cover
Contact Name
Iman Nurjaman
Contact Email
jurnalceria@gmail.com
Phone
+6281542117322
Journal Mail Official
jurnalceria@gmail.com
Editorial Address
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol, Kota Tangerang, Banten, Indonesia
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : 23019905     EISSN : 2775409X     DOI : http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v13i2
Core Subject : Education,
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini memiliki fokus dalam penelitian dalam bidang pendidikan dan anak usia dini. Artikel ilmiah yang termasuk dalam jurnal ini adalah metode pengajaran, media pembelajaran, permasalahan anak usia dini dalam pendidikan, dan hal lain yang terkait pada anak usia dini.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 2 (2022): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini" : 6 Documents clear
Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Power Point Pada Kelompok B di PAUD Melati Insani Tangerang Iman Nurjaman; kartika kartika
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 10, No 2 (2022): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v10i2.5838

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok B di PAUD Melati Insani Tangerang dengan menggunakan permainan power point. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas desain Karl & Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B1 dengan jumlah anak 10 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, tes, dan wawancara. Data yang telah dikumpulkan akan diolah dan dianalisis menggunakan Teknik analisis deskriptif kuantitatif untuk menentukan presentase peningkatan dan Teknik analisis deskriptif kualitatif untuk menjelaskan penggunaan permainan power point. Setalah dilakukan tindakan dengan menerapkan permainan power point, setiap siklusnya selalu terjadi peningkatan. Peningkatan tersebut ialah 46% pada pra siklus, 61% pada siklus I, 81% pada siklus II, dan presentase akhir adalah sebesar 93% pada siklus III. Berdasarkan data tersebut ditarik kesimpulan bahwa permainan power point dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak kelompok B PAUD Melati Insani Tangerang. Kata Kunci : mengenal huruf, permainan power point
Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Keaksaraan untuk Anak Usia 5-6 Tahun di RA Miftahul Ilmi Kota Tangerang Evy Fitria; Holisoh Syarif
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 10, No 2 (2022): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v10i2.5834

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengembangan keaksaraan pada anak usia dini di RA. Miftahul Ilmi Jatiuwung Kota Tangerang melalui peran orang tua di rumah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat membaca pada anak masih kurang serta peran orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah.Penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriftif kualitatif. Jumlah anak dalam penelitian ini adalah 3 anak. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan Peran orang dalam pengembangan keaksaraan anak usia dini di RA. Miftahul Ilmi Jatiuwung Kota Tangerang, yaitu orang tua (membimbing) anak dalam belajar : seperti memberikan motivasi, nasehat kepada anak, (pengawasan) orang tua terhadap anak : selalu menemani anak saat bermain dan belajar, (memberikan dorongan) : seperti memberikan apresiasi, motivasi, (pembiasaan): orang tua selalu mengingatkan kepada anak untuk belajar agar anak terbiasa dengan waktu-waktu kapan harus belajar, (menyediakan sarana prasarana): orang tua membelikan alat-alat tulis dan menyediakan tempat belajar yang menarik. (Memberikan sanksi/hadiah) : orang tua akan memberikan sesuatu yang diinginkan anak ketika anak bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik.  Sedangkan kendala yang dihadapi orang tua dalam pengembangan keaksaraan anak usia dini di RA. Miftahul Ilmi Jatiuwung Kota Tangerang, yaitu kurangnya sinergitas ayah dan ibu dalam mengajarkan anak karena sibuk dengan pekerjaan, dan anak lebih banyak main di luar rumah yang menyebabkan sulit untuk belajar. Kata kunci : orang tua, keaksaraan, anak usia dini
Peran Orang Tua Laki-laki Terhadap Kemampuan Emosi Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Mulya Pantura Nurul Fitria Kumala Dewi; Irmawati Irma
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 10, No 2 (2022): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v10i2.5835

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana peran orang tua laki-laki dalam mengembangkan emosi anak usia 5-6 tahun di Paud Mulya Pantura dan mendeskripsikan bagaimana kemampuan emosi anak usia 5-6 tahun di Paud Mulya Pantura. Adapun rumusan masalahnya Bagaimana Peran orang tua laki-laki terhadap perkembangan emosi anak usia 5-6 tahun di Paud Mulya Pantura, Bagaimana kemampuan Emosi Anak Usia 5-6 Tahun di Paud Mulya Pantura, Bagaimana Peran Orang Tua Laki-Laki Terhadap Kemampuan Emosi Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Mulya Pantura. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yaitu bersifat Studi Kasus. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dari ketiga subjek tersebut peneliti melihat bahwa anak memiliki kesamaan yaitu mudah marah dan menangis meskipun alasannya berbeda-beda : (1) Subjek IR akan marah ketika hasil karya temannya lebih bagus dari pada miliknya. (2) Subjek FD akan marah ketika barang miliknya dipegang orang lain. (3) Subjek DL merasa takut jika tidak ada ibu disampingnya. Dari ketiga anak tersebut ketika marah atau menangis anak akan sulit dikendalikan maka perlu adanya bantuan dari orang dewasa yang berada disekitarnya. Hal tersebut berkaitan dengan kemampuan emosi anak atas landasan mengenal diri sendiri dalam emosi.Peneliti melihat dari ketiga anak tersebut memiliki kesamaan lain yaitu ayah yang memiliki pekerjaan yang menyita banyak waktu.oleh karna itu ayah akan jarang berada dirumah dan berinteraksi dengan anak, Sehingga anak tidak memiliki banyak waktu dengan ayah.Meskipun demikian ayah tetap memberikan nasihat mengenai perilaku anak, dan memberikan contoh agar dapat dijadikan panutan oleh anak seperti memberikan arahan serta nasihat kepada anak ketika melakukan kesalahan.Kata Kunci: Ayah, Emosi , Anak Usia Dini
Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Media Sumpit Angkasa pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Khoirunnisa Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang Titi Rachmi; Vina Oktavioni
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 10, No 2 (2022): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v10i2.5836

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mengenal konsep bilangan melalui media sumpit angkasa pada anak usia 4-5 tahun di TK Khoirunnisa Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model penelitian Kurt Lewin yang dilakukan sebanyak tiga (3) siklus. Prosedur penelitian ini terdiri dari 4 tahapan yaitu: Perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi,waawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah anak usia 4- 5 tahun yang mengalami masalah dalam mengenal konsep bilangan, seperti membilang, mengurutkan bilangan,membandingkan lambang bilangan, menulis lambang bilangan, menghubungkan lambang bilangan dengan benda dan menunjukan lambang bilangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui media sumpi angkasa. Kemampuan mengenal konsep bilangan pada siklus I mencapai 53%, pada siklus II meningkat mencapai 73% dan pada siklus III meningkat menjadi 93%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang menarik memiliki dan inovatif dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui media sumpit angkasa. Dengan demikian terbukti bahwa melalui media sumpit angkasa dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun di TK Khoirunnisa Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang.Kata Kunci : konsep bilangan, media, sumpit angkasa
Pengembangan Game Interaktif Huruf Hijaiyah Berbasis Android Angger Prima Widhiasih; Miftahul Zannah
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 10, No 2 (2022): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v10i2.5839

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pengembangan dan kelayakan media pembelajaran game interaktif huruf hijaiyah usia 4-5 tahun berbasis android. Jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) ini menggunakan model S. Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel 4 tahap pengembangan. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan menggunakan skala likert. Hasil uji kelayakan media pembelajaran game interaktif  menunjukkan media “sangat layak” berdasarkan hasil validasi ahli media 1 yaitu sebesar 100%, ahli media 2 96% dan ahli materi 96%. Respon tanggapan guru menunjukkan media “sangat baik” dengan presentase 86,7%. Selanjutnya respon peserta didik disekolah menunjukan media pembelajaran “sangat menarik” yang menunjukkan hasil berkembang sangat baik. Berdasarkan perolehan hasil tersebut dapat disimpulkan media pembelajaran game interaktif berbasis android sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah pada peserta didik usia 4-5 tahun. Kata kunci: Huruf Hijaiyah, Game Interaktif, Android
Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Pemanfaatan Media Bahan Bekas Pada Siswa Kelompok A Ajijah Sadiah Nufus; Nuria Juningsih
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 10, No 2 (2022): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v10i2.5837

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak melalui pemanfaatan media bahan bekas pada siswa kelompok A. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, penelitian tindakan kelas (PTK) sedangkan model PTK yang digunakan adalah Kemmis & Taggart. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan 3 siklus, yang setiap siklusnya dilaksanakan empat pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini difokuskan pada pemanfaatan bahan bekas. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil data yang telah dilakukan, maka peningkatan kreativitas anak melalui pemanfaatan media bahan bekas pada siswa kelompok A pada siklus I, siklu II, dan siklus III meningkat dengan hasil yang sangat baik sesuai dengan indikator yang sudah ditetapkan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil nilai pencapaian anak pada setiap siklus, siklus I dengan hasil 47%, siklus II meningkat menjadi 67% dan pada siklus III dengan mencapai hasil 88%. Pemanfaatan media bahan bekas mempunyai peranan penting untuk meningkatkan kreativitas anak melalui pemanfaatan media bahan bekas. Dapat disimpulkan penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil. Kata Kunci : Kreativitas, Media, Bahan Bekas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak melalui pemanfaatan media bahan bekas pada siswa kelompok A. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, penelitian tindakan kelas (PTK) sedangkan model PTK yang digunakan adalah Kemmis & Taggart. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan 3 siklus, yang setiap siklusnya dilaksanakan empat pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini difokuskan pada pemanfaatan bahan bekas. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil data yang telah dilakukan, maka peningkatan kreativitas anak melalui pemanfaatan media bahan bekas pada siswa kelompok A pada siklus I, siklu II, dan siklus III meningkat dengan hasil yang sangat baik sesuai dengan indikator yang sudah ditetapkan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil nilai pencapaian anak pada setiap siklus, siklus I dengan hasil 47%, siklus II meningkat menjadi 67% dan pada siklus III dengan mencapai hasil 88%. Pemanfaatan media bahan bekas mempunyai peranan penting untuk meningkatkan kreativitas anak melalui pemanfaatan media bahan bekas. Dapat disimpulkan penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil. Kata Kunci : Kreativitas, Media, Bahan Bekas.

Page 1 of 1 | Total Record : 6