cover
Contact Name
Rusdyi Habyi
Contact Email
jimatjurnal@gmail.com
Phone
+6281356476549
Journal Mail Official
jimatjurnal@gmail.com
Editorial Address
Gedung D. Lantai I. Kampus STKIP Kie Raha Ternate Kelurahan Sasa Ternate Selatan, Maluku Utara
Location
Kota ternate,
Maluku utara
INDONESIA
JURNAL ILMIAH MATEMATIKA (JIMAT)
Published by STKIP Kie Raha Ternate
ISSN : -     EISSN : 27741729     DOI : -
Core Subject : Education,
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika adalah terbitan berkala ilmiah (ISSN) yang menyajikan informasi-informasi terkini di bidang Pendidikan Matematika dan Sains Matematika, melalui artikel-artikel baik yang berbasis penelitian lapangan maupun kajian literatur. Melalui terbitan-terbitan ini, JIMAT menempuh misi untuk mendistribusikan informasi serta mengembangkan ilmu pengetahuan khususnya di bidang Pendidikan Matematika dan Sains Matematika.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT) Volume 4 Nomor 1 Juni 2023" : 6 Documents clear
Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika: Studi Di SMP Negeri 13 Kota Ternate Yani Awal
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT) Volume 4 Nomor 1 Juni 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.8391670

Abstract

Pembelajaran matematika adalah interaksi guru dan peserta didik dalam mengembangkan pola berfikir. Matematika sebagai alat untuk memahami informasi melalui tabel-tabel, persamaan-persamaan yang merupakan penyederhanaan dari soal-soal cerita. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal cerita pada materi Sistem Persamaan linear Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitia ini adalah guru dan siswa di SMP Negeri 13 Ternate. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumen. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis dengan mengikuti tahapan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Penenlitian ini menunjukan bahwa kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal cerita sering ditemui dalam pembelajaran matematika di SMP SMP Negeri 13 Ternate. Jenis kesalahan yang ditemui dalam menyelesaikan soal-soal adalah kesalahan membaca dengan presentase kesalahan siswa dalam Membaca 30%; kesalahan memahami presentasi kesalahan 90%; transformasi presentasi kesalahannya 90%; kesalahan memproses 10%; dan menyimpulkan yaitu Menyimpulkan 100%.
Analisis Butir Soal Ulangan Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika Pada Kelas IX Mtsal-Hilaal Banda Ernawati Ernawati
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT) Volume 4 Nomor 1 Juni 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.8135368

Abstract

Pembelajaran tanpa kegiatan evaluasi akan kehilangan makna. Sebab guru tidak akan memperoleh informasi penting tentang tingkat pencapaian tujuan, tingkat penguasaan materi belajar, kekuatan, kelemahan siswa dalam belajar, serta kekuatan-kelemahan guru dalam proses pembelajaran yang dikembangkan.Dalam melakukan evaluasi terhadap alat pengukur yang digunakan untuk mengukur keberhasilan belajar dari para peserta didiknya. Alat pengukur dimaksud adalah tes hasil belajar. Tes yang bermutu adalah tes yang memuat soal yang dapat memberikan informasi setepat-tepatnya sesuai dengan tujuannya, diantara informasi yang diketahui adalah dapat menentukan peserta didik mana yang sudah atau belum menguasai materi yang di ajarkan oleh guru matapelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat Bagaimanakah aspek materi, konstruksi dan bahasa pada tes ulangan semester ganjil MTs Al-Hilaal Banda Kelas IX Kecamatan Banda dan bagaimana tingkat validitas, reabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda soal ulangan semester ganjil mata pelajaran matematika kelas IX MTs Al-Hilaal Banda tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Deskriptif Kuantitatif. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023, bertempat di MTs Al-Hilaal Banda Kelas IX Kecamatan Banda Kabupaten Maluku Tengah Profinsi Maluku. Data dalam penelitian ini adalah hasil analisis jawaban siswa dalam mengerjakan soal ulangan semester ganjil tahun ajar 2022/2023. Sumber data berupa arsip soal ujian semester ganjil dan hasil jawaban siswa pada ulangan semester ganjil yang berbentuk pilihan ganda sebanyak 30 item soal. Data dikumpulkan dengan teknik studi dokumentasi dan dianalisis secara kualitatif maupun secara kuantitatif. Analisis kualitatif dilakukan dengan validasi ahliyaitu dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa diketahui ada beberapa soal yang tidak memenuhi aspek-aspek tersebut.Sedangkan analisis kuantitatif dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Berdasarkan hasil analisis butir soal terhadap soal ulangan akhir sekolah mata pelajaran matematika pada kelas IX pada pada MTs-Alhilaal Banda yang terdiri dari tingkat kesukaran soal, daya pembeda soal, dan keefektifan opsi termasuk soal yang kurang berkualitas. Hal ini dibuktikan masih ada 9 butir soal yang tidak baik.
Karakteristik Butir Soal Pas Matematika SMA Kelas X Asmin Lukman
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT) Volume 4 Nomor 1 Juni 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.8146055

Abstract

Penilaian hasil belajar peserta didik dilakukan setelah selesai semester. Hasil tes seringkali disalahtafsirkan terkait kemampuan peserta didik. Akibatnya peserta didik yang berkemampuan tinggi akan menjadi rendah dan kemampuan rendah menjadi tinggi akibat instrumen yang digunakan tidak dapat memberikan informasi dengan baik. Penilaian akhir semester selalu dilakukan setiap ahkir pembelajaran selama satu semester. Hasil penilaian akhir semester akan dilakukan analisis butir soal untuk mengetahui apakah butir soal sudah sesuai atau belum. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana karakteristik butir soal yang digunakan dalam pelaksanaan tes penilaian akhir semester. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskkripsi kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA IT Albina Kota Ternate sebanyak 28 peserta. Instrumen pengumpulan data berupa lembar jawaban dan kunci jawaban. Jumlah butir soal yang dianalisis adalah sebanyak 20 butir soal pilihan ganda. Analisis data berupa analisis butir dengan pendekatan rasch model bantuan software winstep. Hasil analisis butir soal menunjukan bahwa terdapat 9 butir soal yang fit dengan model rasch. Butir dikatakan fit dengan model rasch apabila memenuhi kriteria nilai (MNSQ) 0,5 < MNSQ < 1,5 nilai (Pt Mean Corr) 0,4 < Pt Measure Corr < 0,85, dan Nilai Outfit Z-standard (ZSTD) -2,0 < ZSTD < +2. Tingkat kesulitan butir soal menunjukan bahwa butir dikatakan memenuhi kiteria apabilamemiliki tingkat kesukaran -2 ≤ b ≤ +2. Indeks kesukaran yang memenuhi adalah sebanyak 18 butir soal. Rata-rata kemampuan peserta didik dalam menjawab soal matematika adalah sebesar 6,9. Artinya bahwa kemampuan peserta didik dalam menjawab butir dengan benar masih cukup rendah. Fungsi informasi tes menunjukan bahwa tes dapat dikerjakan dengan baik oleh peserta didik yang memiliki kemampuan sedang.
Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal – Soal Cerita Pada Materi Himpunan Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Kota Ternate Linda Hasanudin; Rusdyi Habsyi
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT) Volume 4 Nomor 1 Juni 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.8147002

Abstract

Penelitian ini ada beberapa kesulitan yang di alami siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan siswa kelas VII SMP Negeri 9 Kota Ternate. Kesulitan tersebut adalah: (1) kesulitan dalam memahami soal cerita,(2) kesulitan dalam menentukan model matematikanya, (3) kesulitan dalam menentukan rumus. Dalam penelitian ini peneliti menemukan sebanyak 9 siswa tidak memahami soal cerita. Dimana mereka tidak mampu dalam mengidentifikasi atau menentukan ide pokok yang terkandung dalam soal cerita. Di mana ke – 9 siswa tersebut dalam menyelesaikan soal tidak menuliskan ditanya dan diketahui. Kemudian ada sebanyak 9 siswa yang mengalami kesulitan menentukan model matematika. Kesulitan menentukan model matematika adalah kesulitan di mana siswa dalam mengubah soal cerita ke dalam bentuk model matematika. Ada sebanyak 3 siswa yang mengalami kesulitan dalam menentukan atau menggunakan rumus saat pengerjaan atau menyelesaikan soal cerita. Kesulitan menentukan rumus adalah kesulitan dimana siswa bingung dalam menentukan rumus mana yang mau di gunakan dalam proses penyelesaian soal cerita.
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Operasi Bilangan Bulat Jufri Ade
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT) Volume 4 Nomor 1 Juni 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.8259751

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini, yaitu mengenai hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning materi operasi penjumlahan dan pengurangan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 9 Kota Ternate dengan jumlah siswa 28 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes soal cerita penjumlahan dan pengurangan, dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif.keberhasilan penelitian ini ditentukan oleh Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 75 dan secara klasikal 80% siswa mencapai KKM.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas siswa, yaitu pada siklus I aktivitas siswa adalah 60% dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 87%. Terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus I diperoleh nilai rata-rata 72.64 dengan ketuntasan belajar 75%. Hal ini juga dapat dilihat pada aktivitas siswa yaitu pada siklus I berada pada kategori rendah dan siklus II berkategori tinggi sehingga menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Peningkatan dapat dilihat pada hasil belajar siswa pada setiap siklus yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II berada pada kategori baik. Pada siklus II nilai rata-rata menjadi 82% dengan ketuntasan belajar 90%. Sehingga dapat disimpulkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 9 Kota Ternate.
Pengaruh Self Eficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Yasmu Sofifi Kota Tidore Kepulauan Nur Fatiman; La Yusran La Kalamu; Hujairah Hi Muhammad; Safri Tinamba
JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT) Volume 4 Nomor 1 Juni 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.8266750

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika siswa SMA Yasmu Sofifi Kota Tidore Kepualaun. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-XII di SMA Yasmu Sofifi Kota Tidore Kepulauan yang berjumlah 86 orang, diperoleh sampel sebanyak 46 orang dengan menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji persyaratan dan uji hipotesis yang meliputi analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh self efficacy dan signifikan sebesar 10,00% dengan hasil belajar matematika sekolah Yasmu Sofifi Kota Tidore Kepulauan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika dipengaruhi oleh faktor self efficacy yang terdapat dalam diri setiap siswa sebesar 10% dan sebanyak 90% faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Page 1 of 1 | Total Record : 6