cover
Contact Name
Masy Ari Ulinuha
Contact Email
ulinuha@walisongo.ac.id
Phone
+628986894743
Journal Mail Official
jit@walisongo.ac.id
Editorial Address
Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Walisongo, Gedung IsDB Kampus III, Jl. Prof. Dr. Hamka Km. 02, Ngaliyan, Semarang, Jawa Tengah
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Walisongo Journal of Information Technology
ISSN : 27149048     EISSN : 27150143     DOI : 10.21580/wjit.xxxx.x.xxxx
Walisongo Journal of Information Technology publish article in the field of information technology, including : Computer Architecture, Parallel and Distributed Computer, Pervasive Computing, Computer Network, Embedded System, Human—Computer Interaction, Virtual/Augmented Reality, Computer Security, Software Engineering (Software: Lifecycle, Management, Engineering Process, Engineering Tools and Methods), Programming (Programming Methodology and Paradigm), Data Engineering (Data and Knowledge level Modeling
Articles 95 Documents
Implementasi Fisher Yates Shuffle dan Non Player Character pada Permainan Tembak Setan Ibrahim, Riswan
Walisongo Journal of Information Technology Vol 2, No 2 (2020): Walisongo Journal of Information Technology
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/wjit.2020.2.2.7048

Abstract

Kebanyakan orang berpendapat bahwa bermain game itu merupakan hal yang negatif dan tidak menghasilkan hal yang positif. Tentunya pada sisi orang tua kebiasaan bermain game pada anak sangat dikhawatirkan dan akan menyebabkan dampak negatif terhadap perkembangan si anak. Tapi tidak sepenuhnya game memberi dampak negatif masih banyak sisi positif yang dapat diambil. Hal positif tersebut antara lain game dapat membantu keterampilan motorik mengembangkan keterampilan sosial, mendorong kreatifitas, dan melatih logika serta kecerdasan dalam menghadapi suatu masalah di dalam game yang nantinya juga bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini contohnya adalah game Tembak Setan yang mampu melatih ketangkasan dalam menembak setan pada layer yang sudah ditentukan. Setan tersebut masuk ke dalam Non Playable Character dan pemain yang sesungguhnya adalah kita yang mengontrol bidikan untuk membidik setan yang keluar. Kemunculan tersebut haruslah acak baik jenis musuh maupun tempat keluarnya musuh agar pemain tidak bosan dan dapat melatih ketangkasan karena tingginya tingkat kesulitan suatu game. Metode yang digunakan dalam penentuan munculnya Non Playable Character adalah Algoritma Fisher-Yates Shuffle yang menerapkan sistem pengacakan berdasarkan indeks dari sebuah record array. Berdasarkan pengujian Algoritma Fisher-Yates Shuffle pada game Tembak Setan, hasil yang didapat adalah kemunculan setan yang acak dari berbagai posisi dan jenis yang berbeda-beda dengan sangat baik daripada sebelumnya yang tanpa penggunaan algoritma tersebut.
Pemilihan Cemilan Khas Sampit Terlaris Pada Kedai 24 Dengan Metode AHP (Analytic Hierarchy Process) Yanti, Yuli; Safitri, Diah Atika; Alamsyah, Rendy Alamsyah
Walisongo Journal of Information Technology Vol 2, No 1 (2020): Walisongo Journal of Information Technology
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/wjit.2020.2.1.4676

Abstract

Penentuan  cemilan khas Sampit terlaris pada Kedai 24 adalah salah satu hal yang penting, sebab dengan menentukan produk apa yang terlaris, kedai 24 dapat memprediksi produk apa yang harus diproduksi lebih banyak. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memilih produk adalah dengan cara menerapkan sistem penunjang keputusan. Dengan menerapkan sisitem penunjang keputusan pemilik kedai dapat memutuskan dengan hasil yang tepat dalam memilih produk terlaris. Ada beberapa kriteria pilihan yang diterapkan dan ada beberapa alternatif pilihan yang dapat dipilih dalam memilih produk yang terlaris. Analisis data menerapkan metode Analytical Hierarchical Process (AHP), yang memungkinkan perhitungan dengan berbagai kriteria yang ditentukan pemilik kedai. Hasil perhitungan yang telah dilakukan didapatkan rata-rata kriteria rasa sebesar 0,633346,  rata-rata kriteria harga sebesar 0,260498 dan rata-rata kriteria kemasan sebesar 0,106156. Setelah dilakukan perhitungan dengan masing-masing alternatif yang ada, didapatkan hasil tertinggi yaitu produk jenis Abon sebesar 0,48.
Pengembangan Radio MBS 107.80 FM Berbasis Aplikasi Android Widyastuti, Novia
Walisongo Journal of Information Technology Vol 1, No 2 (2019): Walisongo Journal of Information Technology
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/wjit.2019.1.2.3980

Abstract

Radio Mitra Berdakwah dan Bersholawat (MBS) adalah Radio Komunitas yang ada di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang dengan Frequensi 107.8 Mhz. Pada awalnya Radio MBS merupakan tempat Praktikum Mahasiswa untuk mengembangkan kemampuannya dibidang kepenyiaran. Karena keterbatasan jangkauan frekuensi yang dimiliki untuk mendengarkan radio MBS, media informan mengatakan bahwa mereka tidak dapat mendengarkan radio MBS karna tidak terjangkau di wilayah tertentu. Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan aplikasi radio streaming berbasis Android adalah jenis penelitian pengembangan dengan metode ADDIE. sedangkan objek yang diteliti adalah kemudahan dana kelayakan aplikasi radio streaming berbasis Android.  Kelebihan dari produk aplikasi radio ini ialah pada prosedur operasionalnya yang mudah. Setelah didesain sedemikian rupa sebagaimana pada pembahasan desain awal produk, pada operasionalnya hanya tinggal menjalankan aplikasi ZaraRadio sebagai software utamanya dalam melakukan siaran, kemudian penyiar juga menjalankan aplikasi edcast untuk mentransfer audio ke streamer agar dapat mentransfer ke aplikasi android. Sedangkan kelemahan pada produk streaming ini ialah suara yang didengarkan pada channel streaming mengalami delay yaitu sekitar 15-20 detik. Kelemahan lain yaitu system jaringan internet pada aplikasi edcast yang tidak mendukung untuk menggunakan jaringan internet mikrotik sehingga peneliti menggunakan jaringan internet modulator demodulator (modem) untuk menjalankan streaming radio pada aplikasi edcast. Kelemahan yang lain yaitu jaringan sebelumnya pada streaming radio MBS.FM terbatas, hanya 100 pendengar saja diwaktu bersamaan.
Rancang Bangun Sistem Kolaborasi UKM Berdasarkan Manajemen Rantai Pasok untuk Peningkatan Daya Saing UMKM Kota Semarang Mustafa, Mustafa
Walisongo Journal of Information Technology Vol 2, No 2 (2020): Walisongo Journal of Information Technology
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/wjit.2020.2.2.5824

Abstract

Peningkatan daya saing UKM menjadi prioritas pengembangan UKM Kota Semarang. Beberapa kendala UKM untuk meningkatkan daya saing diantarnya keterbatasan akses pasar, efisienai produksi dan distribusi serta akses permodalan.Penelitian ini bertujuan melakukan rancang bangun sistem kolaborasi antar pelaku UKM di Kota Semarang berdasarkan manajemen rantai pasok. Tahapan perancangan sistem meliputi identifikasi kebutuhan, desain, pemograman dan pengujian sistem. Identifikasi kebutuhan dilakukan melalui wawancara dengan stakeholder pengembangan UKM.Hasil dari penelitian, sudah ada program Pemkot Semarang mendorong kolaborasi dengan membentuk kluster UKM namun tidak berjalan dengan baik. Keterbatasan informasi untuk saling kerjasama menjadi kendala utama para pelaku UKM berkolaborasi. Sistem kolaborasi UKM Kota Semarang berdasarkan manajemen rantai pasok menjadi solusi untuk berkolaborasi antar pelaku UKM. Kolaborasi paling utama dalam sistem yaitu pada pemenuhan bahan baku dan penggunakan moda transportasi pengiriman produk. Keterbukaan pelaku UMKM untuk mengisi data sistem kolaborasi UKM menjadi syarat pokok supaya sistem kolaborasi UKM ini memberikan manfaat maksimal.
Sistem Informasi Penjualan Obat Pertanian Berbasis Web pada Toko BUTANI Blora Damayanti, Erni
Walisongo Journal of Information Technology Vol 1, No 2 (2019): Walisongo Journal of Information Technology
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/wjit.2019.1.2.4520

Abstract

Sistem Informasi ini membahas mengenai penjualan barang, penelitian ini dilakukan pada toko BUTANI Blora adalah sebuah wirausaha yang bergerak dibidang penjualan obat pertanian antar lain obat-obatan pertanian, pupuk pertanian, peralatan pertanian. Masalah yang sering dihadapi toko BUTANI Blora adalah pencatatan transaksi penjualan yang masih manual, sulitnya dalam perhitungan nilai akhir penjualan barang, pencatatan transaksi penjualan yang memerlukan ketelitian dan ketepatan dalam menghitung , dikarenakan antara lain pencatatan dan perhitungan jumlah suatu barang saat ini masih menggunakan sistem yang belum tertata, sehingga sering terjadi kelebihan atau kekurangan stok, hal tersebut akan berdampak pada pelayanan kebutuhan konsumen yang kurang laku. Sistem informasi penjualan obat pertanian berbasis web juga sangat dibutuhkan dalam perusahaan untuk mencatat transaksi penjualan dan untuk membuat laporan penjualan. Untuk membangun sistem informasi tersebut menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan database MySQL, aplikasi ini dibuat untuk mempermudah mencatat transaksi penjualan dan membat laporan penjualan. Dengan adanya sistem informasi penjualan diharapkan perusahaan dapat membantu manajemen dalam melakukan pencatatan transaksi penjualan, dapat mengetahui stok barang, dan laporan-laporan yang dibutuhkan.
Evaluasi Layanan Teknologi Informasi ITIL Versi 3 Domain Service Desain pada Universitas Selamat Sri Kendal Herlinudinkhaji, Didin
Walisongo Journal of Information Technology Vol 1, No 1 (2019): Walisongo Journal of Information Technology
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/wjit.2019.1.1.4005

Abstract

Information technology is a necessity for companies and organizations. To ensure the continuity of information technology business processes, it is also very necessary that companies get added value for their use. ITIL v3 is a method used to designing, ensure value is met, provide quality services, and ensure that the parts run as desired. Service design is used to assist companies in designing infrastructure, architecture, service quality, policies, and documents IT. ITIL v3 domain service design in this study is also used as a basis for developing information technology usage policies.
Monitoring Ruangan Berbasis Internet of Things Menggunakan Thingsboard dan Blynk Windarto, Yudi Eko; Samosir, Bryan Monang Wiener; Assariy, Muhammad Richie
Walisongo Journal of Information Technology Vol 2, No 2 (2020): Walisongo Journal of Information Technology
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/wjit.2020.2.2.5798

Abstract

Technology designed to facilitate humans in a variety of work. A very popular technology today is the Internet of Things. The application of Internet of Things technology is widely used in various fields at present. One was used to monitor the room. The methodology used in this study is a Hardware Development Life Cycle (HDLC). The results of this research that the device can transmit ambient conditions via the Internet of Things with protocol Message Queuing Telemetry Transport (MQTT). In this study, Raspberry Pi serves as an intermediary between the media data is read by the sensor is then stored on the application Thingsboard. In addition the application Blynk used as a medium for monitoring the device remotely.
Pendukung Keputusan Evaluasi Kinerja Karyawan Untuk Promosi Jabatan Dengan Metode Fuzzy Simple Additive Weighting Febryantahanuji, Febryantahanuji; Suasana, Iman Saufik
Walisongo Journal of Information Technology Vol 2, No 1 (2020): Walisongo Journal of Information Technology
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/wjit.2020.2.1.5180

Abstract

Pada saat ini, untuk mengisi lowongan mandor dilakukan seleksi dengan kriteria yang sederhana seperti: lama kerja, loyalitas dan kemampuan memimpin, dan sering kali keputusan promosi jabatan mandor hanya didasarkan oleh faktor subjektifitas seperti hubungan kekerabatan atau pertemanan dengan atasan sehingga seringkali diperoleh mandor yang kualitas kemampuan kerjanya sangat kurang dan hal ini juga berpengaruh dalam produktifitas perkebunan yang kurang maksimal. Disisi lain pengelolaan data lowongan mandor masih dilakukan secara manual, sehingga pembuatan laporan untuk pimpinan membutuhkan waktu yang cukup lama. Permasalahan lainnya adalah belum adanya sistem yang terintergrasi yang baik dalam proses promosi jabatan mandor. Rancangan sistem tersebut dapat menangani permasalahan dalam perusahaan yaitu penilaian dalam memilih mandor yang tepat dan pembuatan laporan penilaian mandor untuk pimpinan bisa dilaporkan dengan cepat dan akurat sehingga tidak membuang waktu terlalu lama.
Perancangan Geographic Information System Berbasis Android Untuk Potensi Mebel Di Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara Tamrin, Teguh; Zyen, Akhmad Khanif; Dina, Maula Hashina
Walisongo Journal of Information Technology Vol 1, No 2 (2019): Walisongo Journal of Information Technology
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/wjit.2019.1.2.4073

Abstract

Jepara is a city called carving city because it has a large furniture and carving industrypotential. Tahunan Subdistrict is an area located in Jepara regency with the biggest potential of the furniture industry compared to other districts. Everyone who wants to buy furniture from Tahunan may visit the showroom which is located not far from the main road because of the limited information about the potential of furniture, especially small and medium business category in less strategic locations. Judging from these problems, it is necessary to make an information system about the potential of furniture in Tahunan district based on android that is easy to use and integrated with Geographic Information System (GIS) to make it  easier for users to find directions to the location. The system development method used is Rapid Application Development (RAD) with Construct 2 as the maker of the application.
Klasifikasi Berita Hoax Dengan Menggunakan Metode Naive Bayes Mustofa, Hery; Mahfudh, Adzhal Arwani
Walisongo Journal of Information Technology Vol 1, No 1 (2019): Walisongo Journal of Information Technology
Publisher : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/wjit.2019.1.1.3915

Abstract

Hoaxes contain false news or non-sourced news. Today, hoaxes are very widely spread through internet media. The development of information technology that has so quickly triggered the spread of hoax information through the internet has become uncontrolled. So we need an intelligent system that can classify hoax news content that is spread through internet media. The hoax classification process can be done through the preprocessing stage then weighting the word and classification using naive bayes. Measurements were made using the 10-ford cross validation method. The results obtained from these measurements, it is known that the value of fold 6 has the highest accuracy, which is equal to 85.28% which is classified as relevant documents as much as 307 and irrelevant as much as 53 or an error rate of 14.72%. While the average value based on hoax news and true news value precision 0.896 and recall 0.853

Page 1 of 10 | Total Record : 95