cover
Contact Name
M. Kamal
Contact Email
eduinsan75@gmail.com
Phone
+6282210210100
Journal Mail Official
eduinsan75@gmail.com
Editorial Address
Jl. Lintas Jambi Muara Bulian KM. 21 Kel. Pijoan Kec. Jambi Luar Kota Provinsi Jambi
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Bina Ilmu Cendekia
ISSN : -     EISSN : 27223612     DOI : https://doi.org/10.46838/jbic.v1i1.1
Core Subject : Education,
Jurnal Bina Ilmu Cendekia yang bertujuan untuk memfasilitasi para siswa, guru, dosen, praktisi pendidikan dan peneliti untuk mempublikasikan karya ilmiah mereka baik berupa reveiw literasi, penelitian, pengabdian dalam bidang pendidikan, Teaching and Learning,Curriculum Development Learning Environments,Teacher Education,Educational Technology,Educational Developments
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2022): Jurnal Bina Ilmu Cendekia" : 2 Documents clear
Internalisasi Nilai Karakter pada Pembelajaran Dimensi Tiga di MAN Insan Cendekia Jambi dalam Kurikulum 2013 Ahmad Puguh Eriawan
Jurnal Bina Ilmu Cendekia Vol. 3 No. 2 (2022): Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Publisher : MAN Insan Cendekia Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46838/jbic.v3i2.228

Abstract

Internalisasi nilai-nilai karakter pada pembelajaran dimensi tiga adalah suatu cara yang signifikan dalam membentuk karakter siswa diantaranya disiplin, mandiri, rasa ingin tahu, tanggung jawab, dan jujur. Kurikulum 2013 yang menekankan karakter dalam setiap pembelajaran merupakan pedoman yang harus dilakukan oleh setiap guru dalam proses pembelajaran di kelas. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan suatu internalisasi nilai-nilai karakter disiplin, mandiri, rasa ingin tahu, tanggung jawab, jujur, toleransi, dan peduli lingkungan pada pembelajaran dimensi tiga yang dilakukan di MAN Insan Cendekia Jambi. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif untuk mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai karakter melalui observasi, penilaian diri, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian memperlihatkan internalisasi nilai-nilai karakter pada pembelajaran dimensi tiga dengan cara menerima dan melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru dengan pemahaman dan pembiasaan selama proses pembelajaran dimensi tiga, sehingga mendorong terbentuknya karakter disiplin, jujur, mandiri, rasa ingin tahu, tanggung jawab, toleransi, dan peduli lingkungan. Penelitian tentang nilai-nilai karakter pada pembelajaran membutuhkan waktu dan fokus kepada subjek penelitian, karena dalam penilaian sikap perlu konsentrasi yang tinggi dalam mengamati perilaku siswa. Disamping itu dibutuhkan pengamat yang memahami karakter yang dimunculkan dalam pembelajaran sesuai dengan indikator-indikator yang telah dirumuskan sebagai acuan dalam proses observasi atau pengamatan.
Pengembangan E-Modul Pembelajaran Geografi di Indonesia Berbasis Flipbook di SMA/ MA Melia Fitri Yani; Muhammad Ali; Indryani
Jurnal Bina Ilmu Cendekia Vol. 3 No. 2 (2022): Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Publisher : MAN Insan Cendekia Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46838/jbic.v3i2.240

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses pengembangan e-modul untuk pembelajaran geografi berbasis flipbook materi dinamika kependudukan di Indonesia di MAN Insan Cendekia Jambi, (2) mengetahui uji kelayakan produk e-modul berbasis flipbook untuk pembelajaran geografi materi dinamika kependudukan di Indonesia di MAN Insan Cendekia Jambi, dan (3) mengetahui tanggapan guru dan peserta didik terhadap produk e-modul berbasis flipbook untuk pembelajaran geografi materi dinamika kependudukan di Indonesia di MAN Insan Cendekia Jambi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengadaptasi model pengembangan Lee dan Owens (2004) terdiri dari lima tahap, yaitu penilaian/analisis (assessment/analysis) yang meliputi analisis kebutuhan (need assessment) dan analisis awal akhir (front-end analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Validasi kelayakan e-modul dilakukan oleh ahli materi/ isi dan ahli media, serta diimplementasikan kepada 33 peserta didik kelas XI IPS MAN Insan Cendekia Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pengembangan e-modul untuk pembelajaran geografi berbasis flipbook dilakukan dengan 5 (lima) tahapan model Lee dan Owens yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi, (2) uji kelayakan e-modul untuk pembelajaran geografi berbasis flipbook diperoleh hasil validasi ahli materi/ isi 77,33% dengan kategori layak dan hasil validasi ahli media diperoleh nilai 96,00% dengan kategori sangat layak, (3) tanggapan guru geografi terhadap produk e-modul untuk pembelajaran geografi berbasis flipbook diperoleh nilai 98,00% dengan kategori sangat layak, tanggapan peserta didik berdasarkan uji coba satu per satu diperoleh nilai 93,80%, uji coba kelompok kecil diperoleh nilai 84,61%, dan uji coba kelompok besar diperoleh nilai 93,86% dikategori sangat layak digunakan oleh peserta didik secara tatap muka maupun mandiri.

Page 1 of 1 | Total Record : 2