cover
Contact Name
Denok Sunarsi
Contact Email
denoksunarsi@unpam.ac.id
Phone
+6287778307751
Journal Mail Official
padma_mnj@unpam.ac.id
Editorial Address
Jl. Surya Kencana No.1, Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten 15417 - Telp: (021) 7412566
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat
Published by Universitas Pamulang
ISSN : -     EISSN : 27770036     DOI : -
Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat diterbitkan oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang dan terbit setahun 4 kali yaitu Bulan Januari, April, Agustus, dan Desember. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat merupakan blind and peer-reviewed journal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang diadopsi dalam berbagai aktivitas pengabdian kepada masyarakat. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat menerima manuskrip atau naskah artikel dalam bidang pengabdian masyarakat yang mencakup bidang keilmuan yang relevan dengan: sosial, kependidikan, teknologi, sains, hukum, bahasa, ekonomi dan kewirausahaan dari berbagai kalangan akademisi baik nasional maupun internasional. Penerbitan Perdana Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat Vol.1, No.1, April 2021 dan diakui melalui SK Pusat Data dan Dokumentasi Ilmiah (PDDI) LIPI No. 0005.27770036/K.4/SK.ISSN/2021.05 (mulai edisi Volume 1 No. 1, April 2021).
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2022): PADMA" : 20 Documents clear
Peningkatan Manajemen SDM dan Komunikasi Para Pengajar di Yayasan TPQ Nurul Ikhlas Agus Nawan; Alisha Jihan; Benecdictus Kewas; Dian Widiarti; Marchienda Werdany; I Nyoman Marayasa
Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat Vol 2, No 2 (2022): PADMA
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpdm.v2i2.19630

Abstract

Pengabdian ini berjudul peningkatan manajemen sumber daya manusia dan komunikasi para pengajar di Yayasan TPQ Nurul Ikhlas Cendana Rawakalong Kec. Gunung Sindur Kab. Bogor. Tujuan umum dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah membagikan informasi dan pengetahuan untuk meningkatkan ilmu manajemen sumber daya manusia dan komunikasi kepada para pengajar.  Metode yang digunakan adalah penyampaian materi secara langsung serta diskusi mengenai penerapan MSDM dan komunikasi para pengajar. Kesimpulan dari pengabdian  kepada masyakat ini adalah bahwa penigkatkan pengetahuan dalam memahami ilmu manajemen Sumber Daya Manusia dan Komunikasi bagi para pengajar di Yayasan TPQ Nurul berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pengajar dan akan memotivasi murid untuk memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik serta akan dapat menangani berbagai masalah dan situasi sulit yang dihadapi di Yayasan TPQ Nurul Ikhlas.Kata Kunci: Manajemen Sumber Daya Manusia, Komunikasi The title of this community service is improving human resource management and communication for the teachers at the TPQ Nurul Ikhlas Cendana Rawakalong Foundation, Kec. Mount Sindur Kab. Bogor. The general purpose of this community service is to share information and knowledge to improve human resource management and communication with teachers. The method used is the direct delivery of material as well as discussions on the application of human resource management and communication for the teachers. The conclusion of this community service is that the increase knowledge in understanding human resources and communication management for teachers at the TPQ Nurul Foundation has a positive and significant impact on teacher performance and will motivates students to have good communication skills, able to handle various problems and the difficult situation at the TPQ Nurul Ikhlas Foundation.Keywords: Human Resource Management, Communication
Implementasi Manajemen Keuangan Dalam Pengembangan UMKM Cibodas Jasa Kota Tangerang Zulfitra Zulfitra; Bambang Eko Supriyanto; Martinus Zai; April Linus Hia; Niko Adrianto
Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat Vol 2, No 2 (2022): PADMA
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpdm.v2i2.19619

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini berjudul Implementasi Manjemen Keuangan Dalam Pengembangan UMKM Cibodas Jasa Kota Tangerang. Tujuan umum dari kegiatan PKM ini adalah memberikan pelatihan dan pengetahuan secara praktis ilmu manajemen dalam pengembangan UMKM yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat khususnys para pelaku UMKM di wilayah Kecamatan Cibodas Kota Tangerang.  Metode yang digunakan adalah penyampaian materi secara langsung serta diskusi mengenai manajemen pengelolaan keuangan dalam rangka pengembangan UMKM. Hal pengelolaan keuangan disini adalah terkait sumber permodalan usaha, pencatatan keuangan dari setiap proses transaksi dari usaha yang dijalankan, dan penguatan pola pikir (mindset) bahwa ekspansi usaha perlu dilakukan dan jangan berpikir takut rugi yang akan menghabiskan modal usaha, tetapi berpikir bagaimana keluar dari situasi rugi (jika terjadi), karena kerugian adalah bagian dari sebuah proses kemajuan usaha yang harus dihadapi. Kesimpulan dari PKM ini adalah bahwa akan dilakukan pendampingan manajemen dalam pengembangan UMKM dengan melakukan komunikasi secara terus menerus dengan pihak pengelola UMKM Cibodas Jasa dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat dalam hal ini pelaku usaha UMKM.Kata Kunci: Manajemen, Pengabdian Kepada Masyarakat, UMKM Cibodas Jasa, Kesejahteraan Masyarakat This Community Service (PKM) was entitled "The Implementation of Financial Management in Developing Cibodas Jasa UMKM (Micro, Small, and Medium Enterprise) Kota Tangerang". The main objective of this service is to give training and to share the knowledge of management practically in developing UMKM that is affected to the well-being of the society, especially for the member of UMKM in Cibodas Tangerang. The method used is presenting the material directly and discussion session as well about financial management toward the UMKM development. Main focus of the material is the capital resources, financial records that covered all transactions process and strength the paradigm that expanding business are something that must be done. Moreover preparing of losing profit that will cost the capital business is required as well, so they need to be focus solving the situation. Due to the fact that getting loss is a part of the process of business progress that should be faced. In conclusion, this service will conduct a management assistance of developing the UMKM by communicating continiously with the stakeholder to actualize increasing the welfare of the UMKM community especially in Cibodas Tangerang.Keywords: Management, The Community Service, UMKM Cibodas Jasa, Society Welfare
Peran Identifikasi Resiko Terhadap Pengeloaan Keuangan di Yayasan TPQ Nurul Ikhlas Ade Kharisma Maharanie; Ganggas Himawan; Pepiyanti Pepiyanti; Randi Irawan; Nardi Sunardi; Firman Tatariyanto
Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat Vol 2, No 2 (2022): PADMA
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpdm.v2i2.19635

Abstract

Pengabdian ini berjudul tentang Peran Identifikasi Risiko Terhadap Pengeloaan Keuangan  Di Yayasan Tpq Nurul Ikhlas Jl. Cendana Rawakalong Kec Gunung Sindur Kab Bogor. Tujuan umum dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan penyuluhan ilmu manajemen keuangan kepada para pengurus maupun pengajar di Yayasan TPQ Nurul Ikhlas yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan berbasis risiko, karena selain dalam dunia Pendidikan ilmu manajemen dapat diterapkan dikehidupan sehari-hari.Kata Kunci: Ilmu Manajemen, Keuangan, Identifikasi risiko This service is entitled about the role of risk identification on financial management at  Yayasan Tpq Nurul Ikhlas Jl. Cendana Rawakalong Kec Gunung Sindur Kab Bogor..The general purpose of this community service activity is to provide financial management knowledge to administrators and teachers at the TPQ Nurul Ikhlas Foundation which is expected to improve the quality of risk-based financial management, because apart from in the world of education, management science can be applied in everyday life.Keywords: Management Science, Finance, Risk Identification
Pelatihan Pencatatan Keuangan Melalui Aplikasi Smartphone Sebagai Upaya Optimalisasi Pengelolaan Dana pada UMKM di Kelurahan Baros Kecamatan Baros Kota Sukabumi Ardy Kusuma Nugraha; Ani Apriani; Afifah Fitriani; Romy Pramudya Mulya; Paramita Ari Ani
Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat Vol 2, No 2 (2022): PADMA
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpdm.v2i2.19625

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yakni memberikan pemahaman kepada pelaku UMKM mengenai pentingnya pencatatan keuangan dan memberikan pelatihan/pendampingan terkait cara mencatat dan membaca catatan keuangan menggunakan aplikasi gratis yang tersedia di smartphone sehingga para pelaku UMKM dapat menyajikan laporan keuangan guna optimalisasi pengelolaan dana. Metode yang digunakan adalah dimulai dengan identifikasi permasalahan yang akan diselesaikan melalui pengabdian ini, dilanjutkan dengan sosialisasi pentingnya mencatat keuangan, kemudian dilakukan pelatihan pencatatan keuangan melalui aplikasi smartphone. Tolok ukur yang menjadi pedoman tingkat keberhasilan dalam program pengabdian ini yakni, para peserta paham dan bisa mempraktikkan secara langsung pencatatan keuangan melalui aplikasi smartphone. Adapun instrumen yang dipergunakan guna mengukur tingkat keberhasilan yakni menggunakan kuesioner yang diisi oleh peserta sebelum dan sesudah pelatihan. Hasil dari pengabdian kepada masyakat ini adalah setelah adanya pelatihan, peserta memahami pentingnya pencatatan keuangan dan tertarik untuk mengunduh kemudian menginstal aplikasi pencatatan keuangan karena peserta merasa aplikasi tersebut dapat memudahkan dalam pencatatan keuangan kedepannya.Kata Kunci: Pencatatan keuangan, UMKM, Aplikasi, Smartphone The purpose of this community service activity is to provide understanding to MSME actors about the importance of financial records and provide training/assistance related to how to record and read financial records using free applications available on smartphones so that MSME actors can present financial reports to optimize fund management. The method used is starting with the identification of priority issues that will be resolved through this service, followed by socializing the importance of financial records in the business, then training on financial records through smartphone applications. The benchmark used as a guide for the success of this service is that the participants understand and can practice financial recording through a smartphone application. The instruments used to measure success were questionnaires before and after the training which were filled out by participants. This community service results that after the training, participants understand the importance of financial records and are interested in downloading and then installing financial recording applications because participants feel that these applications can facilitate future financial records.Keywords: Financial Records, MSMEs, Application, Smartphone
Meningkatkan Kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) Dalam Melaksanakan Pembelajaran Yang Efektif di Era Digitalisasi pada Pengajar Yayasan TPQ Nurul Ikhlas Gunung Sindur Faqihuddin Faqihuddin; Hardi Gunawan; Winda Sari Adelyna; Eka Rosilawati; Febby Ayu Widyanti; Imas Masriah
Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat Vol 2, No 2 (2022): PADMA
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpdm.v2i2.19631

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini berjudul meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif di era digitalisasi pada pengajar yayasan TPQ Nurul Ikhlas Jl. Cendana Rawakalong Kec Gunung Sindur Kab Bogor. Tujuan umum dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pelatihan dan pengetahuan secara praktis kepada para pengajar TPQ Nurul Ikhlas tentang bagaimana melakukan kegiatan pembelajaran yang efektif bagi para peserta didik TPQ Nurul ikhlas pada era digital. Metode yang digunakan adalah metode survey dan penyampaian materi secara langsung oleh peneliti tentang media – media yang berbasis TI yang akan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari. Kesimpulan dari pengabdian kepada masyarakat ini bahwa dengan meningkatnya kemampuan SDM tenaga pengajar maka akan terwujud pembelajaran yang efektif dan tepat di Yayasan TPQ Nurul Ikhlas dalam menghadapi era digital.Kata Kunci: Kemampuan SDM, Pembelajaran Efektif, Era Digital This community service is entitled improving the ability of human resources (HR) in carrying out effective learning in the digitalization era for teachers of the TPQ Nurul Ikhlas foundation Jl. Cendana Rawakalong, Gunung Sindur District, Bogor Regency. The general purpose of this community service activity is to provide practical training and knowledge to TPQ Nurul Ikhlas teachers on how to conduct effective learning activities for TPQ Nurul Ikhlas students in the digital era. The method used is a survey method and the delivery of material directly by researchers about IT-based media that will be carried out in daily learning activities. The conclusion from this community service is that by increasing the ability of human resources (teaching staff), effective and appropriate learning will be realized at the TPQ Nurul Ikhlas Foundation in facing the digital era.Keywords: Human Resources Capability, Effective Learning, Digital Era
Implementasi Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) Dalam Pengelolaan Keuangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Cibodas Jasa Kota Tangerang Sachro Yusuf; Antin Setiyawati; Arda Arda; Irfan Maulana; Jasip Soleh
Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat Vol 2, No 2 (2022): PADMA
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpdm.v2i2.19621

Abstract

Perkembangan UMKM di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Namun tingginya minat masyarakat dalam memulai usaha sekala ini tidak diimbangi dengan keterampilan mereka dalam mengelola sebuah perusahaan. Kegiatan ini sendiri bertujuan untuk membantu mengatasi persoalan yang dihadapi para pelaku UMKM di wilayah Cibodas Jasa, Kota Tangerang dalam mengelola usaha yang mereka jalankan. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan sebagai sarana pelatihan bagi para pelaku UMKM khususnya dalam pengelolaan sumber daya manusia dan tata kelola keuangan UMKM. Hasil Pelatihan menunjukan bahwa kegiatan pelatihan ini cukup efektif dalam membina para pelaku UMKM. Hal ini bisa dilihat dari antusisme dan pemahaman peserta terhadap uraian materi yang disampaikan. Sehingga para pelaku UMKM lebih memahami pentingnya ilmu manajemen sumber daya manusia dan manajemen keuangan serta penerapannya dalam pengelolaan usaha yang mereka jalankan.Kata Kunci: Manajemen SDM, Pelatihan, Pengelolaan Kuangan, UMKM The development of MSMEs in Indonesia has continued to increase from year to year. However, the high interest of the community in starting a business of this scale was not matched by their skills in managing a company. This activity itself aimed to help overcome the problems faced by MSME actors in Cibodas Jasa, Tangerang City in managing the business they run. In addition, this activity also aimed as a means of training for MSME actors, especially in the management of human resources and MSME financial governance. The results of the training showed that this training activity was quite effective in fostering MSME actors. This can be seen from the enthusiasm and understanding of the participants towards the description of the material presented. Thus,MSME actors better understand the importance of human resource management and financial management and their application in managing the business they run.Keywords: HR Management, Financial Management, MSME, Training
Penerapan Ilmu Manajemen Bencana Berbasis Masyarakat PMI Kota Sukabumi Berdampak pada Kelurahan Tangguh Bencana Kelurahan Baros Kec. Baros, Kota Sukabumi Herwin Heriyanto; Muchrzial Harris Ritonga; Herlina Duma; Teti Susilowati; Tomi Tomi; Mukhlis Catio
Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat Vol 2, No 2 (2022): PADMA
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpdm.v2i2.19636

Abstract

Pengabdian ini berjudul Penerapan Ilmu Manajemen Bencana Berbasis Masyarakat PMI Kota Sukabumi berdampak pada Kelurahan Tangguh Bencana Kelurahan Baros Kecamatan Baros Kota Sukabumi. Tujuan umum dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Memberikan pengetahuan dan meningkatkan pemahaman masyarakat secara praktis ilmu manajemen bencana berbasis masyarakat yang berdampak pada ketangguhan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana di sekitar seperti banjir, gempa bumi dan lainnya.  Metode yang digunakan adalah metode survey dan penyampaian materi secara langsung dan diskusi mengenai manajemen bencana berbasis masyarakat yang akan berkontribusi kepada program masyarakat Tangguh pemerintah nasional. Kesimpulan dari pengabdian  kepada masyakat ini adalah bahwa telah terlaksananya pendampingan dalam peningkatan pemahaman manajemen bencana berbasis masyarakat yang telah dibentuk oleh PMI Kota Sukabumi, yaitu Kelompok Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) sebagai tim inti ataupun penggerak di tengah masyarakat dalam upaya mewujudkan Kelurahan Tangguh Bencana.Kata Kunci: Manajemen, Tangguh Bencana, PMI, Masyarakat This Community Service entitled the Application of Community-Based Disaster Management Science of PMI Sukabumi City has an impact on the Disaster Resilient Village, Baros Village, Baros District, Sukabumi City. The general purpose of this community service activity is to provide knowledge and increase communities understanding in implementing community-based disaster management which has an impact on community resilience in responding the surrounding disaster threats such as floods, earthquakes and others. The method used is a survey and direct delivery of materials and discussions on community-based disaster management that will contribute to the national government's Tangguh community program. The conclusion of this community service is that assistance has been implemented in increasing understanding of community-based disaster management that has been established by PMI Sukabumi City, namely the Community-Based Action Team (CBAT) as the core team or facilitator in the community in an effort to develop a Disaster Resilient Village.Keywords: Management, Disaster Resilient, PMI, Communities
Sosialisasi Literasi Keuangan di Era Pandemi Covid 19 Kepada Galeri UMKM Tangerang Selatan Banten Prima Waluyojati; Bella Ratu Fatimah; Eni Setyaningsih; Lisna Andriyani; Sunia Ardiyanti
Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat Vol 2, No 2 (2022): PADMA
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpdm.v2i2.19627

Abstract

Pengabdian ini berjudul Sosialisasi Literasi Keuangan Di Era Pandemi Covid-19 Kepada Gareri UMKM Tanggerang Selatan Banten. Tujuan umum dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Memberikan pelatihan dan pengetahuan secara praktis ilmu manajemen keuangan yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Metode yang digunakan adalah metode survey dan penyampaian materi secara langsung serta simulasi dan diskusi mengenai manajemen, pengelolaan keuangan, menambah pendapatan dan pinjaman online yang berdampak pada kesejahraan masyarakat. Kesimpulan dari pengabdian kepada masyakat ini adalah bahwa akan dilakukan pendampingan dalam manajemen dalam pengelolaan keuangan. Sosialisasi dilakukan dengan setelah pemateri menjelaskan konsep manajemen keuangan keluarga yang disertai dengan contoh-contoh perhitungan keuangan dalam keluarga, para peserta mampu memahami dengan baik, yang mana pada saat itu para peserta mampu membuat cash flow keuangan keluarga masing-masing dan mampu memanage nya dengan baik. Para peserta pelatihan telah mampu dalam hal mengatur dan mengelola keuangan keluarga pada masa pandemi Covid – 19 dengan baik sesuai teori yang diajarkan oleh peneliti.Kata Kunci: Covid19, Manajemen Keuangan, Kesejahraan Masyarakat This service is entitled Socialization of Financial Literacy in the Era of the Covid-19 Pandemic to Garri MSMEs in South Tangerang, Banten. The general objective of this community service activity is to provide practical training and knowledge of financial management science that has an impact on the welfare of the community. The method used is a survey method and direct material delivery as well as simulations and discussions on management, financial management, increasing income and online loans that have an impact on the welfare of the community. The conclusion of this community service is that there will be assistance in management in financial management. The socialization was carried out by after the presenters explained the concept of family financial management accompanied by examples of financial calculations in the family, the participants were able to understand well, at which time the participants were able to make cash flow for their respective families' finances and were able to manage it well. . The training participants have been able to properly manage and manage family finances during the Covid-19 pandemic according to the theory taught by the researchers.Keywords: Covid19, Financial Management, Community Welfare
Penerapan Ilmu Manajemen Dalam Meningkatkan Kualitas SDM Pengajar Yayasan TPQ Nurul Ikhlas Andriansyah Andriansyah; Zainal Abidin; Suwarsi Suwarsi; Moh. Sutoro; Subarto Subarto
Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat Vol 2, No 2 (2022): PADMA
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpdm.v2i2.19632

Abstract

Pengabdian ini berjudul penerapan ilmu manajemen dalam menigkatkan kualitas SDM para pengajar di Yayasan TPQ Nurul Ikhlas Jl Cendana Rawakalong Kec. Gunung Sindur, Kab. Bogor. Tujuan umum dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Memberikan pelatihan dan pengetahuan secara praktis ilmu manajemen dalam meningkatkan kualitas SDM.  Metode yang digunakan adalah metode survey dan penyampaian materi secara langsung serta simulasi dan diskusi mengenai manajemen, system pembelajaran dan pengembangan pelatihan. Kesimpulan dari pengabdian  kepada masyakat ini adalah bahwa penigkatkan pengetahuan dalam memahami ilmu manajemen dan kedisiplinan akan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pengajar dan motivasi murid di Yayasan TPQ Nurul Ikhlas.Kata Kunci: Ilmu Manajemen, Kedisplinan, Kualitas SDM  This service is entitled the application of management science in improving the quality of human resources for teachers at the TPQ Nurul Ikhlas Foundation Jl Cendana Rawakalong Kec. Mount Sindur, Kab. Bogor. The general objective of this community service activity is to provide training and practical knowledge of management science in improving the quality of human resources. The method used is a survey method and direct material delivery as well as simulations and discussions on management, learning systems and training development. The conclusion of this community service is that increasing knowledge in understanding management science and discipline will have a positive and significant effect on teacher performance and student motivation at the TPQ Nurul Ikhlas.Keywords: Management Science, Discipline, HR Quality
Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pemasaran Berbasis Usaha Mikro di UMKM Cibodas Jasa Kota Tangerang Yayan Sudaryana; Febrianto Hermawan; Nurbaety Nurbaety; Deviana Oktoria; Hengky Mayer Pardede
Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat Vol 2, No 2 (2022): PADMA
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpdm.v2i2.19622

Abstract

Perkembangan UMKM di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Namun tingginya minat masyarakat dalam memulai usaha sekarang ini tidak diimbangi dengan keterampilan mereka dalam mengelola sebuah perusahaan. Pengabdian ini sendiri bertujuan untuk mencari tahu kemampuan para pelaku UMKM di wilayah Cibodas Jasa, Kota Tangerang dalam mengelola usaha yang mereka jalankan. Selain itu pengabdian ini juga bertujuan sebagai sarana pelatihan bagi para pelaku UMKM dalam pengelolaan sumber daya manusia dan pemasaran UMKM. Dalam pengabdian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil pengabdian ini menunjukan bahwa sebagian besar pelaku UMKM masih membutuhkan pengetahuan mengenai tugas dan peran sumber daya manusia dalam melakukan pemasaran produk-produk mereka dengan menggunakan alat-alat teknologi yang canggih. Selain itu, hasil pengabdian kepada masyarakat juga menunjukan bahwa kegiatan pelatihan ini cukup efektif dalam membina para pelaku UMKM sehingga para pelaku UMKM lebih memahami pentingnya ilmu manajemen sumber daya manusia dan manajemen pemasaran serta penerapannya dalam pengelolaan usaha yang mereka jalankan.Kata Kunci: Manajemen SDM, Manajemen Pemasaran, Teknologi, UMKM The Micro, Small and Medium-sized Enterprises (MSME) growth in Indonesia continued to increase from year to year. However, the high interest of the community in starting a business  of this scale was not matched by their skills in managing a company. This service aimed to find out the ability of MSME actors in the Cibodas Jasa area, Tangerang City in managing the business they run. In addition, this service also aimed as a means of training for MSME actors in human resource management and MSME marketing management. In this service the approach used was a qualitative. The results of this service showed that most MSME actors still need knowledge of duty and function of human resource management and MSME marketing management using high technology. In addition, the results of the study also showed that this training activity was quite effective in fostering MSME actors, thus MSME actors better understood the importance of human resource management and marketing management and its application in managing the business they run.Keywords: HR Management, Marketing Management, Technology, MSME

Page 1 of 2 | Total Record : 20