cover
Contact Name
Wilarso
Contact Email
wilarso@sttmcileungsi.ac.id
Phone
+628119202134
Journal Mail Official
wilarso@sttmcileungsi.ac.id
Editorial Address
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Jl. Anggrek, No.25, Perum. PTSC, Kec. Cileungsi, Kab. Bogor, Jawa Barat 16820
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
BEMAS: Jurnal Bermasyarakat
ISSN : 27455866     EISSN : 27457958     DOI : https://doi.org/10.37373/bemas.v1i2
BEMAS: Jurnal Bermasyarakat berfokus pada Program Pemberdayaan Masyarakat dan naskahnya adalah tentang ilmu terapan di masyarakat untuk memajukan teori, penelitian, dan praktik yang terkait dengan semua bentuk penjangkauan dan keterlibatan. Pemberdayaan Masyarakat berarti layanan kepada masyarakat, menerapkan sains dan teknologi, ekonomi, sosial, pendidikan berdasarkan bidangnya, meningkatkan kapasitas pemberdayaan masyarakat dan masyarakat. Jurnal ini mengacu pada masalah yang ada dari pengabdian bidang tersebut. Ini termasuk menyoroti inovasi pemberdayaan masyarakat, dan pelaporan penelitian yang dilibatkan, penelitian berbasis masyarakat, penelitian tindakan, dan layanan masyarakat, serta meningkatkan pengetahuan dan praktik di bidang pemberdayaan masyarakat
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2021): BEMAS: Jurnal Bermasyarakat" : 6 Documents clear
PELATIHAN PENGGUNAAN SOFTWARE MIND MASTER DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BAGI GURU DI SMAN 4 PURWOKERTO Sulistio, Prayogo Hadi; Usep Muttaqin; Aldi Aditya
BEMAS: Jurnal Bermasyarakat Vol 1 No 2 (2021): BEMAS: Jurnal Bermasyarakat
Publisher : LPPMPK-Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (344.54 KB) | DOI: 10.37373/bemas.v1i2.64

Abstract

Sebagai salah satu media ajar, Mind Master menjadi salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat membantu guru dalam proses pembelajaran khususnya dalam digitalisasi mind map dari penjelasan materi. Di SMAN 4 Purwokerto, guru belum maksimal mengeksplorasi media pembelajaran digital sehingga potensi kemampuan siswa dalam berpikir kritis, berkreasi, dan analisis audio-visual belum terpenuhi. Universitas Jenderal Soedirman dapat membantu mitra melalui kegiatan pengenalan dan pelatihan pemanfaatan aplikasi Mind Master kepada masyarakat, khususnya guru-guru SMAN 4 Purwokerto. Kegiatan ini memberikan dampak yang baik kepada guru. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan kemampuan guru dalam membuat penjelasan materi yang diajarkan menggunakan Mind master yang sebelumnya guru hanya cenderung membuat mind map secara konvensional. Lebih jauh lagi, guru juga memberikan komentar bahwa siswa menunjukkan antusiasme yang meningkat dalam proses pembelajaran karena materi yang dijelaskan menggunakan Mind Master. Selain itu, hasil kuesioner menunjukkan kepuasan guru terhadap kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yang turut berkontribusi pada peningkatan kualitas proses pembelajaran di sekolah.
PELATIHAN PENYUSUNAN MODUL GUNA MENINGKATKAN KUALITAS LITERASI BAGI GURU SMA NEGERI 4 PURWOKERTO Yulianti, Uki Hares; Yulianita, Nadia Gitya; Roiyasa, Nisa
BEMAS: Jurnal Bermasyarakat Vol 1 No 2 (2021): BEMAS: Jurnal Bermasyarakat
Publisher : LPPMPK-Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.672 KB) | DOI: 10.37373/bemas.v1i2.65

Abstract

Modul merupakan bahan ajar yang dapat digunakan oleh guru dalam memberikan materi selama pembelajaran. Selain itu, modul merupakan salah satu syarat bagi guru untuk dapat mengajukan kenaikan pangkat. Meskipun demikian, masih banyak guru yang tidak dapat menyusun modul untuk membantu mereka dalam mengajar dan mengembangkan potensi diri. Oleh sebab itu, kegiatan pendampingan penulisan modul bagi guru SMA Negeri 4 Purwokerto ini akan memberikan keuntungan bagi guru dan siswa. Guru akan dapat mengajar baik dengan bahan ajar yang ada dan mendapat poin untuk kenaikan pangkat, dan siswa mendapatkan materi yang terstruktur dan sistematis. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah active and participatory learning yang meliputi ceramah, diskusi, dan konsultasi. Ceramah dan diskusi dilakukan untuk memberikan penjelasan mengenai modul pembelajaran secara umum, sedangkan konsultasi dilakukan untuk pendampingan pembuatan modul yang dilakukan oleh guru dan narasumber. Dampak dari pendampingan modul di SMA Negeri 4 Purwokerto ini berdampak baik bagi guru. Hal ini ditunjukkan dari modul yang dihasilkan guru sudah disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Selain itu, guru juga memiliki bahan ajar yang baik untuk penyampaian materi dan siswa dapat menguasai materi yang diberikan dengan baik
PEMBELAJARAN JARAK JAUH PEMROGRAMAN DASAR MENGGUNAKAN BAHASA C++ UNTUK UMUM: SEBUAH PROGRAM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Ashari Imamuddin; Mohamad Anas Sobarnas; Nurkholis
BEMAS: Jurnal Bermasyarakat Vol 1 No 2 (2021): BEMAS: Jurnal Bermasyarakat
Publisher : LPPMPK-Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.328 KB) | DOI: 10.37373/bemas.v1i2.85

Abstract

PkM (pengabdian kepada masyarakat) adalah salah Tri Dharma perguruan tinggi di samping pendidikan dan pengajaran serta penelitian dan pengembangan. Sebagai pemenuhan kewajiban dosen maka dilakukan pembelajaran/pengajaran yang dilaksanakan/diberikan kepada masyarakat umum. Pembelajaran ini ditujukan kepada halayak umum yang berminat untuk belajar pemrograman dasar komputer menggunakan bahasa C++. Tujuan dari PkM ini adalah untuk mengenalkan dan mengajarkan pemrograman bahasa C++ kepada halayak yang mempunyai minat dan bakat untuk belajar bahasa ini. Untuk memudahkan proses pembelajaran maka pelatihan dilakukan dengan lebih banyak studi kasus dan praktik. Publikasi penawaran pembelajaran ini dilakukan melalui media sosial. Saat dibuka kesempatan mengikuti pelatihan ini ada sebanyak sebanyak 46 orang pendaftar. Pembelajaran ini dilaksanakan selama hampir 5 (lima) bulan setiap hari Sabtu pukul 10:00 – 11:30 wib. Setelah program berlangsung ditemukan bahwa kendala koneksi internet menjadi kendala paling banyak dalam proses pembelajaran secara online ini. Namun begitu, para peserta sangat antusias mengikuti proses pembelajaran sampai akhir dan berminat/tertarik mengikutinya kembali kalau ada pelatihan yang sama atau materi dengan level lebih tinggi. Ada beberapa catatan dari peserta untuk perbaikan dari pelatihan ini yaitu mengenai waktu pelatihan, pentingnya memperbanyak latihan dan mengulang materi serta perlu mennggunakan analogi-analogi dalam penyampaian materi mengingat kebanyakan mereka belajar pemrograman dari nol. Kata kunci: pembelajaran jarak jauh, bahasa pemrograman, C++, studi kasus, PkM, proses belajar
PEMBERDAYAAN UMKM MELALUI PROGRAM PENDAMPINGAN PEMASARAN USAHA TERNAK SAPI DI DESA BULO KECAMATAN PANCA RIJANG KABUPATEN SIDRAP Irwan Idrus; Arfianty
BEMAS: Jurnal Bermasyarakat Vol 1 No 2 (2021): BEMAS: Jurnal Bermasyarakat
Publisher : LPPMPK-Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.677 KB) | DOI: 10.37373/bemas.v1i2.86

Abstract

Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) merupakan salah satu unsur penting dalam menopang perekonomian nasional. Usaha ternak sapi yang merupakan bagian dari UMKM mempunyai prospek yang baik, karena permintaan akan bahan-bahan yang berasal dari ternak akan terus meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk, pendapatan dan kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi pangan bergizi tinggi. Permasalahan yang dihadapi pemilik usaha ternak sapi di Desa Bulo Kecamatan Pancarijang, Kabupaten Sidrap adalah sistem pemasaran yang masih konvensional sehingga tingkat penjualan cenderung masih relatif rendah. Tujuan dari pengabdian ini adalah mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman bagi pengusaha ternak sapi, kemudian menentukan strategi usaha berdasarkan faktor eksternal dan internal untuk selanjutnya mendapatkan prioritas strategi yang akan diterapkan. Dalam persaingan usaha, pemilik usaha dituntut untuk selalu mengembangkan strategi bisnis agar dapat bertahan dan terus berkembang di tengah gencarnya persaingan. Oleh sebab itu pemilik usaha perlu mengembangkan suatu strategi yang tepat agar pemilik usaha dapat mempertahankan eksistensinya. Metode yang dilakukan dalam pengabdian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil yang diperoleh dari pengabdian ini adalah meningkatnya tingkat penjualan ternak sapi di Desa bulo Kecamatan Pancarijang melalui pendampingan pemasaran usaha ternak sapi
OPTIMALISASI PERAN KADER KESEHATAN DALAM DETEKSI DINI STUNTING Rohmah, Fayakun Nur; Siti Arifah
BEMAS: Jurnal Bermasyarakat Vol 1 No 2 (2021): BEMAS: Jurnal Bermasyarakat
Publisher : LPPMPK-Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (523.646 KB) | DOI: 10.37373/bemas.v1i2.88

Abstract

Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menunjukkan prevalensi stunting di Indonesia sebesar 30,8% walaupun sudah turun di tahun 2019 menjadi 27,67% akan tetapi masih memerlukan perhatian yang serius baik dari pemerintah maupun seluruh anggota masyarakat. Posyandu dan puskesmas merupakan garda terdepan dalam upaya pengendalian stunting. Kader Kesehatan adalah mitra bidan dalam pelaksanaan deteksi dini pertumbuhan balita di posyandu dan merupakan enumerator utama dalam pengambilan data Panjang/ tinggi badan, realitanya banyak kader yang belum memiliki pengetahuan baik tentang stunting dan keterampilan yang baik dalam pengukuran Panjang atau tinggi badan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang stunting dan keterampilan kader dalam melakukan pengukuran Panjang atau tinggi badan balita dengan tepat. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada 2 posyandu di Karangkajen, Brontokusuman, Mergangsan, Yogyakarta. Kegiatan utama yang dilaksanakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah pelatihan penguatan pengetahuan tentang stunting, pelatihan validasi alat, penggunaan alat dan interpretasi hasil pengukuran Panjang/tinggi badan. Kegiatan dilaksanakan 3 kali pertemuan meliputi kegiatan pelatihan 2 kali pertemuan dan 1 kali pertemuan untuk evaluasi. Kegiatan pengabdian masyarakat terlaksana bulan Juni–Agustus 2020. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan praktik kader dalam melakukan pengukuran Panjang/tinggi badan pada balita.
UJI KOMPETENSI PENGUASAAN SOFTWARE UNTUK SOLUSI BISNIS DI WILAYAH KAB. BOGOR SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN SKILL SMK JURUSAN RPL Iskandar; Mohamad Anas Sobarnas
BEMAS: Jurnal Bermasyarakat Vol 1 No 2 (2021): BEMAS: Jurnal Bermasyarakat
Publisher : LPPMPK-Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah Cileungsi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (479.033 KB) | DOI: 10.37373/bemas.v1i2.89

Abstract

Penguasaan software untuk solusi bisnis pada era digital ini untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak adalah suatu syarat mutlak harus dikuasai oleh setiap siswa. Karena lulusan SMK sudah diproyeksikan saat lulus nanti sudah bisa mengerjakan proyek perangkat lunak nantinya. Namun kenyataannya masih banyak lulusan kejuruan yang masih belum bisa optimal terjun dalam proyek perangkat lunak untuk tujuan pembuatan software dalam pemecahan solusi untuk bisnis dikarenakan kurang match antara materi praktis yang diberikan di sekolah dengan kebutuhan Dunia Usaha (DU/DI). Dengan melihat latar belakang tersebut Dinas Pendidikan Wilayah 1 Kabupaten Bogor mengadakan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK IT Software Solution For Business untuk tingkat SMK. Tujuan dari lomba Kompetensi pada siswanya supaya bisa bersaing dalam penguasaan software dalam solusi untuk bisnis. Metode pembelajaran atau modul pembelajaran yang diberikan kurang menyesuaikan pada kebutuhan industri, untuk itu perlu adanya metode dalam menganalisis proyeksi cakupan pembelajaran dikelas dengan kebutuhan pada dunia kerja yang ada pada sekolah SMK Jurusan RPL. Penilain praktis kompetensi siswa ini menggunakan taksonomi pembelajaran Bloom, PEST, Ward Peppard, SWOT dan CSF sehingga menghasilkan suatu konsep perancangan materi praktis dan tool pendukung untuk pembelajaran pada institusi sekolah sehingga siswa jurusan RPL sehingga mempunyai keahlian di bidang Teknologi Informasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 6