cover
Contact Name
ahmad zain
Contact Email
elbanyumasi@yahoo.co.id
Phone
+628129731518
Journal Mail Official
jurnalprofesi2021@gmail.com
Editorial Address
Jl. Nusa Indah 1 No. 163 Perumnas 1 Kota Bekasi
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
ISSN : 27970701     EISSN : 23018836     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan, menampung hasil penelitian dan kejian dalam bidang pendidikan dan keguruan
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 1 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan" : 5 Documents clear
Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Menemukan pokok-pokok Berita Dengan Unsur 5W+1H Melalui Metode Cooperative iIntergreted Reading Composition (CIRC) Pada Peserta Didik Kelas VIII-3 SMP Negeri 39 Jakarta musinah, Musinah
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 7 No. 1 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar belakang dilakukan penelitian tindakan kelas adalah masih rendahnya hasil dan minat belajar peserta didik kelas VIII-3 pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia materi pokok bahasan menemukan pokok-pokok berita Pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian kami lakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran baik itu pada hasil maupun prosesnya. Penerapan metode cooperative integreted reading composition (CIRC) dianggap sesuai untuk engatasi permasalahan tersebut, Karena pada pembelajaran ini peserta didik ikut berperan aktif dalam kelompok dan mampu manyampaikan pendapat-pendapatnya serta mempresentasikan hasil kegiatan diskusi tanpa ada rasa takut. Penelitain ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitain dilakukan dalam dua siklus, yakni siklus I tiga kali pertemuan dan siklus II tiga kali pertemuan. Setelah diberikan pemblajaran melalui metode cooperative integreted reading composition (CIRC), hasil dan motivasi belajar peserta didik, hasil dan motivasi peserta didik menunjukkan adanya peningkatan, yakni dari hasil belajar rata-rata pada sikus I sebesar 65% meningkat pada siklus II menjadi 80% (ada kenaikan sebesar 15 point), ketuntasan belajar dari siklus I ke siklus II menigkat 64,3% yaitu 30% pada siklus I menjadi 94,3% pada siklus II. Minat belajar peserta didik dari prasiklus ke pascasiklus juga mengalami peningkatan yang diikuti dengan peningkatan tanggapan peserta didik menyenangi pebelajaran melalui metode cooperative integreted reading composition (CIRC) sebesar 26,29 point, yaitu pada prasiklus 65,14% meningkat menjadi 91,43% pada pascasiklus.
Efektifitas Hasil Latihan Inkuiri Dalam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IX-2 SMP Negeri 253 Jakarta Selatan Semester-1 Tahun Pelajaran 2013-2014 Sudarlin, Sudarlin
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 7 No. 1 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan merupakan upaya pendewasaan anak didik oleh orang dewasa yang diberikan melalui aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Proses pendewasaan ketiga aspek tersebut harus sejalan sehingga terbentuk suatu individu mapan secara fisik dan psikis yang ditampilkan melalui tingkah laku di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat.Paradigma sistem pendidikan nasional yang selama ini menjadi acuan penyelenggara pendidikan di Indonesia perlu dikaji dan disempurnakan. Paradigma sistem pendidikan nasional harus mencakup faktor proses dan konteks disamping input dan output pendidikan. Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu pelajaran yang diajarkan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang memberikan sumbangan terhadap peningkatan mutu pendidikan. Berdasarkan data yang diperoleh penulis tentang pencapaian hasil belajar IPA selama tiga tahun terakhir di SMP Negeri 253 Jakarta Selatan belum memuaskan. Penerapan strategi pembelajaran yang bervariasi sedikit banyak akan membuat siswa tertarik dalam belajar. Strategi pembelajaran kooperatif merupakan salah satu cara yang dapat digunakan dalam menyampaikan materi pelajaran biologi kepada siswa. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka beberapa hal yang dapat diidentifikasi adalah sebagai berikut: Apakah aktivitas belajar siswa dipengaruhi oleh pengelolaan kelas guru? Apakah strategi pembelajaran yang digunakan guru menarik minat siswa dalam belajar IPA? Bagaimanakah menyesuaikan karakteristik siswa dengan pemilihan strategi pembelajaran?Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah yang telah dikemukakan di atas, masalah pada penelitian ini dibatasi pada aspek penggunaan metode pembelajaran menggunakan metode pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 253 Jakarta Selatan. Hasil belajar IPA dibatasi pada pokok bahasan Sistem Reproduksi Manusia pada aspek pengetahuan (C1), pemahaman (C2), aplikasi (C3), analisis (C4), dan sintesis (C5). Siswa yang menjadi sampel adalah siswa kelas IX. Manfaat praktis dari hasil penelitian ini diharapkan dapat menjelaskan lebih jauh mengenai faktor pengelolaan kelas guru sebagai tenaga pendidik dan pengajar pada lembaga pendidikan sekolah menengah pertama.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Kemagnetan Dengan Menggunakan Metode Jigsaw Dan Demonstrasi Peserta Didik Kelas IX-2 SMP Negeri 185 Jakarta Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014 Sukardi, Sukardi
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 7 No. 1 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemahaman peserta didik kelas IX-2 tentang Kemagnetan masih rendah. Hal tersebut disebabkan kurangnya semangat peserta didik dalam proses belajar mengajar akibat dari proses pembelajaran yang kurang sesuai dengan karakteristik materi dan karakteristik peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX-2 tentang Kemagnetan dengan metode Jigsaw dan Demonstrasi. Penelitian dilakukan di kelas IX-2 SMP Negeri 185 Jakarta selama 3 bulan mulai bulan Januari sampai Maret 2014. Metode yang digunakan adalah Jigsawdan Demonstrasi terdiri dari 3 siklus masing-masing 3 pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis. Pada siklus I, proses pembelajaran dengan menggunakan metode Jigsawdan Demonstrasi belum berjalan efektif dan perolehan nilai tes masih kurang dari yang diharapkan karena peserta didik benar-benar belum memahami proses pembelajaran dengan menggunakan metode Jigsawdan Demonstrasi dimana setiap peserta didik mempunyai tanggung jawab penuh terhadap materi pelajaran yang harus disampaikan kepada kelompoknya dengan cara demonstrasi. Sehingga pada siklus II peserta didik diberi penjelasan lagi mengenai tanggung jawab peranannya dalam proses pembelajaran. Kemudian pada Siklus III kekurangan-kekurangan harus diperbaiki lagi. Dengan demikian proses pembelajaran dapat berlangsung efektif dan perolehan nilai tes meningkat. Temuan dalam penelitian ini : 1. Peserta didik dituntut untuk mempelajari materi secara tuntas, 2. Peserta didik harus dapat menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik lain, 3. Sebagian peserta didik menerima pembelajaran menggunakan metode Jigsaw dan demonstrasi, 4. Nilai tes meningkat, hal ini terlihat dari hasil tes Siklus I nilai rata-rata 61,76, Siklus II nilai rata-rata 67,71, dan Siklus III nilai rata-rata 71,71. Peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan metode Jigsawdan Demonstrasi pada kelas IX-2 dapat meningkatkan nilai tes.
Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Think-Pair-Share Pada Siswa Kelas VI SDN Petukangan Selatan 03 Pagi Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013 Sunarsita, Sunarsita
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 7 No. 1 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tampaknya, perlu adanya perubahan paradigma dalam menelaah proses belajar siswa dan interaksi antara siswa dan guru. Sudah selayaknya kegiatan belajar mengajar juga lebih mempertimbangkan siswa. Siswa bukanlah sebuah botol kosong yang bisa diisi dengan muatan-muatan informasi apa saja yang dianggap perlu oleh guru. Dari latar belakang masalah tersebut, maka peneliti merasa terdorong untuk melihat pengaruh pembelajaran terstruktur dan pemberian balikan terhadap prestasi belajar siswa dengan mengambil judul “Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Think-Pair-Share Pada Siswa Kelas VI SDN Petukangan Selatan 03 Pagi Tahun Pelajaran 2012/2013”. Berdasarkan pada permasalahan dalam penelitian tindakan yang berjudul “Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Think-Pair-Share Pada Siswa Kelas VI SDN Petukangan Selatan 03 Pagi Tahun Pelajaran 2012/2013” yang dilakukan oleh peneliti, dapat dirumuskan hipotesis tindakan sebagai berikut: "Jika Proses Belajar Mengajar Siswa Kelas VI SDN Petukangan Selatan 03 Pagi menggunakan metode Kooperatif Model Think-Pair-Share dalam menyampaikan materi pembelajaran, maka dimungkinkan minat belajar dan hasil belajar siswa Kelas VI SDN Petukangan Selatan 03 Pagi akan lebih baik dibandingkan dengan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru sebelumnya". Hasil dan temuan penelitian ini dapat memberikan informasi tentang pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial oleh guru Kelas VI tahun pelajaran 2012/2013 Guru, sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan metode pembelajaran yang dapat memberikan manfaat bagi siswa.
PENGARUH KECERDASAN JAMAK DAN SEKOLAH BERASRAMA TERHADAP KARAKTER SISWA Sarnoto, Ahmad Zain; Moh Yusuf
Profesi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 7 No. 1 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Lembaga Penelitian Dan Studi Kebijakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fakta lapangan yang menunjukan telah terjadinya penurunan kualitas moral anak bangsa, yang dicirikan dengan maraknya permasalahan remaja khususnya pelajar menengah atas dengan terjadinya konflik antar pelajar, meningkatnya kriminalitas, pergaulan bebas, dan menurunnya kesadaran berbuat baik, penghormatan kepada guru dan orang tua, pelecehan seksual, dan kasus narkoba. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk menyatakan Pengaruh kecerdasan jamak dan sekolah berasrama dalam rangka membentuk karakter siswa, dan untuk mengetahui bagaimana Model pembinaan pendidikan karkater pada system Boarding School dalam membangun karakter baik, kemandirian dan disiplin siswa dan penerapan multiple intelegence dalam proses pendidikan dan pengajaran. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei, untuk mengungkapkan dan memahami kenyataan-kenyataan yang terjadi secara mendalam yang berkenaan dengan fenomena di atas. Dan Teknik pengumpulan data dan informasi dilakukan melalui Studi dokumentasi, studi literatur, pengisian angket, dan menggali sumber-sumber primer informasi sekolah yang bekaitan dan yang dapat dipertanggung jawabkan. Adapun hasil penelitian ini meliputi : Pengaruh Kecerdasan Jamak terhadap karakter siswa, Pengaruh sekolah berasrama terhadap karakter siswa, dan kedua hal tersebut secara bersama berpengaruh kepada karakter siswa. Dari pengisian angket yang disebar ke sisiwa-siswi secara acak maka menunjukkan hasil pengaruh yang cukup besar dari kecerdasan jamak dan pendidikan asrama terhadap pembentukan karakter siswa. Sekolah berbasis Multiple Intelegence (Kecerdasan Jamak) dan system Boarding School (Sekolah Berasrama) yang syarat dengan pendidikan nilai, baik nilai agama maupun nilai-nilai luhur bangsa, menjadi sebuah solusi yang sangat efektif dalam mengembangkan pendidikan karakter mereka Hasil penelitian ini semoga dapat menambah hazanah keilmuan dan juga membantu dalam bentuk informasi kepada sekolah pada umumnya untuk dasar pengambilan kebijakan, terutama berkaitan karakter siswa yang dibentuk dalam pendidikan asrama dengan modal kecerdasan dasar masing-masing siswa (kecerdasan jamak) yang berbeda-beda

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol. 12 No. 2 (2023): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 12 No. 1 (2023): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 11 No. 2 (2022): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 11 No. 1 (2022): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 10 No. 2 (2021): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 10 No. 1 (2021): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 9 No. 2 (2020): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 9 No. 1 (2020): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 8 No. 2 (2019): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 8 No. 1 (2019): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 7 No. 2 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 7 No. 1 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 6 No. 2 (2017): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 6 No. 1 (2017): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 5 No. 2 (2016): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 5 No. 1 (2016): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 4 No. 2 (2015): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 4 No. 1 (2015): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 3 No. 2 (2014): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 3 No. 1 (2014): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 2 No. 2 (2013): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 2 No. 1 (2013): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 1 No. 2 (2012): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 1 No. 1 (2012): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan More Issue