cover
Contact Name
Ebni Sholikhah
Contact Email
ebnisholikhah@uny.ac.id
Phone
+6282220388720
Journal Mail Official
kebijakan_pendidikan@uny.ac.id
Editorial Address
Prodi Kebijakan Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta Jln Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 2746007X     DOI : https://doi.org/10.21831/sakp.v10i2
Spectrum Analisis Kebijakan Pendidikan is an open access, and peer-reviewed journal. This journal focuses on publishing articles on student research results for undergraduate, postgraduate, and doctoral students. This journal is published every three months. The theme of this journal covers the results of research in the field of education and education policy.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 2 (2023)" : 7 Documents clear
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN LITERASI DIGITAL DALAM PENCEGAHAN TINDAK CYBER BULLYING DI SMAN 1 SRANDAKAN BANTUL Safiannisa Rizqi Anggita
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 12, No 2 (2023)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v12i2.19412

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan literasi digital dalam pencegahan tindak cyber bullying, faktor pendukung implementasi kebijakan literasi digital dalam pencegahan tindak cyber bullying, dan faktor penghambat implementasi kebijakan literasi digital dalam pencegahan tindak cyber bullying di SMAN 1 Srandakan Bantul. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan literasi digital dalam pencegahan tindak cyber bullying di SMAN 1 Srandakan sudah berjalan dan terimplementasikan. Hal ini didukung dengan adanya koordinasi dan rapat serta konsistensi aktor pelaksana dalam mendukung berjalannya implemenasi kebijakan, faktor pendukung implementasi kebijakan berupa koordinasi antar aktor pelaksana implementasi kebijakan dan adanya dukungan dan motivasi dari elemen terkai. Namun ada juga faktor penghambat implementasi kebijakan berupa ada beberapa warga sekolah yang kurang mendengarkan arahan.   
PENDAMPINGAN GURU SMA DAN SMK DALAM KEBIJAKAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA Nibras Putri Mumpuni
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 12, No 2 (2023)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v12i2.18964

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendampingan guru SMA dan SMK dalam kebijakan pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan menggunakan sudut pandang teori implementasi kebijakan Edward III. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi yang dilakukan di Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (Tekkomdik) DIY. Subjek dari penelitian ini merupakan pelaksana Program Kebijakan dan Guru peserta pendampingan Menyimpulkan program pendampingan guru dalam kebijakan pendidikan jarak jauh telah diimplementasikan dengan didahului oleh persiapan implementasi, yaitu Komunikasi, Sumber daya, Disposisi, dan Struktur dalam Pendampingan Guru pada Kebijakan Pendidikan Jarak Jauh di DIY dilaksanakan dengan sesuai dengan tujuan meskipun memerlukan beberapa perbaikan.Kata kunci: Pendampingan Guru, Pembelajaran Jarak Jauh, Implementasi kebijakan
Implementasi Program Beasiswa Gunungkidul Cerdas Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Gunungkidul Rian Mustaufa
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 12, No 2 (2023)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v12i2.19404

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi serta faktor pendukung dan penghambat implementasi program Beasiswa Gunungkidul Cerdas. Penelitian ini dilakukan berdasarkan teori implementasi kebijakan Edward III. Penelitian ini merupakan jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman. Uji keabsahan data penelitian dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi program Beasiswa Gunungkidul Cerdas tingkat SMP di Kabupaten Gunungkidul dinilai telah berjalan dengan efektif berdasarkan aspek-aspek berikut: (a) Komunikasi dilaksanakan dengan intens melalui rapat koordinasi serta grup WhatsApp. (b) Sumber daya manusia, sumber daya fasilitas, sumber daya informasi, dan finansial teleh mencukupi. (c) Pada aspek disposisi, pelaksana program menyambut baik dan melaksanakan program sesuai dengan kompetensi masing-masing. (d) Struktur birokrasi dalam pelaksanaan program ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul. Adapun faktor pendukung program beasiswa, yaitu koordinasi yang berjalan intens, sumber daya manusia, sarana prasarana, dan informasi yang mencukupi. Sedangkan faktor penghambatnya, yaitu kuota beasiswa yang sedikit, nominal beasiswa yang kurang mencukupi, tidak adanya kontrol terhadap penggunaan dana, dan proses pencairan beasiswa lama.
ANALISIS KEBIJAKAN KEBUTUHAN GURU DAN ALTERNATIF KEBIJAKANNYA PADA JENJANG SMA NEGERI SE-DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA Dita Nurlaeli Izhati
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 12, No 2 (2023)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v12i2.19086

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan analisis kebijakan kebutuhan guru jenjang SMA Negeri se-Daerah Istimewa Yogyakarta, 2) Mendeskripsikan alternatif kebijakan guru jenjang SMA Negeri se-Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode campuran sekuensial  terutama strategi eksplanatoris sekuensial. Analisis data pada penelitian ini untuk data kuantitatif menggunakan perhitungan sederhana dengan rumus menurut Peraturan Bersama 5 Menteri tahun 2011, untuk data kualitatif menggunakan model interaktif milik Miles dan Huberman. Hasil Alternatif kebijakan pada penelitian ini adalah; 1) Membuat data untuk proyeksi guru yang akan pensiun, 2) Pihak sekolah mengajukan permintaan formasi guru ke Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga dengan catatan urgent supaya segera ditindaklanjuti (khusus guru meninggal dunia), 3) Pihak sekolah melakukan rekrut guru tenaga bantu, 4) Proses pengajuan formasi kebutuhan guru ke BKD dilakukan setiap semester pembelajaran. 5) Penataan kembali untuk sekolah yang memiliki kelebihan dan kekurangan jumlah guru. 6) Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta membuat daftar mutasi guru dan ditawarkan ke guru. 7) Aplikasi SIYAP (Sistem Informasi Layanan Kepegawaian) ditambahkan fitur untuk publikasi data, 8) Guru berstatus PNS yang termasuk dalam hitungan kelebihan jumlah guru dapat dimutasikan ke Provinsi lain yang membutuhkan kekurangan jumlah guru, 9) Guru berstatus non PNS yang termasuk dalam hitungan kelebihan jumlah guru dapat di rumahkan.
JURNAL IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI DI TK NEGERI 2 YOGYAKARTA Rizka Pradini Citra
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 12, No 2 (2023)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v12i2.19038

Abstract

This study aims to describe the implementation, supporting factors, and inhibiting factors for the implementation of character education policies in early childhood at TK Negeri 2 Yogyakata. This study uses the theory of policy implementation from Edward III's theory. This type of research is descriptive with a qualitative approach. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation studies. The data analysis technique uses the Miles, Huberman, and Saldana models, namely data collection, data condensation, data presentation, and drawing conclusions. This study uses a triangulation technique to test the validity of the data. The results of this study indicate that the implementation of character education policies in early childhood in TK Negeri 2 Yogyakarta: (a) Communication between implementers (b) Availability of resources in the form of human resources, funding sources, as well as facilities and infrastructure (c) Disposition of the executors (d) Bureaucratic structure (e) Supporting factors, namely teacher commitment, funding sources, and school facilities (f) Inhibiting factors, namely resources and environmental factors.Keywords: Implementation, supporting factors, inhibiting factors, character education in early childhood 
DINAMIKA KEBIJAKAN PENDIDIKAN MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 5 PURWOREJO Muhammad Reza Febrianto
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 12, No 2 (2023)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v12i2.19085

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Dinamika Kebijakan Pendidikan di SMA Negeri 5 Purworejo pada masa pandemi Covid-19, faktor yang mempengaruhi perubahan tersebut, dan dampak dari perubahan tersebut pada sistem pendidikan di SMAN 5 Purworejo. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan menggunakan metode kualitatif dan teknik purposive sampling. Teknik ini digunakan untuk memilih informan yang sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Informan yang terpilih adalah kepala sekolah, dan guru di sekolah-sekolah yang terpilih secara purposive. Sumber data yang digunakan adalah kebijakan pendidikan yang dikeluarkan oleh pemerintah dan lembaga pendidikan selama pandemi COVID-19, serta hasil wawancara dengan informan. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa kebijakan pendidikan yang diterapkan di SMA Negeri 5 merujuk pada peraturan yang dibuat oleh pemerintah. Proses perumusan kebijakan dipimpin oleh kepala sekolah dengan melibatkan pengajar dan bekerja sama dengan lembaga satuan tugas covid-19. Pada tahun 2020 yaitu pembelajaran dilaksanakan secara daring penuh, tahun 2021 pembelajaran dilaksanakan secara tatap muka terbatas, dan pada tahun 2022 pembelajaran dapat dilaksanakan 100% secara luring di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar pemerintah dan lembaga pendidikan terus melakukan evaluasi terhadap kebijakan pendidikan yang dikeluarkan selama pandemi COVID-19, serta memberikan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh sistem pendidikan di SMAN 5 Purworejo. Kata kunci: Dinamika, Kebijakan Pendidikan, Masa Pandemi Covid-19
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SISTEM ZONASI PADA PPDB DI SMA NEGERI 1 CILACAP TAHUN 2018-2021 Zidane Al Yasmin
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 12, No 2 (2023)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v12i2.19469

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan sistem zonasi, dampaknya, dan faktor yang menghambat maupun mendukung penerimaan peserta didik baru di SMA Negeri 1 Cilacap tahun 2018-2021. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dari model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian mengungkapkan implementasi kebijakan sistem zonasi memiliki standar dan tujuan, sumber daya, karakteristik agen pelaksana, disposisi agen pelaksana dan kondisi lingkungan yang mendukung. Dampak yang ditimbulkan berupa dampak positif dan negatif. Kemudian, faktor penghambat terdiri atas ketimpangan persebaran lembaga pendidikan, ketimpangan kualitas guru dan murid, keterbatasan ekonomi orang tua, kurangnya pemahaman teknologi, serta pihak yang ingin mengintervensi kebijakan tersebut. Adapun faktor pendukung mengarah pada sumber daya manusia agen pelaksana yang kompeten, sarana dan prasarana yang mumpuni, kultur sekolah yang dibangun, dan letak geografis dari sekolah tersebut. 

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2023) Vol 12, No 1 (2023): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 4 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 3 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 1 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 4 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 3 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 2 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 1 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 3 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 2 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 1 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 8, No 4 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 3 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 2 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 1 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 6 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 5 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 4 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 3 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 2 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 1 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 8 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 7 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 6 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 5 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 4 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 3 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 2 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 1 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 7 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 6 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 5 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 4 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 3 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 2 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 1 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 4, No 2 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 4, No 1 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan More Issue