cover
Contact Name
Drs. I Gusti Ngurah Agung Suprastayasa, M.Ed
Contact Email
p3m@ppb.ac.id
Phone
+628174744649
Journal Mail Official
jpar@ppb.ac.id
Editorial Address
Jl. Dharmawangsa, Benoa, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80361
Location
Kab. badung,
Bali
INDONESIA
Jurnal Kepariwisataan
ISSN : 14125498     EISSN : 25811053     DOI : -
Journal of Tourism Studies (Jurnal Kepariwisataan/JPAR) is aimed to spread critical analysis from researchers and academic practitioners on various travel and tourism issues local, national and internationally. The writing is published after undergoing a peer-review process by providing an exclusive analysis on social and political issues from various perspectives. Journal of Tourism Studies provides high quality study outcomes and new thoughts for academic practitioners, researchers and decision makers to break down the complexity and dynamics of contemporary sociopolitical changes. Published two times a year, JPAR provides itself as a medium for – also invites- researcher, academic practitioners and intellectuals to submit their critical writings and to contribute to the development of social and political sciences. Topics of this Journal focuses on tourism specialization areas include: Tourism culture and cultural heritage in a tourism perspective (local culture, history & tourism, cultural heritage environment and so on) Health, Safety and Security Issues for the Tourism Industry Tourism and economic growth Study Travel (Museums and conservation, festivals and events in the tourism industry) New Tourism Trends (special interest tourism, dark tourism, medical tourism, sports tourism and so on) Ecotourism and sustainable tourism Planning tours, new tourist destinations, climate and tourism MICE in tourism (meetings, incentives, conventions and exhibitions, MICE marketing and management) Information and communication technology, data collection on Tourism, trend tourism & forecasting, social media Impact of terrorism on tourism and crisis management
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 16 No 1 (2017): Jurnal Kepariwisataan" : 16 Documents clear
PENGGUNAAN FUNGSI-FUNGSI TINDAK TUTUR DALAM TUTURAN BERBAHASA INGGRIS PETUGAS FRONT OFFICE PADA BEBERAPA HOTEL MELATI DI KAWASAN WISATA LOVINA KABUPATEN BULELENG BALI Murdana, I Ketut; Juli Rastitiati, Ni Kade; Surata, I Ketut; Pastini, Ni Wayan; ., Hardina
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 16 No 1 (2017): Jurnal Kepariwisataan
Publisher : Pusat penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Pariwisata Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji penggunaan funggsifungsi tindak tutur dalam tuturan berbahasa Inggris oleh petugas Kantor Depan pada beberapa hotel melati di kawasan wisata Lovina. Data dalam penelitian ini yang berupa tuturan petugas Kantor Depan dikumpulkan melalui teknik rekam. Sampel penelitian ditetapkan dengan purposive sampling dan snowball sampling. Data yang dikumpulkan dianalisis secara kualitatif berdasarkan teori pragmatik, yakni teori fungsi Tindak Tutur (Searle, 1983). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima fungsi tindak tutur ,yakni asertif, direktif, ekspresif, komisif dan deklaratif digunakan oleh petugas Kantor Depan di hotel-hotel kecil di kawasan wisata Lovina, Bulelelng- Bali. Hanya saja kelima fungsi tindak tutur tersebuttidak dipakai secara menyeluruh dalam sebuah peristiwa tutur.
IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI EVENT DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS KERJA KARY AWAN (STUDI KASUS PADA PT. MELALI MICE BALI) Citrawati, Luh Putu
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 16 No 1 (2017): Jurnal Kepariwisataan
Publisher : Pusat penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Pariwisata Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

MICE memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan oleh industri pariwisata di Indonesia. Pada era global sekarang ini, yang terutama didukung oleh kemajuan teknologi, memungkinkan pelaksanaan suatu kegiatan menjadi sangat pendek dalam persiapannya. PT Melali MICE adalah perusahaan jasa penyelenggara meeting, incentive, convention and exhibition (MICE) atau professional convention organizer (PCO). Dalam setiap penanganan event PT Melali MICE selalu mengadakan pencatatan terkait dengan jumlah peserta kegiatan. Dalam pengadaan pencatatan tersebut perusahaan didukung oleh sebuah sistem informasi berbasis website yang dilengkapi dengan komponen pendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi sistem informasi event dalam meningkatkan efektivitas manajemen informasi PT. Melali MICE dengan meninjau indikator variabel dari efektivitas Sistem Informasi yang terdiri dari information quality, system quality, service quality, system user, user satisfaction. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini untuk memperbaiki implementasi sistem informasi event dalam hal, 1. Kualitas informasi jenisinformasi pada sistem tidak dapat disesuaikan dengan jenis event ditingkatkan dengan cara menyeseuaikan format sistem dengan kebutuhan setiap divisi, 2. Kualitas sistem ketika hosting server down dan tidak tersedia sistem backup untuk menggantikan, ditingkatkan dengan membuat sebuah sistem cadangan bersifat offline yang dapat membackup, 3. Kualitas layanan tidak ada administrator yang ikut serta dalam setiap kegiatan event, ditingkatkan dengan menugaskan administrator ikut serta dalam pengarahan 4. Pengguna sistem beberapa unit pada sistem yang tidak berfungsi selama proses pemasukann data, komponen penndukung sistem informasi (hardware) yang tidak berfungsi, keterampilan dalam menggunakan seluruh komponen pendukung sistem informasi agar memudahkan proses pemasukan data, 5. Kepuasaan pengguna sistem informasi pada sistem tidak sesuai dengan kebutuhan pengguna, ditingkatkan melalui tampilan sistem dengan menghilangkan unit-unit pada sistem yang tidak dibutuhkan dalammembaca informasi.
PEMANFAATAN EVENT BAGI PEMASARAN PRODUK KAIN TENUN TRADISIONAL BALI Ria Setiadji, Amirosa
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 16 No 1 (2017): Jurnal Kepariwisataan
Publisher : Pusat penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Pariwisata Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pariwisata merupakan sektor unggulan perekonomian di Bali, namun tidak demikian halnya dengan sektor industri.Salah satu bentuk hasil sektor industri budaya adalah kain tradisional Bali. Cempaka Butik merupakan salah satu usaha industri di bidang kain tradisional Bali yang telah mengembangkan sektor industri fashion di Bali. Cempaka Butik mengikuti berbagai event untuk memasarkan produk yang dihasilkannya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat berbagai event dalam pemasaran produk kain tenun tradisional Bali oleh Cempaka Butik.Penelitian kualitatif ini menggunakan teknik wawancara, observasi lapangan, serta studi kepustakaan sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian ini adalah event dapat membangun image, tempat pertemuan langsung dengan pasar dalam jumlah besar dalam periode waktu tertentu, mengetahui tren pasar yang ada, danmembangun awareness. Dengan seringnya event diikuti, dapat pula mendukung pelestarian budaya. Seringnya kain tenun Bali ditunjukan kepada pasar, minat pasar, permintaan, dan kecintaan akan produk budaya semakin meningkat, sehingga produksi dari para pengerajin juga meningkat.
PENGARUH KOMUNIKASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN HOTEL (Studi Kasus Hotel Bintang 4 dan 5 di Destinasi Wisata Jawa Barat) Harahap, Zulkifli; Eka Mahadewi, Ni Made
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 16 No 1 (2017): Jurnal Kepariwisataan
Publisher : Pusat penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Pariwisata Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini didasarkan pada fenomena yang ada dimana kinerja karyawan yang belum optimal sehingga kualitas pelayanan hotel belum optimal pada saat ini.Adapun yang menjadi faktor utama rendahnya kinerja karyawan adalah tingkat kepuasan kerja karyawan dalam bekerja masih rendah.Berdasarkan penelitian awal, rendahnya kepuasan kerja lebih disebabkan komunikasi yang belum optimal di hotel bintang 4 dan 5 di Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji Pengaruh komunikasi terhadap Kepuasan Kerja di Hotel bintang 4 dan 5 di Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan verifikatif, metode peneltian yang digunakan descriptive survey dan exlanantory survey. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah karyawan tingkat manajer Hotel bintang 4 dan 5 di Jawa Barat sebanyak 199 orang. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh langsung komunikasi terhadap Kepuasan Kerja sebesar 4,96 persen. Secara simultan pengaruh varabel bebas terhadap Kepuasan Kerja sebesar 4,96 persen sisanya sebesar 95,4 persen merupakan factor lain yang tidak diteliti namun turut mempengaruhi Kepuasan Kerja.
KONSEP GREEN TOURISM DAN TREND GREEN TOURISM MARKETING (STUDI LITERATUR KAJIAN GREEN TOURISM DAN IMPLEMENTASINYA) Sukma Winarya Prabawa, I Wayan
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 16 No 1 (2017): Jurnal Kepariwisataan
Publisher : Pusat penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Pariwisata Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Isu green tourism telah mendorong banyak pihak untuk mengembangkan sebuah aktifitas pariwisata yang lebih ramah secara sosial dan lingkungan. Sensitifitas pasar juga secara tidak langsung telah mempengaruhi model dan pengemasan produk wisata oleh penyedia jasa sehingga terlihat lebih bertanggung jawab dari sisi konsumsi. Perkembangan pemahaman green tourism saat ini telah membawa kecenderungan ke arah dua sisi yang berbeda yaitu mengembangkan aktifitas pariwisata dengan konsep green tourism atau memanfaatkan tren green tourism menjadi alat promosi oleh penyedia jasa. Tulisan ini akan mengkaji teori, pemahaman dan implementasi green tourism serta kaitannya dengan green tourism marketing.
PEREMPUAN PEKERJA SEKTOR INFORMAL DI KAWASAN PARIWISATA NUSA DUA Santi Siwyarthi, Ni Desak Made
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 16 No 1 (2017): Jurnal Kepariwisataan
Publisher : Pusat penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Pariwisata Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pekerja perempuan menarik untuk dijelajahi dari berbagai aspek seperti peran, fungsi, status, penampilan, prestasi dan perilaku wanita. Wanita diminta untuk berperan atau hadir di berbagai tempat, seperti di pabrik, di kantor, di dalam organisasi sosial, namun harus tetap berada di lingkungan rumah, selain suami, dalam jangkauan anak-anak tercinta, di lingkungan keluarga, Dan dalam pertemuan sosial lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pekerja perempuan di sektor informal, serta istri yang harus mengurus rumah tangga, mereka juga harus memainkan peran tradisional mereka di desa tradisional. Pertanyaan yang diajukan adalah Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman yang dihadapi oleh pekerja perempuan di sektor informal di kawasan wisata Nusa Dua. Metode penelitian yang dilakukan adalah Kuantitatif dengan menggunakan skala Likert, dan teknik analisis data adalah Analisis SWOT. Hasilnya menunjukkan faktor Internal Kekuatan dan Kelemahan menjadi faktor Eksternal yaitu Opportunity and Threat.
PERSEPSI WISATAWAN TERHADAP STRATEGI BAURAN PEMASARAN KERTHA GOSA SEBAGAI DESTINASI Darmiati, Made
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 16 No 1 (2017): Jurnal Kepariwisataan
Publisher : Pusat penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Pariwisata Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study analyzes the perception of tourists to the promotion mix that has been done by Klungkung Regional Tourism Office for the development of cultural attractions Kertha Gosa. The respondents consisted of 100 tourists who come to visit Kertha Gosa. Promotional mix includes advertising, personal selling, public relations, and sales promotion. The average value of promotion strategy consists of advertising, personal selling, public relations, and sales promotion was 3.95, well. Promotional activities on personal selling points scored 4.22, very good. Promotional activities on public relations points scored 4.07, either. Promotional activities at points of sales promotion get a grade 4, good. One of four elements of the promotional mix is valued less than the maximum that is advertising. Although overall the advertising element gets the value of 3.45 included in either category (B) the elements of advertising at the point of advertising on television get a score of 3.03, and advertising through the installation of billboards and banners convenient place to get a score of 3.15 is the score lowest on advertising element.
EFEKTIVITAS LINEN RE-USE PROGRAM PADA HOTEL DI BALI Darmawijaya, I Gede
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 16 No 1 (2017): Jurnal Kepariwisataan
Publisher : Pusat penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Pariwisata Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The objectives of this research were toidentify (1) the effectiveness of hotel’s linen re-use program and (2) the relationship between average room rate and the effectiveness of hotel’s linen re-use program in Bali. To achieve these objectives, this research made use questionnaires to collect the data from 30 hotels which were purposively sampled. The analysis method applied for this research was descriptive analysis. The results showed that the participation rate of guests to linen re-use program was 76%. The rate of efficiency achieved was 35% and the productivity rate increased at 22%. The correlation between average room rate and the effectiveness of linen re-use program was positively low with the value of “r” and “r2” was respectively 0.44 and 20%. These findings revealed that the program was very effective and the participation of guests were high irrespective their ability to pay the room. The implications of these findings were the government needs to make use the best practices of any green hotel programs by campaigning them to community to be used in government/private offices and households. The hotel could implement the green hotel program without being afraid left by their customers. The tourism and hospitality educational institution need to balance three bottom lines in teaching learning process which are people, planet and profit. Gaining profit and customer satisfaction by not sacrificing the environment, the planet.
PENGGUNAAN FUNGSI-FUNGSI TINDAK TUTUR DALAM TUTURAN BERBAHASA INGGRIS PETUGAS FRONT OFFICE PADA BEBERAPA HOTEL MELATI DI KAWASAN WISATA LOVINA KABUPATEN BULELENG BALI I Ketut Murdana; Ni Kade Juli Rastitiati; I Ketut Surata; Ni Wayan Pastini; Hardina .
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 16 No 1 (2017): Jurnal Kepariwisataan
Publisher : Pusat penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Pariwisata Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52352/jpar.v16i1.77

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji penggunaan funggsifungsi tindak tutur dalam tuturan berbahasa Inggris oleh petugas Kantor Depan pada beberapa hotel melati di kawasan wisata Lovina. Data dalam penelitian ini yang berupa tuturan petugas Kantor Depan dikumpulkan melalui teknik rekam. Sampel penelitian ditetapkan dengan purposive sampling dan snowball sampling. Data yang dikumpulkan dianalisis secara kualitatif berdasarkan teori pragmatik, yakni teori fungsi Tindak Tutur (Searle, 1983). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima fungsi tindak tutur ,yakni asertif, direktif, ekspresif, komisif dan deklaratif digunakan oleh petugas Kantor Depan di hotel-hotel kecil di kawasan wisata Lovina, Bulelelng- Bali. Hanya saja kelima fungsi tindak tutur tersebuttidak dipakai secara menyeluruh dalam sebuah peristiwa tutur.
IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI EVENT DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS KERJA KARY AWAN (STUDI KASUS PADA PT. MELALI MICE BALI) Luh Putu Citrawati
JURNAL KEPARIWISATAAN Vol 16 No 1 (2017): Jurnal Kepariwisataan
Publisher : Pusat penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Pariwisata Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52352/jpar.v16i1.78

Abstract

MICE memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan oleh industri pariwisata di Indonesia. Pada era global sekarang ini, yang terutama didukung oleh kemajuan teknologi, memungkinkan pelaksanaan suatu kegiatan menjadi sangat pendek dalam persiapannya. PT Melali MICE adalah perusahaan jasa penyelenggara meeting, incentive, convention and exhibition (MICE) atau professional convention organizer (PCO). Dalam setiap penanganan event PT Melali MICE selalu mengadakan pencatatan terkait dengan jumlah peserta kegiatan. Dalam pengadaan pencatatan tersebut perusahaan didukung oleh sebuah sistem informasi berbasis website yang dilengkapi dengan komponen pendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi sistem informasi event dalam meningkatkan efektivitas manajemen informasi PT. Melali MICE dengan meninjau indikator variabel dari efektivitas Sistem Informasi yang terdiri dari information quality, system quality, service quality, system user, user satisfaction. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini untuk memperbaiki implementasi sistem informasi event dalam hal, 1. Kualitas informasi jenisinformasi pada sistem tidak dapat disesuaikan dengan jenis event ditingkatkan dengan cara menyeseuaikan format sistem dengan kebutuhan setiap divisi, 2. Kualitas sistem ketika hosting server down dan tidak tersedia sistem backup untuk menggantikan, ditingkatkan dengan membuat sebuah sistem cadangan bersifat offline yang dapat membackup, 3. Kualitas layanan tidak ada administrator yang ikut serta dalam setiap kegiatan event, ditingkatkan dengan menugaskan administrator ikut serta dalam pengarahan 4. Pengguna sistem beberapa unit pada sistem yang tidak berfungsi selama proses pemasukann data, komponen penndukung sistem informasi (hardware) yang tidak berfungsi, keterampilan dalam menggunakan seluruh komponen pendukung sistem informasi agar memudahkan proses pemasukan data, 5. Kepuasaan pengguna sistem informasi pada sistem tidak sesuai dengan kebutuhan pengguna, ditingkatkan melalui tampilan sistem dengan menghilangkan unit-unit pada sistem yang tidak dibutuhkan dalammembaca informasi.

Page 1 of 2 | Total Record : 16