cover
Contact Name
Iman Nurjaman
Contact Email
jurnalceria@gmail.com
Phone
+6281542117322
Journal Mail Official
jurnalceria@gmail.com
Editorial Address
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol, Kota Tangerang, Banten, Indonesia
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : 23019905     EISSN : 2775409X     DOI : http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v13i2
Core Subject : Education,
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini memiliki fokus dalam penelitian dalam bidang pendidikan dan anak usia dini. Artikel ilmiah yang termasuk dalam jurnal ini adalah metode pengajaran, media pembelajaran, permasalahan anak usia dini dalam pendidikan, dan hal lain yang terkait pada anak usia dini.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2018): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini" : 6 Documents clear
Penerapan Metode Montessori Untuk Anak Down Syndrome Alfisyhr Kirana; Nurul Fitria Kumala Dewi
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 1 (2018): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v8i1.1175

Abstract

Setiap anak memiliki hak dan kewajiban untuk berpendidikan, hak untuk tumbuh dan berkembang terlebih di usia keemasan anak atau yang biasa disebut dengan Golden Age, memiliki kebebasan untuk tumbuh dan berkembang. Tidak ada yang membedakan antara anak normal dengan anak dengan keterbelakangan mental seperti down syndrome. Kurangnya pengetahuan orangtua terkait memberikan pendidikan kepada anak down syndrome mereka, menjadikan penelitian ini sangat dibutuhkan, berfokus pada penanganan anak down syndrome dengan metode Montessori yaitu memberikan kebebasan dan kesempatan-kesempatan interaksi yang dilakukan oleh anak down syndrome dengan cara yang edukatif. Melalui metode penelitian kualitatif studi kasus, ditemukanah bahwa metode Montessori melalui kegiatan-kegiatannya, memberikan prospek positif bagi pertumbuhan dan perkembangan anak Down Syndrome.
Upaya Meningkatkan Pengetahuan Tata Cara berwudhu Melalui Media Puzzle pada Anak Usia 4-6 Tahun Selviani Dewi; Titi Rachmi
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 1 (2018): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v8i1.1170

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan melakukan tindakan pengetahuan tata cara berwudhu anak usia 4-6 tahun. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2017 dengan subjek penelitian 15 anak terdiri dari 9 anak perempuan dan 6 anak laki-laki, pada kelompok A berusia 4-6 tahun di TK Daarunnisan Kecamatan Jatiuwung Kota Tangerang. Fokus penelitian ini adalah meningkatkan pengetahuan tata cara berwudhu melalui media puzzle pada anak usia 4-6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan observasi dan wawancara. Sedangkan pengumpulan data pemantau tindakan menggunakan catatan lapangan dan dukomentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil pada prasiklus : 33% hanya lima anak yang mulai berkembang. Pada siklus I adalah 60% meningkat menjadi 9 anak, pada siklus II adalah 73% meningkat menjadi 11 anak. Pada siklus III 93% meningkat menjadi 13 anak. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan atau penggunaan kegiatan bermain menggunakan media puzzle dapat meningkatkan pengetahuan tata cara berwudhu pada anak usia 4-6 tahun.
Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun Di Tinjau Dari Gambar Anak Di Kelompok Bermain (KB) Nilawati Ar Rahman Kecamatan Pinang Kota Tangerang Teti Nilawati; Angger Prima Widiasih
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 1 (2018): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v8i1.1174

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berrbicara anak usia 4-5 tahun. Kemampuan berbicara bukan hanya sekedar pengucapan kata atau bunyi, tetapi merupakan suatu keterampilan berbahasa yang berkembang. Pada mumnya anak usia 4-5 tahun sudah mampu dalam mengungkapkan berbagai kalimat sederhana dengan jelas dan sudah menguasai kosakata 1500 kosakata atau lebih. Akan tetapi pada sumber data yang peneliti dapatkan kemampuan berbicara anak rendah, anak belum dapat mengucapkan beberapa kata dengan jelas dalam pola komunikasi. Sehingga peneliti ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berbicara, ternyata ada salah satu faktor yang melatar belakangi dalam kemampuan berbicara ZM ternyata faktor tersebut adalah faktor keturunan (gen) sehingga kemampuan berbicara ZM masih rendah dalam mengungkapkan kalimat.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang mengacu kepada hasil observasi  dan wawancara. Pada  penelitian ini ditemukan satu sumber data yaitu ZM. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan catatan wawancara dan catatan observasi. Penelitian ini juga didukung oleh dokumentasi yang memadai. Hasil data disajikan secara narasi deskripti
Upaya Meningkatkan Kemampuan Bercerita Melalui Media Gambar Seri Pada Anak Usia 5-7 Tahun Umini Tresna Dewi; Evy Fitria
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 1 (2018): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v8i1.1173

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan bercerita anak melalui media gambar seri. Penelitian ini dilaksanakan di TK Sunan Bonang Kelapa Dua Kabupaten Tangerang dengan subyek sebanyak 10 siswa pada semester II tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan  dilaksanakan dalam tiga siklus dengan empat kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen penelitian berupa catatan lapangan, lembar observasi, wawancara, catatan dokumentasi. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil pada pra siklus kemampuan bercerita 8 anak kategori belum berkembang dan 2 anak kategori berkembang sesuai harapan (20)%. Siklus I kemampuan bercerita 2 anak kategori belum berkembang, 4 anak mulai berkembang, dan 4 anak kategori berkembang sesuai harapan (40)%. Siklus II kemampuan bercerita 3 anak kategori mulai berkembang, 4 anak kategori berkembang sesuai harapan, dan 3 anak kategori berkembang sangat baik (70)%.  Siklus III kemampuan bercerita 1 anak kategori berkembang sesuai harapan dan 9 anak kategori berkembang sangat baik  90%. Berdasarkan analisa data dan pembahasan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan atau penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan bercerita anak usia 5-7 tahun di TK Sunan Bonang.
Upaya Meningkatkan Percaya Diri Melalui Bermain Peran Makro Pada Anak Usia 5-7 Tahun Zahrotunnisa Zahrotunnisa; Yayah Rukhiyah
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 1 (2018): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v8i1.1172

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui percaya diri melalui bermain peran makro anak usia 5-7 tahun di PAUD Al-Hidayah. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak tiga (3) siklus. Prosedur penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, wawancara dan catatan lapangan. Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B anak yang mengalami masalah dalam percaya diri anak seperti keyakinan akan kemapuan diri, aktif, kepemimpinan dan inisiatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan percaya diri anak dengan bermain peran makro. Percaya diri anak pada siklus I terjadi peningkatan pada anak sebesar 50 % anak mulai berani tampil didepan kelas, anak mulai aktif, kepemimpinan dan inisiatif. Pada siklus II adanya peningkatan sebesar 70 %, sedangkan pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 100 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variasi dalam pembelajaran memiliki peranan penting dalam meningkatkan percaya diri anak. Dengan demikian terbukti bahwa bermain peran makro dapat meningkatkan percaya diri pada anak usia 5-7 tahun di PAUD Al-Hidayah kec. Gunung Sindur Kab. Bogor.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Outbond Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Friends School, Kecamatan Pinang, Tangerang Tia Pahrunisa; Iman Nurjaman
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 1 (2018): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v8i1.1171

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui kegiatan outbond pada anak usia 5-6 tahun di TK Friends School, Kec. Pinang Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) melalui tiga siklus pembelajaran. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah model dari Kemmis dan Taggart berupa suatu siklus spiral. Siklus disini adalah suatu putaran kegiatan yang meliputi tahap-tahap rancangan pada setiap putarannya, yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Berdasarkan hasil penelitian berkenaan dengan upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui kegiatan outbond pada anak usia 5-6 tahun di TK Friends School, Kec. Pinang Tangerang, maka dapat diambil beberapa kesimpulan bahwa peningkatan motorik kasar anak melalui kegiatan outbond dapat dikatakan baik. Hal ini ditunjukkan pada setiap indikator penilaian yang mengalami peningkatan. Rata-rata peningkatan dari prasiklus 29% ke siklus I sebesar 50%, siklus II sebesar 74% dan siklus III mengalami peningkatan sebesar 89%. Peningkatan motorik kasar anak melalui kegitan kegiatan outbond ini menunjukan keterampilan guru dalam aktivitas pembelajaran tergolong dalam kategori berkembang sangat baik, ini terbukti dengan tercapainya indikator pembelajaran yang diharapkan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6