cover
Contact Name
safriana
Contact Email
safriana@unimal.ac.id
Phone
+628116813047
Journal Mail Official
safriana@unimal.ac.id
Editorial Address
Kampus Utama Cot Tengku Nie Reuleut, Muara Batu, Aceh Utara, Provinsi Aceh, Indonesia Telp : +62.645.41373, Fax : +62.645.44450 Email : relativitasjurnal@gmail.com | safriana@unimal.ac.id Hp/WA: +628116813047 atau +62852 6088 0453
Location
Kota lhokseumawe,
Aceh
INDONESIA
Relativitas : Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
ISSN : 26544172     EISSN : 26558793     DOI : 10.29103/relativitas.v2i1.1790
Physics Learning Development of physics teaching materials Development of teaching media physics Development of models and methods of teaching physics Development of physical learning evaluation Physics Learning Curriculum Pedagogic Physics Difficulties Students in learning Physics Development of Professionalism of physics teachers ICT-based physics learning, and other issues in the field of physics education
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2022): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika" : 7 Documents clear
IMPLEMENTASI ASESMEN AUTENTIK PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMAN 1 SUNGAI PENUH Ulan Agustina; Fadrina Fadrina Saputri; Eny Sepriyanti; M Hidayat
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika Vol 5, No 1 (2022): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Publisher : Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, UNIVERSITAS MA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/relativitas.v5i1.6836

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1)mengetahui pelaksanaan asesmen autentik di SMAN 1 Sungai Penuh, 2)mengetahui faktor pendukung asesmen autentik dan 3)faktor penghambat asesmen autentik. kegiatan penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2021, dengan subjek penelitian yaitu siswa 10 Mipa 2 dan 10 Mipa 5. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan terhadap dua orang guru fisika di SMAN1 Sungai Penuh  Ditemukan hasil bahwa SMAN 1 masih belum afektif dalam melaksanakan asesmen autentik. Masih banyak jenis-jenis asesmen autentik yang belum dilaksanakan dengan baik dan hal tersebut terjadi karena adanya beberapa faktor penghambat . Asesmen penilaian proyek, kinerja maupun portofolio membutuhkan waktu yang cukup maksimal dalam pelaksanaannya serta membutuhkan perencanaan kegiatan sebaik mungkin Tingkat kemampuan pemahaman siswa. Tingkat kemampuan pemahaman siswa berbeda-beda. Adapun solusi untuk menangani hal tersebut untuk praktikum atau penilaian kinerja ,proyek atau portofolio bisa dilakukan secara mandiri dirumah untuk meminimalisir waktu.
PENGGUNAAN ASESMEN AUTENTIK DI SMA NEGERI 1 SAROLANGUN PADA MATA PELAJARAN FISIKA: INVESTIGASI PEMBELAJARAN ONLINE Nurhaliza HS; Nurlista Nurlista; M Hidayat
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika Vol 5, No 1 (2022): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Publisher : Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, UNIVERSITAS MA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/relativitas.v5i1.6829

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan asesmen autentik dalam pembelajaran Fisika, menganalisis kesulitan guru dan faktor penghambat penggunaan asesmen autentik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang dipakai yaitu study kasus melalui wawancara dengan 8 pertanyaan. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh guru Fisika di SMA Negeri 1 Sarolangun. Sample dalam penelitian ini adalah salah satu guru Fisika. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa asesmen autentik mengubah peran siswa dalam proses asesmen, dari sifat pasif menjadi partisipan aktif, siswa aktif berkolaborasi untuk bekerjasama dan dapat berpartisipasi dalam mengevaluasi kemajuannya. Data kualitatif adalah sumber deskripsi dan penjelasan yang kaya dan beralasan tentang proses manusia. Dengan data kualitatif, seseorang dapat mempertahankan alur kronologis, melihat peristiwa mana yang menyebabkan konsekuensi mana, dan memperoleh penjelasan yang bermanfaat. Data dikumpulkan menggunakan Teknik pengumpulan simple random sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa remedial dan pengayaan berperan penting dalam membantu siswa yang kesulitan belajar, siswa aktif berkolaborasi untuk bekerja sama, dan pelaksanaan menjadi efektif
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA MATERI KALOR KELAS VII MTs MIFTAHUL ISHLAH Elma Ko'o; Lalu Ahmad Didik Meiliyadi; Bahtiar Bahtiar
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika Vol 5, No 1 (2022): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Publisher : Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, UNIVERSITAS MA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/relativitas.v5i1.6979

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Multiple Intelligences pada materi kalor kelas VII MTs Miftahul Ishlah dan untuk mengetahui praktikalitas Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Multiple Intelligences pada materi kalor kelas VII MTs Miftahul Ishlah. Dalam penulisan penelitian ini, peneliti menggunakan sistematika penulisan penelitian dan pengembangan yang kenal  dengan Reseach And Development (R&D). Penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu : pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (development). Metode penelitian ini digunakan untuk menghasilkan produk. Contohnya Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Multiple Intelligences pada materi kalor dengan harapan siswa dapat memahami pelajaran IPA terpadu.Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Hasil validasi LKS berbasis Multiple Intelligences adalah 90,7 %, ini berarti LKS berbasis Multiple Intelligences berkategori sangat  valid.  Hasil uji coba praktikalitas yang dilakukan di satu kelas menunjukkan persentase 88 % dengan kategori sangat praktis. Kesimpulan penelitian ini adalah LKS berbasis Multiple Intelligences pada materi kalor kelas VII MTs Miftahul Ishlah yang dikembangkan sangat valid dan praktis. 
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI I DEWANTARA ACEH UTARA Halimatus Sakdiah; Syurvani Else Putri; Rozanna Dewi
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika Vol 5, No 1 (2022): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Publisher : Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, UNIVERSITAS MA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/relativitas.v5i1.5983

Abstract

Media video pembelajaran adalah media yang menyajikan audio dan visual yang berisi pesan-pesan pembelajaran baik yang berisi konsep, prinsip, prosedur, teori aplikasi pengetahuan untuk membantu pemahaman terhadap suatu materi pembelajaran. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui hasil validitas ahli dan respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran berbasis video pada materi momentum dan implus pada masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri I Dewantara Aceh Utara. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas x mipa 1 dan x mipa 2. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop, disseminate. Telah dilakukan uji validitas oleh para ahli serta uji coba lapangan kepada siswa. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi memperoleh rata-rata sebesar 87.45% dengan kategori “sangat layak”, validasi ahli media memperoleh rata-rata sebesar 89.81% dengan kategori “sangat layak” dan hasil respon siswa 98.08% dengan kategori “sangat layak”. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video dinyatakan sangat layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA NEGERI 2 PEUSANGAN Faradhillah Faradhillah; Wirdatul Jannah; Syafrizal Syafrizal
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika Vol 5, No 1 (2022): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Publisher : Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, UNIVERSITAS MA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/relativitas.v5i1.6059

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran make a match terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada konsep gerak lurus kelas X SMA Negeri 2 Peusangan. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan data dilakukan di kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa sedangkan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 32 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan data uji independent sample t test menggunakan aplikasi SPSS ver. 2016 diperoleh nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,015 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Make a Match terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi gerak lurus di SMA Negeri 2 Peusangan.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK SISWA KELAS X Badriah Badriah
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika Vol 5, No 1 (2022): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Publisher : Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, UNIVERSITAS MA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/relativitas.v5i1.6722

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick di SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu pada materi Momentum dan Impuls. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Jumlah subjek adalah sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 16 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Pengambilan data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data hasil belajar siswa dengan memberi tes tiap akhir siklus. Data hasil aktivitas guru dan siswa diperoleh dari lembar obesrvasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model talking stick pada pembelajaran fisika dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa khususnya pada materi momentum dan impuls. Dari siklus I dan siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 36,7%. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan antara siklus I dan siklus II sebesar 32,7%.
PENGEMBANGAN LKS (LEMBAR KERJA SISWA) BERBASIS VIRTUAL LAB BERBANTUAN SIMULASI PHET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GETARAN HARMONIK Muliani Muliani; Deassy Siska; Ainul Hasri
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika Vol 5, No 1 (2022): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Publisher : Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, UNIVERSITAS MA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/relativitas.v5i1.5755

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1)  mengetahui kelayakan LKS berbasis virtual lab berbantuan simulasi PhET. 2) mengetahui besar peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa setelah menggunakan LKS berbasis virtual lab berbantuan simulasi PhET. 3) mengetahui respon siswa terhadap LKS berbasis virtual Lab berbantuan simulasi PhET. Penelitian ini menggunakan  metode Research and Development (R&D). Instrumen pengumpulan data menggunakan LKS, soal  Essay dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasis virtual lab berbantuan  simulasi PhET  1) layak digunakan dengan nilai validasi dosen ahli media sebesar 82%, guru ahli materi sebesar 92% dengan kategori “sangat valid”. 2) dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dengan nilai  rata-rata N-Gain Score  sebesar 0.70 dengan  kategori “tinggi”. 3) respon siswa sebesar 90% dengan kategori “sangat positif”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis virtual lab berbantuan simulasi PhET yang dikembangkan memunuhi kriteria valid dan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, serta mendapat respon positif dari siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 7