cover
Contact Name
Acep Muslim
Contact Email
acepmuslim@uinsgd.ac.id
Phone
+6281223398409
Journal Mail Official
jurnal.reputation@uinsgd.ac.id
Editorial Address
https://jurnal.fdk.uinsgd.ac.id/index.php/reputation/about/editorialTeam
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Reputation : Jurnal Hubungan Masyarakat
ISSN : 27470024     EISSN : 27470024     DOI : https://doi.org/10.15575/reputation
Core Subject : Social,
Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung sejak tahun 2016. Jurnal ini mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian dalam mengembangkan konsep dan teori berkaitan dengan kajian ilmu hubungan masyarakat (Public Relations).
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 3 (2019): Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat" : 6 Documents clear
pengelolaan cyber public realations dalam membentuk corporate branding Eneng Rismawati; yusuf zaenal abidin; Encep Dulwahab
Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat Vol 2 No 3 (2019): Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat
Publisher : Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/reputation.v2i3.420

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan mengenai tahap membagikan, mengoptimalkan, mengelola serta mengikutsertakan pada pengelolaan cyber public relations dalam membentuk corporate branding di PT Len Industri (Persero). Konsep yang digunakan dalam penelitian ini yaitu konsep model melingkar untuk sosial media menurut Regina Luttrell . Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode deksriptif dengan pendekatan kualitiatif. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara, dan observasi. Hasil penelitian dilapangan, dapat disimpulkan bahwa praktisi humas PT Len Industri (Persero) dalam pengelolaan cyber public relations guna membentuk corporate branding memiliki empat tahapan yakni : 1) tahap membagikan konten terdiri dari: a) berpartisipasi menggunakan media sosial , b) saling terhubung dengan publik, c) membangun kepercayaan publik . 2) tahap pengoptimalan pesan yang dilakukan yakni dengan : a) melakukan pengecekan hashtag, b) melakukan postingan lima kali sehari, dan c) melakukan postingan yang memiliki unsur teknologi. 3) mengelola dibagi menjadi tiga, yaitu : a) media monitoring, b) interaksi dalam waktu yang sebenarnya, dan c) memberikan respon cepat. 4) mengikutsertakan publik dengan tiga unsure yaitu : a) menjalin hubungan dengan para influencer, b) mengetahui dimana dan siapa audiens, serta c) meraih target audiens. Kata Kunci: Pengelolaan; Cyber Public Relations; Corporate Branding. ABSTRACT The purpose of to find out and describe the sharingstage,optimize,manage and engage in cyber public relations management in forming a corporate branding in PT Len Industri (Persero). The concept used in this research is the concept of The Circular model of Some to Regina Luttrell. The research method using an adaptive method with a qualitative approach. Data collection used in this study is by interview,and observation. The results of the research in the field can be concluded that PT Len Industri (Persero) public relations practitioners in the management of cyber public relations to form corporate branding has four stages : 1) The share stage consists of: a) participating in social media (participate), b) connect with public (connect), c) build public trust (build trust). 2) optimize phase messages that are carried out by: a) checking hashtag, b) posting five time a day, c) do posts that have technological elements. 3) The manage divided into: a) media monitoring, b) interaction in real time, c) provide quick response. 4) engage the public : a) establish a relationship with influencer, b) where and who is the audience, c) reach the target audience. Keyword : Management; Cyber Public Relations.
Implementasi CSR PT. Pos Indonesia Pada Program Bantuan Sarana Peribadatan Hadi Nurdin; Dang Eif Saiful Amin; Dyah Rahmi Astuti
Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat Vol 2 No 3 (2019): Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat
Publisher : Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/reputation.v2i3.607

Abstract

ABSTRAK Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui implementasi CSR PT. Pos Indonesia pada program bantuan sarana peribadatan mulai dari tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Metode penelitian ini menggunakan metode studi kasus untuk mengetahui karakteristik dengan cara berinteraksi secara langsung dan mendalam mengenai sebuah kasus dan ringkasan yang digambarkan pada konteks di atas mendasari untuk menggali dan mendeskripsikan kegiatan-kegiatan divisi PKBL PT. Pos Indonesia. Analisis penelitian ini menggunakan deskriptif kualittaif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Kegiatan Responsibility CSR pada program bantuan sarana peribadatan, mulai dari tahap pertama yaitu perencanaan agenda proposal, peninjauan proposal, dan perencanaan anggaran. Tahap kedua yaitu tahap pengorganisasian dengan mengorganisasikan persiapan, mengorganisasikan koordinasi dan mengorganisasikan pengelolaan anggaran. Tahap ketiga yaitu tahap pelaksanaan melaksanan briefing, melaksanakan program dilapangan dan melaksankan penyaluran dan. Tahap terakhir yaitu pengawasan mengawasi program, mengawasi dana yang telah disalurkan. Kata Kunci : CSR; Implementasi; Bantuan Sarana Peribadatan ABSTRACT This research aims to determine the implementation of CSR PT. Pos Indonesia in the assistance program for worship facilities starting from the planning, organizing, implementing and monitoring stages. This research method uses a case study method to find out the characteristics by interacting directly and deeply about a case and a summary illustrated in the above context is underlying to explore and describe the activities of the PKBL division of PT. Indonesian post. The analysis of this study uses descriptive qualitative. The results of the study show that the implementation of CSR Responsibility Activities in the worship facilities assistance program, starting from the first stage, namely planning the proposal agenda, reviewing proposals, and budget planning. The second stage is the organizing stage by organizing preparations, organizing coordination and organizing budget management. The third stage is the stage of carrying out the briefing, implementing the program in the field and implementing the distribution and. The last stage is supervision overseeing the program, overseeing the funds that have been channeled. Keywords : CSR; Implementation; Religious Facilities Assistance
Manajemen Humas Radio Rama 104.7FM Bandung dalam Meningkatkan Pemasang Iklan Muhamad Sidik Triadi; Irfan Sanusi; Lida Imelda Cholidah
Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat Vol 2 No 3 (2019): Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat
Publisher : Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/reputation.v2i3.608

Abstract

ABSTRAK Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui manajemen humas radio Rama FM Bandung dalam meningkatkan pemasang iklan dari mulai tahapan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan sampai dengan pengawasan, metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mengetahui karakteristik dengan cara berinteraksi secara langsung dan mendalam mengenai sebuah program dan ringkasan yang digambarkan pada konteks di atas mendasari untuk menggali dan mendeskripsikan kegiatan-kegiatan yang dijalankan oleh radio Rama FM Bandung dalam meningkatkan pemasang iklan. Analisis penelitian ini menggunakan deskriptif kualittaif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan manajemen humas radio Rama FM Bandung dalam meningkatkan pemasang iklan dimulai pada tahapan pertama yaitu perencanaan pembuatan proposal, inovasi program, pengemasan iklan dan penyampaian iklan. Tahapan kedua yaitu pengorganisasian dengan komunikasi, membentuk team, pertimbangan tugas, dan persetujuan dari pimpinan. Tahapan ketiga yaitu pelaksanaan sesuai tugas, presentasi, pelaksanaan tugas sesuai susunan, pelaksanaan kegiatan. Tahap keempat yaitu pengawasan koordinasi, kinerja team yang bertugas, program yang berlangsung, dan pengawasan proses sebagai bahan evaluasi. Kata Kunci : Manajemen Humas; Meningkatkan; Pemasang Iklan. ABSTRACT This writing aims to determine radio public relations management Rama FM Bandung in increasing advertisers from the stages of planning, organizing, implementation to supervision, this research method uses a case study method to determine the characteristics by interacting directly and deeply about a case and summary illustrated in the above context underlying to explore and describe the activities carried out by radio Rama FM Bandung in improving advertisers. The analysis of this study uses descriptive qualitative. The results showed that the radio public relations management activities of Rama FM Bandung in increasing advertisers began in the first stage, namely the planning of making proposals, program innovation, packaging of advertisements and delivery of advertisements. The second stage is organizing with communication, forming teams, considering assignments, and approval from the leadership. The third stage is the implementation of tasks, presentations, implementation of tasks according to the arrangement, implementation of activities. The fourth stage is monitoring coordination, the performance of the team in charge, the ongoing program, and monitoring the process as an evaluation material. Keywords : Management Public Relations; Improve; Advertiser.
Manajemen Krisis dalam Menangani Pipa Gas Meledak Tahun 2015 Fahmi Syanizar; Irfan Sanusi; Encep Dulwahab
Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat Vol 2 No 3 (2019): Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat
Publisher : Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/reputation.v2i3.616

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan tentang proses manajemen krisis dalam menangani pipa gas meledak tahun 2015 yang dilakukan oleh humas PT Star Energy Gheothermal Wayang Windu Bandung. Penelitian ini menggunakan paragdima kontruktivisme, metode kualitatif dan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk mengetahui proses manajemen krisis dalam menangani pipa gas meledak oleh humas PT.Star Energy Gheothermal Wayang windu Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen krisis dalam menangani pipa gas meledak tahun 2015 oleh humas PT. Star Energy Gheothermal Wayang Windu Bandung tersebut dimulai dengan tahapan koordinasi penentuan masalah, observasi lokasi, ditemukannya masalah, analisis masalah, selanjutnya melakukan perencanaan dan pemprograman dengan tahapan membuat rencana, perencanaan target, koordinasi perencanaan, konfirmasi, lalu pelaksanaan dan pengkomunikasian didalamnya ada koordinasi pelaksanaan, pelaksanaan penanggulangan krisis, laporan kepada kantor pusat perusahaan, selanjutnya tahapan evaluasi yang dilakukan secar berkala terakhir peran humas kepada masyarakat untuk menyampaikan informasi terkait krisis yang sedang terjadi. ABSTRACT The purpose of this study was to explain the crisis management process in handling gas pipes exploding in 2015 by PT Star Energy Gheothermal Wayang Windu Bandung PR. This study uses the paradigm of constructivism, qualitative methods and a case study approach which aims to find out the process of crisis managementThe results of the study show that crisis management in handling gas pipes exploded in 2015 by public relations company with the coordination of problem determination, location observation, problem finding, problem analysis, then planning and programming with the stages of planning, target planning, coordinating planning, confirmation, then implementing and communicating in there implementation coordination, implementation of crisis response, report to the company's head office, then the evaluation phase is carried out in the last period of the public relations role to the community to convey information related to the crisis that is currently happening.
Manajemen Humas dalam Mempertahankan Sponsor Iik Jafar Sidik; Wiryo Setiana; Dyah Rahmi Astuti
Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat Vol 2 No 3 (2019): Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat
Publisher : Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/reputation.v2i3.617

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses yang dilakukan PT. Persib Bandung Bermartabat dalam menjalankan program atau kegiatan Manajemen Humas dalam Mempertahankan Sponsor mulai dari proses defining Public Relations, planning and programming, taking action and communication hingga evaluating the program. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan studi kasus dengan pendekatan kualitiatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Manajemen Humas dalam Mempertahankan Sponsor dimulai dengan proses defining Public Relations problem, planning and programming, taking action and communication dan diakhiri dengan evaluating the program,sehingga melalui proses ini dapat ditentukan masalah apa yang akan dijadikan suatu fokus kegiatan melalui analisa data-data yang didapatkan, mampu menjadikan sebuah program atau kegiatan dapat terlaksana dengan efektif, melakukan kinerja serta berkomunikasi didalam sebuah program atau kegiatan dengan tujuan untuk menentukan waktu, kapan, dimana, dan bagaimana program atau kegiatan tersebut dilaksanakan, dan mengevaluasi dari keseluruhan program atau kegiatan yang telah dilaksanakan untuk mengukur sejauh mana pencapaian yang sudah dilakukan. This study aims to determine the process carried out by PT. Persib Bandung Bermartabat in carrying out Public Relations Management programs or activities in Maintaining Sponsors starting from the defining process of Public Relations, planning and programming, taking action and communication to evaluating the program. The research method is using a case study with a qualitative approach. The results showed that Public Relations Management in Maintaining Sponsors began with the defining process of Public Relations problems, planning and programming, taking action and communication and evaluating the program, so that through this process what problems would be a focus of activities through analysis – the obtained, is able to make a program or activity can be carried out effectively, perform performance and communicate in a program with the aim of determining, and evaluating the entire program has been carried out to measure the extent of the achievements that have been made.
Manajemen PR dalam Publikasi Produk Melalui Media Sosial Teguh Wiguna Yusuf; Dang Eif Saeful Amin; Ratna Dewi
Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat Vol 2 No 3 (2019): Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat
Publisher : Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/reputation.v2i3.618

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen publikasi produk yang dilakukan oleh PR Perum Perhutani divisi regional Jawa Barat dan Banten sehingga manajemen yang dikelolanya itu bisa berhasil dan sukses dilakukan tanpa adanya hambatan yang berarti sehingga bisa mengganggu keberlangsungan publikasi tersebut. Penelitian ini menggunakan konsep dari Menurut Cutlip-Center-Broom (Morrisan, 2008 : 108), yaitu terdapat empat fungsi manajemen, yaitu “(1)penentuan masalah (2)perencanaan (3)pelaksanaan (4)evaluasi”. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif serta menggunakan metode fenomenologi dan untuk mengumpulkan data penulis melakukan wawancara serta observasi. Hasil yang penulis dapat ketika melakukan penelitian adalah dalam penentuan masalah menentukan pembuatan publikasi produk, persetujuan oleh direksi. Perencanaannya dengan menunggu anggaran dana, menentukan konsep dan kesiapan produk. Pelaksanaannya yakni menggunakan media sosial instagram dan facebook untuk publikasi produk, kerjasama antar berbagai pihak, lalu penempatan dan pembaharuan. Dengan demikian evaluasinya semua aspek internal, analisis memakai data statistic dan koreksi pada publikasi ini apakah dikenal dan diminati oleh masyarakat atau tidak. Kata Kunci: Manajemen PR; Publikasi; Media Sosial ABSTRACT The research was conducted aimed at finding out how the management of product publications was carried out by PR Perum Perhutani, the regional division of West Java and Banten so that the management they managed could succeed and succeed without any significant obstacles that could disrupt the continuity of the publication. This study uses the concept of According to Cutlip-Center-Broom (Morris, 2008: 108), namely there are four management functions, namely "(1) determination of the problem (2) planning (3) implementation (4) evaluation". The approach used is a qualitative approach and uses the phenomenology method and to collect data the author conducts interviews and observations. The results that the author can when conducting research are in determining the problem of determining the manufacture of product publications, approval by the directors. Planning by waiting for the budget, determining the concept and product readiness. The implementation is using Instagram social media and Facebook for product publication, collaboration between various parties, then placement and renewal. Thus the evaluation of all internal aspects, the analysis uses statistical data and corrections to this publication whether or not it is known and sought by the public. Keywords: PR Management; Publication; Social media

Page 1 of 1 | Total Record : 6