cover
Contact Name
Nurdin HIdayat
Contact Email
nurdinstkippgribl@gmail.com
Phone
+6285228118386
Journal Mail Official
elastisitasstkippgribl@gmail.com
Editorial Address
Jalan Khairil Anwar 79
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Elastisitas : Kajian Pendidikan Ekonomi, Ilmu Ekonomi, dan Kewirausahaan
ISSN : 26851318     EISSN : 27232247     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
Jurnal Elastisitas memuat Kajian Ilmiah dan hasil penelitian bidang Pendidikan Ekonomi, Ilmu Ekonomi, dan Kewirausahaan. Jurnal ini diharapkan menjadi wadah bagi Dosen, Peneliti, Guru serta Pemerhati Ilmu Ekonomi dan Kewirausahaan. Jurnal Elastisitas diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan IPS, STKIP PGRI Bandar Lampung.
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2021): Jurnal Elastisitas" : 2 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MELALUI PEMANFAATAN E-LEARNING Ilham Junanda; Pujiati Pujiati; Widya Hestiningtyas; Albet Maydiantoro
JURNAL ELASTISITAS: Kajian Pendidikan Ekonomi, Ilmu Ekonomi, dan Kewirausahaan Vol. 3 No. 1 (2021): Jurnal Elastisitas
Publisher : JURNAL ELASTISITAS: Kajian Pendidikan Ekonomi, Ilmu Ekonomi, dan Kewirausahaan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar melalui pemanfaatan e-learning. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan kuisioner. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Baradatu pada siswa kelas X dan XI IPS. Populasi yang terlibat sebanyak 227 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu probability sampling dengan sampel berjumlah 145 siswa. Hasil perhitungan analisis regresi linier sederhana mengenai pengaruh pemanfaatan e-learning terhadap prestasi belajar, ditemukan fakta bahwa pemanfaatan e-learning berpengaruh terhadap Prestasi Belajar
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PADA PESERTA DIDIK MAN 1 PESAWARAN Septia Fatramal Faza; Wayan Satria Jaya; Nurdin Hidayat
JURNAL ELASTISITAS: Kajian Pendidikan Ekonomi, Ilmu Ekonomi, dan Kewirausahaan Vol. 3 No. 1 (2021): Jurnal Elastisitas
Publisher : JURNAL ELASTISITAS: Kajian Pendidikan Ekonomi, Ilmu Ekonomi, dan Kewirausahaan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah dalam penelitian di MAN 1 Pesawaran adalah masih rendahnya hasil belajar, pembelajaran yang masih berpusat pada guru (teacher centered), masih minimnya interaksi antar siswa dalam belajar dan proses pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran role playing yang belum diterapkan di MAN 1 Pesawaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran role playing terhadap hasil belajar ekonomi pada peserta didik kelas X.IPS semester genap MAN 1 Pesawaran tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan strategi pembelajaran role playing. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.IPS yang berjumlah 110 siswa, sampel terdiri dari kelas X.IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 orang dan X.IPS 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 orang. Pengujian hipotesis menggunakan rumus statistik ttest. Berdasarkan pengujian homogenitas varians kedua sampel didapat Fhit < Fdaf yakni 1,46<1,80 dan uji normalitas data yang diperoleh dari kelas eksperimen X2hit = 3,48 dan kelas kontrol X2hit = 2,76, dimana X2daf = 7,81 dimana nilai X2hit < X2hit. Dalam pengujian hipotesis dan perhitungan data hasil belajar ekonomi menggunakan rumus statistik, di dapat thit = 3,23 dan ttab = 2,00 pada taraf signifikan 5%. Ini berarti ada pengaruh strategi pembelajaran role playing terhadap hasil belajar ekonomi pada peserta didik MAN 1 Pesawaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 2