cover
Contact Name
Iman Nurjaman
Contact Email
jurnalceria@gmail.com
Phone
+6281542117322
Journal Mail Official
jurnalceria@gmail.com
Editorial Address
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol, Kota Tangerang, Banten, Indonesia
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : 23019905     EISSN : 2775409X     DOI : http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v13i2
Core Subject : Education,
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini memiliki fokus dalam penelitian dalam bidang pendidikan dan anak usia dini. Artikel ilmiah yang termasuk dalam jurnal ini adalah metode pengajaran, media pembelajaran, permasalahan anak usia dini dalam pendidikan, dan hal lain yang terkait pada anak usia dini.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2020): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini" : 6 Documents clear
Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Bercerita Anak Usia 5-6 Tahun Angger Prima Widiasih; Siti Pujiah
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 9, No 1 (2020): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v12i1.2857

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Bercerita. Penelitian ini dilakukan dengan kelompok, yaitu kelompok eksperimen pada B1 dan kelompok kontrol pada kelas B2. Subjek penelitian yang dilibatkan dalam penelitian ini berjumlah 14 siswa kelas B1 dan 14 siswa kelas kontrol B2, jumlah keseluruhan dalah 28 siswa TKQ Al-Hikmah Lebak Wangi Tangerang.  Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Quasi Eksperimen, penelitian ini difokuskan pada siswa kelas B1 dan B2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obesrvasi dan test. Dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hasil ditunjukan dari nilai rata-rata Pretest kelompok eksperimen sebesar 19,64. Setelah diberikan perlakuan dengan media audio visual, nilai rata-rata Postest kelompok eksperimen mengalami peningkatan menjadi 23,36. Sedangkan nilai rata-rata Pretest kelompok kontrol adalah 17,93. Nilai rata-rata Postest kelompok kontrol mengalami peningkatan menjadi 21,93. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual memiliki pengaruh terhadap kemampuan bercerita.
Penerapan Kegiatan Sentra Seni pada Pembelajaran di PAUD Evy Fitria; Titi Rachmi; Angger Prima Widiasih
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 9, No 1 (2020): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v12i1.2859

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari rasa ingin tahu peneliti terhadap sekolah-sekolah yang telah melaksanakan pendekatan pembelajaran berbasis sentra, dimana anak-anak belajar melalui bermain disentra yang sudah di sediakan oleh sekolah, salah satunya yaitu sentra Seni. Peneliti ingin melihat bagaimana penerapan Sentra Seni dan melihat aspek perkembangan apa yang muncul saat anak melakukan Kegiatan di Sentra Seni. Tempat Penelitian ini adalah di RA Al-Muhajirin Kec.Tangerang, Kota Tangerang Metode penelitian ini menggunakan Kualitatif deskriptif dengan Data yang diambil melalui pengamatan/ observasi dan wawancara kepada sumber di lapangan. Keabsahan data menggunakan triangulasi dengan berbagai sumber dan metode yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kegiatan Sentra Seni dilakukan melalui 4 Tahapan Pijakan, yaitu Pijakan Penataan Lingkungan Main, Pijakan Sebelum Bermain dan Pijakan Sesudah Bermain. Kegiatan main di Sentra Seni terlihat menggunakan Projek kerja Kelompok namun juga terkadang menggunakan projek kerja mandiri. Saat anak-anak  Melakukan Kegiatan di Sentra Seni Terlihat Aspek perkembangan yang Dominan muncul adalah:bahasa anak,Kognitif, seni, Sosial emosional anak serta Kemandirian anak
Penerapan Bermain Bebas Dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk.Mekarjaya Kec.Sepatan Kab.Tangerang Titi Rachmi; Syifa Urpiah
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 9, No 1 (2020): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v12i1.2856

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan bermain bebas dalam mengembangkan kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun adalah anak dapat interaksi dengan teman sebaya, dapat berinteraksi dengan orang dewasa, dapat  memecahkan konflik, lebih percaya diri, punya banyak teman, dapat interaksi dan saling membantu, dapat berbagi, anak dapat pola bergiliran, dapat menggunakan dan menjaga benda-benda dan lingkugan secara tepat, dapat perduli terhadap orang lain seperti memahami dan menerima pebedaan individu, dapat memahami masalah multibudaya. Pada dua subjek penelitian didapat ada perbedaan antara MSN dan MAD pada kemampuan sosial  anak usia 5-6 tahun, Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif yang mngacu kepada hasil observasi dan wawancara. Pada penelitian ini ditemukan dua sumber data yaitu MSN dan MAD. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan catatan wawancara dan catatan observasi. Penelitian ini juga didukung oleh dokumentasi yang memadai. Hasil data disajikan secara narasi deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan bermain bebas dalam mengembangkan kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun. Berdasaran hasil temuan peneliti yang didapatkan, maka penelitian ini layak digunakan oleh masyarakat luas dan dapat dikembangkan untuk penelitian yang lebih lanjut.
Pengaruh Bermain CD Interaktif Edukatif ‘Ayo Belajar’ Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Mentari Cipondoh Tangerang Faisal Ibrahim; Umu Atiyah
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 9, No 1 (2020): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v12i1.2858

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan kognitif antara siswa yang diberi metode pembelajaran menggunakan media CD interaktif dengan siswa yang diberi metode pembelajaran konvensional di TK Mentari Cipondoh Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah Eksperimen.Sampel yang diambil untuk mewakili populasi adalah menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas B TK Mentari sebanyak 10 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, pretest dan posttest. Uji Prasyarat analisis menggunakan uji Chi Kuadrat dan Uji Fisher, diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Dari perhitungan uji statistik diperoleh thitung > ttabel (2,834 > 2,306), maka Ho ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikan ɑ=0,05 dengan derajat kebbasan (db)=8. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan kognitif siswa yang diberikan metode pembelajaran menggunakan media CD interaktif dengan metode pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif siswa kelas B yang belajar dengan menggunakan media pembelajaran CD interaktif lebih baik dari siswa kelas B yang belajar tanpa menggunakan media CD interaktif.
Peranan Ibu Bekerja Dalam Menenamkan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun Nurul Fitria Kumala Dewi; Dewi Rizkia Putri
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 9, No 1 (2020): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v12i1.2855

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang peranan ibu bekerja dalam menanamkan kemandirian anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas ibu yang bekerja dalam menanamkan kemandirian pada anak, serta untuk mengetahuitingkat perkembangan kemandirian anak usia 4-5 tahun dari status ibu bekerja.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek penelitian ini adalah anak  usia 4-5 tahun di perumahan wilayah Kutabumi Tangerang. Penelitian ini dilakukan dirumah masing-masing subjek di wilayah Kutabumi Tangerang. Analisis data dilakukan dengan analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas peranan ibu dan tingkat kemandirian anak bergantung pada efektifitas waktu yang digunakan dan pemilihan pola asuh dalam keluarga.
Upaya meningkatkan Kemampuan Komunikasi Verbal Melalui Metode Sosiodrama Pada Anak Usia 5-7 Tahun Evy Fitria; Robiyatul Adewiyah
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 9, No 1 (2020): Ceria Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ceria.v12i1.2854

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi verbal melalui metode sosiodrama pada anak usia 5-7 tahun di RA.Manbaul Hikmah Rawalini Teluknaga Kabupaten Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 3 (tiga) Siklus. Prosedur penelitian ini terdiri dari 4 (empat) tahap, yaitu Perencanaan, Tindakan, Observasi dan Refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik usia 5-7 tahun di kelompok B1 dimana anak-anak mengalami masalah dalam komunikasi verbalnya, seperti pengucapkan kosakata, berbicara dan menanggapi pembicaraan, berpartisipasi dalam percakapan, berargumentasi berupa komentar dan membuat tulisan-tulisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan komunikasi verbal melalui metode sosiodrama. Kemampuan komunikasi verbal pada Siklus I mencapai 60%, Siklus II meningkat mencapai 76% dan meningkat lebih baik lagi pada Siklus III mencapai 95%.

Page 1 of 1 | Total Record : 6