cover
Contact Name
Dian Pratiwi
Contact Email
dian.pratiwi@umpri.ac.id
Phone
+6282375697195
Journal Mail Official
jiem.febumpri@gmail.com
Editorial Address
https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/JIEM/about/editorialTeam
Location
Kab. pringsewu,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen : Jurnal Ilmiah Multi Science
ISSN : 20870434     EISSN : 25990810     DOI : -
Jurnal Ilmiah Multi Science received manuscripts which contains scientific on the results of critical thinking or research in various topics include of management, accounting, economic development, and social science.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen" : 7 Documents clear
ANALISIS MODEL BISNIS PADA SADAJIWA COFFEE AND EATERY MAGELANG Mikhael Larenso Setiawan; Budi Rahardjo
Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Vol 13, No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52657/jiem.v13i2.1871

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Business Model Canvas (BMC) saat ini dan membuat BMC yang lebih baik pada Sadajiwa Coffee and Eatery yang bergerak di bisnis Coffe shop. Analisis yang dilakukan pada 9 elemen BMC yang terdiri dari Customer Segment, Value Proposition, Customer Relationship, Channels, Key Activities, Key Resources, Key Partenrship, Cost Structure, dan Revenue Streams. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yag dilakukan dengan teknik wawancara semi terstruktur. Hasil Penelitian dari identifikasi BMC yang baru menunjukan gambaran bisnis kedepannya mengenai 9 elemen BMC. Pada Customer Segment ditambahkan Konsumen menengah kebawah, pada Value Propositions ditambhkan Varian size cup dan souvenir, pada bagian Customer Relationship ditambahkan Event pelatihan pembuatan kopi dan mengikuti event bazar kopi yang ada, pada Chanel ditambahkan pembuatan website, pada Key Activities ditambahkan kegiatan membuat souvenir, pelatiahan pembuatan kopi, dan mengikuti event bazar kopi yang ada, pada bagian cost structue ditambahkan biaya pembuatan souvenir, pada Revenue Streams ditambahkan Pendapayan penjualan souvenir.
UPAYA PEMERINTAH DESA DALAM MENGOPTIMALKAN SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN PEMBANGUNAN PEKON Arohman Arohman; Fatoni Fatoni; Wahyu Eka Damayana
Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Vol 13, No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52657/jiem.v13i2.1872

Abstract

Pengoptimalan Sumber Daya Manusia untuk meningkatan pembangunan sangat perlu untuk diteliti agar mengetahui sejauh mana pelakasanaan pengoptimalan Sumber Daya Manusia untuk meningkatkan pembangunan dan keikutsertaan masyarakat desa dalam pelaksanaan di pekon Gading Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus. Masalah dalam penelitian ini adalah persoalan yang terjadi di Pekon Gading dalam hal pengoptimalan Sumber Daya Manusia untuk meningkatan pembangunan sangat perlu untuk diteliti agar mengetahui sejauh mana pelakasanaan pengoptimalan sumber daya manusia untuk meningkatkan pembangunan dan keikut sertaan masyarakat desa dalam pelaksanaan di pekon Gading Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus. Tujuan dalam penelitian ini adalah ingin mendeskripsikan upaya yang dilakukan pemerintah desa dalam mendorong partisipasi masyarakat untuk melakukan pembangunan dengan mengoptimalkan Sumber Daya Manusia pada masyarakat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan
ANALISIS MAKNA JAMINAN HARI TUA BAGI TENAGA KERJA YANG TELAH PURNA TUGAS Siska Srirahayu; Maulidyah Amalina Rizqi
Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Vol 13, No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52657/jiem.v13i2.1897

Abstract

Jaminan Hari Tua atau JHT merupakan bentuk dana pensiun yang diberikan oleh pemerintah maupun lembaga tertentu kepada mantan tenaga kerja disuatu perusahaan, baik itu perusahaan milik negara atau BUMN maupun perusahaan swasta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna JHT bagi para tenaga kerja yang telah purna tugas di Jember, khususnya yang mengambil JHT pada kantor pos besar, Cabang Jember atau KCU Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pemilihan informan menggunakan snowball sampling, dan teknik pengambilan data yang digunakan yaitu wawancara. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan kepada beberapa pensiunan didapatkan manfaat yang berbeda-beda, diantaranya yaitu sebagai uang untuk pendidikan anak, memenuhi kebutuhan rumah tangga, membuka usaha, juga untuk mengambil pinjaman pada koperasi atu Bank. Hal tersebut dilakukan dikarenakan dana JHT yang kurang atau tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Namun demikian manfaat dari adanya JHT ini dirasa sangat membantu untuk mencukupi kebutuhan hidup para pensiunan di hari tua mereka setelah pensiun dari bekerja.
ANALISIS KINERJA KARYAWAN DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPADA MASYARAKAT Arifin Arifin; Afrita Diah Puspa Arum
Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Vol 13, No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52657/jiem.v13i2.1898

Abstract

Kinerja adalah suatu hasil yang dicapai oleh karyawan dalam mengerjakan tugas atau pekerjaannya secara efisien dan efektif. Pelayanan administrasi adalah pelayanan yang menghasilkan berbagai bentuk dokumen resmi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Masalah dalam penelitian ini adalah kinerja karyawan kantor desa yang belum optimal dalam memberikan pelayanan administrasi kepada masyarakat di Desa Totokarto, Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui kinerja karyawan kantor desa yang belum optimal dalam memberikan pelayanan administrasi kepada masyarakat di Desa Totokarto. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan instrument penelitian berupa pedoman wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa kinerja karyawan pada kantor desa Totokarto masih kurang optimal dalam memberikan pelayanan administrasi kepada masyarakat.
OPTIMALISASI LAYANAN POSAJA DAN FREE PICK UP SERVICE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN Nabila Anjani Eka Putri; Sukaris Sukaris
Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Vol 13, No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52657/jiem.v13i2.1909

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat, mengharuskan perusahaan untuk bertindak dengan cepat dan tepat agar tidak kalah saing dengan perusahaan lainnya. Begitu pula dengan PT Pos Indonesia (Persero), yang merupakan salah satu BUMN di Indonesia juga diharuskan melakukan optimalisasi pelayanan agar tidak kalah dengan pesaing lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi layanan PosAja dan free pickup service terhadap kepuasan pelanggan di PT Pos Indonesia (Persero) Kantor Cabang Utama Jember. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan pengambilan data menggunakan teknik wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi yang dilakukan oleh PT Pos Indonesia (Persero) terhadap para pelanggannya sudah cukup baik, sehingga mulai banyak perusahaan yang bekerja sama dengan PT Pos Indonesia (Persero) untuk pengiriman dokumen dan barang, akan tetapi PT Pos Indonesia (Persero) harus terus meningkatkan layanan agar tidak ketinggalan dengan perusahaan jasa pengiriman barang lainnya.
PERAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA SILIWANGI Aulia Nurlaili Kusuma Wardani; Sapto Yuwono; Abdul Salam
Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Vol 13, No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52657/jiem.v13i2.1884

Abstract

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang telah diatur pada undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa. Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan suatu lembaga/badan perekonomian desa yang berbadan hukum dimiliki oleh pemerintah desa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa Siliwangi. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Sumber data dari pengelola BUMDes dan Masyarakat. Teknik pengumpulan data melalui wawancara tidak terstruktur dengan ketua BUMDes, Aparatur Pekon, masyarakat desa, obervasi lapangan, dan studi literatur dengan menggunakan jurnal, buku, dan website resmi terkait. Hasil dari penelitian ini adalah BUMDes Siliwangi sudah ada sejak tahun 2015 dan BUMDes Siliwangi melakukan kegiatan pembuatan selai buah naga dari hasil potensi desa. Peran BUMDes Siliwangi sudah berjalan sebagaimana mestinya. Akan tetapi masih kurang optimal sejak pasca pandemi Covid 19, sehingga mengalami kelesuan dan penyewaan ruko BUMDes Siliwangi jauh dari harapan, karena masih banyak ruko yang belum terisi akibat kurangnya minat dan partisipasi masyarakat desa.
ANALISIS LOYALITAS KARYAWAN BUMN DI JEMBER Dini Rahma Armelina; Maulidyah Amalina Rizqi
Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Vol 13, No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52657/jiem.v13i2.1896

Abstract

Loyalitas karyawan adalah kesetiaan karyawan kepada perusahaan, sebagaimana ditunjukkan oleh komitmen terbaik mereka bagi perusahaan Banyaknya problematika yang dihadapi karyawan BUMN di Jember akibat dari kurangnya tenaga kerja, misalnya banyaknya beban kerja yang dilakukan dan mengharuskan beberapa karyawannya untuk menghandle pekerjaan yang sebenarnya bukan menjadi tanggung jawab mereka. Tujuan dari penelitian ini yaitu ingin menganalisis loyalitas karyawan BUMN di Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan pengambilan data menggunakan wawancara. Metode pengambilan data informan pada penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Dari hasil wawancara, diketahui bahwa karyawan BUMN di Jember terbukti loyal terhadap perusahaan, dimana tidak ada keterpaksaan yang diberikan perusahaan karena para karyawan menjalankan pekerjaan murni sebagai bentuk tanggung jawab dari jabatan yang diterima dan dilakukan sampai masa kerja habis atau pensiun.

Page 1 of 1 | Total Record : 7