cover
Contact Name
Muslimin
Contact Email
jitu@ddipolman.ac.id
Phone
+6281355606606
Journal Mail Official
jitu@ddipolman.ac.id
Editorial Address
Jl. Madatte, Polewali, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat 91311
Location
Kab. polewali mandar,
Sulawesi barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat
ISSN : -     EISSN : 2776365X     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat is a double-blind peer-reviewed journal on education and teacher training. Tadris Journal is intended to provide academic forums for researchers who are interested in the discussion of current and future issues on education and teacher training, especially in the Muslim world. All articles will be reviewed by experts before accepted for publication. Each author is solely responsible for the content of the published articles. Tadris Journal is published twice a year in the months of June and December
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 11 No. 2 (2021): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat (JITU)" : 5 Documents clear
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Ekspositori pada Pembelajaran PPKn di Kelas V SD Negeri 019 Manding Mustapa T; Sitti Nurmadia; Sarita Purnama B
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat Vol. 11 No. 2 (2021): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat (JITU)
Publisher : IAI DDI POLEWALI MANDAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

menggunakan metode ekspositori dalam pembelajaran PPKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 019 Manding . Tujuan pen elitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan keaktifan serta perhatian siswa terhadap pembelajaran PPKn setelah pembelajaran dengan metode ekspositori pada siswa kelas V SDN 019 Manding. Subjek penelitian dilakukan oleh peneliti pada Siswa kelas V pada 019 Manding dengan jumlah siswa kelas V adalah 32 anak, yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 20 siswa laki - laki.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan metode ekspositori pada pembelajaran PPKn, dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan.
Model Pengembangan Pendidikan Karakter Building Berbasis Thoriqah Qadiriyah Naqsabandiyah (TQN) dalam upaya peningkatan Spiritual Masyarakat di Wilayah Kab. Bogor di era Pandemi Tahir; Ramadhani
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat Vol. 11 No. 2 (2021): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat (JITU)
Publisher : IAI DDI POLEWALI MANDAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Merosotnya dekadensi moral yang dialami manusia modern saat ini, disebabkan karena hilangnya nilai-nilai spiritual yang ada pada diri mereka, yang semakin menjauh dari visi keilahiyahan. Karenanya, manusia modern harus kembali kepada nilai-nilai spiritual. Manusia yang terdiri dari unsur jasmani (Material) dan ruhani (Spiritual), merupakan dimensi yang lengkap yang sungguh sangat berbeda dengan makhluk lainnya. Kedua unsur tersebut seharusnya seimbang, saling melengkapi sehingga dapat membentuk moral (karakterer building). Pendidikan karakter dapat mengalami dekadensi karena disebabkan dangkalnya keimanan yang mengakibatkan jurang pemisah antara idealita dan realita, moral dan tindakan.Selain itu sikap hedonis (materialistis) dan gaya hidup permisif (gaya hidup serba boleh) telah melanda dalam kehidupan masyarakat. Orang yang berkarakter baik, mulia maka prestasi iman dan taqwanya kepada Allah SWT semakin meningkat pula. Semakin dekatnya seseorang kepada Tuhannya, maka komitmennya terhadap ajaran dan petunjuk Nya, akan meningkat dan akan menuju kepada ahsan attaqwim, tapi sebaliknya manakala karaternya jelek, keimanannya lemah, maka akan merosot ke asfala safilin(tempat yang paling rendah) bahkan lebih sesat, rendah dari binatang. Dari sini perlu adanya pendidian karakter yang berbasis thoriqoh atau tasawuf. Hal senada pernah diungkapkan oleh Said Agil Siraj, bahwa untuk meningkatkan kualitas akhlak mulia diperlukan adanya pendidikan karakter dengan basis sufistik atau thoriqah. Lebih lanjut menurutnya, bahwa tasawuf memiliki peran strategis dalam merealisasikan revolusi mental, moral. Selama ini pendidikan hanya lebih menitik beratkan pada aspek akademik atau kecerdasan otak saja tanpa memperhatian aspek kecerdasan spiritual. Abudin Nata mengatakan bahwa untuk mengatasi krisis moral, diperlukan pengembangan kehidupan tasawuf. Menurutnya bahwa kehidupan sufistik perlu disosialisasikan kepada masyarakat karena, pertama tasawuf berperan dalam menyelamatan manusia dari kondisi kegalauan karena hilangnya nilai-nilai spiritual. Kedua tasawuf mampu memeperkenalkan literatur dan pemahaman esoteris dalam islam. Ketiga bahwa tasawuf merupakan jantung ajaran islam, atau merupakan buah dari ajaran islam. Pendidikan karakter berbasis thoriqah ini sangat diperlukan oleh seseorang ataupun masyarakat, karena meminimalisir untuk melakukan perbuatan buruk. Hal ini dibuktikan bahwa mereka yang mengistiqomahkan ajaran thoriqoh itu lebih berhati-hati dalam kehidupannya, karena selalu berdzikir kepada Allah SWT, dan merasa di awasi olehNya. Disamping itu pendidikan karakter building merupakan pendidikan diri yang harus dicapai melalui usaha-usaha yang sungguh-sungguh terhadap aspek spiritual. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan Model pengembangan karakter Building berbasis Thariqah Qadiriyyah wa Naqsabaniyyah dalam upaya meningkatkan spiritual. Hasil penelitian berupa phenomena dan karakter building yang akan memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu akhlaq tasawuf, dan akan terciptanya masyarakat dan lingkungan yang religious, Luaran yang direncanakan dari pelaksanaan penelitian selama 3 tahun ini adalah artikel ilmiyah yang akan diterbitkan pada jurnal nasional maupun intrnasional bereputasi
Implementasi Strategi Pembelajaran Mind Map dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 042 Sulewatang Nurzamsinar; Helma Malini
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat Vol. 11 No. 2 (2021): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat (JITU)
Publisher : IAI DDI POLEWALI MANDAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to implement the Mind Map learning strategy to improve student achievement in Islamic Religious Education subjects at SDN 042 Sulewatang. The data collection techniques carried out in this study were interviews, observation, and documentation. The strategy in Mind Map learning refers to the results of words that researchers have done and get the results that there is an increase in student learning outcomes towards the Mind Map learning process that has been implemented in SD 042 Sulaluang school. The Mind Map learning strategy can stimulate students' creativity and improve student learning achievement; this can be seen in the pleasure of being active and understanding when carrying out learning activities in groups, which has increased when taking exams.
Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Jarak Jauh Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar Sudirman; Muslimin; Anis Kharimatunisa
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat Vol. 11 No. 2 (2021): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat (JITU)
Publisher : IAI DDI POLEWALI MANDAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The main problems in this study are: (1) How to use video media in the distance learning Islamic education subjects at SMP Negeri 2 Wonomulyo, Polewali Mandar Regency? (2) What are the supporting and inhibiting factors in using Video Media in the distance learning Islamic Education at SMP Negeri 2 Wonomulyo Polewali Mandar Regency? This type of research is qualitative research that builds meaning based on data in the field. This qualitative research procedure pro duces descriptive data in the form of written or spoken words from people and observable behavior. Data were collected by conducting observations, in - depth interviews, and documentation. Data analysis is carried out by giving meaning to the collected data, and conclusions are drawn from that data. The indicators of success in this study are: (1) To determine the use of video media in the distance learning Islamic Religious Education subjects at SMP Negeri 2 Wonomulyo, Polewali Mandar Regency, (2) To know th e supporting and inhibiting factors in the use of video media in distance learning. Islamic Religious Education lessons at SMP Negeri 2 Wonomulyo, Polewali Mandar Regency. The results of observations from the application of the use of distance learning vid eo media to the subjects of Islamic Education at SMP Negeri 2 Wonomulyo Polewali Mandar District found that the use of learning media in the era of globalization which has developed rapidly in information and communication technology is very interesting to use in learning, namely video media. With the use of media, learning becomes more interesting with various learning media, making students motivated to listen to knowledge. This case shows that video media can stimulate teachers' creativity, interest, and motivation to prepare for learning.
Penerapan Model Problem Based Learning sebagai Solusi Mengatasi Problematika Guru Mata Pelajaran Al Quran Hadits di MTs DDI Manding Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar Sutraningsih
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat Vol. 11 No. 2 (2021): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat (JITU)
Publisher : IAI DDI POLEWALI MANDAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study is to describe the problems of teachers of Al - Qur'an Hadith subjects and to describe the application of the Problem Based Learning model as a soluti on to overcome teacher problems at MTs DDI Manding, Polewali District, Polewali Mandar Regency. This type of research is a case study with a qualitative method whose data and research locations are located at MTs DDI Manding. The informant/Key person of th is study amounted to 1 person, namely the teacher of the Qur'an Hadith subject. The methods used in this research are: Observation, Interview and Documentation. Data analysis techniques in this study are data reduction, data presentation, and conclusion dr awing, to hold the validity of the data in this study, namely the extension of participation, persistence of observation, and triangulation. While the criteria of dependence and certainty using auditing techniques. The results showed that the problems of t he teacher of Al - Qur'an hadith subjects at MTs DDI Manding include: comparison of suitability between materials, learning devices and students, time factor, social media, problems reading Al - Qur'an verses and problems understanding. As for how to overcome the problems of the Al - Qur'an Hadith teacher at MTs DDI Manding as a solution that the teacher does is 1) implement the PBL (Problem Based Learning) Model, 2) optimize the available time, 3) confiscate cellphones during learning, 4) provide BTA extracurric ular activities, 5) provide specific tasks for reading Arabic script, and 6) Conduct group guidance in class.

Page 1 of 1 | Total Record : 5