cover
Contact Name
Wahyu Alamsyah
Contact Email
maslahahjurnal@gmail.com
Phone
+6285277750570
Journal Mail Official
maslahahjurnal@gmail.com
Editorial Address
Jl. Gaperta No.26, Tj. Gusta, Kec. Medan Helvetia, Kota Medan, Sumatera Utara 20125
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Published by Rahmat Islamiyah Press
ISSN : -     EISSN : 27235475     DOI : 10.30596/maslahah
Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, diterbitkan oleh Yayasan Rahmat Islamiyah, Medan, Indonesia. Pada Jurnal tersebut di dalamnya berisi artikel-artikel tentang berbagai bidang kegiatan pengabdian masyarakat. Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat menerima manuskrip terkait bidang kegiatan pengabdian masyarakat. Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat diterbitkan tiga kali diterbitkan pada bulan Februari, Juni dan Oktober. ISSN 2723-5475 (Online)
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2020)" : 14 Documents clear
Program Pengenalan Ilmu Tajwid Melaui Media Pembelajaran Pohon Ilmu Anggriani Rambe, Arfa; nurkholiza, Siti; Rahma, Fatima
Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/maslahah.v1i2.59

Abstract

Perkembangan Baca Tulis Al-Qur’an saat ini sangat luas, namun generasi zaman sekarang memiliki keterbatasan ilmu pengetahuan baik umum maupun ilmu agama. Menyadari pentingnya Al-Quran sebagai petunjuk dan pedoman bagi kaum muslimin, seorang muslim dituntut tidak hanya sekedar mampu membaca Al-Quran dengan fasih saja, akan tetapi bagaimana mampu memahami, menghayati, dan mengamalkan isinya dalam perilaku kehidupan. Maka dalam mempelajari Al-Quran dibutuhkan pemahaman baca tulis Al-Qur’an yang baik, karena pemahaman baca tulis Al-Quran menjadi syarat penting yang harus dikuasai dalam mengkaji dan memahami materi ayat-ayat Al-Quran. Baca Tulis Al-Qur’an merupakan suatu pelajaran yang mempelajari bagaimana cara membaca dan menulis Al-Qur’an sesuai dengan kaidah-kaidah yang baik dan benar. sedangkan tujuan pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an adalah agar siswa dapat memahami dan mengamalkan isi kandungan Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.Allah memerintahkan membaca Alquran secara tartil yaitu membaguskan bacaan huruf-huruf Alquran dengan jelas, teratur dan tidak terburu-buru serta mengenal wakaf sesuai dengan aturan-aturan tajwid. Hukum mempelajari ilmu tajwid adalah fardu ‘ain. Dengan hal ini dalam membaca Alquran kita akan menjumpai nun mati dan tanwin yang ada dalam setiap ayat. Hukum nun mati dan tanwin melalui penerapan ilmu tajwid dalam ayat-ayat pilihan dapat menanamkan kesadaran berperilaku sesuai dengan aturan dalam kehidupan.  Kata Kunci: Baca Tulis Alquran, Ilmu Tajwid 
Program Pengenalan Ilmu Tajwid Melaui Media Pembelajaran Pohon Ilmu Septia Rosa Saragih, Dewi; Arta, Juni; Khodizah, Siti; Nurmaini, Suci
Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/maslahah.v1i2.60

Abstract

Pendidikan baca tulis Al-Qur’an hadir memberikan bimbingan pemahaman, kemampuan dan penghayatan terhadap isi yang terkandung dalam Al-Qur’an sehingga dapat diwujudkan dalam perilaku sehari-hari sebagai manifestasi dan taqwa kepad Allah SWT.  Kemampuan baca tulis Al-Qur’an merupakan pengetahuan dasar untuk lebih bisa memahami dan menerapkan bacaan-bacaan yang ada dalam Al-Qur’an. Karena syariat Islam sumbernya adalah dari Al-Qur’an dan Hadits yang keduanya menggunakan bahasa Arab. Hal ini dapat diajarkan kepada anak sedari kecil atau pada jenjang pendidikan sekolah dasar. Tulisan ini mengulas pentingnya sebuah pembelajaran kreatif, baik di sekolah maupun luar sekolah, dalam rangka meningkatkan minat baca tulis Qur'an untuk anak-anak. Pembelajaran kreatif adalah pembelajaran yang menekankan kepada bagaimana guru atau tutor memfasilitasi kegiatan belajar, sehingga suasana belajar menjadi kondusif dan nyaman, hal ini menuntut pendidik mengemas bahan pembelajaran, sehingga anak-anak dapat terangsang untuk melakukan kegiatan-kegiatan kreatif dan menyenangkan, terutama membaca quran. Ada beberapa faktor yang dapat membuat peserta didik kurang berminat mempelajari baca tulis quran. Metode pengajaran dan kegiatan pembelajaran berbasis teacher centre dapat membuat anak cendrung bosan sehingga pekan kreativitas BTQ diupayahkan dapat mengatasi kebosanan anak dan meningkatkan minat belajar baca  tulis quran pada jenjang sekolah dasar. Kata kunci : minat belajar anak, baca tulis quran
Pelatihan Kewirausahaan Sebagai Upaya Meningkatkan Ekonomi Keluarga Kader ‘Aisyiyah Pimpinan Ranting Tanjung Selamat Mavianti, Mavianti; Harfiani, Rizka; Rudi Setiawan, Hasrian
Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/maslahah.v1i2.56

Abstract

Entrepreneurship training as an effort to improve the economy of the ‘Aisyiyah cadre family was conducted at the Branch Leader‘ Aisyiyah Tanjung Selamat. Along with the increasing economic needs, the mother as a cadre ‘Aisyiyah has a role to be able to help meet the needs of the family. The purpose of this service is to provide entrepreneurial skills for the Aisyiyah cadres. The method used is an interactive discussion, training or counseling as well as conducting practicum by inviting cadres of women isy Aisyiyah for entrepreneurial practices such as making handicrafts and food preparations. The result of this dedication is the increased motivation of cadres isy Aisyiyah to improve skills in order to help the family economy. With the economic growth of cadre family ‘Aisyiyah, it will sustain the economy of the Branch Leader‘ Aisyiyah Tanjung Selamat. Keywords : Entrepreneurship Training
Program Baca Tulis Qur’an Dasar Mahir Berbahasa Arab Hariani, Nurul; Juliana Silalahi, Santi; Indah Rengganis, Widya
Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/maslahah.v1i2.61

Abstract

To be proficient in Arabic, surely we must do it on the basis to train and get used to it. As based on the introduction of the Separate Arabic Letters, the Hijaiyah Letters, which consist of 28-30 Letters. In updating Arabic language by recognizing Hijaiyah letters there must be special learning that must be achieved, for example Special learning to recognize Hijaiyah Letters begins with reading Beginner's Iqro Book, starting from Iqra '1 to 6. Furthermore, to be proficient in writing also basically is to recognize letters and get special learning. So to achieve this we can do beginner learning to be proficient in Arabic, starting from reading, translating and writing to that is by taking the class of Reading the Qur'an (BTQ). There we can make beginners, write, read, to translate it, and also recognize the Law of reading (Tajweed). Anyone To be proficient in Arabic and the writing must go through the basics first. Whether it's children to adults though.Keyword: Learning , Read The Qur’an, Arabic
Program Penguasaan Ilmu Tajwid Dengan Mudah Siregar, Anggreini; Husna, Nihayah; Huda, Nurul; Samira, Tursina
Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/maslahah.v1i2.57

Abstract

The Qur’an is a holy book of Muslims who are guidelines in living life. By reading the Qur’an, it can be a helper in the hereafter. So that in reading the Qur’an is not arbitrary, there is knowledge that can be learned in understanding how to read the good and true Qur'an. This science is the science of Tajwid. The science of Tajwid is a branch of science to study the ways of reading the Qur’an. The law of reading the Qur'an with Tajwid is a Fardu a'in for every Muslim. For people who are especially not fluent in Arabic, it will be difficult in understanding the science tajwid. Then, here are some ways in mastering science tajwid easily, so it can be applied in daily life.
Pemanfaatan Instrumen Astronomi Klasik Mizwala Dalam Pengukuran Dan Pengakurasian Arah Kiblat Juli Rakhmadi, Arwin; Rudi Setiawan, Hasrian
Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/maslahah.v1i2.69

Abstract

: Artikel ini membahas tentang satu instrumen astronomi modifikasi modern bernama Mizwala Qibla Finder hasil kreasi Hendro Setyanto. Alat ini sangat cocok dan akurat di gunakan di era modern karena akurasinya yang sangat tinngi. Alat ini juga direkomendasikan untuk digunakan karena fungsi dan urgensinya yang sangat penting yaitu menentukan arah kiblat. Seperti diketahui, menghadap kiblat adalah suatu keharusan (syarat) untuk sahnya shalat. Sedangkan dalam praktiknya ada banyak cara dan instrument yang dapat digunakan dalam menentukan arah kiblat, salah satunya adalah Mizwala Qibla Finder. Dalam praktiknya, pemanfaatan Mizwala Qibla Finder dalam penentuan arah kiblat memiliki akurasi yang cukup tinggi sehingga direkomendasikan untuk digunakan dalam menentukan dan mengakurasikan arah kiblat kapan saja dan dimana saja. Kata Kunci: Mizwala Qibla Finder, arah kiblat, fikih. 
Pemanfaatan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Baca Tulis Alquran Di Madrasah Ibtidaiyah Yuni Sitorus, May; Andriyani, Rika; Sari, Sauma; Sri Fadillah, Yeni
Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/maslahah.v1i2.58

Abstract

Tujuan penulisan jurnal   ini yaitu untuk mendeskripsikan pengenalan dasar dari pembelajaran Baca Tulis Alquran melalui media audio visual. Melalui media ini, maka kita dapat mengetahui kemampuan seorang anak didik dalam menyerap pembelajaran, mana yang cepat dan tanggap dan mana yang lambat. Media pembelajaran adalah segala bentuk yang dipergunakan untuk suatu proses saluran informasi. Atau dapat juga dikatakan sebagai sumber bahan ajar untuk menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, perasaan dan kemauan siswa-siswi sehingga dapat mendorong terjadinya proses pada dirinya.  Media memiliki kekuatan-kekuatan yang positif dan sinergi yang mampu merubah sikap dan tingkah laku mereka kearah perubahan yang kreatif dan dinamis. Sehubung dengan hal itu, peran media sangat  dibutuhkan dalam pembelajaran dimana perkembangannya saat ini media bukan lagi dipandang sekedar alat bantu tetapi merupakan bagian yang penting dalam sistem pendidikan dan pembelajaran. Mengingat begitu besarnya peran media dalam pembelajaran, jurnal ini diharapkan dapat membantu kita sebagai calon guru dalam mengenal berbagai media pembelajaran dan karakteristiknya dan dimafaatkan dalam untuk kita mengajar untuk kedepannya.   Kata Kunci:Media Pembelajaran, Audio Visual, Baca TuliS Alquran
Program Pengenalan Ilmu Tajwid Melaui Media Pembelajaran Pohon Ilmu Arfa Anggriani Rambe; Siti nurkholiza; Fatima Rahma
Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan Baca Tulis Al-Qur’an saat ini sangat luas, namun generasi zaman sekarang memiliki keterbatasan ilmu pengetahuan baik umum maupun ilmu agama. Menyadari pentingnya Al-Quran sebagai petunjuk dan pedoman bagi kaum muslimin, seorang muslim dituntut tidak hanya sekedar mampu membaca Al-Quran dengan fasih saja, akan tetapi bagaimana mampu memahami, menghayati, dan mengamalkan isinya dalam perilaku kehidupan. Maka dalam mempelajari Al-Quran dibutuhkan pemahaman baca tulis Al-Qur’an yang baik, karena pemahaman baca tulis Al-Quran menjadi syarat penting yang harus dikuasai dalam mengkaji dan memahami materi ayat-ayat Al-Quran. Baca Tulis Al-Qur’an merupakan suatu pelajaran yang mempelajari bagaimana cara membaca dan menulis Al-Qur’an sesuai dengan kaidah-kaidah yang baik dan benar. sedangkan tujuan pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an adalah agar siswa dapat memahami dan mengamalkan isi kandungan Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.Allah memerintahkan membaca Alquran secara tartil yaitu membaguskan bacaan huruf-huruf Alquran dengan jelas, teratur dan tidak terburu-buru serta mengenal wakaf sesuai dengan aturan-aturan tajwid. Hukum mempelajari ilmu tajwid adalah fardu ‘ain. Dengan hal ini dalam membaca Alquran kita akan menjumpai nun mati dan tanwin yang ada dalam setiap ayat. Hukum nun mati dan tanwin melalui penerapan ilmu tajwid dalam ayat-ayat pilihan dapat menanamkan kesadaran berperilaku sesuai dengan aturan dalam kehidupan.  Kata Kunci: Baca Tulis Alquran, Ilmu Tajwid 
Program Pengenalan Ilmu Tajwid Melaui Media Pembelajaran Pohon Ilmu Dewi Septia Rosa Saragih; Juni Arta; Siti Khodizah; Suci Nurmaini
Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan baca tulis Al-Qur’an hadir memberikan bimbingan pemahaman, kemampuan dan penghayatan terhadap isi yang terkandung dalam Al-Qur’an sehingga dapat diwujudkan dalam perilaku sehari-hari sebagai manifestasi dan taqwa kepad Allah SWT.  Kemampuan baca tulis Al-Qur’an merupakan pengetahuan dasar untuk lebih bisa memahami dan menerapkan bacaan-bacaan yang ada dalam Al-Qur’an. Karena syariat Islam sumbernya adalah dari Al-Qur’an dan Hadits yang keduanya menggunakan bahasa Arab. Hal ini dapat diajarkan kepada anak sedari kecil atau pada jenjang pendidikan sekolah dasar. Tulisan ini mengulas pentingnya sebuah pembelajaran kreatif, baik di sekolah maupun luar sekolah, dalam rangka meningkatkan minat baca tulis Qur'an untuk anak-anak. Pembelajaran kreatif adalah pembelajaran yang menekankan kepada bagaimana guru atau tutor memfasilitasi kegiatan belajar, sehingga suasana belajar menjadi kondusif dan nyaman, hal ini menuntut pendidik mengemas bahan pembelajaran, sehingga anak-anak dapat terangsang untuk melakukan kegiatan-kegiatan kreatif dan menyenangkan, terutama membaca quran. Ada beberapa faktor yang dapat membuat peserta didik kurang berminat mempelajari baca tulis quran. Metode pengajaran dan kegiatan pembelajaran berbasis teacher centre dapat membuat anak cendrung bosan sehingga pekan kreativitas BTQ diupayahkan dapat mengatasi kebosanan anak dan meningkatkan minat belajar baca  tulis quran pada jenjang sekolah dasar. Kata kunci : minat belajar anak, baca tulis quran
Pelatihan Kewirausahaan Sebagai Upaya Meningkatkan Ekonomi Keluarga Kader ‘Aisyiyah Pimpinan Ranting Tanjung Selamat Mavianti Mavianti; Rizka Harfiani; Hasrian Rudi Setiawan
Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Entrepreneurship training as an effort to improve the economy of the ‘Aisyiyah cadre family was conducted at the Branch Leader‘ Aisyiyah Tanjung Selamat. Along with the increasing economic needs, the mother as a cadre ‘Aisyiyah has a role to be able to help meet the needs of the family. The purpose of this service is to provide entrepreneurial skills for the Aisyiyah cadres. The method used is an interactive discussion, training or counseling as well as conducting practicum by inviting cadres of women isy Aisyiyah for entrepreneurial practices such as making handicrafts and food preparations. The result of this dedication is the increased motivation of cadres isy Aisyiyah to improve skills in order to help the family economy. With the economic growth of cadre family ‘Aisyiyah, it will sustain the economy of the Branch Leader‘ Aisyiyah Tanjung Selamat. Keywords : Entrepreneurship Training

Page 1 of 2 | Total Record : 14