cover
Contact Name
Muslimin
Contact Email
jitu@ddipolman.ac.id
Phone
+6281355606606
Journal Mail Official
jitu@ddipolman.ac.id
Editorial Address
Jl. Madatte, Polewali, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat 91311
Location
Kab. polewali mandar,
Sulawesi barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat
ISSN : -     EISSN : 2776365X     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat is a double-blind peer-reviewed journal on education and teacher training. Tadris Journal is intended to provide academic forums for researchers who are interested in the discussion of current and future issues on education and teacher training, especially in the Muslim world. All articles will be reviewed by experts before accepted for publication. Each author is solely responsible for the content of the published articles. Tadris Journal is published twice a year in the months of June and December
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 1 (2019): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat" : 9 Documents clear
Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Rupa Siswa Kelas XIMipa1 SMA Negeri 1 Polewali Tahun pembelajaran 2017/2018 Amri Amri
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat Vol. 9 No. 1 (2019): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat
Publisher : IAI DDI POLEWALI MANDAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36915/jitu.v9i1.68

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk mengetahui, (a) Apakah dengan menggunakan model pembelajaran intrekaktif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran seni rupa khusnya KD.3.1 Menganalisis Konsep Unsur Prinsip, bahan dan Teknik dalam Berkarya Seni Rupa b) Apakah metode Tanya jawab dapat meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran seni rupa khususnya KD. 3.1. Menganalisis Konsep Unsur Prinsip, bahan dan Teknik dalam Berkarya Seni Rupa. Subjek penelitian ini adalah Kelas XI MIPA1 SMA Negeri 1 Polewali yang berjumlah 33 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, pelaksanaan pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran interaktif dengan model Tanya jawab berbengaruh positif terhadap motivasi dan keaktifan belajar siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar seni rupa pada siswa kelas XI MIPA1 SMA Negeri 1 Polewali. Hal ini data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan nilai evaluasi dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (76,06%), siklus II (82,42%).
Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Pendekatan Kooperatif Dengan Pembelajaran Model Jigsaw Siswa Kelas X SMA Negeri Matakali Sudarmin Hading
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat Vol. 9 No. 1 (2019): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat
Publisher : IAI DDI POLEWALI MANDAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36915/jitu.v9i1.69

Abstract

Tujuan utama penelitan ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif model jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X pada SMA Negeri Matakali. Penelitian ini dilaksanakan di kelas kelas X yang dimulai pada pekan pertama bulan Januari sampai dengan pekan ke 4 Maret 2019 (semester II). Jumlah siswa yang terlibat sebanyak 30 orang, yang dibagi dalam 6 kelompok kerja. Observasi dilaksanakan selama dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri atas tahap persiapan (perencanaan), pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, refleksi, dan revisi tindakan. Analisis data dilakukan secara deskriptif, dengan menampilkan dalam bentuk tabel, histogram dan dilengkapi dengan perhitungan persentase. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas X pada SMA Negeri Matakali yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan Jigsaw pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Pada siklus I rata rata hasil belajar siswa adalah 7.4. Di antara mereka tidak ada yang hasil belajarnya termasuk dalam kategori sangat rendah, 20% berada dalam kategori rendah, 36.7% dalam kategori sedang, 26.7% dalam kategori tinggi, dan 16.7% dalam kategori sangat tinggi. Sedangkan pada siklus II, rata-rata hasil belajar siswa adalah 8.2. Tidak ada siswa yang masuk dalam kategori sangat rendah dan rendah, namun ada 36.7% yang masuk dalam kategori sedang, 36.7% dalam kategori tinggi, dan 26.7% dalam kategori sangat tinggi. Terjadinya peningkatan hasil belajar siswa pada siklus II, baik dari segi nilai rata-rata yang diperoleh (meningkat 0.8) maupun tingkat persentase siswa pada setiap kategori penilaian, yaitu meningkat 1.0% pada kategori tinggi dan sangat tinggi. Hal ini adalah bukti bahwa model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan Jigsaw efektif membantu siswa meningkatkan hasil belajarnya, khususnya di kelas X pada SMA Negeri Matakali. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Ekonomi siswa kelas X SMA Negeri Matakali. Disarankan agar guru-guru Ekonomi mempertimbangkan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.
Pengaruh Likuiditas Terhadap Profitabilitas Pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Andi Putri Meiyanti Barlan
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat Vol. 9 No. 1 (2019): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat
Publisher : IAI DDI POLEWALI MANDAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36915/jitu.v9i1.70

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Likuiditas Terhadap Profitabilitas pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero)Tbk. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Laporan keuangan (laporan laba rugi dan neraca) pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Sedangkan penarikan sampel pada penelitian ini adalah laporan laba rugi dan neraca untuk lima tahun terakhir yaitu tahun 2008-2012 PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Hipotesis dalam penelitian ini adalah likuiditas berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Model analisis dilakukan dengan menggunakan analisis teknik penentuan nilai likuiditas (LDR) dan profitabilitas (ROA), analisis regresi linear sederhana, korelasi dan uji-t. Hasil analisis regresi linear sederhana Ŷ = -5,102 + 0,094X, yang berarti bahwa nilai konstanta sebesar -5,102 adalah besarnya profitabilitasyang dicapai tanpa memperhatikan likuiditas sedangkan nilai koefisien regresi sebesar 0,094 yang menunjukkan bahwa setiap penambahan 1 persen likuiditas akan menambah profitabilitas sebesar 0,094 persen. Hasil analisis product moment menunjukkan nilai koefisien korelasi r = 0,732. Nilai tersebut menunjukkan hubungan yang kuat. Sedangkan determinasi atau nilai = 0,535 atau 53,5 persen. Hal ini menunjukkan bahwa kontribusi likuiditas terhadap profitabilitas adalah 53,5 persen dan 46,5 persen dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Untuk menguji signifikan koefisien regresi digunakan analisis uji-t, yaitu untuk mengetahui tingkat signifikansi sekaligus menguji hipotesis yang diajukan. Pengujian tersebut menghasilkan nilai sig 0,160 ≥ nilaiα (0.05), artinya tidak berpengaruh signifikan antara likuiditas terhadap profitabilitas sehingga hipotesis (H1) ditolak dan H0 diterima. Dengan demikian, likuiditas berpengaruh tidak signifikan terhadap profitabilitas pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.
Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Dan Inside Outside CIRCLE Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik SDN 008 Camba-Camba Kabupaten Polewali Mandar Nurhaida R Nurhaida R
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat Vol. 9 No. 1 (2019): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat
Publisher : IAI DDI POLEWALI MANDAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36915/jitu.v9i1.71

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui seberapa besar hasil belajar penggunaan model pembelajaran Role Playing peserta didik kelas IV SD Negeri 008 Camba-camba; (2) mengetahui seberapa besar hasil belajar penggunaan model pembelajaran Inside Outside Circle peserta didik kelas IV SD Negeri 008 Camba-camba; (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran Role Playing dan Inside Outside Circle terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 008 Camba-camba Kabupaten Polewali Mandar. Jenis penelitian merupakan pre-eksperimen, dengan model pre-test post-test one group design. Instrument penelitian berupa test hasil belajar (pretest dan posttest), dan lembar kegiatan aktivitas siswa. Data Analisis deskriptif untuk mendeskripsikan kemampuan guru mengola pembelajaran, aktivitas siswa dalam pembelajaran dan hasil belajarnya. Analisis statistik inferensial uji normalitas, uji homogenitas, uji regresi berganda dan (uji-t) digunakan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Role Playing dan Inside Outside Circle terhadap hasil belajar ips peserta didik melalui program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar IPS peserta didik kelas IV di SDN 008 Camba – camba Kabupaten Polewali Mandar sebelum menggunakan model pembelajaran Role Playing dan Inside Outside Circle berada pada kategori sangat rendah (2) kemudian terjadi peningkatan hasil belajar IPS peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran Role Playing dan Inside Outside Circle. (3) terdapat pengaruh model pembelajaran Role Playing dan Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas IV SDN 008 Camba-camba.
Kajian Normatif Sistem Bagi Hasil Dalam Konteks Manajemen Risiko Pada Bank Syariah Polewali Kabupaten Polewali Mandar Burhanuddin Ahmad
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat Vol. 9 No. 1 (2019): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat
Publisher : IAI DDI POLEWALI MANDAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36915/jitu.v9i1.72

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: a. Untuk mengetahui Risiko yang ada dalam sistem bagi hasil (musyarakah mudlarabah) pada Bank Syariah Polewali Kabupaten Polewali Mandar. b. Untuk mengetahui dampak Sistem Bagi Hasil terhadap risiko bank syariah Polewali Kabupaten Polewali Mandar. Konsep bank syariah pada umumnya termasuk Bank Syariah Polewali berbeda dengan bank konvensional berbasis bunga. Sistem bagi hasil dalam bank syariah memiliki karakteristik yang unik karena harus senantiasa tunduk dan patuh kepada ketentuan dan prinsip syariah. Hal tersebut berimplikasi kepada seluruh kegiatan bank syariah, sehingga bank syariah akan mengalami risiko-risiko yang disebabkan oleh aktivitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui risiko-risiko tersebut dan bagaimana mengelolanya. Untuk mencapai tujuan yang dikehendaki, penelitian menggunakan metode penelitian pustaka. Pendekatan yang digunakan adalah diskriptif-normatif-kritis, mengingat sistem bagi hasil masih merupakan instrumen pembiayaan kedua dalam pembiayaan perbankan syariah hari ini. Pendekatan ini diarahkan untuk menganalisis sistem bagi hasil sebagaimana yang diaspirasikan dalam ekonomi dan perbankan Islam. Berdasarkan penelitian ini, bank-bank syariah Polewali akan menghadapi (1) risiko-risiko bank, minus bunga, antara lain (–tidak terbatas hanya-): risiko risiko kredit, pasar, likuiditas, operasional, hukum, reputasi, stratejik, dan kepatuhan; dan (2) risiko-risiko unik yang terdiri dari investasi ekuitas dan risiko tingkat return. Untuk mengelola risiko-risiko tersebut, Bank Syraiah Polewali akan memerlukan suatu keahlian baru untuk menangani berbagai proyek pembiayaan bagi hasil. Sedangkan penerapan manajemen risiko untuk sistem bagi hasil akan memerlukan suatu sistem manajemen risiko yang menjadi bagian tak terpisahkan dari sistem yang dimiliki bank syariah. Sistem ini akan senantiasa tunduk dan patuh pada ketentuan dan prinsip syariah serta ketentuan perbankan yang berlaku.
Pengaruh Pelatihan, Motivasi Dan Disiplin Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Syariah Mandiri, tbk Di Makassar Wahyono Rifai
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat Vol. 9 No. 1 (2019): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat
Publisher : IAI DDI POLEWALI MANDAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36915/jitu.v9i1.73

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) Untuk menguji variabel Pelatihan, Motivasi dan Disiplin kerja berpengaruh serempak terhadap Kinerja karyawan pada PT. Bank Syariah Mandiri, Tbk (2) Untuk menguji Variabel Disiplin apakah berpengaruh dominan pada kinerja Karyawan PT. Bank Syariah Mandiri, Tbk. Penelitian ini menggunakan data primer. Data diperoleh dengan mendistribusikan kuesioner langsung pada responden, yaitu Karyawan pada PT. Bank Mandiri Syariah Makassar. Pendistribusian kuesioner dengan mendatangi langsung kantor unit dan cabang pembantu PT. Bank Mandiri Syariah Makassar. Data analisis menggunakan program (statistical product and service solutions). Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Secara serempak pelatihan, motivasi dan disiplin berpengaruh terhadap kinerja karyawan. (2) Disiplin memiliki pengaruh paling dominan terhadap kinerja karyawan. Hal ini berarti pelatihan motivasi dan disiplin secara serempak mempengaruhi kinerja karyawan dimana disiplin memiliki pengaruh paling dominan terhadap kinerja karyawan.
Kontribusi Pajak Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Mamasa Aswar Rahmat
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat Vol. 9 No. 1 (2019): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat
Publisher : IAI DDI POLEWALI MANDAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36915/jitu.v9i1.74

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan kontribusi pajak daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan tingkat efektifitas penerimaan pajak daerah di Kabupaten Mamasa. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Mamasa. Jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara langsung dengan pihak yang berwenang yang bersangkutan dalam masalah ini sehingga diperoleh data dan informasi yang diperlukan. Data sekunder sebagai data pendukung dari data primer diperoleh dari dokumen-dokumen yang ada di Kantor Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Mamasa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan dianalisis secara deskriptif. Analisis data secara deskriptif kualitatif digunakan untuk menggambarkan dan menjelaskan potensi sumber-sumber pajak daerah. Analisis data secara deskriptif kuantitatif digunakan untuk menjelaskan potensi penerimaan jenis-jenis pendapatan asli daerah. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa penerimaan pajak daerah selama lima tahun terakhir (2012 – 2016) dapat dikatakan bahwa kontribusi pajak daerah belum mengalami fluktuasi yang cukup besar/signifikan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Mamasa. Dari hasil target dan realisasi pajak daerah selama lima terakhir (2012 – 2016) sudah dapat dikatakan bahwa realisasi penerimaan pajak daerah secara rata-rata masih dibawah target yang telah dianggarkan oleh pemerintah yang mengindikasikan bahwa tingkat pendapatan yang diperoleh dari pajak daerah Kabupaten Mamasa masih rendah. Dari segi persentase, realisasi penerimaan pajak daerah belum terlihat fluktuatif. Tetapi jika dilihat dari segi komulatif, realisasi penerimaan pajak daerah yang diterima oleh pemerintah Kabupaten Mamasa belum meningkat setiap tahunnya, dimana pajak daerah belum bisa memberikan kontribusi yang cukup besar dan merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam meningkatkan PAD.
Analisis Pendapatan Nelayan Tangkap Di Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene Sulawesi Barat Nur Qamariah S
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat Vol. 9 No. 1 (2019): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat
Publisher : IAI DDI POLEWALI MANDAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36915/jitu.v9i1.75

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pendapatan Nelayan Tangkap di Kecamatan Banggae Timur berguna untuk mengetahui pendapatan nelayan tangkap dalam sekali trip yang berdampak pada kehidupan perekonomian nelayan tangkap di Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene Sulawesi Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini keseluruhan nelayan tangkap di Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene Sulawesi Barat Tahun 2015. Sampel sebanyak 100 orang dengan menggunakan metode sampel acak sederhana (simple random sampling). Alat Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah persamaan total biaya pada tingkat harga tertentu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pendapatan usaha tangkap nelayan tangkap di Kelurahan Baurung Kecamatan Banggae Timur pendapatannya lebih besar dibandingkan nelayan tangkap yang terdapat di Kelurahan Labuang Kecamatan Banggae Timur, dan pendapatan usaha tangkap nelayan tangkap dipengaruhi oleh musim/iklim saat melaut, harga minyak tanah, harga bensin, harga rokok dan kebutuhan yang digunakan pada saat melaut.
Siswa Kelas VII/1 SMP Negeri 3 Pangkajene Kabupaten Sidrap Ahmad Rifai
Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat Vol. 9 No. 1 (2019): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat
Publisher : IAI DDI POLEWALI MANDAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36915/jitu.v9i1.76

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui metode resitasi yang diterapkan dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas VII/1 SMP Negeri 3 Pangkajene Kabupaten Sidrap. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII/1 yang berjumlah 24 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri atas komponen perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan adalah tes hasil belajar siswa dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Metode Resitasi pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII/1 SMP Negeri 3 Pangkajene Kabupaten Sidrap. Hal ini terlihat dari hasil tes siklus I berada pada kategori “Baik” dan pada siklus II berada pada kategori “Baik Sekali”.

Page 1 of 1 | Total Record : 9