cover
Contact Name
SHANTI RUATA
Contact Email
shantiruata@iakn-manado.ac.id
Phone
+6281342409900
Journal Mail Official
humanlight.iaknmanado@gmail.com
Editorial Address
Ruangan ULP Kampus IAKN MANADO Jl. Bougenville Tateli 1 Kecamatan Mandolang Minahasa
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
JOURNAL OF PSYCHOLOGY
ISSN : -     EISSN : 27770362     DOI : -
Journal of Psychology " Humanlight" adalah jurnal yang memuat artikel-artikel hasil penelitian dalam ruang lingkup Psikologi dan isu-isu kesehatan mental lainnya dalam kaitannya dengan agama Kristen. Jurnal ini diterbitkan oleh program studi Psikologi Institut Agama Kristen Negeri Manado dan akan rutin terbit setahun dua kali di bulan Juni dan Desember.
Articles 27 Documents
KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS DALAM MASA PANDEMI COVID-19 Yunita Sumakul; Shanti Ruata
Journal of Psychology "Humanlight" Vol. 1 No. 1 (2020): Juni
Publisher : Psikologi Kristen IAKN MANADO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51667/jph.v1i1.302

Abstract

Psychological well-being is a condition in which a person’s psychological aspects can function properly and positively. This study describes how the psychological well-being of parents who have dual roles in the Covid-19 pandemic period. This study used a descriptive qualitative approach. Participants in this study were working mothers and who have children in elementary schools. Data collected through observation, interviews, and documentation to participants and their families. The result showed that the Covid-19 pandemic disrupted the psychological well-being of participants. The psychological condition experienced are stress, fear, and anxiety related to the danger of Covid-19 transmission and the conditions of “stay at home´caused by the covid-19 pandemic.
GAMBARAN COPING STRES PADA IBU YANG MEMILIKI ANAK PENDERITA LEUKEMIA PASIEN RUMAH SAKIT KANKER DHARMAIS JAKARTA Melissa Waturandang; Mariana Lausan
Journal of Psychology "Humanlight" Vol. 1 No. 1 (2020): Juni
Publisher : Psikologi Kristen IAKN MANADO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51667/jph.v1i1.304

Abstract

ABSTRAK Penyakit kanker merupakan penyakit yang ditakuti oleh kebanyakan orang, karena dapat menyerang siapa saja, kapan saja dan tidak mengenal usia, orang dewasa bahkan dapat menyerang anak-anak. Leukemia merupakan jenis kanker yang terbanyak menyerang anak-anak dan salah satu penyakit yang fatal karena dapat menyebabkan kematian. Tentunya setiap pasangan suami istri tentu mengharapkan memiliki anak yang sehat, namun apabila ternyata anak yang dimiliki menderita penyakit leukemia, hal tersebut merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindari dan bukanlah hal yang mudah bagi orang tua, terutama seorang Ibu. Ibu merasakan perasaan tidak berdaya selama masa kritis pada anak, hal ini cukup membuat orang tua terutama seorang Ibu mengalami frustasi. Tujuan utama dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran coping stres pada Ibu yang memiliki anak penderita leukemia. Oleh karena itu seorang ibu perlu memfokuskan usaha-usaha yang dimilikinya untuk mencoba mengatasi masalah atas situasi yang sedang dihadapi yang menimbulkan stres. Usaha-usaha ini dinamakan coping. Dalam coping ini merupakan usaha-usaha yang dilakukan berupa aktivitas kognitif dan tingkah laku untuk mengatasi stress yang dihadapi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Dimana penelitian ini menggunakan tape recorder untuk memudahkan proses wawancara dibantu dengan pedoman wawancara dan observasi. Hasil wawancara kemudian dibuat dalam bentuk transkip wawancara untuk kemudian dianalisis dengan menggunakan pattern matching, analisis deskriptif, dan chart / rangkuman agar mempermudah mendapatkan kesimpulan. Penelitian diawali dengan menghubungi pihak RS Kanker Dharmais untuk memperoleh responden sesuai dengan karakteristik subjek penelitian. Kemudian menjalin good raport dengan responden agar memudahkan saat wawancara. Data yang didapat dari hasil wawancara diubah dalam bentuk transkip wawancara, kemudian dinarasikan dalam bentuk paragraph tanpa mengubah isi dari wawancara. Hasil penelitian menunjukkan sumber stress yang dihadapi dari ketiga subjek, yaitu permasalahan keuangan, permasalahan pengobatan yang lama dan efek samping yang ditimbulkan dari pengobatan. Seorang Ibu juga mengalami respon yang beragam akibat stress yang dihadapi, dimana seorang ibu mengalami penurunan kondisi kesehatan. Untuk mengatasi hal tersebut seorang Ibu melakukan berbagai bentuk strategi coping yang dimiliki. Hal ini didapatkan setelah menyamakan teori yang bersangkutan dengan hasil penelitian pada setiap subjek. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi coping yang dilakukan tidak dapat muncul secara otomatis tetapi terbentuk melalui suatu proses yang panjang. Reaksi terhadap stres bervariasai dari waktu ke waktu. Perbedaan ini sering disebabkan oleh faktor psikologis dan factor social sehingga berpengaruh terhadap strategi coping yang dilakukan oleh seorang Ibu.
MAKNA CINTA BAGI WANITA PRIBUMI YANG BERPACARAN DENGAN ETNIK NEGRO
Journal of Psychology "Humanlight" Vol. 1 No. 1 (2020): Juni
Publisher : Psikologi Kristen IAKN MANADO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51667/jph.v1i1.306

Abstract

Perception of love are closely related to human behavior, as well as the connection of students who are currently dating. A person’s feelings tend to developed when prompted by the right stimulus, even though they are come from different culture background. The purpose of this research is to find the true meaning of love between two individuals of different races. This research is a qualitative research, and uses a study case approach method. The data collecting through a process of observation and interviews. The result of this study reveal that race is not a barrier to interpreting love between two individuals.
PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA Imriani Moroki
Journal of Psychology "Humanlight" Vol. 1 No. 1 (2020): Juni
Publisher : Psikologi Kristen IAKN MANADO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51667/jph.v1i1.310

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar mahasiswa di Manado Sulawesi Utara. Sampel penelitian berjumlah 135 orang mahasiswa yang diambil dengan teknik simple random sampling dari 2 kampus di Manado yaitu IAKN Manado dan Politeknik Negeri Manado. Penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode asosiatif kausal. Data diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 26 for windows. Dari hasil pengolahan data diperoleh 29 butir instrument yang valid dan reliabel dan 1 butir instrument yang tidak valid. Berdasarkan kuesioner yang disebarkan pada 135 orang mahasiswa di kota Manado diperoleh skor rata-rata dan tingkat pencapaian jawaban responden (TCR) yaitu distribusi frekuensi variabel pola asuh otoriter tergolong pada kriteria cukup, variabel pola asuh demokratif pada kriteria sangat kuat, dan variabel pola asuh permisif pada kriteria kuat. Artinya, pola asuh demokratif menjadi perhatian yang baik dan memberikan dampak yang positif terhadap hasil belajar mahasiswa di Manado. Selain itu diperoleh hasil pengkategorian pola asuh orang tua pada 135 responden. 57 responden mengalami pola asuh otoriter atau sebesar 42,2%, sedangkan yang tertinggi adalah pola asuh demokratif yang dialami oleh 78 responden atau 57,8%. Dalam penelitian ini, tidak ditemukan pola asuh permisif yang dialami oleh responden. Selain itu dilakukan uji korelasi yang bertujuan untuk mengetahui keeratan hubungan antara variabel yang dinyatakan dengan koefisien korelasi. Diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,000 < 0,05, yang artinya bahwa terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar mahasiswa dan kedua variabel memiliki hubungan yang kuat. Untuk analisis regresi linear sederhana diperoleh persamaan yang memberikan interpretasi bahwa konstanta sebesar -1,460 menunjukkan rata-rata prestasi belajar jika tidak ada pola asuh orang tua. Sedangkan untuk koefisien regresi sebesar 0,318, menunjukkan bahwa prestasi belajar akan meningkat sebesar 0,318 satuan untuk setiap tambahan satu satuan pada variabel pola asuh orang tua. Jadi apabila pola asuh orang tua mengalami peningkatan satu satuan, maka prestasi belajar mahasiswa akan meningkat sebesar 1,46 satuan. Sehingga berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa variabel pola asuh orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa. Selain itu, penerapan jenis pola asuh yang tepat akan menghasilkan prestasi dan hasil belajar yang tinggi. Pada penelitian ini diperoleh prestasi anak dalam hal ini dinilai dari nilai IPK responden memiliki hasil yang tinggi dengan jenis pola asuh yang mereka terima adalah jenis pola asuh demokratis.
Perilaku Agresif Verbal di Media Sosial Fienny Langi; Engelita Wakas
Journal of Psychology "Humanlight" Vol. 1 No. 1 (2020): Juni
Publisher : Psikologi Kristen IAKN MANADO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51667/jph.v1i1.312

Abstract

Perilaku agresi verbal di media sosial dapat dilihat dari komentar – komentar yang diberikan kepada sesama pengguna dan pemilik akun media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis perilaku agresif verbal yang muncul dalam media sosial. Subjek penelitian adalah para pengguna internet aktif dan pengikut dari tiga akun media sosial, yaitu Instagram, YouTube, dan TikTok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik observasi dan pengamatan terhadap ujaran-ujaran yang bersifat agresif pada kolom komentar subjek penelitian. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa perilaku agresif verbal dalam media sosial berupa kata-kata yang menjelek-jelekkan, caci maki, dan umpatan.Kata kunci : agresif verbal, media sosial, internet.
PEMAKNAAN PANGGILAN KOSTOR DALAM PELAYANAN GEREJA
Journal of Psychology "Humanlight" Vol. 1 No. 2 (2020): Desember
Publisher : Psikologi Kristen IAKN MANADO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51667/jph.v1i2.378

Abstract

Dalam sejarahnya serta pandangan alkitabiah kostor merupakan petugas liturgi, atau pelayan misa, seperti lektor, pemazmur, protokol. Namun dalam perkembangannya, demi tanggungjawab dan pertimbangan efektifitas kerja di zaman kita kostor menjadi salah satu karyawan gereja. Kostor lebih sebagai karyawan khusus dalam gereja tidak lagi dipandang sebagai bagian dari pelayan khusus gereja yang juga mempunyai tugas dan fungsi yang sama yaitu dalam pemberitaan injil sebagaimana yang di tuliskan dalam alkitab.( dalam PL :Bilangan 3, dan PB : Yairus : Mar. 5:21-43 [khususnya ay. 22, 35 dan 38]; Luk. 8:40-56 [khususnya ay. 41 dan 49], Krispus : Kis. 18:8 (dalam perikop Kis. 18:1-17), Sostenes : Kis. 18:17 (juga dalam perikop Kis. 18:1-17) Masalahnya, di lingkungan hidup bergereja banyak gereja di Indonesia hingga dewasa ini, termasuk GMIM dan GMIH, yang, di satu pihak, tetap memakai istilah “kostor” untuk petugas gereja tertentu tapi, di lain pihak, tidak secara konsekwen memberlakukan fungsi dan tanggung jawab seorang Kostor sesuai dengan makna yang sebenarnya dari “kostor” itu.
Caring Confrontation Terhadap Perilaku Anti Sosial
Journal of Psychology "Humanlight" Vol. 1 No. 2 (2020): Desember
Publisher : Psikologi Kristen IAKN MANADO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51667/jph.v1i2.381

Abstract

Caring confrontation is defined as a method for presenting clients with ways of looking at themselves of which they may not yet be aware, without losing the respect for each person's inner experience which is essential to a client-centered/experiential approach to therapy. In this case, the subject could gain comprehension of the forms of anti-social behavior that he has not been aware of. The focus of this study is to examine the effect of caring confrontation on anti-social behavior. The implementation of caring confrontation to the subject shows a decrease in anti-social behavior towards the subject. Before the implementation of caring confrontation, subject was often involved in conflicts with schoolmates both verbally and physically, often lied and was manipulative, refused to be advised. After implementation, subject no longer involved into conflict with classmates or schoolmates, opened up to advice and suggestions from his friends, begun to mingle and be accepted by classmates and schoolmates. For other researchers, during the implementation of caring confrontation, the researcher should control other variables such as family so that the implementation of caring confrontation can have a maximum effect. This study used a single-case experimental method. The sample of this research is a student who has anti-social behavior at SMP Lentera Harapan in Tomohon.
Suatu Kajian deskriptif Psikologi pendidikan dan Pastoral Konseling : Strategi Pembelajaran Pada Siswa Slow Learner di SD GMIM 18 Manado
Journal of Psychology "Humanlight" Vol. 1 No. 2 (2020): Desember
Publisher : Psikologi Kristen IAKN MANADO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51667/jph.v1i2.382

Abstract

Perlakuan khusus dalam proses belajar mengajar bagi siswa slow learner, sejalan dengan apa yang dikemukakan oleh Hallahan dan Kauffman (2006) yaitu, siswa berkebutuhan khusus adalah mereka yang memerlukan pendidikan khusus dan pelayanan terkait. Pendidikan khusus diperlukan karena mereka tampak berbeda dari siswa pada umumnya. Perlakuan khusus bisa sangat berbeda, tergantung pada tingkat keparahan, dampak bagi kemajuan pendidikan dan dampak yang berbeda inipun bisa tergantung dari usia siswa, jenis kelamin dan lingkungan hidupnya. Tujuan penelitian ini yaitu mengkaji secara deskriptif Strategi Pembelajaran Pada Siswa-siswa Slow Learner di SD GMIM 18 Manado dari sudut pandang Psikologi pendidikan dan Pastoral Konseling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan adalah sebagai berikut : 1.) Strategi pembelajaran yang dilakukan guru SD GMIM 18 Manado kepada siswa slow learner dikaji berdasarkan ilmu psikologi yaitu guru tidak membeda-bedakan siswa slow learner dengan siswa umum lainnya karena menggunakan rencana pembelajaran yg sama untuk semua siswa, guru belum mampu mengidentifikasi siswa slow learner sendiri, guru memiliki strategi pembelajaran khusus kepada siswa slow learner. 2.) Strategi pembelajaran yang dilakukan guru SD GMIM 18 Manado kepada siswa slow learner dikaji berdasarkan ilmu pastoral yaitu guru memiliki strategi pembelajaran khusus berdasarkan fungsi pastoral yaitu membimbing, mendamaikan atau memperbaiki hubungan, fungsi menopang atau menyokong, menyembuhkan, mengasuh, dan mengutuhkan kepada siswa slow learner.
Gambaran Manajemen Organisasi Komisi Pelayanan Remaja Pada Pesta Seni dan Kreatifitas Remaja di Jemaat GMIM Eben Haezer Bumi Beringin Melissa M.F Waturandang; Aljuanika Ertamaya Ering
Journal of Psychology "Humanlight" Vol. 1 No. 2 (2020): Desember
Publisher : Psikologi Kristen IAKN MANADO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51667/jph.v1i2.383

Abstract

Manajemen organisasi pelayanan remaja mempunyai manfaat yang besar terhadap perkembangan agama dan iman seseorang. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1). Mendeskripsikan bagaimana manajemen organisasi komisi pelayanan remaja dalam kegiatan pesta seni dan kreatifitas remaja sinode GMIM 2). Untuk mendeskripsikan hambatan yang dialami oleh komisi pelayanan remaja dalam mengelola kegiatan pesta seni dan kreatifitas remaja sinode GMIM ? 3). Untuk mendeskripsikan upaya manajemen organisasi apa yang dilakukan oleh komisi pelayanan remaja dalam kegiatan pesta seni dan kreatifitas remaja sinode GMIM? Data dalam penelitian ini didapatkan melalui wawancara dan observasi pada komisi dan remaja di GMIM Eben Haezer Bumi Beringin. Manajemen organisasi komisi pelayanan remaja dalam kegiatan pesta seni dan kreatifitas remaja sinode GMIM adalah sebagai tempat untuk mendapatkan pengalaman baru dalam melayani, sebagai tempat untuk belajar melayani melalui pemberian dirinya dalam setiap kegiatan remaja, melatih remaja untuk lebih disiplin dalam mengatur waktu, untuk mengembangkan setiap minat, bakat dan talenta. Terhambatnya manajemen organisasi komisi pelayanan remaja dalam kegiatan pesta seni dan kreatifitas remaja sinode GMIM disebabkan oleh padatnya tugas sekolah, kurangnya dukungan orangtua dan kebutuhan dana yang besar. Upaya manajemen organisasi komisi pelayanan remaja dalam kegiatan pesta seni dan kreatifitas remaja sinode GMIM adalah dengan memanfaatkan waktu sebaik mungkin, secara displin hadir tepat waktu dalam latihan, dan membentuk panitia untuk pemenuhan kebutuhan dana. Untuk itu, keikutsertaan dalam kegiatan pesta seni dan kreatifitas remaja sinode GMIM remaja harus tetap dilaksanakan dan diikuti oleh remaja.
PERILAKU SOSIAL DI ERA COVID-19 Nency Aprilia Heydemans; Jiffry F. Kawung; Novel Omar Lanoh
Journal of Psychology "Humanlight" Vol. 1 No. 2 (2020): Desember
Publisher : Psikologi Kristen IAKN MANADO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51667/jph.v1i2.384

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis hasil penelitian mengenai perilaku sosial anggota jemaat di era Covid-19. Beberapa bulan terakhir ini, Covid-19 melanda dunia termasuk di Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM). Pelaksanaan peribadatan jemaat GMIM Siloam Taratara dilaksanakan di gedung gereja. Peribadatan yang melibatkan banyak orang menggunakan protokol kesehatan yang ketat. Dalam ibadah kolom dan kategorial anak, remaja, pemuda, Ibu, Bapak belum dilaksanakan. Ini merupakan upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 di daerah Taratara yang sedang meningkat. Ibadah dilaksanakan dalam makna sebagai ungkapan syukur atas kehidupan yang diberikan Tuhan dengan membangun relasi sosial dan perilaku sosial jaga jarak di masa pandemi ini. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan teknik penelitian observasi partisipatif, wawancara dan studi pustaka. Tulisan ini hendak mengungkapkan bahwa perilaku sosial di era Covid-19 dilakukan oleh jemaat GMIM Siloam Taratara yang berdampak dalam kehidupan keluarga dan masyarakat yang nampak dalam relasi sosial dan simbol. Terdapat tiga nilai dalam membangun perilaku sosial yakni nilai kemanusiaan, nilai penyembuhan psikis, dan nilai kesadaran kolektif.

Page 1 of 3 | Total Record : 27