tak kunjung usai ini. Kebijakan dari pemerintah ini ikut membuat mahasiswa terhambat dalam mengerjakan skripsi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan dengan jumlah informan 6 orang yang terdiri dari 3 mahasiswa dan 3 dosen. Hasilnya adalah terdapat dampak psikologis pada mahasiswa penyusun skripsi pada masa pandemi COVID-19. Dampak psikologis antaranya stress, cemas berkomunikasi, takut, gelisah, sulit tidur, dan jenuh. Stres pada mahasiswa BK yang sedang menyusun skripsi termasuk pada kategori stres tingkat tinggi akibat personal stressor.

Page 1 of 1 | Total Record : 10