cover
Contact Name
I Wayan Gede Suarjana
Contact Email
physicalfik@unima.ac.id
Phone
+6285298631316
Journal Mail Official
physicalfik@unima.ac.id
Editorial Address
Kampus Tondano - Jl. Kampus UNIMA, Kelurahan Tonsaru, Kecamatan Tondano Selatan. Kode Pos 95618
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
PHYSICAL: Jurnal Ilmu Kesehatan Olahraga
ISSN : -     EISSN : 27749843     DOI : -
PHYSICAL: Jurnal Ilmu Kesehatan Olahraga merupakan publikasi ilmiah bidang keolahragaan dan kesehatan yang terkait bidang aspek ilmu keolahragaan, pendidikan olahraga , olahraga kesehatan, olahraga pariwisata, peraturan dan kebijakan olahraga, gizi dan kesehatan masyarakat serta olahraga prestasi/ kepelatihan olahraga. Penerbitan PHYSICAL: Jurnal Ilmu Kesehatan Olahraga bertujuan untuk memfasilitasi interaksi, diskusi dan pemutakhiran gagasan dari para ilmuwan olahraga di Indonesia. PHYSICAL: Jurnal Ilmu Kesehatan Olahraga berisi penelitian empiris dalam bidang Ilmu keolahragaan dan kesehatan masyarakat.
Articles 61 Documents
PENGARUH GAYA MENGAJAR CAKUPAN TERHADAP KEMAMPUAN CORNER CERVICE DALAM PERMAINAN SEPAK TAKRAW PADA SISWA SMP NEGERI 3 WORI Markus Sumombo; Frans R Supit; Jud Berhimpong
PHYSICAL: Jurnal Ilmu Kesehatan Olahraga Vol. 2 No. 1: 2021
Publisher : Fakultas ilmu Keolahragaan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/pj.v2i1.1015

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh gaya mengajar cakupan terhadap kemampuan corner service dalam permainan sepak takraw pada Siswa SMP Negeri 3 Wori. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar cakupan terhadap kemampuan corner service dalam permainan sepak takraw pada Siswa SMP Negeri 3 Wori. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan perlakuan berupa gaya mengajar cakupan yang diberikan selama delapan minggu. Populasi adalah seluruh Siswa Putera Kelas VIII SMP Negeri 3 Wori sebanyak 20 orang dan sampel sebanyak 20 orang kemudian  dibagi menjadi dua kelompok masing-masing 10 orang kelompok eksperimen dan 10 orang pada kelompok kontrol. Instumen pengumpulan data yang digunakan Tes Keterampilan Servis Dalam Permainan Sepak Takraw. Rancangan penelitian menggunakan: Randomized control groups pre-test and post-test design. Pengujian hipotesa menggunakan teknik statistik dengan Uji t. Hasil analisa hipotesa, diperoleh t observasi senilai 5,54 sedangkan t tabel yang diperoleh dari derajat kebebasan n-1 + n2 – 2 yaitu 10 + 10 – 2 = 18 dan taraf keyakinan   = 0,05 adalah 1,734. Sesuai dengan kriteria pengujian terima Ho jika t observasi lebih kecil dari t tabel dan tolak Ho jika t observasi lebih besar dari t tabel. Oleh karena t observasi lebih besar dari t tabel maka hasil analisis menunjukkan tolak Ho dan terima Ha. Kesimpulan penelitian: Terdapat pengaruh gaya mengajar cakupan terhadap kemampuan corner service dalam permainan sepak takraw pada Siswa SMP Negeri 3 Wori.
PENGARUH GAYA MENGAJAR LATIHAN TERHADAP KETERAMPILAN TEKNIK TENDANGAN DALAM PENCAK SILAT Ester Brenda Manopo; Hendrik S Mandagi; Djoni Sunkudon
PHYSICAL: Jurnal Ilmu Kesehatan Olahraga Vol. 2 No. 1: 2021
Publisher : Fakultas ilmu Keolahragaan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/pj.v2i1.1017

Abstract

Kajian kepustakaan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar latihan terhadap keterampilan teknik tendangan dalam pencak silat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif survei penelitian. Dengan teknik purposive sampling, 6 subyek penelitian periode tahun 2015-2018. Gaya mengajar latihan berpengaruh positif terhadap keterampilan teknik tendangan dalam pencak silat. Secara umum, ke-6 penelitian pengaruh gaya mengajar latihan terhadap keterampilan teknik tendangan dalam pencak silat menunjukkan hasil koefisien korelasi yang konsisten. Jenis pekerjaan yang memberikan efek ukuran terbesar dicetak oleh siswa SMA/SMK dengan jumlah sebesar 50%. Berdasarkan hubungannya antar variabel, diketahui berdasarkan keterampilan pencak silat yang menghasilkan efek ukuran terbesar adalah keterampilan tendangan sabit sebesar 50%.
PENGARUH GAYA MENGAJAR KOMANDO TERHADAP GERAK DASAR SERVIS ATAS PADA PERMAINAN BOLA VOLI Marck Steward Rahasia; Jan Lengkong; Jeffry Sengkey
PHYSICAL: Jurnal Ilmu Kesehatan Olahraga Vol. 2 No. 1: 2021
Publisher : Fakultas ilmu Keolahragaan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/pj.v2i1.1018

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah gaya mengajar komando dapat memberikan pengaruh terhadap servis atas pada permainan bola voli? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar komando terhadap gerak dasar servis atas pada permainan bola voli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah melalui kajian dan analisis dengan mengumpulkan bukti-bukti luar yang sudah pernah diteliti oleh peneliti sebelumnya. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data hasil analisis kajian pustaka sesuai dengan variabel penelitian. Hipotesa penelitian adalah gaya mengajar komando dapat memberikan pengaruh signifikan terhadap gerak dasar servis atas pada permainan bola voli. Teknik analisa data yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk membuktikan dan menguji hipotesis penelitian tentang pengaruh gaya mengajar komando terhadap servis atas pada permainan bola voli. Berdasarkan kajian dan analisis dari beberapa hasil penelitian terdahulu yang relevan dengan penelitian ini, secara deskriptif menunjukkan bahwa keseluruhan yakni delapan hasil penelitian (100%) menunjukkan bahwa gaya mengajar komando memberikan pengaruh signifikan terhadap variabel terikat. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah gaya mengajar komando memberikan pengaruh yang signifikan terhadap servis atas pada permainan bola voli.
PENGARUH GAYA MENGAJAR LATIHAN TERHADAP PENGUASAAN GERAK DASAR PASSING BAWAH PADA PERMAINAN BOLA VOLI Andre Alnando Yunus; Jan Lengkong; Djajaty Lolowang
PHYSICAL: Jurnal Ilmu Kesehatan Olahraga Vol. 2 No. 1: 2021
Publisher : Fakultas ilmu Keolahragaan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/pj.v2i1.1019

Abstract

Rumusan masalah penelitian yaitu apakah gaya mengajar latihan dapat memberikan pengaruh terhadap penguasaan gerak dasar passing bawah pada permainan bola voli? Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan gaya mengajar latihan terhadap penguasaan gerak dasar passing bawah pada permainan bola voli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah melalui kajian dengan mengumpulkan bukti-bukti luar yang sudah pernah diteliti oleh peneliti sebelumnya. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data hasil kajian pustaka sesuai dengan variabel penelitian. Hipotesis penelitian yaitu terdapat pengaruh gaya mengajar latihan terhadap penguasaan gerak dasar passing bawah pada permainan bola voli. Berdasarkan kajian dari beberapa hasil penelitian terdahulu yang relevan dengan penelitian ini, secara deskriptif menunjukkan bahwa keseluruhan yakni 11 hasil penelitian (99%) gaya mengajar latihan memberikan pengaruh terhadap variabel terikat yang diteliti oleh peneliti yakni penguasaan gerak dasar passing bawah pada permainan bola voli. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah gaya mengajar latihan dapat memberikan pengaruh terhadap penguasaan gerak dasar passing bawah pada permainan bola voli.
PENGARUH GAYA MENGAJAR LATIHAN TERHADAP GERAK DASAR SHOOTING DALAM PERMAINAN BOLA BASKET PADA SISWA SMP KRISPA SILIAN Veronika Tangel; Nolfie Piri; Edita Pinangkaan
PHYSICAL: Jurnal Ilmu Kesehatan Olahraga Vol. 2 No. 1: 2021
Publisher : Fakultas ilmu Keolahragaan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/pj.v2i1.1020

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah pemberian gaya mengajar latihan berpengaruh terhadap gerak dasar shooting dalam permainan bola basket pada siswa SMP Krispa Silian. Penelitian ini bertujuan untuk menguji rata-rata skor gerak dasar shooting dalam permainan bola basket pada siswa SMP Krispa SIlian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Krispa Silian berjumlah 60 siswa. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Krispa Silian berjumlah 30 siswa yang diambil menggunakan simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Tes gerak dasar shooting dalam permainan bola basket. Hasil analisis statistik dengan menggunakan statistik uji t, diperoleh thitung senilai 3.45. Berdasarkan table distribusi t pada ∝0,05 dengan derajat kebebasan n1 + n2 - 2 = 15 + 15 - 2 = 28 maka diperoleh ttabel senilai 2.048. Jadi thitung lebih besar dari ttabel yaitu thitung = 3.45> ttabel = 2.048. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh gaya mengajar latihan dalam meningkatkan gerak dasar shooting dalam permainan bola basket pada siswa SMP Krispa Silian.
PENGARUH GAYA MENGAJAR KOMANDO TERHADAP PENINGKATAN GERAK DASAR CHEST PASS DALAM PERMAINAN BOLA BASKET SISWA SMP NEGERI 7 MANADO Jefta Z Dissa; Eduard E Kumenap; ARJ Sengkey
PHYSICAL: Jurnal Ilmu Kesehatan Olahraga Vol. 2 No. 1: 2021
Publisher : Fakultas ilmu Keolahragaan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/pj.v2i1.1021

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah pemberian gaya mengajar komando berpengaruh terhadap gerak dasar chest pass dalam permainan bola basket pada siswa SMP Negeri 7 Manado. Penelitian ini bertujuan untuk menguji rata-rata skor gerak dasar chest pass dalam permainan bola basket pada siswa SMP Negeri 7 Manado. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Manado berjumlah 60 siswa. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Mando berjumlah 30 siswa yang diambil menggunakan simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Tes gerak dasar chest pass dalam permainan bola basket. Hasil analisis statistic dengan menggunakan statistic uji t, diperoleh thitung senilai 2.79. Berdasarkan tabel distribusi t pada dengan derajat kebebasan n1 + n2 - 2 = 15 + 15 - 2 = 28 maka diperoleh ttabel senilai 2.048. Jadi thitung lebih besar dari ttabel yaitu thitung = 2.79 > ttabel = 2.048. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh gaya mengajar komando dalam meningkatkan gerak dasar chest pass dalam permainan bola basket pada siswa SMP Negeri 7 Manado.
PENGARUH LATIHAN POWER LENGAN TERHADAP KEMAMPUAN SMASH DALAM PERMAINAN TENIS MEJA PADA SISWA SMA ADVENT TANAH PUTIH LIKUPANG BARAT Sufriandi Lukas; Djoni Rumondor; Jeanne Malonda
PHYSICAL: Jurnal Ilmu Kesehatan Olahraga Vol. 2 No. 1: 2021
Publisher : Fakultas ilmu Keolahragaan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/pj.v2i1.1026

Abstract

ABSTRAK Judul ; Pengaruh Latihan Power Lengan Terhadap Kemampuan Smash Dalam Permainan Tenis Meja Pada Siswa SMA Advent Tanah Putih Likupang Barat Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah terdapat pengaruh latihan power lengan terhadap kemampuan smash dalam permainan tenis meja pada Siswa SMA Advent Tanah Putih Likupang Barat? Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui pengaruh latihan power lengan terhadap kemampuan smash dalam permainan tenis meja pada Siswa SMA Advent Tanah Putih Likupang Barat . Hipotesa Penelitian: Terdapat pengaruh latihan power lengan terhadap kemampuan smash dalam permainan tenis meja pada Siswa SMA Advent Tanah Putih Likupang Barat . Metode Penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan perlakuan berupa latihan power lengan yang diberikan selama delapan minggu. Populasi adalah seluruh Siswa Putera Kelas X SMA Advent Tanah Putih Likupang Barat sebanyak 26 dan sampel kese;uruhan populasi kemudian dibagi menjadi dua kelompok masing-masing 13 orang kelompok eksperimen dan 13 orang pada kelompok kontrol. Instumen pengumpulan data: Tes Smash Dalam Permainan Tenis Meja. Rancangan penelitian menggunakan: Randomized control groups pre-tast and post-test design. Pengujian hipotesa menggunakan teknik statistik dengan Uji t. Hasil analisa hipotesa, diperoleh t observasi senilai 4,48 sedangkan t tabel yang diperoleh dari derajat kebebasan n-1 + n2 – 2 yaitu 13 + 13 – 2 = 24 dan taraf keyakinan = 0,05 adalah 1,711. Sesuai dengan kriteria pengujian terima Ho jika t observasi lebih kecil dari t tabel dan tolak Ho jika t observasi lebih besar dari t tabel. Oleh karena t observasi lebih besar dari t tabel maka hasil analisis menunjukkan tolak Ho dan terima Ha. Kesimpulan penelitian : Latihan power lengan yang diberikan selama delapan minggu dengan frekuensi tiga kali seminggu dapat meningkatkan kemampuan smash dalam permainan tenis meja pada Siswa SMA Advent Tanah Putih Likupang Barat. Kata Kunci: Power Lengan, Kemampuan Smash
PENGARUH METODE DEMONSTARSI TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS PENDEK DALAM PERMAINAN BULU TANGKIS PADA SISWA SMP KRISTEN KAREGESAN Christmas Maramis; Fredrik Makadada; Ruddy Supit
PHYSICAL: Jurnal Ilmu Kesehatan Olahraga Vol. 2 No. 1: 2021
Publisher : Fakultas ilmu Keolahragaan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/pj.v2i1.1034

Abstract

ABSTRAK Judul ; Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Servis Pendek Dalam Permainan bulutangkis pada Siswa SMP Kristen Karegesan. Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah terdapat pengaruh metode mengajar demonstrasi terhadap kemampuan servis pendek dalam permainan bulutangkis pada siswa SMP Kristen Karegesan Tujuan Penelitian : untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode mengajar demonstrasi terhadap kemampuan servis pendek dalam permainan bulutangkis pada siswa SMP Kristen Karegesan Hipotesa Penelitian: Terdapat pengaruh metode mengajar demonstrasi terhadap kemampuan servis pendek dalam permainan bulutangkis pada siswa SMP Kristen Karegesan. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi adalah seluruh Siswa Putra SMP Kristen Karegesan yang berjumlah 41 orang, dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 20 orang yang diambil secara acak, kemudian dibagi menjadi dua kelompok masing-masing 10 orang kelompok eksperimen dan 10 orang pada kelompok kontrol. Instumen pengumpulan data :Tes servis pendek bulutangkis. Rancangan penelitian menggunakan : randomized control groups pre-tast and post-test design. Pengujian hipotesis menggunakan teknik statistik dengan Uji t. analisis pengujian hipotesa, diperoleh t observasi senilai 7,28 sedangkan t tabel yang diperoleh dari derajat kebebasan n-1 + n2 – 2 yaitu 10 + 10 – 2 = 18 dan taraf keyakinan = 0,05 adalah 1,73. Sesuai dengan kriteria pengujian terima Ho jika t- observasi lebih kecil dari t-tabel dan tolak Ho jika t- observasi lebih besar dari t-tabel. Oleh karena t-observasi lebih besar dari t- tabel maka hasil analisis menunjukkan tolak Ho dan terima Ha. Kesimpulan penelitian :. Terdapat pengaruh metode mengajar demonstrasi terhadap kemampuan servis pendek dalam permainan bulutangkis pada siswa Putera SMP Kristen Karegesan. Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Servis Pendek, Bulutangkis
PENGARUH GAYA MENGAJAR CAKUPAN TERHADAP KEMAMPUAN SMASH KEDENG DALAM PERMAINAN SEPAK TAKRAW PADA SISWA SMK N 1 TONDANO Argent Tamara; Jud Berhimpong; Serli Ompi
PHYSICAL: Jurnal Ilmu Kesehatan Olahraga Vol. 2 No. 1: 2021
Publisher : Fakultas ilmu Keolahragaan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/pj.v2i1.1050

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh gaya mengajar cakupan terhadap kemampuan smash kedeng dalam permainan sepak takraw pada siswa   SMK Negeri 1 Tondano. Tujuan Penelitian ini Untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar cakupan terhadap kemampuan smash kedeng dalam permainan sepak takraw pada siswa SMK Negeri 1 Tondano. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan perlakuan berupa gaya mengajar cakupan yang diberikan selama delapan minggu. Populasi adalah seluruh siswa putera Kelas XI SMK Negeri Tondano  sebanyak 20 orang dan sampel sebanyak 20 orang kemudian  dibagi menjadi dua kelompok masing-masing 10 orang kelompok eksperimen dan 10 orang pada kelompok kontrol. Instumen pengumpulan data: Tes Keterampilan Smash Dalam Permainan Sepak Takraw. Rancangan penelitian menggunakan : Randomized control groups pre-test and post-test design. Pengujian hipotesa menggunakan teknik statistik dengan Uji t. Hasil analisa hipotesa, diperoleh t observasi senilai 6,86 sedangkan t tabel yang diperoleh dari derajat kebebasan n-1 + n2 – 2 yaitu 10 + 10 – 2 = 18 dan taraf keyakinan   = 0,05 adalah 2,101. Sesuai dengan kriteria pengujian terima Ho jika t observasi lebih kecil dari t tabel dan tolak Ho jika t observasi lebih besar dari t tabel. Oleh karena t observasi lebih besar dari t tabel maka hasil analisis menunjukkan tolak Ho dan terima Ha. Kesimpulan penelitian : Gaya mengajar cakupan yang diberikan selama delapan minggu dengan frekuensi tiga kali seminggu dapat meningkatkan kemampuan smash kedeng dalam permainan sepak takraw pada siswa   SMK Negeri 1 Tondano.
PENGARUH LATIHAN KELENTUKAN PERGELANGAN TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN BACK HAND DRIVE DALAM PERMAINAN TENIS MEJA PADA SISWA SMK N 1 TONDANO Devister Lumawir; Ellen Lomboan; Jud Berhimpong
PHYSICAL: Jurnal Ilmu Kesehatan Olahraga Vol. 2 No. 1: 2021
Publisher : Fakultas ilmu Keolahragaan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/pj.v2i1.1051

Abstract

Abstrak Judul ; Pengaruh Latihan Kelentukan Pergelangan Tangan Terhadap Kemampuan Pukulan Backhand Drive dalam Permainan Tenis Meja Pada Siswa SMK Negeri 1 Tondano. Masalah dalam penelitian ini : untuk mengetahui pengaruh latihan kelentukan pergelangan tangan terhadap kemampuan pukulan Backhand Drive dalam permainan tenis meja pada Siswa SMK Negeri 1 Tondano. Hipotesa Penelitian : Terdapat pengaruh latihan kelentukan pergelangan tangan terhadap berupa latihan kelentukan pergelangan tangan yang diberikan selama delapan minggu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan perlakuan berupa latihan kelentukan pergelangan tangan yang diberikan selama delapan minggu. Populasi adalah seluruh Siswa Putera Kelas XI SMK Negeri 1 Tondano sebanyak 24 dan sampel keseluruhan populasi kemudian dibagi menjadi dua kelompok masing – masing 12 orang kelompok eksperimen dan 12 orang pada kelompok control. Instrument pengumpulan data : Tes Kemampuan Pukulan Back Board. Randangan penelitian menggunakan : Randomized control groups pre-tast and post – test design. Pengujian hipotesa menggunakan teknik statistic dengan Uji t. Hasil analisa hipotesa, diperoleh t observasi senilai 10,68 sedangkan t tabel yang diperoleh dari derajat kebebasan n-1 + n2 – 2 yaitu 12 + 12 – 2 = 22 dan taraf keyakinan α = 0,05 adalah 1,717. Sesuai dengan kriteria pengujian terima Ho jika t observasi lebih kecil dari t tabel dan tolak Ho jika t observasi lebih besar dari t tabel. Oleh karena itu t observasi lebih besar dari t tabel maka hasil analisis menunjukkan tolak Ho dan terima Ha. Kesimpulan penelitian : Latihan kelentukan pergelangan tangan yang diberikan selama delapan minggu dengan frekuensi tiga kali seminggu dapat meningkatkan kemampuan pukulan backhand drive dalam permainan tenis meja pada Siswa SMK Negeri 1 Tondano.