cover
Contact Name
Ary Purmadi
Contact Email
jtp@ikipmataram.ac.id
Phone
+6281917931525
Journal Mail Official
jtp@undikma.ac.id
Editorial Address
Jl. Pemuda No. 59 A Mataram
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran
ISSN : 25030620     EISSN : 26561417     DOI : https://doi.org/10.33394
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran is scientific journal published by Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA). It has been published since 2016 with ISSN: 2656-1417 (Online) and ISSN: 2503-0620 (Print). JTP contains scientific articles from research and critical review in Education, Teaching and Learning which include : Learning Media, Multymedia, E-learning, Curriculum, Educational Technology, Learning Technology, Learning Design, Assessment, Development, Management, & Learning Evaluation. Language used in this journal are Bahasa and English (Preferred). JTP is available for free (open access) to all readers.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Volume 1 Nomor 2 Oktober Tahun 2016" : 10 Documents clear
EFEKTIVITAS MEDIA PRESENTASI ANIMASI FLASH BERBASIS POWER POINT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA TERPADU DI MI AL-IKHLASYIAH LOMBOK BARAT Hastuti Diah Ikawati; Wiwien Kurniawati
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Volume 1 Nomor 2 Oktober Tahun 2016
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v1i2.629

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah Media Presentasi Animasi Flash Berbasis Power Point Efektif terhadap peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu di MI Al-Ikhlasyiah Lombok Barat? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas Media Presentasi Animasi Flash Berbasis Power Point terhadap peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu di MI Al-Ikhlasyiah Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen yaitu dengan desain one group eksperimen. One group eksperimen design, dan penelitian ini tidak menarik sampel kerena penelitian ini adalah penelitian populasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan anaisis data dalam penelitian ini mmenggunakan analisis chi square. Hasil analisis data dilakukan dengan menggunakan media presentasi animasi flash berbasis power point, maka dari hasil ujimenunjukkan nilaisebesar 16.26 dengan taraf signifikan 5% dan= (5-1) (2-1) = 4 ternyata besarnya angka batas penolakan hipotesis nol (Ho) yang dinyatakan dalam tabel distribusi t adalah 9.48. Kenyataan ini menunjukkan bahwa nilailebih besar dari pada ttabel, maka penelitian ini signifikan (16.26 > 9.88). Karenalebih besar dari pada ttabel maka penelitian ini signifikan.Kata Kunci : Animasi Flash, Motivasi, IPA
PENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK PADA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS VI SD NEGERI 03 POJOK KARANGANYAR Wakhidah Wakhidah
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Volume 1 Nomor 2 Oktober Tahun 2016
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v1i2.607

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Jawa kelas VI SD Negeri 03 Pojok Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Tiap Siklus terdiri empat tahapan yaitu, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refrleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 03 Pojok, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar sebanyak 18 siswa terdiri dari 7 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verivikasi. Hasil penelitian menunjukkan pada kondisi awal bahwa Prosentase ketuntasan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa jawa materi menulis huruf jawa adalah 56% .Setelah penelitian siklus I menunjukkan terjadi peningkatan. Bahwa Prosentase ketuntasan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VI menjadi 72%. Prosentase nilai ketuntasan pada siklus II terjadi peningkatan lagi yaitu menjadi 88% dimana18 siswa yang tuntas adalah 16 siswa dan yang masih belum tuntas 2 siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa metode diskusi kelompok dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa jawa materi menulis huruf jawa kelas VI SD Negeri 03 Pojok Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar.Kata Kunci : Motivasi, Hasil Belajar, Diskusi Kelompok
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI TINJAU DARI MOTIVASI BERPRETASI M. Zainul Mustamiin
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Volume 1 Nomor 2 Oktober Tahun 2016
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v1i2.612

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar IPS dan motivasi berprestasi. Penelitian ini menggunakan rancangan The Posttest-Only Control Group Design dengan melibatkan sampel sebanyak 80 orang siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan ANAVA berbantuan SPSS 17.00 for windows. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data, yaitu kuesioner motivasi berprestasi dan tes hasil belajar IPS. Hasil analisis data sebagai berikut. Pertama, terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang mengikuti Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan kelompok siswa yang mengikuti model konvensional (Fhitung=5,052>Ftabel=3,960). Kedua, terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPS (Fhitung=0,019<Ftabel=3,111). Ketiga, terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi (Qhitung=11,3>Qtabel=2,95). Keempat, terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan siswa yang mengikuti model konvensional pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah (Qhitung=10,9>Qtabel=2,95).Kata kunci : Kooperatif Learning, Jigsaw, IPS.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJASKES TENTANG SERVIS PERMAINAN BOLA VOLLY DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN DRIIL DAN BERMAIN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI JEKANI 3 Muhasyim, Muhasyim
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Volume 1 Nomor 2 Oktober Tahun 2016
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v1i2.608

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengingkatkan hasil belajar siswa dengan menggunaan pendekatan pembelajaran drill dan bermain tentang konsep servis atas permainan bola volly pada siswa kelas IV SDN Jekani 3 Mondokan Sragen; 2) Untuk mengingkatkan aktifitas belajar siswa tentang konsep servis atas permainan bola volly pada siswa kelas IV SDN Jekani 3 Mondokan Sragen. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Jekani 3 Mondokan Sragen. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Jekani 3 Mondokan Sragen dengan jumlah 17 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan dan guru. Data yang akan dikumpulkan pada penelitian ini berupa hasil belajar tentang volly sebelum dan setelah menggunakan pendekatan pembelajaran drill dan bermain dan data yang digunakan proses kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran drill dan bermain. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan tes. Indikator penelitian ini adalah meningkatnya hasil belajar siswa mencapai lebih dari 85% dan meningkatkan hasil belajar dari tidak tuntas menjadi tuntas yaitu rata-rata hasil belajar penjaskes minimal telah mencapai lebih dari 75. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kritis dan analisis komparatif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa 1) hasil observasi terhadap aktivitas pembelajaran terlihat bahwa siswa menjadi aktif dan tidak cepat jenuh dalam pembelajaran. Persentase peningkatan aktivitas pembelajaran pada siklus 1 mencapai 72%, siklus 2 mencapai 89%, sementara skor harapan adalah aktivitas pembelajaran adalah 85%. Ini berarti target aktivitas pembelajaran sudah tercapai; 2) hasil evaluasi pada siklus 1 kemampuan passing atas siswa mengalami peningkatan dari kondisi awal yaitu: pada kondisi awal jumlah siswa yang mencapai nilai 75 baru 4 siswa (25%) dan pada siklus 1 meningkat menjadi 8 siswa (50%), kemudian pada siklus 2, meningkat menjadi 15 siswa yang mencapai nilai 75 bahkan lebih. Ini berarti target 85. dari jumlah siswa mencapai KKM dengan nilai 75 sudah tercapai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan pendekatan pembelajaran drill dan bermain dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar penjaskes tentang konsep servis atas permainan bola volly pada siswa kelas IV SDN Jekani 3 Mondokan Sragen.Kata Kunci : Penjaskes, Pembelajaran Drill, Hasil Belajar
HUBUNGAN INTENSITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA SMA Purmadi, Ary
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Volume 1 Nomor 2 Oktober Tahun 2016
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v1i2.613

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas belajar terhadap prestasi belajar fisika siswa SMA dan menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil bahwa intensitas belajar mempunyai hubungan signifikan terhadap prestasi belajar siswa yang memberikan sumbangan/kontribusi sebesar 32,5% dan sisanya sebesar 67,5% ditentukan oleh faktor lain di luar variabel penelitian.Kata kunci : Intensitas Belajar, Prestasi Belajar, Fisika
MELALUI PENERAPAN METODE EXPLICIT INTRUCTIONS DALAM UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 BANGSRI Handayani, Sawi
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Volume 1 Nomor 2 Oktober Tahun 2016
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v1i2.609

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS materi perkembangan teknologi melalui metode explicit intructions pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Bangsri. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Bangsri Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 34 siswa. Waktu penelitian dilakukan selama 3 bulan. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil tes siswa dan dokumen. Metode pengumpulan data dalam penelitian observasi, dan analisis dokumen. Teknik uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis mengalir. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah bahwa untuk meningkatkan prestasi belajar IPS materi perkembangan teknologi dapat dilakukan melalui metode Explicit Intructions pada siswa kelas IV SDN 01 Bangsri Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar semester II tahun pelajaran 2014/2015. Hal ini ditandai hasil perolehan nilai rata-rata siswa dalam pembelajaran IPS yang selalu mengalami peningkatan dari sebelum tindakan dan setelah tindakan dalam tiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata sebelum tindakan adalah 65, siklus I 69, siklus II 74 dan siklus III rata-rata 80, dengan demikian penelitian ini dimana setiap siklus selalu mengalami peningkatan prestasi secara signifikan, sehingga penelitian ini dapat diterima sebagai penelitian tindakan kelas untuk perbaikan pembelajaran.
PENGARUH SUMBER BELAJAR BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X Muzakkir Muzakkir
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Volume 1 Nomor 2 Oktober Tahun 2016
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v1i2.625

Abstract

Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan model perlakuan Pretest-Posttest Control Group Design, Tujuan penelitian ini untuk menguji efektifitas pembelajaran yang tinjau dari hasil belajar siswa Kelas X mata pelajaran geografi materi hidrosfer. Subyek penelitian ini adalah kelas X IPS 1 dan IPS 2 Tahun Pelajaran 2011/2012. Dari hasil uji efektifitas diketahui bahwa siswa yang mencapai ketuntasan 27 siswa artinya yang tuntas secara klasikal 90% siswa serta memenuhi KKM. Dari hasil uji perbedaan rata-rata bahwa hasil nilai t hitung yaitu (2,53) > t tabel (1,67) sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan sumber belajar berbasis lingkungan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa Kelas X Geografi pada materi hidrosfer. Hasil respon siswa terhadap proses pembelajaran bahwa siswa yang menyatakan sangat setuju 92%, setuju 8% artinya proses pembelajaran efektif.Kata Kunci : Sumber Belajar, Hasil Belajar, Geografi.
IMPLEMENTASI PAMERAN FOTOGRAFI BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN DI MATARAM Husein Baysha; Endah Resnandari Puji Astuti
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Volume 1 Nomor 2 Oktober Tahun 2016
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v1i2.610

Abstract

Pameran fotografi yang diselenggarakan menyajikan produk foto-foto berbasis project based learning dengan harapan mahasiswa mampu mengembangkan karir dengan baik sesuai dengan keahliannya. Tujuan penelitian ini adalah; (1) mendeskripsikan implementasi pameran fotografi berbasis project based learning, (2) mengetahui ketercapaian hasil implementasi pameran fotografi berbasis project based learning, (3) mengidentifikasi kendala implementasi pameran fotografi berbasis project based learning. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Penentuan sumber data menggunakan metode sampel bertujuan (purposive sampling). Keabsahan data yang diperoleh dari penelitian ini maka digunakan data triangulation, dimana peneliti menggunakan beberapa sumber data yang sama. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini melalui cara; (1) reduksi data, yaitu merupakan proses pemilihan, pemusatan perhatian pada penyederhanaan, pengabstrakan dan transformasi data kasar yang diperoleh di lapangan, (2) penyajian data, yaitu dengan menyajikan berbagai informasi yang diseleksi dalam rangka penarikan kesimpulan, (3) verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan Bentuk pameran yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknologi Pendidikan adalah Pameran Fotografi dengan tema “Pendidikan dan Kearifan Lokal”. Fungsi pameran fotografi yang dilaksanakan prodi Teknologi Pendidikan adalah sebagai sarana apresiasi, komunikasi, fungsi edukasi, rekreasi, prestasi, motivasi dan berorganisasi bagi mahasiswa Teknologi Pendidikan, civitas akademika, dan masyarakat.Kata kunci : Pameran, Fotografi, Project Based Learning.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BLOG TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA Restu Wibawa
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Volume 1 Nomor 2 Oktober Tahun 2016
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v1i2.626

Abstract

Kegiatan pembelajaran khususnya pada mata pelajaran PPKN masih rendah hal ini nampak dari cara mengajar guru yang membosankan dan kurang kreatif, akibatnya siswa kurang memperhatikan pelajaran yang disampaikan oleh guru sehingga sulit dalam memahami pelajaran. Selain itu penggunaan sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah seperti penggunaan internet kurang dioptimalkan. Hal ini terlihat pada kurang dimanfaatkannya internet sebagai sumber belajar. Dengan adanya Media Blog diharapkan proses pembelajaran mata pelajaran PPKN menjadi lebih inovatif sehingga minat belajar siswa semakin meningkat dan berdampak terhadap kreativitas belajar siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu Apakah ada Pengaruh penggunaan media blog terhadap kreativitas belajar siswa. Sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media blog terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran PPKN. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan Populasinya yaitu seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Kediri. Metode yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah metode angket sebagai metode pokok dan Metode analisis data menggunakan analisis t-test. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan yaitu nilai (thitung 6,795> ttabel 2,042) dengan taraf signifikansi 5% dengan demikian nilai dari thitung lebih besar dari ttabel yang menyebabkan Ha yang berbunyi ada pengaruh penggunaan media blog terhadap kreativitas belajar siswa diterima.Kata Kunci : Media Blog, Kreativitas Belajar siswa.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DENGAN MODEL DICK, CAREY, DAN CAREY (2001) UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SAKRA TIMUR LOMBOK TIMUR Hadi Gunawan Sakti
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Volume 1 Nomor 2 Oktober Tahun 2016
Publisher : UNDIKMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jtp.v1i2.611

Abstract

Mata pelajaranTeknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang harus diperkenalkan kepada siswa agar mereka memiliki bekal pengetahuan, keterampilan dan pengalaman yang memadai untuk bisa menerapkan dan menggunakannya dalam kegiatan belajar, bekerja serta berbagai kegiatan lainnya dalam kehidupan sehari hari. Dalam proses pembelajaranTIK ini ditemukan beberapa permasalahan diantaranya adalah: (1) belum adanya Bahan ajaryang lengkap dan relevan dengan mata pelajaran TIK yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa SMP Negeri 1 SakraTimur, Lombok Timur; (2) tingkat kelayakan bahan ajar yang digunakan belum sesuai dengan komponen bahan ajar yang dapat memudahkan siswa untuk belajar. Atas dasar masalah tersebut diatas, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku Bahan ajarpada mata pelajaran TIK yang dilengkapi dengan buku panduan siswa, dan buku panduan guru serta menghasilkan bahan ajar TIK yang layak sehingga siswa mudah untuk belajar. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model Dick, Carey, dan Carey (2001) yang telah dimodifikasi berdasarkan keperluan pengembang. Model ini mengarah pada upaya pemecahan masalah dan terprogram melalui langkah-langkah kegiatan yang sistematis. Langkah-langkah tersebut adalah: (1) mengidentifikasi kebutuhan untuk menentukan tujuan umum pembelajaran, (2) melakukan analisis pembelajaran, (3) mengidentifikasi tingkahlaku masukan dan karakteristik pembelajaran, (4) merumuskan tujuan khusus pembelajaran, (5) mengembangkan butir-butir tes acuan patokan, (6) mengembangkan strategi pembelajaran, (7) mengembangkan dan memilih materi pembelajaran, (8) merancang dan melakukan penilaian formatif, dan (9) merevisi materi pembelajaran. Berdasarkan dari semua hasil analisis data pada setiap uji coba yang dilakukan oleh pengembang dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil analisis data yang diperoleh dari para ahli isi, ahli media, ahli desain, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji lapangan menunjukkan rata-rata skor mencapai 70% - 80%, hal ini berarti bahwa Bahan ajar yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.Kata Kunci : Bahan ajar, TIK

Page 1 of 1 | Total Record : 10