cover
Contact Name
Joel Panjaitan
Contact Email
dir.kampusatds@gmail.com
Phone
+6285297144009
Journal Mail Official
kampusatds@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sultan Hasanuddin No. 3, Lubuk Pakam, Kab. Deli Serdang, Prov. Sumatera Utara, Indonesia
Location
Kab. deli serdang,
Sumatera utara
INDONESIA
ATDS Saintech Journal of Engineering
ISSN : -     EISSN : 27220303     DOI : -
ATDS Saintech Journal of Engineering adalah wadah untuk menghimpun dan mempublikasikan artikel ilmiah dari para Dosen maupun Peneliti yang berasal dari Akademi Teknik Deli Serdang maupun luar. ATDS Saintech Journal of Engineering merupakan Bunga Rampai Bidang Teknik Industri, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Informatika dan Teknik Komputer. Artikel ilmiah yang dikirim pada redaksi harus merupakan naskah asli dan tidak pernah dipublikasi ditempat lain. Artikel ilmiah dalam setiap penerbitan merupakan tanggungjawab penulis. ATDS Saintech Journal of Engineering terbit dua kali dalam setahun yaitu pada Juni dan Desember, terbitan pertama pada edisi Juni 2020. 
Articles 16 Documents
PERANCANGAN DAN PEMBUATAN PENYEMPROT HAMA PADA TANAMAN PADI SECARA OTOMATIS DENGAN INFORMASI SMS GATEWAY BERBASIS ARDUINO Pakpahan, Arnold; Sirait, Regina
ATDS SAINTECH JOURNAL OF ENGINEERING Vol 1 No 1 (2020): Edisi Juni
Publisher : Akademi Teknik Deli Serdang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Produksi tanaman padi di Indonesia mengalami banyak penurunan akibat adanya serangan hama padi. Penelitian mengenai serangan hama pada tanaman padi ini bertujuan untuk mengetahui tingkat serangan hama yang menyerang tanaman padi di lahan persawahan. Penyemprotan hama di sawah adalah salah satu kegiatan pemeliharaan yang penting untuk budidaya tanaman padi. Kegiatan ini umumnya dilakukan secara manual oleh petani menggunakan alat pompa dan petani harus berjalan di antara tanaman padi, hal tersebut melelahkan dan dapat merusak tanaman. Masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan sebuah alat penyemprotan hama otomatis. Dalam mengatasi masalah tersebut maka dibuat suatu sistem penyemprot hama tanaman padi otomatis dengan informasi SMS berbasis Arduino. Arduino merupakan pengendali mikro single - board yang bersifat open -source, diturunkan dari Wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Secara keseluruhan prinsip kerja alat ini yaitu pada alat penyemprot akan mengeluarkan pestisida secara otomatis dengan menggunakan sistem RTC ( Real Time Clock ) biasanya berupa IC yg mempunyai clock sumber sendiri dan internal batery untuk menyimpan data waktu dan tanggal. Sehingga jika sistem komputer / microcontroller mati waktu dan tanggal didalam memori RTC tetap uptodate. jika tabung mengalami kekosongan pestisida maka akan mendapatkan pemberitahuan secara otomatis melalui SMS.
ANALISIS SISTEM KEMUDAHAN DALAM PENCAPAIAN PUSAT-PUSAT KEGIATAN PARIWISATA DI KAWASAN DANAU TOBA SEKITARNYA Silitonga, Manaor
ATDS SAINTECH JOURNAL OF ENGINEERING Vol 1 No 1 (2020): Edisi Juni
Publisher : Akademi Teknik Deli Serdang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem kemudahan dalam pencapaian pusat-pusat kegiatan pariwisata di kawasan Danau Toba sekitarnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem kemudahan dalam pencapaian pusat-pusat kegiatan pariwisata di kawasan Danau Toba sekitarnya tersedia dalam kondisi terbatas sudah tersedia namun kualitasnya minim atau belum memenuhi syarat untuk dapat mendukung pencapaian pusat-pusat pariwisata kawasan Danau Toba sekitarnya untuk dijadikan destinasi wisata atau daerah wisata, sehingga diperlukan pembangunan jalan tol dan pengembangan bandara udara, sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Danau Toba dan sekitarnya.
PENYELIDIKAN STRUKTUR LAPISAN DAN KARAKTERISTIK TANAH UNTUK DESAIN PONDASI PABRIK PUPUK ORGANIK DI SEI MANGKEI Hutagalung, Pieter Leuvanggi; Sihombing, Bunga Onty
ATDS SAINTECH JOURNAL OF ENGINEERING Vol 1 No 1 (2020): Edisi Juni
Publisher : Akademi Teknik Deli Serdang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan analisa terhadap kondisi lapisan tanah dan parameter-parameternya untuk justifikasi perencanaan pondasi. Pengambilan sampel dilakukan pada lapisan tanah terganggu maupun tidak terganggu. Metode penyelidikan yang dilakukan antara lain adalah bor dalam, pengambilan sampel tanah terganggu dan tidak terganggu, SPT (Standard Penetration Test), pengujian sondir, dan DCP (Dynamic Cone Penetrometer). Dari hasil penyelidikan tanah didapatkan muka air tanah pada kedalaman (-12.30 m) dengan kondisi tanah pasir sampai ke lanau berpasiran. Hasil penyelidikan tanah dengan menggunakan bor didaptkan rata-rata kedalaman tanah keras untuk 10 titik bor adalah 12.80 – 18.20 m dengan hambatan lekat maksimum 204-214 kg/cm2 dan nilai SPT >60 pada kedalaman 16.45 m. Pengujian DCP pada lapisan permukaan menunjukkan nilai CBR permukaan rata-rata 5%. Dari hasil pengujian diatas maka pondasi yang sesuai adalah bore pile atau tiang pancang.
PENGARUH PERBEDAAN PROSES PERLAKUAN PANAS TERHADAP KEKERASAN DAN STRUKTUR MIKRO DARI BAJA KARBON TINGGI Mizhar, Susri; Andika, Miko
ATDS SAINTECH JOURNAL OF ENGINEERING Vol 1 No 1 (2020): Edisi Juni
Publisher : Akademi Teknik Deli Serdang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai kekerasan (hardness) dan struktur mikro dari pegas daun dengan perbedaan proses perlakuan panas yaitu hardening, annealing dan normalizing. Pada penelitian ini, material terlebih dahulu dipanaskan pada temperatur 850°C dan ditahan selama 15 menit lalu didinginkan sesuai dengan perbedaan perlakuan panas. Dari hasil struktur mikro material dasar terbentuk fasa temper martensite, spesimen setelah normalizing terbentuk fasa pearlit dan ferrite, spesimen setelah annealing terbentuk fasa ferrit dan pearlit, spesimen setelah quenching dengan media pendingin oli terbentuk fasa martensit dan bainit. Dari hasil uji kekerasan diperoleh nilai kekerasan rata-rata spesimen material dasar 46,3 HRC, nilai kekerasan rata-rata tertinggi 62 HRC yaitu pada spesimen quenching oli, kenaikannya mencapai 34% dibandingkan material dasar dan nilai kekerasan rata-rata terendah 18 HRC yaitu pada spesimen anealing, penurunannya mencapai 61,1 % dibandingkan material dasar.
DESAIN INSTALASI PEMBUANGAN AIR LIMBAH (IPAL) PETERNAKAN BABI INSTALASI BAHAL BATU Hutagalung, Pieter Leuvanggi
ATDS SAINTECH JOURNAL OF ENGINEERING Vol 1 No 1 (2020): Edisi Juni
Publisher : Akademi Teknik Deli Serdang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peternakan babi biasanya memberikan pencemaran lingkungan baik dari sisi air kotor dan bau. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat desain instalasi dan pembuangan air limbah (IPAL) untuk peternakan babi agar sesuai dengan standar mutu yang ditetapkan. Perhitungan kebutuhan bangunan bak septitank dan bak ABR berdasarkan jumlah babi yang ada sehingga daya tampung dan proses pengolahan limbah dapat berjalan dengan baik. Berdasarkan hal tersebut maka didapatkan dimensi bak septitank yang sesuai dengan kebutuhan yaitu 4m x 4m x 1,5m dengan daya tampung 24 m3 sedangkan untuk dimensi bak ABR adalah sebesar 1,0 m x 2.5 m x 1,5 m. Total dari biaya pembangunan bak tersebut adalah Rp. 50.452.568,31.
RANCANG BANGUN GENSET OTOMATIS MENGGUNAKAN KONTAKTOR DENGAN TENAGA BATERAI 12 V, 50 AH Panjaitan, Joel
ATDS SAINTECH JOURNAL OF ENGINEERING Vol 1 No 1 (2020): Edisi Juni
Publisher : Akademi Teknik Deli Serdang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penyediaan sumber tenaga listrik memegang peranan penting dalam berbagai aspek kehidupan. Oleh sebab itu, dibutuhkan pasokan tenaga listrik yang bisa memenuhi kebutuhan secara terus menerus. Saat ini banyak pengguna mempergunakan pembangkit listrik cadangan yang disebut dengan generator set (genset). Genset sebagai pengganti apabila PLN padam, sehingga aktivitas penggunan tidak terganggu. Saat ini genset tidak hanya digunakan di industri, melainkan sudah banyak digunakan di rumah tinggal. Dalam pengoperasian sebuah genset, jarang sekali ditemukan pengontrolan genset secara otomatis. Semua pengoperasian dilakukan secara manual, mulai dari melapis switch tenaga dari sumber PLN atau pembangkit, menstarter genset, menutup switch tenaga dari genset, barulah keluar tenaga listrik dari genset dapat digunakan. Selain itu genset dapat menyebabkan polusi udara serta biaya operasional yang besar karena menggunakan bahan bakar minyak. Penelitian ini mencoba menerapkan alternatif lain sebagai cadangan tenaga listrik. Penelitian ini menerapkan prinsip penyimpanan tenaga listrik. Sistem yang dirancang tersebut dapat diaplikasikan untuk kebutuhan suplai cadangan listrik pada instalasi rumah tinggal. Sistem ini mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan dengan genset. Diantaranya adalah biaya operasional yang rendah, perawatan system yang sederhana, serta ramah lingkungan.
ANALISA HARMONISA TRANSFORMATOR ZIGZAG PADA DISTRIBUSI 100 KVA/380V Simatupang, Hotler
ATDS SAINTECH JOURNAL OF ENGINEERING Vol 1 No 1 (2020): Edisi Juni
Publisher : Akademi Teknik Deli Serdang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengukuran pada transformator distribusi diperoleh bahwa THDv masih berada dibawah batasan standard IEEE 519-1992 yaitu 3% dalam hal ini tidak perlu lagi reduksi, sementara harmonisa IHDi dan THDi menjadi perhatian dikarenakan nilainya berada diatas standard IEEE 519-1992. Untuk fasa R orde-3 dari 19,07% turun menjadi 2,31%, orde-5 dari 7,35% turun menjadi 0,38%, THDi dari 20,71% turun menjadi 3, 42%, untuk fasa S orde-3 dari 20,03% turun menjadi 2,13%, orde-5 dari 6,33% turun menjadi 0,16%, dari THDi 21,24% turun menjadi 2,66%, fasa T orde-3 dari 21,72% turun menjadi 3,40%, orde-5 dari 7,21% turun menjadi 0,37%, THDi dari 24,08% turun menjadi 4,42% nilai ini telah memenuhi standar IEEE 519-1992 yaitu IHDi untuk orde 3,5 dibawah 4%, THDi 5%, arus netral sumber IN dari 59.95 A turun menjadi 4.07 A dan arus netral beban IN dari 67,4 A turun menjadi 4,103 A.
ANALISIS KINERJA ANGKUTAN UMUM KERETA RAIL LINK MEDAN-BANDARA INTERNATIONAL KUALANAMU (KNIA) Saragi, Yetti; Sidabutar, Ros Anita; Giawa, Elman Setia
ATDS SAINTECH JOURNAL OF ENGINEERING Vol 1 No 1 (2020): Edisi Juni
Publisher : Akademi Teknik Deli Serdang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kinerja angkutan umum merupakan kemampuan atau potensi angkutan umum untuk melayani kebutuhan pergerakan pada suatu daerah, baik berupa transportasi barang maupun transportasi orang. Sedangkan angkutan kereta merupakan kegiatan memindahkan orang atau barang dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan sarana kereta. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa bagaimana kinerja angkutan umum kereta Medan-Bandara Internasional Kualanamu (KNIA). Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Untuk mengukur tingkat keberhasilan atau kinerja angkutan umum kereta MDN-KNIA ada beberapa parameter / indikator antara lain :faktor tingkat pelayanan yang meliputi kapasitas dan aksesbilitas, dan faktor kualitas pelayanan ditinjau dari tingkat kepuasan penumpang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari hasil analisa tingkat pelayanan diperoleh persen (%) penggunaan kapasitas kereta adalah 28,95%, persentase jumlah penumpang kereta terhadap jumlah penumpang pesawat adalah 9,2% dan aksesbilitas ke stasiun kereta Medan dilalui 24 jenis angkutan umum yaitu Taxi, angkot dan becak. Sedangkan dari hasil analisa kualitas pelayanan diperoleh persentase tingkat kepuasan penumpang yang paling dominanterdapat pada pertanyaan nomor 6 (Tampilan petugas menggunakan seragam yang rapi dan sopan) yaitu 90,5% dan nomor 7 (Petugas bersikap ramah dan tidak memandang status sosial dalam melayani penumpang kereta) yaitu 90,5%.
ANALISIS LETAK DAN ARAH RUNWAY BANDARA KUALANAMU Sitindaon, Charles
ATDS SAINTECH JOURNAL OF ENGINEERING Vol 1 No 2 (2020): Edisi Desember
Publisher : Akademi Teknik Deli Serdang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan penerbangan telah meningkat pesat dan kemungkinan akan timbulnya reaksi masyarakat yang tidak menyenangkan karena banyak pesawat terbang yang menimbulkan kebisingan bagi ketenangan masyarakat. Pesawat terbang dengan ukuran dan kecepatan yang lebih besar telah mengakibatkan meningkatnya kebutuhan landasan pacu, sementara peningkatan dari mesin-mesin pesawat mengakibatkan peningkatan kebisingan yang hampir tidak dapat dihindarkan.Maksud penelitian adalah memahami tata letak dan arah runway lapangan terbang.Tujuan penelitian adalahmenganalisis letak dan arah runway adalah agar pesawat terbang melakukan gerakan mendarat (landing) dan lepas landas (take off) harus mengikuti jalur dan menggunakan peraturan yang diberikan ICAO (International Civil Aviation Organitation).Arah angin pada perencanaan lapangan terbang diperoleh dari kecepatan angin dengan persentase kecepatan angin dan diagram wind rosemenghasilkan arah angin yang dominan. Hasil analisa diperoleh letak dan arah landasan pacu(runway) dengan arah angin (win rose) yang dominan sebesar 99,90 % dengan posisi Timur-Timur Laut – Barat Barat Daya dengan azimut 700-2500. Dimana penomoran landasan pacu dengan arah 700-2500(nomor 07-25) dan penempatan nomor untuk ujung landasan pacu sebelah Timur-Timur Laut digunakan nomor landasan pacu “25” dan untuk ujung ladasan pacu sebelah Barat Barat Daya digunakan landasan pacu “07”.
RANCANG BANGUN ANTENA HELICAL UNTUK MEMPERKUAT SINYAL PADA JARINGAN CELLULAR MOBILE COMMUNICATION 1800 MHz Pakpahan, Arnold; Sirait, Regina
ATDS SAINTECH JOURNAL OF ENGINEERING Vol 1 No 2 (2020): Edisi Desember
Publisher : Akademi Teknik Deli Serdang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memiliki peranan yang sangat penting dalam menyampaikan informasi. Mobile cellular atau telephone selular menjadi salah satu kebutuhan penting dalam terselenggaranya komunikasi yang baik. Cellular mobile dapat berfungsi maksimal apabila kualitas sinyal/daya terima dan pacar yang baik. Kualitas sinyal/daya terima dan pacar yang baik apabila jarak antara BTS dan Mobile Station dekat, tidak semua daerah atau wilayah yang jarak BTS nya dekat, untuk itu diperlukan antena eksternal supaya dapat memperkuat pancaran sinyal/daya terima yang dipancarkan oleh BTS. Tujuan pembuatan tugas akhir ini adalah merancang dan membuat sebuah antena helical dengan gain sebesar 11,15 dBi sehingga dapat beroperasi pada rentang frekuensi 1710 MHz – 1880 MHz dan juga sebagai antena eksternal pada handphone untuk memperkuat sinyal pada jaringan cellular mobile communication. Metode yang diterapkan pembuatan tugas akhir ini yaitu, tahap awal yang dilakukan adalah survey pasar dan menyesuaikan dengan spesifikasi yang diinginkan, lalu tahap selanjutnya yaitu proses desain dan pembuatan antena helical, selanjutnya tahap akhir adalah melakukan pengujian antena secara laboratorium dan lapangan untuk mengetahui performa antena yang telah dibuat. Antena helical yang dirancang pada tugas akhir ini dengan frekuensi kerja 1710MHz – 1880 MHz, diameter antena 5,32 cm, circumference 16,70 cm, panjang antena 41,15 cm dan dengan10 lilitan serta diameter ground planenya 12,525 cm yang akan digunakan pada cellular mobile dengan gain yang diharapkan sampai 11, 15 dBi dan setelah dilakukan pengujian diperoleh pada rentang frekuensi 1710 MHz – 1880 MHz diperoleh gain11,15 dBi, dan terjadi penurunan gain yaitu pada rentang frekuensi 1808MHz - 1884 MHz serta hasil sinyal yang diterima pada jaringan cellular mobile/handphone setelah dipasang antena helical sinyal terima pada cellular mobile/handphone menjadi lebih baik dan stabil.

Page 1 of 2 | Total Record : 16