cover
Contact Name
Muhamad Suhardi
Contact Email
jurnalp4i@gmail.com
Phone
+6285239967417
Journal Mail Official
jurnalp4i@gmail.com
Editorial Address
CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I) Lingkungan Handayanai, Kel. Leneng, Kec. Praya, Kab. Lombok Tengah, NTB Principal Contact: Dr. Muhamad Suhardi, M.Pd. (085239967417) Technical Support Contact: Randi Pratama M., M.Pd. (085781267181) Email: jurnalp4i@gmail.com
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
CENDEKIA : Jurnal Ilmu Pengetahuan
ISSN : 27748030     EISSN : 27744183     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 137 Documents
WAGFORM SEBAGAI ALAT EVALUASI PJJ DI SEKOLAH BINAAN AI MARLINA MARLINA
CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/cendekia.v1i1.23

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pelaksanaan evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Sekolah Binaan Kabupaten Sukabumi menggunakan WAGFORM. Aplikasi WhatsApp Group dan Google Form sebagai bagian integral dalam google drive. Aplikasi ini digunakan dalam membantu menggali informasi dan penilaian dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) non tatap muka. Kelebihan aplikasi online ini gratis, murah terjangkau masyarakat, mudah, praktis dalam penggunaanya, serta efektif, dan efisien. WAGFORM diterapkan sebagai salah satu alat evaluasi PJJ pada masa pandemik corona virus disease 2019 (Covid-19) yang sedang melanda tanah air bahkan dunia internasional.
PERUBAHAN GAYA BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19 EVY ALDIYAH
CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/cendekia.v1i1.24

Abstract

Pembelajaran Jarak Jauh dimulai seiring meningkatnya pandemi covid-19, mengiikuti kebijakan yang diatur oleh pemerintah. Akibat dari salah satu kebijakan tersebut adalah berubahnya cara belajar siswa dan cara mengajar guru. Perubahan tersebut juga membuat perubahan gaya belajar. Literature review ini bertujuan untuk mengumpulkan dan menganalisa serta mencari kesamaan pandangan terhadap perubahan gaya belajar siswa dan guru selama masa pandemi, serta dapat memberikan kontribusi keilmuan di masa mendatang. Menggunakan desain literature review dengan artikel dan jurnal yang terbit pada rentang waktu bulan Juni 2020 sampai dengan Desember 2020. Dari 5 artikel terpilih dan telah dianalisa di dapat hasil bahwa pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 membawa perubahan gaya belajar siswa. Ada perubahan gaya belajar positif dimana siswa menjadi lebih aktif dan kreatif, ada juga perubahan negatif dimana terjadi penurunan motivasi belajar siswa. Pendidik (guru dan dosen) adalah kunci utama sebagai penentu perubahan gaya belajar di masa pandemi covid-19 ini dan dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam membangun minat dan motivasi belajar siswa. Disamping itu teknologi juga perlu terus ditingkatkan kualitasnya sebagai sarana terpenting yang mendukung proses tersebut. Pemerintah diharapkan tidak menutup mata terhadap masalah yang terjadi terkait dengan teknologi sebagai sarana pendukung pembelajaran daring atau pembelajaran jarak jauh.
MENINGKATKAN KEPEDULIAN ORANG TUA TERHADAP MASALAH SISWA, MELALUI KEGIATAN KUNJUNGAN RUMAH OLEH GURU BK MAE ENDANG IRIASTUTI
CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/cendekia.v1i1.25

Abstract

Tugas Guru Bimbingan Konseling adalah membantu mengembangan kehidupan pribadi, sosial, belajar dan karir siswa yang sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, minat dan kepribadian di satuan pendidikan. Orang tua adalah merupakan public figure dan panutan, karena pendidikan yang pertama dan utama bagi anak dalam memperoleh pembinaan moral dan penciptaan jati diri dengan cara membina, mendidik dan melatih anak sejak usia dini sampai dewasa agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Orang tua membutuhkan kerjasama dengan pihak lain, diantaranya Guru Bimbingan Konseling sebagai mitra dalam mendidik, membimbing anak menjadi pribadi yang cerdas, berpengetahuan, trampil, pandai bersosialisasi, berkarakter, dan berbudi pekerti luhur. Salah satu bentuk kerjasama dan komunikasi sekolah dengan orang tua adalah dengan melaksanakan kunjungan rumah. Literature review ini, bertujuan untuk mengumpulkan dan menganalisa serta mencari kesamaam pandangan tentang pentingnya kepedulian orang tua terhadap masalah siswa yang dapat menghambat tercapainya tujuan. Desain Literature review, menggunakan artikel dan jurnal yang terbit kurun waktu tiga tahun terakhir yaitu tahun 2018 sd 2020. Dari 5 artikel dan jurnal terpilih yang telah dianalisa didapat kesamaan hasil bahwa kepedulian orang tua terhadap masalah siswa sangat berpengaruh terhadap keberhasilan siswa.
PENGALAMAN TERBAIK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS ENDING TEKS NARRATIVE SISWA KELAS X IPA 2 SMA NEGERI 1 BATANG ANAI MELALUI GULA MARJENNY MARJENNY
CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/cendekia.v1i1.26

Abstract

This best paper is aimed to know whether the use of Google Classroom as a Learning Management System (LMS), or Gula for short, can give significant effect cognitively, practically and affectively toward students’ skill in writing at Grade X MIPA 2 of SMAN 1 Batang Anai. The paper was a writer’s best practice. The research was conducted at XI MIPA 2 students of SMA Negeri 1 Batang Anai, which consisted of 32 students, in 2019/2020 academic year. The instrument of the paper was writing test. The data were analyzed by comparing students’ writing test before and after administering the strategy. Based on the result of the test and the writer’s observation, it was found that Gula gave significant effect toward students’ writing skill, especially in KD 4.2 namely writing an ending of a narrative text It was proved by the result of the test which showed that (1) the mean score of the students’ writing test was 82 higher than that which was 74, (2) students participated actively and collaborated integratively in teaching and learning process, (3) the media accommodated not only extrovert students but also introvert ones, (4) the teaching and learning process was fun and enjoyable, and (5) the media implemented multiliteracies in enhancing students’ character. Based on the result above, it is concluded that Gula could improve students’ writing skill significantly. Therefore, it is also suggested to English teachers at SMA level to apply this LMS as an alternative collaborative learning media in teaching writing in English especially and other subjects as well.
PENGAPLIKASIAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn MATERI MAKNA ALINEA PEMBUKAAN UUD 1945 KELAS IX.C SMP NEGERI 10 SURABAYA SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 SARWIYANTO SARWIYANTO
CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/cendekia.v1i1.27

Abstract

Didalam aktifitas belajar mengajar, terdapat beberapa masalah yang mempengaruhi capaian kompetensi siswa didalam pembelajaran PPKn, seperti kurangnya konsentrasi siswa saat proses belajar mengajar, pasifnya partisipasi siswa, dan juga kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya belajar PPKn. Oleh karena itu dibutuhkan kreatifitas seorang guru dalam menyusun dan menerapkan model pembelajaran yang mampu menarik siswa dalam belajar. Salah satu metode yaitu Make A Match yang menggunakan kartu berisikan pertanyaan dan jawaban. Penelitian ini menggunakan metode penilitian tindakan kelas yang menerapkan model pembelajaran Make A Match dikelas IX C SMP Negeri 10 Surabaya tahun pelajaran 2018/2019. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus II, kompetensi pengetahuan siswa memperoleh rata-rata 85,5 yang melampaui batas indikator yaitu 78. Rata-rata skor pada kompetensi sikap siswa pada siklus II menunjukkan peningkatan sampai 3,4. Rata-rata skor pada kompetensi keterampilan siswa meningkat sampai 89,1. Dari hasil data siklus II menunjukkan penerapan dari model pembelajaran Make A Match sangat efektif dalam meningkatkan kompetensi siswa pada pembelajaran PPKn.
ANALISIS KESULITAN BELAJAR MENGGUNAKAN E-LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MA QAMARUL HUDA MOH. SUPRATMAN SUPRATMAN; NURHASMAH NURHASMAH
CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/cendekia.v1i1.36

Abstract

E-Learning adalah suatu sistem pembelajaran yang dapat digunakan sebagai sarana untuk proses belajar mengajar yang dilaksanakan tanpa harus bertatap muka secara langsung antara guru dengan siswa, namun ketika pengunaan e-learning terlalu sulit kemungkinan siswa tidak mampu belajar secara maksimal, begitu pula ketika banyaknya data yang harus disampaikan tetapi adanya kendala teknis seperti jaringan yang lambat dan kurangnya sarana dan prasarana pendukung yang dimuliki siswa tentu saja dapat menjadi penghambat aktivitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa terhadap pemahaman konsep matematika dengan menggunakn e-learning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XII MA Qamarul Huda yang berjumlah 30 orang siswa. Instrument yang digunakan untuk mengumpaulkan data adalah instrument angket respon siswa yang disebar meggunakn Google form yang berjumlah 31 item. Berdasarkan hasil analisis data rata-rata pencapaian respon siswa mengenai kesulitan belajar menggunakan e-learning terhadap pemahaman konsep matematika yaitu 75% dengan nilai pencapaian terendah yaitu pelaksanaan interaksi, tugas dan bahan ajar sebesar 73% dan indikator yang paling tinggi dicapai siswa yaitu kendala teknis signal dan ketidak mampuan dalam belajar mengunakan e-learning sebesar 77%.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN METODE PEMBELAJARAN LEARNING COMMUNITY DI SMP NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN RAMSES SIMBOLON
CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/cendekia.v1i1.42

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan metode pembelajaran learning community kelas 9-5 SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan Tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus, setiap siklus terdiri 4 kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang diikuti oleh perencanaan pada siklus berikutnya dengan memanfaatkan hasil refleksi sebelumnya. Solusinya dirancang berupa penggunaan metode pembelajaran learning community dalam mengajarkan pokok bahasan ketergantungan antar ruang dan pengaruhnya terhadap kesejahteraan masyarakat kelas 9-5 berjumlah 34 orang SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang Tahun Ajaran 2018/2019. Temuan penelitian menunjukkan pembelajaran ketergantungan antar ruang dan pengaruhnya terhadap kesejahteraan masyarakat dengan penerapan metode pembelajaran learning community dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar IPS setiap siklus yaitu dari rata-rata 64,12 menjadi rata-rata 79,40. Aktivitas siswa berada pada kategori baik
PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI DAN SEKSUAL YANG KOMPREHENSIF MEMBENTUK REMAJA BERKUALITAS TITI SAFITRI
CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/cendekia.v1i1.68

Abstract

Pendidikan dan pendampingan bagi remaja dalam memenuhi kebutuhannya terkait kesehatan reproduksi dan seksualitas harus terpercaya dan komprehensif, yaitu harus lengkap, disampaikan berkesinambungan dan ditujukan untuk mendukung remaja dalam mengembangkan aspek ketrampilan hidup, sikap positif pada dirinya. Jumlah remaja yang hampir sepertiga jumlah penduduk Indonesia ini merupakan modal menciptakan generasi penerus bangsa berkualitas yang dibutuhkan untuk membangun suatu bangsa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Pendidikan Kesehatan Reproduksi dan Seksual yang Komprehensif dalam membentuk remaja yang berkualitas. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan populasi remaja SETARA di SMPN 97 Jakarta dan remaja binaan CMM PKBI. Teknik triangulasi dan Validasi data digunakan untuk analisis data dengan menggunakan program aplikasi SPSS. Hasil penelitan membuktikan bahwa Pendidikan Kesehatan reproduksi dan seksual remaja yang komprehensif sangat baik dan sangat mereka butuhkan dalam membentuk diri mereka menjadi berkualitas, serta mempengaruhi saat mengambil keputusan mereka atas sikap dan perilaku yang dipilih menjadi lebih baik dan bertanggung jawab
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT LAMARAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES PADA SISWA KELAS XII IPA F SEMESTER 1 TAHUN 2018/2019 MAN 1 KOTA BANDUNG Hj. IIS SUHARTI
CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/cendekia.v1i1.93

Abstract

Keterampilan menulis surat lamaran pada kelas XII IPA F MAN 1 Kota Bandung sangat rendah. Hal ini disebabkan oleh teknik pembelajaran yang kurang tepat sehingga siswa merasa bosan pada saat mengikuti pembelajaran. Peningkatan keterampilan menulis surat lamaran perlu dilakukan dengan teknik yang tepat. Dalam hal ini guru sebagai fasilitator berperan penting memilih teknik pembelajaran keterampilan menulis surat lamaran. Teknik pembelajaran kooperatif dengan metode Examples Non Examples diharapkan dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga tahap meliputi kegiatan perencanaan tindakan, pelaksanaan dan pengamatan tindakan, dan refleksi tindakan, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Jenis data berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Sumber data dari guru dan siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis data secara deskriptif dengan mengkaji secara mendalam tentang kemampuan menulis surat lamaran serta menarik suatu kesimpulan (gambaran) dari data hasil belajar siswa, observasi aktivitas guru dan siswa. Dari hasil analisis setiap siklus, maka bisa dilihat hasil belajar siswa yaitu: jumlah siswa yang tuntas pada siklus I yaitu 15 atau 65% siswa sedangkan pada siklus II sebanyak 23 atau 100% siswa, yang berarti jumlah siswa yang dinyatakan tuntas meningkat dari siklus I ke siklus II. Untuk jumlah siswa yang tidak tuntas pada siklus I yaitu 8 atau 35% siswa sedangkan pada siklus II sebanyak 0 (tidak ada siswa yang tidak tuntas) atau 0% siswa, yang berarti jumlah siswa yang dinyatakan tidak tuntas menurun dari siklus I ke siklus II. Hasil di atas menunjukkan bahwa pembelajaran menulis surat pribadi dengan menggunakan metode examples non examples pada siswa kelas XII MAN 1 IPA F kota Bandung tahun pelajaran 2018/2019 berjalan dengan baik dan telah melampaui target ketuntasan pada penelitian tindakan kelas ini.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KONSEP LISTRIK DINAMIS DENGAN MODEL INDUKSI SISWA LILIK PUJI ASTUTIK
CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/cendekia.v1i1.94

Abstract

Kenyataan yang dijumpai di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang belum memahami dan mengaplikasikan konsep IPA yang berhubungan dengan numerik terutama materi listrik dinamis. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata yang sangat rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan upaya oleh peneliti dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui model induksi siswa yang dipadupadankan dengan teori penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan desain penelitian perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan temuan permasalahan pada identifikasi awal, disusun rencana tindakan perbaikan masalah-masalah yang ditemui dalam proses pembelajaran IPA. Adapun langkah yang dilakukan sebagai berikut. Pertama, peneliti menyusun rencana dengan metode meliputi; (1) penetapan standar kompetensi, indikator dan tujuan pembelajaran, (2) menentukan meteri atau bahan ajar, (3) menetapkan mentode dan teknik pembelajran, (4) menentukan media pembelajaran, (5) melakukan kegiatan pembelajaran yang berupa kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup, dan (6) evaluasi pembelajaran. Kedua, menyususn indikator dan kreteria pencapaian siswa dalam pembelajaran. Ketiga, menyususn pendoman pengamatan dan format pengamatan. Data yang diambil dalam penelitian ini merupakan data angket motivasi siswa, observasi tindakan siklus 1, 2 dan 3 serta data pendukung lainnya. Dari hasil penelitian diperoleh data perubahan tingkat pemahaman siswa menjadi lebih baik. Hal ini terlihat dari perubahan rerata kelas 43,78 pada siklus 1 skor hasil belajar memperoleh rerata 44,82, siklus 2 skor rerata 65,09 dan siklus 3 skor rerata 83,39. Model pembelajaran induksi siswa (dalam hal ini perpaduan dengan model TAI) terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata skor aktivitas belajar sebelum menggunakan model induksi mendapatkan skor rerata 43,78, kemudian pada siklus 1 skor aktivitas belajar memperoleh rerata 44,82, siklus 2 skor rerata 65,09 dan siklus 3 skor rerata 83,39. Ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan yang semula 61,05% menjadi 80,00 %. Dari hasil penelitian pembelajaran dengan menggunakan model induksi siswa mampu meningkatkan hasil belajar siswa materi listrik dinamis mata pelajaran IPA di kelas IX C MTsN 15 Jombang semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020.

Page 1 of 14 | Total Record : 137