cover
Contact Name
SHANTI RUATA
Contact Email
shantiruata@iakn-manado.ac.id
Phone
+6281342409900
Journal Mail Official
humanlight.iaknmanado@gmail.com
Editorial Address
Ruangan ULP Kampus IAKN MANADO Jl. Bougenville Tateli 1 Kecamatan Mandolang Minahasa
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
JOURNAL OF PSYCHOLOGY
ISSN : -     EISSN : 27770362     DOI : -
Journal of Psychology " Humanlight" adalah jurnal yang memuat artikel-artikel hasil penelitian dalam ruang lingkup Psikologi dan isu-isu kesehatan mental lainnya dalam kaitannya dengan agama Kristen. Jurnal ini diterbitkan oleh program studi Psikologi Institut Agama Kristen Negeri Manado dan akan rutin terbit setahun dua kali di bulan Juni dan Desember.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2021): Juni" : 5 Documents clear
Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya bagi Pembelajaran Alon Mandimpu Nainggolan; Adventrianis Daeli
Journal of Psychology "Humanlight" Vol. 2 No. 1 (2021): Juni
Publisher : Psikologi Kristen IAKN MANADO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51667/jph.v2i1.554

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan bagaimana implikasinya bagi pembelajaran di lingkungan Pendidikan Kristen. Untuk mewujudkan tujuan penelitian tersebut, maka penulis memilih metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Sumber primer dan sekunder mengenai teori perkembangan kognitif Jean Piaget dimanfaatkan untuk membangun konsep pembelajaran yang berdampak positif terhadap anak. Melalui penelitian ini ditemukan bahwa teori perkembangan kognitif Jean Piaget perlu ditinjau dari perspektif Kristen agar relevan dan dapat diterapkan dalam pembelajaran bagi anak di lingkungan pendidikan Kristen. Dalam teorinya, ada empat periode utama perkembangan kognitif manusia, perkembangan kognitif seseorang dimulai dari berpikir konkrit sampai berpikir secara abstrak. Piaget sangat menekankan bahwa seorang anak harus diajar sesuai dengan tahap perkembangan kognitifnya. Cara berpikir anak berbeda dengan cara berpikir orang dewasa.
Pentingnya Membangun Kepercayaan Diri dan Harga Diri Anak Dalam Keluarga Asmat Purba; Yonce Yonce
Journal of Psychology "Humanlight" Vol. 2 No. 1 (2021): Juni
Publisher : Psikologi Kristen IAKN MANADO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51667/jph.v2i1.555

Abstract

Artikel ini membahas pentingnya membangun kepercayaan diri dan harga diri anak dalam keluarga. Pendekatan yang dilakukan membahas isu ini ialah pendekatan psikologis, teologis, reflektif dan aplikatif. Setelah membicarakan pemikiran para psikolog, penulis menguraikan bagaimana membangun harga diri anak secara sehat menurut Alkitab, tujuannya agar keluarga dapat memerankannya dalam membangun kepercayaan diri dan harga diri anak mereka. Hambatan-hambatan dalam membangun kepercayaan diri dan harga diri anak dibahas juga, khusunya pengaruh orang tua dan lingkungan hidup anak. Pada bagian akhir, artikel ini membahas usulan bagi peningkatan pendidikan dalam keluarga khususnya bagaimana membangun kepercayaan diri dan harga diri anak.
Keberfungsian Keluarga Dan Aspek-Aspek Yang Berkontribusi Terhadap Perilaku Kecanduan Smartphone Remaja di Jakarta Sulis Mariyanti; Lita Patricia Lunanta; Aziz Luthfi
Journal of Psychology "Humanlight" Vol. 2 No. 1 (2021): Juni
Publisher : Psikologi Kristen IAKN MANADO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51667/jph.v2i1.556

Abstract

Salah satu pengguna aktif smartphone terbanyak di Indonesia adalah kalangan remaja. Pada masa remaja, mereka memiliki kebutuhan yang untuk memperoleh support, afeksi dan komunikasi yang hangat dengan anggota keluarganya. Namun demikian, beberapa remaja mengalami hambatan untuk mengekspresikan masalahnya karena merasa berjarak dengan anggota keluarganya. Remaja lebih memilih untuk memenuhi kebutuhan psikologis, emosional dan sosial dengan mengakses media sosial melalui smartphone dengan tujuan memperoleh kenyamanan, ketenangan dan kesenangan hingga menimbulkan kecanduan. Tujuan penelitian ini adalah terciptanya model konseptual yaitu model keberfungsian keluarga dan aspek-aspek yang berkontribusi terhadap kecanduan smartphone pada remaja Jakarta. Rancangan penelitian ini adalah kuantitatif-kausal komparatif dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disusun berdasarkan teori Family Assesment Device (FAD) dari Epstein, Baldwin & Bishep (1983) dengan 52 item valid dan nilai reliabilitas (α) = 0,950. Sedangkan alat ukur kecanduan smartphone menggunakan teori Smartphone Addiction Scale (SAS) dari Kwon, et.al (2013) dengan 27 item valid denga nilai reliabiltas (α) = 0,908. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh negative yang signifikan Keberfungsian Keluarga Terhadap Kecanduan Smartphone Remaja di Jakarta dengan nilai signifikan (p) sebesar 0,035 (p < 0,05). Keberfungsian Keluarga memiliki kontribusi sebesar 5,1% terhadap munculnya Kecanduan Smartphone. Kecanduan smartphone yang dialami remaja Jakarta lebih banyak dalam bentuk daily-life disturbances. Selain ini, dari data menunjukkan bahwa (61,3%) remaja mengaku bahwa ibu merupakan figur yang dipilih sebagai tempat berkeluh kesah dan mayoritas (70,8%) menyatakan menggunakan smartphone di saat perasaan bosan melanda.
Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak Fienny M Langi; Feronica Talibandang
Journal of Psychology "Humanlight" Vol. 2 No. 1 (2021): Juni
Publisher : Psikologi Kristen IAKN MANADO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51667/jph.v2i1.558

Abstract

Orang tua adalah pendidik pertama bagi anak – anak. Kepribadian seorang anak dibentuk dari pola asuh yang diterimanya sejak dini. Anak sebagai peniru ulung, mengimitasi perilaku orang tua, sehingga pola asuh yang diterapkan berperan penting dalam pertumbuhan karakter anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengaruh sistem pola asuh yang diterima anak pada pembentukan kepribadian. Subjek penelitian adalah anak – anak dengan rentang umur 5 sampai 7 tahun pada Jemaat GMIM Bukit Sion Taas Manado dan GMIM Abraham Sario Sentra Manado. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara terhadap subjek penelitian, kemudian dilakukan observasi dan pengamatan terhadap hasil data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang diasuh oleh orang tuanya sendiri, memiliki perilaku yang berbeda dengan anak yang tidak diasuh oleh orang tua sendiri, atau berada dalam keluarga yang tidak harmonis. Anak cenderung meniru apa yang dilihatnya sehari – hari, dan melampiaskan emosi pada sikap dan perilakunya. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa adanya hubungan yang signifikan, antara pola asuh orang tua terhadap pembentukan kepribadian anak. Pola asuh yang baik menjadikan anak memiliki kepribadian yang baik dan disukai oleh lingkungan sekitar. Sedangkan orangtua dengan sistem pola asuh yang salah, menciptakan anak dengan karakter yang buruk dan cenderung bermasalah. Orang tua dituntut untuk mampu menciptakan suasana yang menyenangkan dalam keluarga, sehingga tidak menimbulkan trauma serta gangguan kepribadian saat anak beranjak dewasa.
Pelatihan Mindfulness untuk Penurunan Kecemasan Ibu Hamil Pertama Trimester III Yunita Sumakul; Irrenne Wayong
Journal of Psychology "Humanlight" Vol. 2 No. 1 (2021): Juni
Publisher : Psikologi Kristen IAKN MANADO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51667/jph.v2i1.559

Abstract

Hamil pertama trisemester III memang sering terjadi pada masyarakat yang sudah pernah merasakan kehamilan terutama pada anak pertama dan adanya pelatihan Mindfulness untuk penurunan kecemasan ibu hamil pertama trimester III ini sangatlah membantu sang ibu untuk menurunkan tingkat kecemasan. Penelitian ini menggunakan Identifikasi Variabel dan Definisi. Subjek penelitian yaitu ibu hamil anak pertama, usia kandungan 7-9 bulan, umur 20- 35 dan ibu hamil yang memiliki skor tingkat kecemasan tinggi. Metode dan alat pengumpulan data kuesioner data diri dan skala kecemasan kehamilan. Metode analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif, dimana metode kualitatif yaitu hasil observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan kuantitaif dengan menguji tingkat kecemasan ibu hamil. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pelatihan mindfulness efektif untuk mengurangi kecemasan pada ibu hamil pertama trimester III. Subjek yang diberikan pelatihan mindfulness merasakan adanya perubahan pada dirinya baik fisik maupun psikis. Subjek menjadi lebih rileks dan menikmati kehamilannya serta mengurangi keluhan-keluhan fisik yang dirasakan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5