cover
Contact Name
Dian Perayanti Sinaga
Contact Email
dianperayanti@gmail.com
Phone
+6281377105410
Journal Mail Official
pendbiologi.usi@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Biologi-FKIP Universitas Simalungun Jl. Sisingamangaraja Barat,Kelurahan Bukit Sofa, Kecamatan Siantar Sitalasari Kota Pematangsiantar
Location
Kota pematangsiantar,
Sumatera utara
INDONESIA
MetaBio : Jurnal Pendidikan
Published by Universitas Simalungun
ISSN : -     EISSN : 23026553     DOI : https://doi.org/10.36985
Jurnal Ilmiah Metabio merupakan jurnal publikasi yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Simalungun Pematangsiantar. Jurnal ini akan memuat hasil-hasil penelitian ilmiah pada berbagai bidang ilmu Biologi dan Pembelajaran Biologi diantaranya Ekologi, Anatomi, IPA, Metode Pembelajaran, Media Pembelajarandan bidang-bidang lain yang terapannya sangat berhubungan dengan bidang Biologi dan Pembelajaran Biologi
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2021): Oktober 2021" : 8 Documents clear
PENGARUH MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KOMUNIKASI KEMAMPUAN STATISTIK MAHASISWA (VIRTUAL) FKIP USI PEMATANGSIANTAR TA 2021/2022: THE EFFECT OF MOTIVATION AND INTEREST IN LEARNING ON COMMUNICATION STATISTICAL ABILITY OF STUDENTS (VIRTUAL) FKIP USI FY 2021/2022 ADMINISTRATION Joni Wilson Sitopu; Ika Rosenta Purba
Jurnal Metabio Vol. 3 No. 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Jurnal Metabio

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang dilaksanakan pembelajaran daring, motivasi belajar dan minat belajar mahasiswa menurun, hanya sedikit yang berpartisipasi dan aktif dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besar pengaruh motivasi belajar dan minat belajar terhadap komunikasi kemampuan statistik mahasiswa (Virtual) FKIP USI Pematangsiantar Tahun Aakademik 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Semester IV program studi pendidikan biologi FKIP USI Pematangsiantar Tahun Akademik 2021/2022. Data yang diperoleh melalui angket. Angket sebelumnya di uji normalitas data serta di uji linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, uji t, uji R2, uji F. Kesimpulannya dengan uji F, F = 4,510, nilai Sig. (2-tailed) = 0,020 lebih kecil dari 0,05 (5%). Ini artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap komunikasi kemampuan statistik mahasiswa (Virtual) FKIP USI Pematangsiantar Tahun Aakademik 2021/2022. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,195. Berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana Y = 58.300 + 0.119 X1 + 0.325 X2
PENGARUH PERSEPSI SISWA DALAM PENGGUNAAN WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA SELAMA DARING: THE EFFECT OF STUDENT'S PERCEPTION IN USING WHATSAPP AS A LEARNING MEDIA ON SCIENCE LEARNING MOTIVATION WHILE ONLINE Muhammad Komarul Huda; Joni Wilson Sitopu; Junita
Jurnal Metabio Vol. 3 No. 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Jurnal Metabio

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa dalam penggunaan WhatsApp sebagai media pembelajaran terhadap motivasi belajar IPA selama daring di SMP Negeri 10 Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 7 yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah siswa 231, dalam menentukan sampel menggunakan teknik Proporsional Random Sampling dan terdapat 58 siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, linearitas, homogenitas dan uji hipotesis yaitu koefisien korelasi, uji t, koefisien determinasi dan uji regresi linier. Dari hasil penelitian uji normalitas diperoleh nilai signifikasi 0,946 > 0,05, hasil uji linearitas diperoleh nilai signifikasi 0,805 > 0,05, hasil uji homogenitas diperoleh nilai 0,284 > 0,05, hasil uji koefisien korelasi diperoleh nilai 0,229 yang berarti tingkat korelasi antara pengaruh persepsi siswa dalam penggunaan WhatsApp terhadap motivasi belajar IPA rendah, hasil uji koefisien determinasi diperoleh 0,35 menunjukkan adanya pengaruh persepsi siswa dalam penggunaan WhatsApp terhadap motivasi belajar IPA dengan tingkat persentase sebesar 3,5 % dan hasil uji regresi linier menunjukkan bahwa nilai signifikasi sebesar 0,084 > 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variebel x berpengaruh terhadap variabel y. Berdasarkan dari nilai t diketahui nilai thitung sebesar 81,163 > ttabe1 1,67252 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel x berpengaruh terhadap variabel y. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa pengaruh persepsi siswa dalam penggunaan WhatsApp sebagai media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa selama daring memiliki pengaruh rendah yaitu sebesar 3,4%
ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI SISTEM REGULASI MANUSIA DI KELAS XI SMA SWASTA KARTIKA 1-4 PEMATANGSIANTAR TAHUN AJARAN 2020/2021: ANALYSIS OF STUDENTS' LEARNING DIFFICULTIES IN UNDERSTANDING THE MATERIALS HUMAN REGULATION SYSTEM IN CLASS XI SMA PRIVATE KARTIKA 1-4 ADMINISTRATION FOR THE 2020/2021 ACADEMIC YEAR Sumarny Tridelpina Purba; Salome Rajagukguk; Maya Dwi Yana
Jurnal Metabio Vol. 3 No. 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Jurnal Metabio

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar siswa dalam memahami materi sistem regulasi manusia di kelas XI SMA Swasta Kartika 1-4 Pematangsiantar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 150 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling yaitu diambil sebanyak 20% dengan perolehan 10 siswa dari tiap kelas dengan jumlah 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Kesulitan belajar siswa dianalisis dengan cara memberikan instrumen berupa tes pilihan ganda, dan angket tertutup bentuk pilihan ganda berskala Likert. Hasil analisis data tes menunjukkan rata-rata persentase kesulitan belajar siswa sebesar 75,65% dan dikategorikan lemah yang berarti siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi sistem regulasi manusia. Hasil angket menunjukkan faktor internal yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa meliputi aspek minat dan motivasi sebesar 67,08% diinterpretasikan lemah, aspek kesiapan dan perhatian sebesar 63,33% diinterpretasikan lemah. Sedangkan dari faktor eksternal yaitu aspek lingkungan keluarga sebesar 75% diinterpretasikan lemah, aspek lingkungan sekolah sebesar 71,94% diinterpretasikan lemah, aspek lingkungan masyarakat sebesar 65,83% diinterpretasikan lemah, maka disimpulakan bahwa aspek dengan interpretasi lemah tidak berpengaruh terhadap kesulitan belajar siswa, dan dari aspek alokasi waktu sebesar 39,33% diinterpretasikan kuat maka disimpulkan bahwa aspek tersebut memiliki pengaruh yang besar terhadap kesulitan belajar siswa. Dan diperoleh rata-rata hasil pesresntase dari faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar sebesar 63,75%
PENGARUH KONDISI DAN KOSENTRASI BELAJAR DI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MAN PEMATANGSIANTAR Marlindoaman Saragih; Pelita Nurjana
Jurnal Metabio Vol. 3 No. 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Jurnal Metabio

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kondisi dan Konsentrasi Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X MAN Pematangsiantar Tahun Ajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 160 siswa. Dalam pengambilan sampel diambil 25% dari total keseluruhan populasi sehingga dapat diperhitungkan sampel yaitu 160x25% = 40 siswa, instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket yang diisi oleh siswa dan DKN ( Daftar Nilai Siswa ), selebihnya dokumentasi sebagai data tambahan. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa pengaruh kondisi dan konsentrasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 terhadap prestasi belajar siswa kelas X MAN Pematangsiantar sangat berpengaruh.
PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA YPK PEMATANGSIANTAR Dian Perayanti Sinaga; Dini Novita
MetaBio : Jurnal Pendidikan (Edisi Elektronik) Vol. 3 No. 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Program Studi Biologi FKIP Universitas Simalungun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/jmo.v3i2.559

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Blended Learning terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa di SMA YPK Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2020/2021. Jumlah populasi sebanyak 105 siswa yang terdiri dari 3 kelas. Kelas kontrol (X IPA-3) 35 siswa dan kelas eksperimen (X IPA-1) 35 siswa. Kelas kontrol (X IPA-3) diberi perlakuan menggunakan metode pembelajaran ceramah dan kelas eksperimen (X IPA-1) diberi perlakuan menggunakan model blended learning. Dari hasil uji t diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 2,546 > 1,667 pada taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan (df) = 54, maka H0 ditolak dan Ha diterima maka ada pengaruh model blended learning terhadap keterampilan proses sains siswa kelas X pada materi ekosistem SMA YPK Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2020/2021. Dari hasil penelitian posttest kelas kontrol (X IPA-3) sebesar 93,48 dan kelas eksperimen (X IPA-3) sebesar 94.74. Dari hasil uji t diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 2,227 > 1,667 pada taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan (df) 69, maka H0 ditolak dan Ha diterima maka artinya ada pengaruh penggunaan model blended learning terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi ekosistem di SMA YPK Pematangsiantar. Disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model blended learning terhadap keterampilan proses sains (KPS) dan hasil belajar siswa kelas X pada materi Ekosistem di SMA YPK Pematangsiantar pada Tahun Pelajaran 2020/2021.
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING GOOGLE CLASSROOM DI KELAS VII SMP NEGERI 7 PEMATANGSIANTAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021: COMPARISON OF LEARNING OUTCOMES USING MODELS GOOGLE CLASSROOM E-LEARNING LEARNING IN CLASS VII STATE JUNIOR HIGH SCHOOL 7 PEMATANGSIAN 2020/2021 ACADEMIC YEAR Polemon Hutagaol; Devie Purwanti Purba
MetaBio : Jurnal Pendidikan (Edisi Elektronik) Vol. 3 No. 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Program Studi Biologi FKIP Universitas Simalungun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/jmo.v3i2.560

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dan besarnya perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran E-Learning Google Classroom pada materi pencemaran lingkungan di kelas VII SMP Negeri 7 Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2020/2021. Jumlah populasi sebanyak 288 orang yang terdiri dari 9 kelas dan sampel diambil secara Cluster Random Sampling sehingga diperoleh 2 kelas yaitu kelas eksperimen I (VII-1) 32 orang dan kelas eksperimen II (VII-2) 32 orang. Kelas eksperimen I diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran E-Learning Google Classroom dan kelas eksperimen II diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Luring. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS 21 untuk mencari rata-rata (X), standart deviasi (S) dan uji hipotesis (uji t) pada taraf signifikansi  = 0,05. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata post test kelas eksperimen I sebesar 87,66 dan kelas eksperimen II sebesar 85,16 dengan perbedaan hasil belajar sebesar 2,5. Dari hasil pengujian hipotesis (uji t) diperoleh thitung (2,625) > ttabel (1,99) pada tarafmsignifikansi  = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 62, maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran E-Learning Google Classroom dan Luring pada materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP Negeri 7 Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2020/2021. Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran E-Learning Google Classroom dan Luring pada materi pencemaran lingkungan di kelasVII SMP Negeri 7 Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2020/2021.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 SIDAMANIK: THE EFFECT OF THE MAKE A MATCH LEARNING MODEL WITH PICTURE AND PICTURE ON STUDENT LEARNING OUTCOMES IN SIDAMANIK 1ST STATE JUNIOR HIGH SCHOOL Fenny Mustika Piliang; Romlayani
MetaBio : Jurnal Pendidikan (Edisi Elektronik) Vol. 3 No. 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Program Studi Biologi FKIP Universitas Simalungun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/jmo.v3i2.561

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran make a match dengan picture and picture pada materi sistem ekskresi di kelas VIII SMP negeri 1 sidamanik. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 311 orang dan jumlah sampel sebanyak 64 orang siswa (cluster random sampling) yang terdiri dari kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen I dan VIII-C sebagai kelas eksperimen II. Analisis data dilakukan dengan cara mencari nilai rata-rata mean, median, modus, standar deviasi, dan hipotesis diuji dengan statistik atau uji t pada taraf signifikansi a = 0,05. Nilai rata-rata pre-test kelas Eksperimen I sebesar 45,63 dan kelas Eksperimen II sebesar 42,34. Nilai post-test kelas Eksperimen I sebesar 81,88 dan kelas Eksperimen II sebesar 81,56 atau selisih 3,2. Dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung (103,1) > (1,669), maka Ha diterima dan Ho ditolak artinya ada pengaruh model pembelajaran make a match dengan picture and picture terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Sidamanik. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran make a match dengan picture and picture terhadap hasil belajar siswa di SMP negeri 1 sidamanik.
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS VII SMP NEGERI 8 PEMATANGSIANTAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020: COMPARISON OF STUDENT LEARNING OUTCOMES USING GROUP INVESTIGATION AND NUMBERED LEARNING MODELS HEAD TOGETHER ON ENVIRONMENTAL POLLUTION MATERIALS IN CLASS VII SMP NEGERI 8 PEMATANGSIANTAR 2019/2020 ACADEMIC YEAR Ika Rosenta Purba
MetaBio : Jurnal Pendidikan (Edisi Elektronik) Vol. 3 No. 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : Program Studi Biologi FKIP Universitas Simalungun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/jmo.v3i2.562

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation dan Numbered Head Together pada materi pencemaran lingkungan di kelas VII SMP Negeri 8 Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 8 Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2019/2020, yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah 340 orang. Proses penentuan sampel dilakukan secara acak kelas atau cluster random sampling sehingga diperoleh 2 kelas yaitu kelas VII-D sebagai kelas eksperimen I dengan menggunakan model pembelajarn Group Investigation dan kelas VII-A sebagai kelas eksperimen II menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together. Analisis data diakukan dengan mencari nilai rata-rata, standar deviasi, dan hipotesis diuji dengan statistik atau uji t pada taraf signifikasi α = 0,05. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II sebesar 44,86 dan 40,27. Nilai post-test kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II sebesar 83,78 dan 87,03 dengan perbedaan sebesar 3,25. Dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung (2,517) > ttabel (1,66629), maka Ha diterima dan H0 ditolak artinya ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation dan Numbered Head Together pada materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP Negeri 8 Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2019/2020. Disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation dan Numbered Head Together pada materi pencemaran lingkungan di kelas VII SMP Negeri 8 Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2019/2020.

Page 1 of 1 | Total Record : 8