cover
Contact Name
Fitria Lestari
Contact Email
hipotenusajurnal@gmail.com
Phone
+6289655554860
Journal Mail Official
hipotenusajurnal@gmail.com
Editorial Address
Jl. Z.A Pagar Alam No 14, Labuhan Ratu, Bandar Lampung
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Hipotenusa: Journal of Research Mathematics Education (HJRME)
ISSN : 26210630     EISSN : 2723486X     DOI : 1036269
Core Subject : Education,
Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) is a peer-refereed open-access international journal which has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal is founded under Department of Mathematics Education FKIP Universitas Muhammadiyah Lampung. Starting from 2020, HJRME would be published two times in a year (February & August). All submitted manuscripts will be initially reviewed by editors and are then evaluated by a minimum of two National Reviewers through the double-blind review process. This is to ensure the quality of the published manuscripts in the journal.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2024): Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME)" : 5 Documents clear
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJRAN SMART MELALUI PENDEKATAN BRIDGING ANALOGY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KIRITIS MATEMATIS BERDASARKAN KECERDASAN MI Restu Alam Pratama; Mujib Mujib; Netriwati Netriwati; Mardiyah Mardiyah
Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) Vol 7, No 1 (2024): Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/hjrme.v7i1.2111

Abstract

Beberapa penelitian sebelumnya telah mengimplementasikan model SMART, tetapi belum ada yang menilai tingkat kemampuan berpikir kritis matematika siswa melalui model tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi model pembelajaran SMART melalui pendekatan bridging analogy terhadap kemampuan berpikir kritis matematika berdasarkan Multiple Intelligence (MI). Jenis penelitian yang dilakukan adalah Quasi Eksperimental Design. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan angket, sedangkan analisis data mencakup uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Anova dua jalan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SMART melalui pendekatan bridging analogy memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Selain itu, MI siswa juga berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematika. Namun, tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran SMART melalui pendekatan bridging analogy dengan MI terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa. 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MULTILITERASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SIKAP BELAJAR PESERTA DIDIK Langgeng Setiya Mukti; Mujib Mujib; Froulien Intan Suri; Mardiyah Mardiyah
Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) Vol 7, No 1 (2024): Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/hjrme.v7i1.2207

Abstract

AbstrakPenelitian ini berawal dari hasil prapenelitian yang menunjukan kemampuan pemahaman konsep matematis yang masih rendah dan sikap belajar peserta didik yang kurang ideal. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran multiliterasi terhadap pengaruh pemahaman konsep matematis dan sikap belajar peserta didik, untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran multiliterasi terhadap pengaruh pemahaman konsep matematis, dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran multiliterasi terhadap pengaruh sikap belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Pagelaran, dengan menggunakan sampel sebanyak 2 kelas, yaitu kelas VIII.1 sebagai kelas kontrol dan VIII.4 sebagai kelas eksperimen. Dengan jenis penelitian quasi eksperimen dan design penelitian post-test control design. Teknik analisis data menggunakan uji manova (Multivariate Analysis of Variance) dengan taraf signisikansi 5%. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran multiliterasi terhadap pemahaman konsep matematis dan sikap belajar peserta didik, terdapat pengaruh model pembelajaran multiliterasi terhadap pemahaman konsep matematis, dan terdapat pengaruh model pembelajaran multiliterasi terhadap sikap belajar peserta didik. Kata kunci: Model Pembelajaran Multiliterasi, Pemahaman Konsep Matematis, dan Sikap Belajar.
TOTALLY NONHOLONOMIC DISTRIBUTIONS AND SUB-RIEMANNIAN STRUCTURES Michael Makiese Kilela; Oscar Lungiambudila; Joel Kabuya; Dieumerci Matumona
Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) Vol 7, No 1 (2024): Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/hjrme.v7i1.2178

Abstract

In this paper, we study totally non-holonomic distributions and sub-riemannian structure on Rn (n = 1, 2, 3, 4, ...) and on the manifolds of not null curvature such as Tn  and Sn with n more or equal than 3, in order to look at this structure on a manifold like a restricting of a Riemannian metric on a totally non-holonomic distribution of this manifold. On Rn, it always possible to construct this structure thanks to her multitude of smooth distributions and vector elds. On the manifolds of not null curvature, we de ne this structure on the kernel of a non-degenerate 1-form or of contact form on this manifold.
PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK MATEMATIKA MATERI TURUNAN MENGGUNAKAN KVISOFT FLIPBOOK MAKER PRO Wahyu Tri Utami; Dian Ariesta Yuwaningsih
Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) Vol 7, No 1 (2024): Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/hjrme.v7i1.1385

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar modul elektronik matematika materi turunan menggunakan software Kvisoft Flipbook Maker Pro serta untuk mengetahui kelayakan modul elektronik yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (RnD) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek uji coba adalah ahli materi, ahli media, dan peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Banguntapan. Instrumen penelitian yang digunakan ialah angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media dan angket respon peserta didik, wawancara, dan dokumentasi. Tahap uji coba terdiri dari dua tahap yaitu uji coba kelas kecil dan uji coba kelas besar. Tahap uji coba kelas kecil melibatkan 4 peserta didik, sedangkan tahap uji coba kelas besar melibatkan 24 peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa modul elektronik memperoleh nilai kelayakan oleh ahli materi sebesar 97,5 dengan kategori sangat baik, nilai kelayakan oleh ahli media sebesar 81 dengan kategori sangat baik, dan nilai kelayakan oleh peserta didik sebesar 81,45 dalam uji coba kelas besar dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa modul elektronik matematika materi turunan menggunakan Kvisoft Flipbook Maker Pro yang dikembangkan dianggap layak untuk digunakan dalam pembelajaran matematika.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PARE SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP Dira Puspita Sari
Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) Vol 7, No 1 (2024): Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/hjrme.v7i1.1398

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Medan Tahun Pelajaran 2021-2022. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan desain penelitian  pretest and posttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dan sederhana (simple random sampling). Sampel penelitian ini adalah 72 siswa terdiri atas siswa kelas XI-A 1 sebagai kelas eksperimen dengan 36 siswa dan siswa kelas XI-A 2 sebagai  kelas kontrol dengan 36 siswa. Instrumen penelitian yang diberikan berupa tes yang terdiri dari 5 soal uraian. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji Liliefors untuk menguji normalitas data, sedangkan uji Fisher untuk menguji homogenitas data. Berdasarkan hasil uji normalitas diperoleh bahwa kedua populasi berditribusi normal. Sedangkan hasil uji homogenitas diperoleh bahwa kedua populasi homogen (sama). Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 48,03 dan nilai rata-rata pretest kelas kontrol 46,33. Sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 54,78 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol 50,47. Terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran TPS terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa yang dapat dilihat dari hasil perhitungan uji regresi linier sederhana diperoleh rtabel = 0,329, sementara berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan diperoleh rhitung = 0,71. Dari perhitungan terlihat bahwa rhitung > rtabel (0,71 > 0,329).

Page 1 of 1 | Total Record : 5