cover
Contact Name
Muslimin
Contact Email
jitu@ddipolman.ac.id
Phone
+6281355606606
Journal Mail Official
jitu@ddipolman.ac.id
Editorial Address
Jl. Madatte, Polewali, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat 91311
Location
Kab. polewali mandar,
Sulawesi barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat
ISSN : -     EISSN : 2776365X     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat is a double-blind peer-reviewed journal on education and teacher training. Tadris Journal is intended to provide academic forums for researchers who are interested in the discussion of current and future issues on education and teacher training, especially in the Muslim world. All articles will be reviewed by experts before accepted for publication. Each author is solely responsible for the content of the published articles. Tadris Journal is published twice a year in the months of June and December
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 10 No. 1 (2020): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat" : 8 Documents clear
Pengaruh Kompetensi Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Aparatur Sipil Negara Di Kantor Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar Rivai Makduani
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat Vol. 10 No. 1 (2020): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat
Publisher : IAI DDI POLEWALI MANDAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36915/jitu.v10i1.85

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi kerja dan lingkungan kerja baik secara parsial maupun secara simultan terhadap peningkatan kinerja Aparatur Sipil Negara di Kantor Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar. Berdasarkan tujuan penelitian yang ingin dicapai maka penelitian ini merupakan penelitian explanatory research dan merupakan penelitian survey (survey research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Aparatur Sipil Negara yang ada di Kantor Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar yang berjumlah 18 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling sehingga sampel sebagai sumber data sebanyak 18 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, pengisian angket oleh responden, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial (uji normalitas data dan analisis regresi linier berganda). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kinerja Aparatur Sipil Negara di Kantor Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar dengan tingkat pengaruh sebesar 19,89%. (2) Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kinerja Aparatur Sipil Negara di Kantor Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar dengan tingkat pengaruh sebesar 17,89%. (3) Secara simultan dan langsung, kompetensi kerja dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kinerja Aparatur Sipil Negara di Kantor Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar dengan tingkat pengaruh sebesar 25,2%. Sedangkan sisanya sebesar 74,8% dipengaruhi faktor-faktor lain yang tidak dapat dijelaskan dalam penelitian ini.
Korelasi Pendidikan Agama Islam Dengan Pembentukan Akhlak Al-Karimah Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Campalagian Mahfud Hannan
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat Vol. 10 No. 1 (2020): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat
Publisher : IAI DDI POLEWALI MANDAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36915/jitu.v10i1.86

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pendapat para ahli yang menyatakan bahwa tujuan Pendidikan Agama Islam adalah pembentukan akhlak. Salah satu masalah yang banyak mendapat sorotan dari pengamat Islam adalah kurangnya jam pelajaran untuk materi Pendidikan Agama Islam di sekolah, sehingga hal tersebut dianggap sebagai penyebab utama kekurangnya kemampuan siswa dalam memahami dan menghayati ajaran agama sehingga siswa tidak memiliki bekal untuk membentengi dirinya sendiri dari pengaruh negatif globalisasi. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk mengangkat judul "Korelasi Pendidikan Agama Islam terhadap Pembentukan Akhlak Al-Karimah pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Campalagian. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan korelasi Pendidikan Agama Islam dengan pembentukan sifat amanah siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Campalagian; 2) Untuk menjelaskan korelasi Pendidikan Agama Islam dengan pembentukan sikap tawadhu’ siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Campalagian; dan 3) Untuk menjelaskan korelasi Pendidikan Agama Islam dengan pembentukan sikap tawakkal siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Campalagian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat korelatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Campalagian berjumlah 135 siswa. Sampel sebanyak 40 siswa diambil dengan cara Proportional Random Sampling. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah Pendidikan Agama Islam dan sebagai variabel bebas adalah akhlak al-karimah. Sumber data penelitian adalah responden dan dokumentasi. Metode dan instrumen pengumpulan datanya adalah angket dengan instrumen pedoman angket, observasi dengan instrumen pedoman observasi, dan dokumentasi dengan pedoman dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Ada korelasi yang signifikan antara pendidikan agama Islam dan pembentukan sifat amanah dengan koefisien korelasinya kurang dari taraf signifikansi; 2) Tidak ada korelasi antara pendidikan agama Islam dan pembentukan sikap tawadhu’ dengan koefisien korelasinya lebih dari taraf signifikansi; dan 3) Ada korelasi yang signifikan antara pendidikan agama Islam dan pembentukan sikap tawakkal dengan koefisien korelasinya kurang dari taraf signifikansi. Besarnya F hitung adalah 3.623 dengan nilai signifikan 0,027 yang berarti terdapat korelasi yang signifikan antara Pendidikan Agama Islam dan pembentukan akhlak al-karimah pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Campalagian
Pengaruh Implementasi Peran Guru Bimbingan Konseling Dan Intensitas Mengikuti Kegiatan Osis Terhadap Kedisiplinan Mentaati Tata Tertib Sekolah Pada Siswa SMK Negeri Campalagian Kabupaten Polman Tahun Pelajaran 2019/2020 Muji Rahayu
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat Vol. 10 No. 1 (2020): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat
Publisher : IAI DDI POLEWALI MANDAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36915/jitu.v10i1.87

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi peran guru bimbingan konseling dan intensitas mengikuti kegiatan OSIS terhadap kedisiplinan mentaati tata tertib sekolah pada siswa SMK Negeri Campalagian Kabupaten Polman tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi sebab akibat dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMK Negeri Campalagian Kabupaten Polman berjumlah 70 siswa. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 40 orang yang diambil dengan cara sampel kombinasi (combined sampling), yaitu “Quota purposive area proportional random sampling”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara implemenasi peran guru BK dan intensitas mengikuti kegiatan OSIS terhadap kedisiplinan mentaati tata tertib sekolah. Ada pengaruh implemenasi peran guru BK dan intensitas mengikuti kegiatan OSIS terhadap kedisiplinan mentaati tata tertib sekolah pada siswa SMK Negeri 1 Polewali Kabupaten Polman Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal ini dibuktikan dari harga Freg = 6,743, dimana Fhitung > Ftabel = 6,743 > 3,26 atau 6,743 > 4,38, sehingga Ha diterima. Variabel implementasi peran guru Bimbingan Konseling memberikan sumbangan relatif (SR%X1) sebesar 47,03% dan sumbangan efektif (SE%X1) sebesar 12,56%. Variabel intensitas mengikuti kegiatan OSIS memberikan sumbangan relatif (SR%X2) sebesar 52,97% dan sumbangan efektif (SE%X2) sebesar 14,15%. Sehingga intensitas mengikuti kegiatan OSIS memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap kedisiplinan mentaati tata tertib sekolah.
Studi Analisis Prestasi Atlet Karate PPLP Dispora Provinsi Sulawesi Selatan Hamdan H
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat Vol. 10 No. 1 (2020): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat
Publisher : IAI DDI POLEWALI MANDAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36915/jitu.v10i1.88

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, bagaimana gambaran peningkatan pembinaan prestasi olahraga karate pplp DISPORA Sulawesi Selatan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, metode survei, dengan sampel dan populasi seluruh atlet karate PPLP DISPORA Sulawesi Selatan, perwakilan pihak DISPORA, pelatih serta unsure lain yang berhubungan dengan karate pplp DISPORA Sulawesi Selatan. Hasil penelitian menunjukkan gambaran peningkatan pembinaan prestasi atlet karate pplp DISPORA Sulawesi selatan sudah dilakukan sesuai dengan standar pada umumnya seperti pemilihan pelatih yang di berikan oleh DISPORA Sulawesi Selatan, pelatih yang telah dipilih oleh DISPORA kemudian diseleksi kembali oleh DISPORA dengan mempertimbangkan beberapa hal, yaitu pengalaman dibuktikan dengan sertifikat yang dilampirkan, kesehatan pelatih, ketermapilan dalam melatih kemudian atlet yang menjadi prioritas adalah atlet yang terbaik di antara yang terbaik setelah melalui tahapan rekrutmen. Pemilihan atlet sudah dilakukan secara tepat karena sebelum dilakukan pemilihan atau rekrutmen atlet sudah ada indikator sebagai parameter atlet yang bisa masuk dalam program atlet pplp DISPORA Sulawesi Selatan. Program latihan di perlukan waktu yang cukup lama serta penyusunan program latihan yang seksama, teratur, sistematis, bertahap serta terus menerus sepanjang tahun tanpa selingan berhenti sedikitpun. Jika dilihat dari lamanya sentralisasi, maka kita tidak bisa menyangka prestasi pada kejurnas PPLP 2018 mengalami peningkatan dibandingkan dengan kejurnas PPLP 2017 yang lama sentralisasi latihannya jauh lebih singkat. Dalam pembuatan program latihan waktu pertandingan sangatlah penting untuk diketahui. Sebab waktu pertandingan merupakan kunci dan puncaknya dari seluruh program latihan yang di susun. Kondisi fisik atlet ditemukan bahwa ada atlet yang diharapkan dapat memperoleh medali pada kejurnas PPLP 2017 sedang tidak dalam kondisi fisik yang memungkinkan untuk memaksimalkan penampilannya dalam pertandingan. Kondisi mental atlet. Aspek psikologis dapat sangat mempengaruhi performa atlet dilapangan. Dimana kondisi psikologis atlet dapat menjadi penunjang bahkan penghambat dan menganggu penampilan atau Kondisi pertandingan.
Efektifitas Komunikasi Melalui Komunikasi Primer Dan Sekunder Dalam Pembelajaran PAI Di SMP Negeri 2 Luyo Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar Fadly Yusuf Aco
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat Vol. 10 No. 1 (2020): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat
Publisher : IAI DDI POLEWALI MANDAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36915/jitu.v10i1.89

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas komunikasi primer dan komunikasi sekunder dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Luyo Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deksriptif dengan pendekatan kualitatif dan juga merupakan penelitian lapangan (field reseacrh). Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah Guru PAI dan peserta didik di SMP Negeri 2 Luyo Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar. Jenis data yang dikumpulkan adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan telaah dokumen. Data-data yang telah dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif pola interaktif dengan aktivitas data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi primer yang terjadi dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Luyo Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar adalah terlaksana secara efektif yang ditandai dengan adanya proses: (1) Guru menjelaskan materi pelajaran dengan bahasa yang mudah dipahami; (2) Memberikan motivasi kepada peserta didik; (3) Guru kreatif dalam tata kelas; (4) Guru bersikap ekspresif sebagai penguat komunikasi; dan (5) Komunikasi yang dua arah. Komunikasi sekunder yang terjadi dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Luyo Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar telah terlaksana secara efektif yang ditandai dengan: (1) Guru menggunakan power point sebagai alat bantu dalam komunikasi; (2) Tersedianya buku paket yang memadai sehingga dapat digunakan oleh guru dan peserta didik; dan (3) Adanya penggunaan LKS dalam proses pembelajaran.
Aborsi Kriminalis Provokatus Pada Remaja Putri (Studi Kualitatif Di Kabupaten Polewali Mandar) Suryadi Suryadi
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat Vol. 10 No. 1 (2020): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat
Publisher : IAI DDI POLEWALI MANDAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36915/jitu.v10i1.90

Abstract

Penelitian ini mengungkap Jenis Kasus abortus (keguguran) dapat terjadi dimana saja dan kapan saja baik di Negara yang sudah maju maupun negara yang sedang berkembang. Aborsi merupakan salah satu topik yang selalu hangat dan menjadi perbincangan di berbagai kalangan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengetahuan, Sikap, Akses Informasi, Teman sebaya, Keluarga dan Kesehatan Reproduksi remaja tentang aborsi Kriminalis Provokatus pada remaja di Kota Polewali Mandar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, Subjek penelitian adalah remaja yang melakukan tindakan aborsi kriminalis provokatus dan kasus tersebut terjadi antara tahun 2017-2018 dengan jumlah total Informan 8 orang. Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam menggunakan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab terjadinya aborsi pada remaja adalah perilaku seksual berisiko, pengetahuan yang kurang tentang aborsi, sikap remaja yang permisif, akses media informasi tentang aborsi, sikap orang tua, dan perilaku teman dekat dan kurangnya Informasi tentang Kesehatan reproduksi dan seksualitas.
Efektivitas Metode Talking Stick Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Peserta Didik Kelas V Mi Al-Irsyad Leteang Desa Tenggelang Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar Mahmuddin Mahmuddin
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat Vol. 10 No. 1 (2020): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat
Publisher : IAI DDI POLEWALI MANDAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36915/jitu.v10i1.91

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tentang efektifitas penggunaan metode pembelajaran talking stick dalam meningkatkan hasil belajar Matematika pada peserta didik kelas V MI Al-Irsyad Leteang Desa Tenggelang Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperiment, dimana penerapan atau penggunaan metode pembelajaran talking stick diuji cobakan dalam pembelajaran Matematika dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah “One Group Pretest-Posttest Design”. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik total sampling dengan jumlah 30 orang peserta didik. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan pelaksanaan tes. Data-data yang telah dikumpulkan selanjutnya dianalisis secara statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial berupa analisis perbandingan dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar matematika yang dicapai oleh peserta didik kelas V MI Al-Irsyad Leteang Desa Tenggelang Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar Tahun Pelajaran 2018/2019 pada tes awal (pre-test) adalah 49,73 yang berada pada kategori sedang. Setelah diberi perlakuan dengan menerapkan metode pembelajaran Talking Stick, hasil belajar matematika peserta didik mengalami peningkatan secara signifikan menjadi 76,45 pada tes akhir (post-test). Dengan demikian, metode pembelajaran talking stick efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada peserta didik kelas V MI Al-Irsyad Leteang Desa Tenggelang Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar. Kata Kunci : , ,
Strategi Komunikasi Antarpribadi Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Pendidik Pada SMK DDI Polman Yusril Yusril
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat Vol. 10 No. 1 (2020): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat
Publisher : IAI DDI POLEWALI MANDAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36915/jitu.v10i1.92

Abstract

Penelitian ini mengungkap strategi komunikasi antarpribadi terhadap motivasi belajar kinerja pendidik pada SMK DDI Polewali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi komunikasi kelompok dalam meningkatkan motivasi belajar Seni Budaya siswa SMK DDI Polewali Mandar untuk mengetahui proses pelaksanaan strategi komunikasi kelompok dalam meningkatkan motivasi belajar Seni Budaya siswa SMK DDI Polewali Mandar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, Subjek penelitian adalah peserta didik SMK DDI Polewali. Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam menggunakan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi berperan penting dalam meningkatkan motivasi belajar seni budaya peserta didik SMK DDI Polewali.

Page 1 of 1 | Total Record : 8