cover
Contact Name
Ilham Safar
Contact Email
ilhamsafar25@gmail.com
Phone
+6281340202750
Journal Mail Official
manorunifa@gmail.com
Editorial Address
Jl. Prof Abdurahman Basalamah No. 101
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Organisasi Review (MANOR)
Published by Universitas Fajar
ISSN : 26570130     EISSN : 2716148X     DOI : 10.47354
Core Subject : Economy, Humanities,
Fokus dan ruang lingkup MANOR: Jurnal Manajemen dan Organisasi Review adalah: 1. Manajemen Sumber Daya Manusia 2. Manajemen Pemasaran 3. Manajemen Keuangan 4. Manajemen Operasional 5. Manajemen Bisnis
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2022): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review" : 8 Documents clear
PENGARUH KOMPETENSI DAN PERENCANAAN SDM TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BADAN KEUANGAN DAN ASSET DAERAH KABUPATEN ENREKANG jamaluddin sawaji jamal; Phanya Angelien Kayang
MANOR: JURNAL MANAJEMEN DAN ORGANISASI REVIEW Vol. 4 No. 2 (2022): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47354/mjo.v4i2.390

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kompetensi dan perencanaan SDM terhadap kinerja pegawai pada Badan Keuangan dan Asset Daerah Kabupaten Enrekang. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pegawai di Badan Keuangan dan Asset Daerah Kabupaten Enrekang dan sampelnya sebanyak 62 responden. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei berupa kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, dilihat pada nilai t hitung 5,615 > nilai t tabel 2,001 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Pada variabel Perencanaan SDM bepengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, dilihat pada nilai t hitung 6,732 > nilai t tabel 2,001 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Adapun secara simultan Kompetensi dan Perencanaan SDM berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, dilihat pada nilai f hitung 22,481 > nilai f tabel 3,15 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Kata Kunci : Kompetensi, Perencanaan SDM, Kinerja
REAKSI PASAR TERHADAP PENGUMUMAN PENERBITAN OBLIGASI PADA PERUSAHAAN BUMN DAN BUMN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017-2020 Ricky Saputra W Mantali; Yayu Isyana Pongoliu; Lanto Miriatin Amali
MANOR: JURNAL MANAJEMEN DAN ORGANISASI REVIEW Vol. 4 No. 2 (2022): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47354/mjo.v4i2.393

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Reaksi Pasar Terhadap Pengumuman Penerbitan Obligasi Pada Perusahaan BUMN dan Non BUMN dari Cumulative Abnormal Return dan Trading Volume Activity. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa harga saham perusahaan BUMN dan Non BUMN yang diperoleh dari www.idx.co.id. Penarikan sampel dalam penelitian menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 11 perusahaan untuk BUMN dan 36 perusahaan untuk Non BUMN. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis uji beda Independent Sample t-test. Hasil penelitian menunjukan 1) Tidak terdapat perbedaan Cumulative Abnormal Return yang signifikan pada perusahaan BUMN dibandingkan perusahaan NonBUMN baik periode sebelum maupun sesudah pengumuman penerbitan obligasi selama periode 2017 – 2021, 2) Terdapat perbedaan yang signifikan Trading Volume Activity pada perusahaan BUMN dibandingkan perusahaan Non-BUMN baik periode sebelum maupun sesudah pengumuman penerbitan obligasi selama periode 2017 – 2021. Kata Kunci: Reaksi Pasar, Penerbitan Obligasi, Cumulative Abnormal Return, Trading Volume Activity
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEMUDAHAN PEMBELIAN TIKET MENGGUNAKAN APLIKASI, TARIF DAN KEAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN PENUMPANG DALAM MEMILIH ANGKUTAN TRANSPORTASI LAUT (Studi Kasus Pada KM. Lawit Rute Semarang-Pontianak) Retno Mulatsih; Eki Muhammad Zafar; Sulistyowati Sulistyowati
MANOR: JURNAL MANAJEMEN DAN ORGANISASI REVIEW Vol. 4 No. 2 (2022): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47354/mjo.v4i2.397

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kualitas pelayanan, kemudahan pembelian tiket menggunakan aplikasi, tarif dan keamanan terhadap keputusan penumpang KM. Lawit pada rute Semarang-Pontianak. Sampel pada penelitian ini berjumlah 95 responden penumpang KM. Lawit, dengan menggunakan teknik nonprobality sampling yaitu dengan sampling kuota. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif, data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan (software) Statistic Package For Social Science (SPSS) versi 26. Hasil penelitian dengan pengujian hipotesis uji-t secara parsial menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, kemuduhan pembelian tiket menggunakan aplikasi, tarif dan keamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penumpang. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa model penelitian dari persamaan regresi linier berganda adalah Y= -1.624 + 0,177 X1 + 0,289 X2 + 0,242 X3 + 0,294 X4 + µ. Dari persamaan regresi tersebut dapat diketahui bahwa variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap peningkatan jumlah penumpang adalah variabel keamanan dengan koefisien regresi 0,294. Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Kemudahan Pembelian Tiket Menggunakan Aplikasi, Tarif, Keamanan Dan Keputusan Penumpang.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PEMBELIAN PADA PT. TASTI ANUGERAH MANDIRI CABANG PAREPARE Pandi Putra; Ulyana Muslimin
MANOR: JURNAL MANAJEMEN DAN ORGANISASI REVIEW Vol. 4 No. 2 (2022): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47354/mjo.v4i2.398

Abstract

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pembelian Suku Cadang Mobil Avanza Pada PT. Tasti Anugerah Mandiri Cabang Parepare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pembelian suku cadang mobil Avanza pada PT. Tasti Anugerah Mandiri Cabang Parepare. Metode Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linear berganda. Dimana metode pengumpulan datanya melalui Observasi, Kuesioner, dan Wawancara. Penentuan sampel ditentukan dengan rumus Roscoe dan didapat sebanyak 60 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh tangibel (X1), reliability (X2), responsiveness (X3), assurance (X4) dan, emphaty (X5) terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Tasti Anugerah Mandiri Cabang Parepare. Hal ini dibuktikan dengan hasil statistic Fhitung sebesar 8,420. Hasil uji determinan R2 pada penelitian ini diperoleh nilai determinan R2 sebesar 0,438 yang berarti bahwa besarnya pengaruh tangibel (X1), reliability (X2), responsiveness (X3), assurance (X4) dan, emphaty (X5) terhadap kepuasan konsumen adalah sebesar 43,8% dan sisanya sebesar 56,2% dijelaskan variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA TRANSPORTASI ONLINE DI YOGYAKARTA (Studi kasus penumpang Grab-Bike) Andar Sri Sumantri; Badarudin Kau; Dhanan Abimanto
MANOR: JURNAL MANAJEMEN DAN ORGANISASI REVIEW Vol. 4 No. 2 (2022): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47354/mjo.v4i2.400

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh harga, kualitas layanan dan brand image terhadap keputusan menggunakan Grab-bike. Sampel pada penelitian ini berjumlah 97 responden penumpang Grab-bike, dengan menggunakan teknik nonprobality sampling yaitu dengan sampling incidental Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif, data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan (software) Statistic Package For Social Science (SPSS) versi 26. Hasil penelitian dengan pengujian hipotesis uji-t secara parsial menunjukkan bahwa harga, kualitas pelayanan dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penumpang. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa model penelitian dari persamaan regresi linier berganda adalah Y= 1.204 + 0,225X1 + 0,294X2 + 0,167X3 + µ. Dari persamaan regresi tersebut dapat diketahui bahwa variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap peningkatan jumlah penumpang adalah variabel kualitas pelayanan dengan koefisien regresi 0,294. Dan uji R2 (Adjusted R Square) didapatkan hasil sebesar 0,635 atau sebesar 63,5% yang berarti bahwa keputusan menggunakan dipengaruhi oleh variabel harga, kualitas pelayanan, brand image yakni sebesar 63,5% dan faktor lain yang mempengaruhi keputusan menggunakan sebesar 36,5% atau 0,365 Kata kunci : Harga, Kualitas Layanan, Brand Image dan Keputusan Menggunakan
KINERJA: TINJAUAN KOMPENSASI DAN KEPEMIMPINAN SERTA LAHIRNYA LOYALITAS KARYAWAN Muhammad Nasir; Jeni Kamase; Anas Djamareng; Sukmawati
MANOR: JURNAL MANAJEMEN DAN ORGANISASI REVIEW Vol. 4 No. 2 (2022): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47354/mjo.v4i2.401

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan melihat peranan beberapa variabel dalam menjelaskan hubungan dengan variabel kinerja, baik secara langsung maupun tidak langsung. Bahwa, peranan kompensasi menjadi nilai penting dalam mengukur loyalitas setiap karyawan, serta serupa dengan bagaimana kepemimpinan berjalan dengan maksimal agar menjadi pemicu terjadinya peningkatan kinerja bagi setiap sumber daya manusia. Jumlah responden dalam penelitian adalah sebanyak 85 orang karyawan yang secara langsung terlibat dalam memberikan data melalui kuesioner yang disediakan. Penelitian ini menggunakan software SmartPLS dalam mengolah data yang terkumpul, dan menghasilkan hasil temuan bahwa, Kompensasi tidak memiliki pengaruh terhadap loyalitas karyawan dan juga secara langsung terhadap kinerja karyawan, hal ini juga terjadi jika melihat pengaruh secara tidak langsung. Sementara kepemimpinan memiliki peranan yang berbeda, ia mampu menjelaskan pengaruh terhadap kinerja serta loyalitas karyawan, hal ini juga terjadi pada pengrauh tidak langsung kepada kinerja. Penelitian ini menyimpulkan, peranan penting seorang pemimpin dalam menyiapkan kinerja serta loyalitas pegawai. Kata kunci: Kinerja, loyalitas, kompensasi dan kepemimpinan
ANALISIS RISK AND RETURN INVESTASI PADA INSTRUMEN CRYPTOCUREENCY DI INDONESIA TAHUN 2019-2021 Syamsul Riyadi; Nasyirah Nurdin; Andi Desti Aulia
MANOR: JURNAL MANAJEMEN DAN ORGANISASI REVIEW Vol. 4 No. 2 (2022): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47354/mjo.v4i2.402

Abstract

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatiff deskriptif dengan jumlah sampel yang ambil berdasarkan beberapa karakteristik sebanyak 11 cryptocurrency dan 5 indeks saham yang tersebar di Indonesia. alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengukuran return, simpangan baku dan value at risk (VaR) yang diolah menggunakan Microsoft Office Excel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa return dan risiko investasi pada ke 11 cryptocurrency cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan return dan risiko investasi pada indeks saham. Kata Kunci: Investasi, Risiko, Pengembalian
ANALISIS KEMAMPUAN USAHA PELAKU USAHA MIKRO SELAMA PANDEMI COVID 19 DI KOTA MAKASSAR Sri Adrianti Muin; Muh Taslim
MANOR: JURNAL MANAJEMEN DAN ORGANISASI REVIEW Vol. 4 No. 2 (2022): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47354/mjo.v4i2.403

Abstract

Penelitian ini berfokus pada kemampuan usaha pengusaha mikro di masa pandemi Covid - 19 yang meliputi kemampuan inovasi dan orientasi kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan usaha pengusaha mikro pada masa pandemi Covid-19 di Makassar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dimana data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kemampuan usaha sebagai strategi yang diterapkan adalah kemampuan inovasi yakni memberikan nilai kepada pelanggan melalui inovasi varian rasa, kemasan, pemberian diskon, pemanfaatan media sosial, dan interaksi yang baik dengan pelanggan Orientasi kewirausahaan meliputi pengembangan ide dan gagasan, kemampuan bertaha, dan kesediaan dalam mengambil risiko. Kata kunci: kemampuan inovasi, orientasi kewirausahaan

Page 1 of 1 | Total Record : 8