cover
Contact Name
Ebni Sholikhah
Contact Email
ebnisholikhah@uny.ac.id
Phone
+6282220388720
Journal Mail Official
kebijakan_pendidikan@uny.ac.id
Editorial Address
Prodi Kebijakan Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta Jln Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 2746007X     DOI : https://doi.org/10.21831/sakp.v10i2
Spectrum Analisis Kebijakan Pendidikan is an open access, and peer-reviewed journal. This journal focuses on publishing articles on student research results for undergraduate, postgraduate, and doctoral students. This journal is published every three months. The theme of this journal covers the results of research in the field of education and education policy.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 6 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan" : 7 Documents clear
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DISTRIBUSI SUMBERDAYA PENDIDIKAN DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KULON PROGO Sukesti, Bekti
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 6, No 6 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v6i6.10118

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan distribusi sumberdayapendidikan di Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini dibatasi pada bidang saranadan prasarana pendidikan, tenaga pendidik dan pembiayaan pendidikan.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penilitian ini adalah staf Dinaspendidikan, guru dan pegawai sekolah. Penelitian dilakukan di Dinas Pendidikan Kabupaten KulonProgo, SMP N 1 Lendah dan SMP N 2 Galur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalahwawancara, observasi, dan telaah dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang dikembangkan oleh Matthew B. Miles dan MichaelA. Huberman.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kebijakan distribusi sumberdaya pendidikan dalambidang sarana dan prasarana secara umum dimulai dengan koordinasi, pengajuan proposal, verifikasi,evaluasi dan pengadaan. Kebijakan distribusi tenaga pendidik secara umum dilakukan dengankoordinasi, pengajuan dan penataan antara Dinas Pendidikan, sekolah dan BKPP Kabupaten KulonProgo. Kebijakan distribusi pembiayaan pendidikan secara umum terdiri dari penyaluran biaya daripemerintah melalui Dinas Pendidikan dan dari pemerintah ke sekolah langsung. (2) Implementasikebijakan distribusi sumberdaya pendidikan dilihat dari aspek komunikasi sudah konsisten,sumberdaya staf, fasilitas maupun anggaran belum terpenuhi, disposisi, pembagian tanggungjawab,kerjasama yang baik dalam melaksanakan kebijakan. (3) Dampak dari implementasi kebijakandistribusi oleh Dinas Pendidikan adalah sekolah merasa puas dengan kinerja Dinas Pendidikan,terpenuhinya sarana dan prasarana pendidikan, tenaga pendidik, pembiayaan pendidikan dengan tepatwaktu.Kata Kunci: Implementasi kebijakan, distribusi sumberdaya pendidikan sarana dan prasarana,tenaga pendidik, pembiayaan
PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SD N JETIS BANTUL Ningsih, Afini Fitria
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 6, No 6 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v6i6.10113

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebijakan partisipasi masyarakat dalammeningkatkan prestasi siswa di SD N Jetis serta faktor pendukung dan penghambatnya. Pendekatanpenelitian adalah kualitatif. Subyek penelitian adalah orang tua. Teknik pengumpulan data yaituobservasi, wawancara dan studi dokumen. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data danpenarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yaitu trianggulasi sumber dan teknik. Hasil penelitianadalah kebijakan partisipasi masyarakat untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SD N Jetisdiwujudkan dalam kegiatan-kegiatan sekolah. Bentuk partisipasi orang tua siswa adalah komunikasiyang efektif dalam memantau perkembangan belajar, membantu pembelajaran di rumah, penyediaankebutuhan belajar, perencanaan dan pengambilan keputusan serta menciptakan keamanan dankenyamanan lingkungan belajar. Faktor pendukung yaitu media komunikasi yang variatif, sambutanguru yang baik, serta kesadaran orang tua bahwa pendidikan anak merupakan tanggungjawabbersama. Faktor penghambat yaitu adanya kecenderungan orang tua yang berpendapatan danberpendidikan rendah kurang terlibat, kesibukan orang tua, dan jarak rumah yang jauh dari sekolah.Kata kunci: kebijakan, partisipasi, masyarakat, prestasi
STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS SEKOLAH DI SMP NEGERI I EROMOKO WONOGIRI Amitasari, Amitasari
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 6, No 6 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v6i6.10114

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi peningkatan kualitas sekolah sertatantangan dan solusi di SMP Negeri I Eromoko Wonogiri. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif.Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yaituobservasi, wawancara, dan dokumentasi. Data analisis melalui Interactive Model. Adapun keabsahandata menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwastrategi peningkatan kualitas di SMP Negeri I Eromoko Wonogiri meliputi (1) Bimbingan khususmelalui pemantapan materi UN, tutor sebaya, klinis dan uji coba UN; (2) Intensifikasi kelas unggulandengan proses pembelajaran bilingual dilengkapi ICT; (3) Menjalin kerja sama dengan SMA lain,lembaga pendidikan GCC, dan universitas; (4) Meningkatkan kualifikasi dan relevansi SDM denganstudi lanjut; (5) Pembuatan dan pelaksanaan RKS yang realistis, aplikatif, dan akuntabel; (6)Peningkatan frekuensi, teknik, materi, instrumen penilaian yang dilakukan secara periodik.Tantangannya berupa sarana dan prasarana yang masih kurang, kondisi anak yang heterogen,kedisiplinan siswa yang masih kurang, sumber dana hanya dari pemerintah, dan perkembanganIPTEK. Solusinya siswa dan guru dibebaskan mencari sumber belajar lain, mengefektifkan layananBK, home visit, dan menyusun anggaran sesuai dengan kebutuhan yang lebih urgent.Kata kunci: kualitas sekolah, strategi, tantangan.
PARTISIPASI ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI NON AKADEMIK ANAK DI SMP NEGERI 2 PRACIMANTORO Lestari, Anita Dwi
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 6, No 6 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v6i6.10116

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk partisipasi orangtua dalam meningkatkanprestasi non akademik anak di SMP Negeri 2 Pracimantoro serta faktor pendukung dan penghambatpartisipasi orangtua dalam meningkatkan prestasi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitiankualitatif deskriptif. Setting penelitian di SMP Negeri 2 Pracimantoro. Subjek penelitian adalahOrangtua, siswa, Kepala Sekolah dan guru pembimbing ekstrakurikuler. Teknik pengumpulan datayang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisisdata yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data (display data) dan penarikan kesimpulan.Teknik keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi sumber dan teknik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) bentuk partisipasi orangtua dalam meningkatkanprestasi non akademik anak di SMP Negeri 2 Pracimantoro didukung partisipasi dalam pemilihansekolah, partisipasi dalam komite sekolah, partisipasi dalam pembiayaan sekolah, partisipasi dalammengatasi masalah anak. Dalam setiap bentuk partisipasi orangtua ditunjukkan dalam bentukpartisipasi secara fisik dan non fisik. Bentuk partisipasi fisik diwujudkan dalam bentuk tenaga,fasilitas, dana dan jasa. Sedangkan dalam bentuk non fisik meliputi pemikiran, sumbangan ide ataugagasan serta motivasi; (2) Faktor pendukung yaitu semangat dan minat anak mengikuti kegiatanekstrakurikuler disekolah, kesadaran orangtua untuk meberikan fasilitas, serta adanya kerjasamaorangtua dengan pihak sekolah. Faktor penghambat yang mempengaruhi partisipasi orangtua adalahmasalah transportasi, serta menurunnya semangat anak karena banyak kegiatan yang diikutidisekolah.Kata kunci: partisipasi, orangtua, non akademik.
BUDAYA SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH ATAS 17 BANTUL Vitaria, Lia
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 6, No 6 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v6i6.10111

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan budaya sekolah di Sekolah Menengah Atas 17Bantul dibidang akademik dan non akademik. Jenis penelitian ini kualitatif. Subjek penelitian inikepala sekolah, guru, staf sekolah dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi,wawancara, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, danpenarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Hasil penelitian (1) Budaya di SMA 17 Bantul di bidang akademik meliputi nilai budaya membacadan nilai penghargaan/prestasi, non akademik meliputi nilai kreativitas, nilai penghargaan/prestasi,nilai kerjasama, nilai solidaritas, nilai kedisiplinan, dan nilai kesopanan. (2) Tantangan dalampengembangan budaya sekolah di SMA 17 Bantul siswa yang sulit dikendalikan dalam menanamkannilai-nilai sekolah dan minimnya pendidikan orang tua. (3) Upaya dalam pengembangan budayasekolah di SMA 17 Bantul melalui penerapan peraturan sekolah dan melakukan pembinaan dalampenanaman nilai yang diyakini dan dihayati oleh seluruh warga sekolah untuk menjadikan sekolahyang berkualitas dan guru memberikan contoh kepada siswa.Kata kunci: budaya akademik sekolah, non akademik, nilai-nilai budaya
PENDIDIKAN PELESTARIAN BUDAYA LOKAL PADA MASYARAKAT PENGRAJIN WAYANG DI DUSUN KARANGASEM WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL Nugraheni, Galuh Retno
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 6, No 6 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v6i6.10117

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan pelestarian budaya lokal pada masyarakatpengrajin wayang di Dusun Karangasem-Wukirsari. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif.Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini meliputi teknik observasi (observation),wawancara (interview), dan dokumentasi (documentation). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitianini adalah analisa data kualitatif-naturalistik. Untuk menyajikan data tersebut agar lebih bermakna dan mudahdipahami, maka Miles dan Huberman membagi langkah analisis data menjadi tiga bagian yaitu: reduksi data (datareduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan dan verifikasi data (conclusions drawing andverifying).Dari hasil penelitian ini dapat dikrtahui bahwa latar belakang pendidikan pelestarian budaya lokalnyaberawal dari nenek moyangnya seorang Abdi Dalem Kraton Yogyakarta yang merupakan penduduk asliKarangasem yang kemudian disuruh membuat wayang oleh sang Raja, dan ternyata Abdi Dalem tersebut bisamelakukannya dengan hasil yang memuaskan. Proses pendidikan pelestarian budaya lokalnya melalui keluarga.Bentuk pendidikan pelestarian budaya lokalnya melalui bahasa Jawa dalam proses pembelajarannya dan senipertunjukan wayang dan gamelan. Upaya pendidikan pelestarian budaya lokalnya melalui pelatihan tatah sungging,pewarnaan dan pemasaran wayang di berbagai Sanggar Wayang yang ada di Dusun Karangasem. Faktorpendukungnya meliputi fasilitas sanggar, dukungan orangtua, generasi muda yang aktif berkegiatan, linkpemasaran, Sarana dan prasarana yang memadai, gazebo. Faktor penghambatnya yaitu masih banyak generasimuda yang terpengaruh budaya barat, sebagian kecil masyarakat memilih untuk tidak menekuni kerajinan wayang,dan masih ada masyarakat yang tidak mau untuk diberikan pelatihan di sanggar secara gratis.kata kunci : pelestarian, budaya lokal, wayang
IMPLEMENTASI PROGRAM GURU PEMBELAJAR DI SD NEGERI SERAYU YOGYAKARTA Paramita, Ade Tarina
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 6, No 6 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v6i6.10112

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Implementasi program guru pembelajardi SDN Serayu Yogyakarta. (2) Faktor pendukung dan penghambatnya. Metode penelitian inimenggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan setting penelitian di SDN Serayu Yogyakarta.Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data melaluiwawancara, observasi, dan telaah dokumen. Analisis data menggunakan model interaktif yangdikembangkan oleh Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman. Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa: (1) Implementasi program guru pembelajar bertujuan untuk meningkatkankompetensi guru melalui moda pembelajaran daring/online, daring kombinasi, maupun tatap mukadalam rangka mengembangkan pembelajaran yang efektif. Manfaat yang diperoleh guru adalahmeningkatnya wawasan, dapat saling berbagi pengalaman, mengembangkan kultur kolaborasi,mendorong pengembangan metode dan media pembelajaran, dan meningkatkan pemanfaatan ICT.(2) Faktor pendukung implementasi program guru pembelajar di SDN Serayu Yogyakarta adalahkesempatan dari pemerintah, dukungan pihak sekolah, tersedianya sarana prasarana, dan motivasi.Sementara penghambatnya ialah keterbatasan waktu, kurangnya penguasaan ICT, dan keterbatasandana.Kata Kunci: implementasi program, guru pembelajar, dan guru sekolah dasar

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2023) Vol 12, No 1 (2023): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 4 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 3 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 1 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 4 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 3 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 2 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 1 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 3 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 2 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 1 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 8, No 4 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 3 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 2 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 1 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 6 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 5 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 4 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 3 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 2 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 1 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 8 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 7 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 6 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 5 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 4 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 3 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 2 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 1 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 7 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 6 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 5 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 4 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 3 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 2 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 1 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 4, No 2 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 4, No 1 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan More Issue