cover
Contact Name
Iman Nurjaman
Contact Email
jurnalceria@gmail.com
Phone
+6281542117322
Journal Mail Official
jurnalceria@gmail.com
Editorial Address
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol, Kota Tangerang, Banten, Indonesia
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : 23019905     EISSN : 2775409X     DOI : http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v13i2
Core Subject : Education,
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini memiliki fokus dalam penelitian dalam bidang pendidikan dan anak usia dini. Artikel ilmiah yang termasuk dalam jurnal ini adalah metode pengajaran, media pembelajaran, permasalahan anak usia dini dalam pendidikan, dan hal lain yang terkait pada anak usia dini.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2017): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini" : 5 Documents clear
Peningkatan Kemampuan Membaca Awal Dengan Metode Flash Card Pada Anak Usia 5-6 Tahun Muldaniah Muldaniah; Evy Fitria
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 1 (2017): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v6i1.556

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dengan adanya permasalahan kemampuan membaca awal anak usia dini yang masih diberikan pembelajaran membaca yang kurang tepat. Permasalahan tersebut dapat terjawab dengan menerapkan metode flash card sehingga diharapkan dapat mempermudah kegiatan membaca awal dan dapat meningkatkan kemampuan membaca awal anak usia dini. Manfaat penelitian ini memberikan kontribusi yang lebih baik bagi anak dan guru dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca awal, memberi warna baru dalam proses pembelajaran, mengembangkan penggunaan metode atau pendekatan lain guna meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas dalam proses pembelajaran di kelompok B 1 Kelompok Bermain Bintang Kecil Cimone Tangerang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan 27,3% pada siklus I yaitu belum berkembang (BB), 81,82% pada siklus II yaitu berkembang sangat baik (BSB), 100% pada siklus III berkembang sangat baik (BSB). Kesimpulan dan saran direkomendasikannya penerapan metode flash card dalam kegiatan membaca awal dan pengembangan berbagai metode pembelajaran membaca awal sebagai alternatif dalam pembelajaran membaca awal.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Suhayah Suhayah; Titi Rachmi
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 1 (2017): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v6i1.557

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan Kelas A di PAUD Permata Hati Kecamatan Pinang. Subyek penelitian 13 anak didik terdiri laki-laki 6 anak dan perempuan 7 anak. Penelitian dilakukan selama 3 (tiga) siklus. Data penelitian ini adalah data kemampuan mengenal warna didik, instrument pengambilan data dengan lembar pengamatan dan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Teknik analisa data dengan menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisa data diperoleh hasil pada pra siklus : kemampuan mengenal warna anak didik kategori berkembang sesuai harapan 2 anak didik, dikategori mulai berkembang 6 anak didik, dan 5 anak didik kategori belum berkembang. Siklus I kemampuan mengenal warna  anak didik kategori berkembang sesuai harapan 7 anak didik, dikategori mulai berkembang 4 anak didik, dan 2 anak didik kategori belum berkembang. Siklus II kemampuan mengenal warna  anak didik kategori berkembang sangat baik 7 anak didik, dikategori berkembang sesuai harapan 5 anak didik, dan 1 anak didik kategori mulai berkembang. Siklus III kemampuan mengenal warna  anak didik kategori berkembang sangat baik 11 anak didik, dikategori berkembang sesuai harapan 1 anak didik, dan 1 anak didik kategori mulai berkembang.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Tanya Jawab Pada Anak Usia 4-5 Tahun Acih Munasih; Iman Nurjaman
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 1 (2017): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v6i1.553

Abstract

Fakta yang ditemukan di TKIT Istiqomah dari 11 anak usia 4-5 tahun masih banyak anak-anak yang kurang mampu berbicara lancar dan jelas. Hal ini disebabkan beberapa faktor, diantaranya : metode pembelajaran yang digunakan kurang efektif dan menyenangkan, kurangnya media yang digunakan untuk merangsang kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun, kurangnya motivasi dalam memberikan apresiasi kepada anak yang sudah berbicara dengan lancar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun melalui metode tanya jawab. Penelitian ini dilaksanakan di TKIT Al-Istiqomah pada semester genap tahun ajaran 2014-2015. Hasil yang diperoleh pada siklus I nilai persentase mencapai 68%, pada siklus II nilai persentase 80% dan pada siklus III nilai persentase mencapai 95%. Kelebihan metode tanya jawab yaitu pertanyaan dapat menarik dan memusatkan perhatian siswa, sekalipun siswa itu sedang sibuk, merangsang siswa untuk melatih dan mengembangkan daya pikir, termasuk daya ingatan, mengembangkan keberanian dan keterampilan siswa dalam menjawab dan mengemukakan pendapat atau berbicara. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini, dapat disimpulkan bahwa metode tanya jawab dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun di TKIT Al-Istiqomah.
Aplikasi Terapi Untuk Anak Autisme Dengan Metode ABA (Applied Behavior Analysis) Berbasis Media kartu Bergambar dan Benda Tiruan Irma Suryani; Nurul Fitria Kumala Dewi
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 1 (2017): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v6i1.554

Abstract

Permasalahan pertumbuhan dan perkembangan anak sangat beragam, salah satunya adalah sindroma autism yang memiliki karakteristik perilaku antara lain; tidak mampu bersosialisasi, mengalami kesulitan menggunakan bahasa, berperilaku berulang-ulang, serta bertindak seperti biasanya terhadap rangsangan sekitarnya ini sebagai gejala adanya gangguan pada anak autisme dapat mempengaruhi aspek dalam belajar dan berperilaku sehingga diperlukan penggunaan metode ABA (Applied Behavior Analysis) yang efektif memiliki pengaruh yang baik dalam membangun pemahaman anak autisme melalui terapi, salah satunya melalui metode ABA diaplikasikan berbasis media kartu bergambar dan benda tiruan. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah/kepala klinik tumbuh kembang anak, terapis maupun asisten terapis, serta orangtua dari anak dengan berkebutuhan khusus autisme. Penelitian ini dilakukan di Yayasan Putra Mufti Tangerang. Kesimpulan penelitian ini diperoleh bahwa melalui terapi metode ABA anak autisme dapat belajar dan mampu mengarahkan adanya perubahan perilaku yang lebih terkondisi atau terarah, namun dalam penelitian ini penerimaan yang diterima oleh 2 anak autisme mengalami perbedaan yang signifikan seperti tidak ada pengulangan program dirumah, persyaratan diet yang mengalami kebocoran, pembawaan anak autisme yang pasif/hiperaktif/aktif, kerjasama orang tua, intensitas waktu belajar kurang, adaptasi terhadap kondisi lingkungan sekitar, dukungan antara rumah dan sekolah terapinya.
Upaya Meningkatkan Kreativitas Melalui Metode Proyek Usia 5-6 Tahun Di TK Nurul Insan Kabupaten Tangerang Jumroh Jumroh; Ratna Istiarini
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 1 (2017): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v6i1.555

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan observasi di lapangan, ditemukan 9 dari 12 anak pada kelompok B di TK Nurul Insan Tangerang yang mengalami hambatan dalam kreativitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak melalui metode proyek pada kelompok B di TK Nurul Insan Tangerang. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Nurul Insan Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus, setiap siklusnya dilaksanakan empat pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi penelitian ini difokuskan pada penggunaan metode proyek. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) kegiatan metode proyek dapat meningkatkan kreativitas anak (2) peningkatan kreativitas anak pada kondisi awal 25% sementara pada siklus I menjadi 41,7% pada siklus II meningkat menjadi 66,7% dan pada siklus III mencapai 100%. Saran yang dikemukakan antara lain (1) bagi guru, agar meningkatkan proses pembelajaran variatif

Page 1 of 1 | Total Record : 5