cover
Contact Name
Acep Muslim
Contact Email
acepmuslim@uinsgd.ac.id
Phone
+6281223398409
Journal Mail Official
jurnal.reputation@uinsgd.ac.id
Editorial Address
https://jurnal.fdk.uinsgd.ac.id/index.php/reputation/about/editorialTeam
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Reputation : Jurnal Hubungan Masyarakat
ISSN : 27470024     EISSN : 27470024     DOI : https://doi.org/10.15575/reputation
Core Subject : Social,
Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung sejak tahun 2016. Jurnal ini mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian dalam mengembangkan konsep dan teori berkaitan dengan kajian ilmu hubungan masyarakat (Public Relations).
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2018): Humas: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat" : 6 Documents clear
Peran Media Relations dalam Mempublikasikan Program Kedinasan melalui Pendekatan Informal Putri Vidiarti; Atjep Muhlis; Abdul Rasib
Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat Vol 1 No 2 (2018): Humas: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat
Publisher : Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/reputation.v1i2.60

Abstract

Media Relations merupakan salah satu kegiatan seorang Humas dalam menciptakan dan menjaga hubungan baik dengan media. Kegiatan ini sangat diperlukan untuk mempermudah dalam mempublikasikan informasi kepada masyarakat luas. Upaya yang ditempuh PEMDA Purwakarta yaitu dengan menggunakan pendekatan informal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses media relations dilihat dari konsep proses media relations yang terdiri dari perencanaan, implementasi dan evaluasi (Iriantara:2011). Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivime, Pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan media relations dilakukan dengan beberpa cara yaitu memetakan program dinas, membentuk hubungan personal, mengelola relasi, memberikan pelayanan kepada media, memberikan fasilitas kepada media, melakukan proses koordinasi berita, mengadakan pelatihan jurnalistik, dan melakukan kegiatan media relations. Implementasi dilakukan menggunakan komunikasi persuasif, koordinasi dengan pihak terkait, pengelolaan konten dan mengacu pada peraturan yang telah disepakati. Evaluasi dilakukan dengan cara briefing internal, meminta klarifikasi terhadap kesalahan yang dilakukan media, bekerjasama membuat tim media monitoring, dan mengupdate database media. Proses media relations guna menunjang keberhasilan dalam pencapaian publikasi melalui pendekatan informal ini dirasa efektif karena hasil dari proses media relations sesuai dengan apa yang diharapkan Pemda Purwakarta, namun kurang efisien karena memerlukan waktu yang tidak bisa ditentukan. Media Relations is one of the activities of a PR in creating and maintaining good relations with the media. This activity is very necessary to make it easier to publish information to the wider community. The efforts taken by the Purwakarta Regional Government are using an informal approach. This study aims to find out how the media relations process with the selection of the concept of media relations process consisting of planning, implementation and evaluation (Iriantara: 2011). This concept was chosen because it can construct reality in accordance with the interpretation of media relations activities carried out by the Purwakarta Regional Government. This study uses constructivism paradigm, qualitative approaches and case study methods. Data collection techniques used are passive participatory observation, in-depth interviews and documentation. The results showed that media relations planning was carried out through eight activities, namely, mapping service programs, forming personal relationships, managing relationships, providing services to the media, providing media facilities, conducting news coordination processes, conducting journalistic training, and conducting media relations activities such as personal contact or press calls, press releases, press conferences, press interviews, press gatherings, media facilitators, media visits, and entertainment media. Implementation is carried out using persuasive communication, coordination with related parties, content management and referring to agreed rules. Evaluation as the final stage of the media relations process was carried out based on four activities namely internal briefings, asking for clarification of errors made by the media, collaborating to make media teams monetize, and updating media databases. The media relations process to support success in achieving publications through this informal approach is felt to be effective because the results of the media relations process are in accordance with what the Purwakarta government hopes, but it is less efficient because it requires an indefinite amount of time.
Manajemen Citra Kegiatan Media Relations Polda Jawa Barat Dera Alfiani; Enjang AS; Betty Tresnawaty
Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat Vol 1 No 2 (2018): Humas: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat
Publisher : Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/reputation.v1i2.96

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Humas Polda Jawa Barat dalam melakukan proses manajemen citra melalui Media Massa mulai dari tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, hingga tahap evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi partisipatori pasif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen citra melalui Media Relations dimulai dengan perencanaan yakni merencanakan renja serta koordinasi agenda waktu dan tempat, anggaran, target sasaran, serta pengemasan kegiatan. Pengorganisasian dengan cara komunikasi yang baik, pemilihan tim kepanitiaan, penentuan tugas sesuai keahlian serta pengorganisasian hasil pembentukan pada pimpinan. Pelaksanaan terdiri dari bentuk kegiatan berupa Media Gathering, Press Tour, Temu Pemred dan Kapolda, serta penyediaan ruang khusus pers (Journalism Community Polda), lalu proses pelaksanaan dengan cara melaksanakan tugas kepanitiaan, koordinasi baik, melaksanakan rencana yang telah disusun, dan melaksanakan kegiatan bersama mitra media. Pengawasan dengan cara monitoring proses koordinasi, mengawasi kinerja tim, pengawasan saat berjalannya kegiatan, serta pengawasan dari hasil kegiatan, dan terakhir evaluasi dengan tahapan berupa evaluasi bersama pengelola kegiatan, evaluasi bulanan, evaluasi pertiga bulan, dan evaluasi tahunan. The purpose of this research is to find out how the West Java Regional Police Public Relations in carrying out the image management process through Mass Media starting from the planning, organizing, implementing, monitoring, and evaluation stages. The method used in this research is a case study of qualitative with data collection techniques through in-depth interviews and passive participatory observation. The results showed that image management through Media Relations begins with the planning and coordination of Renja planned the agenda time and place, budget, target, and packaging activities. Organizing by way of good communication, selection of committee team, assigning tasks according to organizing the results of the formation of leaders. The implementation consists of activities in the form of Media Gathering, Press Tour, Pemred and Kapolda Inventiveness, the provision of Journalism Community Polda, the implementation process by carrying out the duties of the Committee, good coordination, , implementing plan that had been prepared, and carry out joint activities media partner. Supervision by monitoring the coordination process, overseeing the teams performance, monitoring when activities are running, and monitoring the results of activities. Evaluating by evaluation of activity managers, monthly evaluations, quarterly evaluations, and annual evaluations.
Manajemen Humas dalam Program Pemberian Penghargaan bagi Karyawan sebagai Kegiatan Employee Relations ridha utami putri; Yusuf Zaenal Abidin; Herman Herman
Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat Vol 1 No 2 (2018): Humas: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat
Publisher : Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/reputation.v1i2.161

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen humas dalam kegiatan program penghargaan melauli konsep manajemen yang diterapkan pada program penghargaan. Sumber daya manusia di perusahaan besar adalah inti dari keberhasilan perusahaan dalam meraih prestasinya, lewat sumber daya manusia yang berkualitas maka akan membatu perusahaan dalam mewujudkan tujuan dari perusahaan. Hal tersebut merupakan indikator bahwa perusahaan mampu atau berupaya untuk meningkatkan dan membangun sumber daya manusia yang ada di perusahaan. Dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia yang dibutuhkan oleh perusahaan, diperlukan manajemen humas yang akan membantu pelaksanaan program. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus kualitatif dengan teknik pengumpulan yang dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan melalui langkah-langkah: menentukan lokasi penelitian, menentukan metode penelitian, menentukan teknik pengumpulan data dan akhirnya mengolah data kemudian menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen humas dalam program penghargaan sudah diakukan dengan baik. Manajemen yang dilakukan oleh perusahaan dalam pelaksanaan program penghargaan yaitu menilai atau mempertimbangkan melalui kinerja kerja yang dijalankan oleh para karyawan The purpose of this research is to find out how public relations management in award program activities goes beyond the management concept applied to the award program. Human resources in large companies are the core of the company's success in achieving its achievements, through quality human resources, it will help the company to realize the goals of the company. This is an indicator that the company is able or trying to improve and build human resources in the company. In an effort to improve the human resources needed by the company, public relations management is needed that will help the implementation of the program.The method used in this study is a qualitative case study with collection techniques conducted through observation, in-depth interviews, and documentation. This research was carried out through steps: determining the location of the study, determining the research method, determining the data collection technique and finally processing the data then analyzing the data. The results of the study show that public relations management in the award program has been done well. Management carried out by the company in the implementation of the award program is to assess or consider through work performance.
peran majalah warta intra bulog sebagai media internal di perum bulog divisi jawa barat alwi Kamaludin; Ruhiyat Ruhiyat; Dyah rahmi Astuti
Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat Vol 1 No 2 (2018): Humas: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat
Publisher : Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/reputation.v1i2.194

Abstract

ABSTRAK Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui peran majalah warta intra bulog sebagai media internal dalam hal menjadi media komunikasi dua arah bagi karyawan, dan berperan sebagai sumber informasi dalam memenuhi kebutuhan informasi bagi karyawan dan menjadi alat pembuat citra yang baik di internal perusahaan maupun di luar perusahaan khususnya di devisi jawa barat. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dimana penelitian deskriptif menggambarkan karakteristik, individu, situasi atau kelompok tertentu. Dengan cara mengumpulkan data Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan pegawai terkait pembutan majalah khusus humas yang memberikan informasi-informasi di majalah warta intra bulog . Hasil penelitian menunjukan peran majalah warta intra bulog sebagai media internal mampu menjadi penghubung antara bulog pusat dan cabang menjadi alat komunikasi dua arah bagi pihak manajemen dan karyawan sehingga tidak terjadi salah dalam memberikan informasi dan sebagai media informasi yang menjadi sumber informasi antar pegawai dalam memenuhi kebuthan informasi dan menjadi alat pembentuk citra yang baik bagi internal perusahaan maupun eksternal Kata Kunci :Perum Divre Jawa Barat; Media Internal; Warta Intra Bulog ABSTRACT This paper aims to determine the role of news magazines intra bulog as an internal media in terms of being a two-way communication media for employees, and serves as a source of information in meeting the needs of information for employees and a tool to create a good image in the internal company and outside the company, especially in west java division. The method used is descriptive method with qualitative approach, where descriptive research describes certain characteristics, individual, situation or group. By collecting data Data collection using observation, interviews and documentation with employees related to public relations magazine pembutan provide information in intra bulog news magazine. The research results show the role of intra bulog news magazine as an internal media can be a liaison between the central bulog and branches into a two-way communication tool for the management and employees so it does not happen wrong in providing information and as a medium of information that becomes the source of information between employees in fulfilling the information needs and become a good image forming tool for internal and external company Keywords : Perum Divre Jawa Barat; Media Internal; Warta Intra Bulog
Strategi Indosat Mempertahankan Pelanggan melalui Customer Relationship Management novrianti hasri; Asep Saeful Muhtadi; Dono Darsono
Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat Vol 1 No 2 (2018): Humas: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat
Publisher : Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/reputation.v1i2.302

Abstract

Customer Relationship Management suatu solusi yang menerapkan investasi teknologi informasi masa kini, perusahaan dapat memahami siapa pelanggan, apa yang mereka butuhkan, sehingga perusahaan dapat mempertahankan pelanggan yang setia. Tujuan penelitian menggambarkan mengenai Indosat Ooredoo menciptakan sebuah program/produk mendapatkan customer baru (new suscribre), cara Indosat Ooredoo memperluas hubungannya dalam jangka panjang dan jangka pendek, cara Indosat Ooredoo dalam mengukur cara kerja CRM sehingga terciptanya customer value. Konsep yang digunakan adalah konsep Customer Relationship Management dari Fandy Tjiptono. Landasan penelitian ini berpijak pada konsep customer relationship management yang mengacu kepada strategi dan pelanggan. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan paradigma konstruktivistik, adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam dan observasi partisipatif.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan: pertama, Indosat ooredoo menciptakan sebuah program/produk untuk mendapatkan customer baru (new subscriber) melalui identifikasi kebutuhan pelanggan, media informasi dan promosi, analisa kompetitor, pemantauan data komsumsi, dan evaluasi purnabeli. Kedua, Membangun hubungan dengan pelanggan dalam jangka panjang dan jangka pendek dengan pendekatan emosi pelanggan, kualitas pelayanan, kepuasaan pelanggan, loyalitas pelanggan, dan retensi pelanggan. Ketiga, Mengukur cara kerja CRM untuk terciptanya customer value dengan Komunikasi dan profiling pelanggan, memahami kebutuhan pelanggan, dan mengembangkan potensi pelanggan dari database. Customer Relationship Management is a solution that applies information technology investments today, companies can understand who customers are, what they need, so that the company can maintain loyal customers. The research objective describes Indosat Ooredoo creating a program / product to get new customers (new customers), the way Indosat Ooredoo extends its relationship in the long term and short term, the way Indosat Ooredoo measures how CRM works to create customer value. The concept used is the concept of Customer Relationship Management from Fandy Tjiptono. The foundation of this research rests on the concept of customer relationship management which refers to strategies and customers. This research was conducted using a case study method with a qualitative approach and constructivist paradigm, while the data collection techniques carried out in this study were in-depth interviews and participatory observation. Based on the results of the study, the following conclusions were drawn: first, Indosat Ooredoo created a program / product to get new subscribers through identification of customer needs, media information and promotion, competitor analysis, monitoring consumer data, and post-sale evaluation. Second, building relationships with customers in the long and short term with the customer's emotional approach, service quality, customer satisfaction, customer loyalty, and customer retention. Third, Measure the way CRM works to create customer value by communicating and profiling customers, understanding customer needs, and developing potential customers from the database.
Pengelolaan CSR PT Pertamina EP Asset 1 Lirik Melalui Kawasan CSR Terpadu Pertamina Agung Parlindo; Khoiruddin Muchtar
Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat Vol 1 No 2 (2018): Humas: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat
Publisher : Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/reputation.v1i2.634

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Social Mapping yang dilakukan PT Pertamina EP Asset 1 Lirik untuk Kawasan CSR Terpadu Pertamina, Sosialisasi Warga yang dilakukan PT Pertamina EP Asset 1 Lirik untuk Kawasan CSR Terpadu Pertamina, Implementasi Kawasan CSR Terpadu di PT Pertamina EP Asset 1 Lirik dan proses evaluasi dan laporan yang dilakukan oleh Humas PT Pertamina EP Asset 1 Lirik untuk Kawasan CSR Terpadu Pertamina. Teori yang relevan dengan masalah yang diteliti, peneliti menggunakan teori manajemen hubungan karena dalam asumsi dasarnya organsasi dan hubungan publik sebagai pernyataaan keberadaan antara organisasi dan publik-publik kunci, yang mana tindakan salah satunya dapat mempengaruhi ekonomi, sosial, budaya atau politik bahkan lingkungan pada orang lain. Metode yang digunakan dalam peneleitian ini yaitu studi kasus dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam dan observasi lapangan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa dalam pengelolan kawasan CSR Terpadu pertamina, dibentuk dengan adanya pemetaan sosial sebagai langkah awal mendapatkan data untuk selanjutnya di rencanakan program untuk strategi menggunakan analisis SWOT kemudian di implementasikan dalam bentuk 3 program yaitu Budidaya ikan, pembuatan kompos dan keanekaragaman hayati, kemudian di evaluasi untuk memberikan updating dalam pelaksanaan program sebelumnya untuk peningkatan untuk program tersebut kedepannya.

Page 1 of 1 | Total Record : 6