cover
Contact Name
Lusyani Sunarya
Contact Email
lusyani@raharja.info
Phone
+6285929871955
Journal Mail Official
mavib.journal@raharja.info
Editorial Address
Jl. Jenderal Sudirman No. 40 Modern Cikokol Tangerang - Banten 15117 Indonesia mavib.journal@raharja.info
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting
Published by UNIVERSITAS RAHARJA
ISSN : 27231992     EISSN : 2723200X     DOI : https://doi.org/10.33050/mavib
MAVIB Journal, (Multimedia Audio Visual and Broadcasting Journal) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Universitas Raharja. MAVIB Journal menerbitkan makalah asli, makalah tinjauan, kerangka kerja konseptual, model analitik dan simulasi, studi kasus, dan penelitian empiris. MAVIB Journal bertujuan untuk mengembangkan dan mengkomunikasikan secara luas perkembangan Multimedia Audio Visual dan Broadcasting baik secara teoritis maupun pragmatis. MAVIB Journal menerbitkan makalah di bidang Desain Grafis, Komunikasi Visual, Budaya Visual, Audio Visual, Desain Web, Iklan, Fotografi, Videografi, Animasi, Multimedia, dan Desain Game. MAVIB Journal diterbitkan dalam versi cetak dan online. MAVIB Journal diterbitkan dua kali setahun, pada bulan Februari dan Agustus.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2024): MAVIB Journal - Agustus 2024" : 10 Documents clear
Video Company Profile Sebagai Sarana Promosi Bunga Coffee Pada PT. Kejar Aku Terus Novi Cholisoh; Djodi Setiawan; Hairlina Fajrin; Sandro Alfeno
Jurnal MAVIB Vol 5 No 2 (2024): MAVIB Journal - Agustus 2024
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/mavib.v5i2.3046

Abstract

Semua orang menyukai kopi sekarang. Saat ini perusahaan-perusahaan pertanian kopi berlomba-lomba mengembangkan strategi periklanan yang menguntungkan dan menarik dengan menggunakan profil perusahaan berbasis video. PT. Kejar aku terus merupakan sebuah perusahaan perkebunan kopi di Bogor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperkenalkan perusahaan dan menarik perhatian masyarakat terhadap produknya. Permasalahannya, hingga saat ini, satu-satunya cara untuk mengkomunikasikan informasi tentang perusahaan adalah melalui presentasi langsung dari bagian pemasaran dan melalui akun media sosial Instagram. Informasi tersebut dinilai sangat sederhana dan tidak menarik karena hanya berupa rekaman foto dan repost Instagram Stories. Dari hasil wawancara diketahui bahwa pada tahun 2020, produk Bunga Coffee terjual sebanyak 800 produk. Setelah itu penjualannya menurun menjadi450 unit pada 2021, dan pada Januari hingga September 2022 penjualannya hanya 350 unit. Untuk memperkenalkan Bunga Coffee dan menarik perhatian masyarakat, dibutuhkan video profil Bunga Coffee yang dipublikasikan melalui akun Instagram dan YouTube perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, penelitian literatur, perancangan media menggunakan Adobe Premiere Pro CC 2015, Adobe After Effects CC 2015, Photoshop CC 2015, dan konsep produksi media. Melalui media video ini diharapkan dapat meningkatkan profil perusahaan Bunga Coffee serta meningkatkan minat pelanggan dan masyarakat terhadap produk perusahaan.
Media Profil Sebagai Sarana Promosi Pada Pondok Pesantren Modern Terpadu Jabal Nur Cipondoh Ruli Supriati; Pahmi Solahudin; Akhmad Jalaludin; Sendy Zul Friandi
Jurnal MAVIB Vol 5 No 2 (2024): MAVIB Journal - Agustus 2024
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/mavib.v5i2.3051

Abstract

Institusi pendidikan saat ini secara aktif menggunakan berbagai media kreatif melalui strategi pemasaran, terutama memanfaatkan media sosial untuk memperkenalkan identitas dan keunggulan, dengan media profil sebagai elemen penting. Pondok Pesantren Modern Terpadu Jabal Nur di Tangerang, menyediakan jenjang pendidikan mulai dari TKQ hingga Ma’had ‘Aly, mengalami penurunan pendaftar calon santri dari 140 pada 2021 menjadi 110 pada 2022. Kendala lainnya adalah kurangnya variasi media promosi, terbatas pada media cetak dan platform online seperti YouTube, Instagram, dan Facebook, yang hanya menampilkan dokumentasi foto dan acara pesantren. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan strategi pemasaran yang lebih informatif, terkini, dan menarik. Metode penelitian mencakup pengumpulan data, analisa SWOT, dan merancang media menggunakan dengan perangkat lunak Adobe After Effect CC 2022, Adobe Premiere Pro CC 2022, dan Adobe Photoshop Pro CC 2022. Diharapkan, melalui profil ini, pondok pesantren dapat lebih efektif dalam menyampaikan informasi dan promosi, memperluas pengenalan di kalangan umum, dan meningkatkan minat serta jumlah pendaftar setiap tahunnya.
Video Promosi Program Studi TI MAVIB Pada Universitas Raharja Tangerang Muhamad Puad Abdul Baqi; Abizar Ghiffari; Muhammad Rava
Jurnal MAVIB Vol 5 No 2 (2024): MAVIB Journal - Agustus 2024
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/mavib.v5i2.3065

Abstract

Di era digital yang berkembang pesat, penggunaan berbagai media audio visual menjadi esensial dalam strategi promosi. Dalam rangka meningkatkan promosi dan menarik minat calon mahasiswa baru, Universitas Raharja menerapkan teknik animasi video untuk mengkomunikasikan metode dan media pembelajaran yang ditawarkan. Disini dipaparkan mengenai proses pengembangan video animasi promosi Universitas Raharja, mulai dari pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan penelitian literatur untuk memahami visi, misi, nilai, dan keunggulan Universitas Raharja. Penerapan Konsep Produksi Media (KPM) untuk menentukan target audiens, pesan yang ingin disampaikan, dan strategi komunikasi yang tepat.. Hingga perancangan media dengan merancang storyboard, naskah, dan visualisasi animasi yang menarik dan informatif. Dengan menggunakan Metodologi yang seperti observasi, wawancara, dan penelitian literatur serta menggunakan aplikasi Adobe After Effect pro CC 2019, Adobe Premiere pro CC 2019 dan Adobe Media Encoder CC 2019, Video animasi ini mampu menjadi alat promosi yang efektif dan menarik bagi calon mahasiswa baru dengan mendatangkan potensi potensi mahasiswa baru.
Media Promosi Pada Rumah Makan Pondok Saung Gading Kabupaten Tangerang Mukti Budiarto; Risa Burhani Rahmawan; Danar Bayu; Sutrisno .
Jurnal MAVIB Vol 5 No 2 (2024): MAVIB Journal - Agustus 2024
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/mavib.v5i2.3066

Abstract

Media iklan berperan signifikan dalam strategi pemasaran perusahaaan, terutama di industri restoran yang kompetitif. Rumah Makan Pondok Saung Gading, dengan konsepnya yang alami karena keberadaan pepohonan, terletak di Jl. Raya Bumi Indah, Gelam Jaya, Kec. Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Banten 15560, memiliki area seluas ±1500 m2. Namun, strategi promosi sebelumnya terbatas pada media cetak, digital advertising, serta foto dan video testimonial di platform seperti Instagram dan Google Review, yang dirasakan kurang efektif dan tidak terkini. Hal ini menyebabkan pengurangan jumlah pengunjung. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk membantu pengelola dalam menghadirkan profil, pelayanan, produk, fasilitas, dan keunggulan Rumah Makan Pondok Saung Gading secara lengkap, terkini, dan menarik. Metode penelitian mencakup pengumpulan data, analisis SWOT, dan pembuatan media menggunakan perangkat lunak Adobe Premiere Pro CC 2019 dan Adobe After Effects CC 2019, serta Konsep Produksi Media (KPM) yang mencakup tahapan pre production, production, dan post production. Diharapkan penelitian ini dapat membantu pengelola dalam menjangkau masyarakat yang berminat untuk makan di sini atau mengadakan acara, serta meningkatkan jumlah pelanggan setiap tahunnya.
Media Video Sebagai Sarana Informasi Rumah Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Pada Diskominfo Kota Tangerang Lusyani Sunarya; Syahrul Maulana Ashari; Ahmat Ubai Dillah
Jurnal MAVIB Vol 5 No 2 (2024): MAVIB Journal - Agustus 2024
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/mavib.v5i2.3085

Abstract

Rumah Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang menghadapi tantangan dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat di tengah perkembangan teknologi informasi. Meskipun mereka menggunakan Instagram sebagai saluran komunikasi, namun terdapat kesenjangan dalam memberikan informasi komprehensif tentang profil dan kegiatan Rumah KIM. Kajian ini menyoroti permasalahan tersebut dan berupaya memberikan solusi dengan mengonseptualisasikan media video sebagai sarana penyampaian informasi. Pada penelitian ini menggunakan metode wawancara, dimana disimpulkan bahwa penggunaan media video bisa menjadi solusi yang efektif. Kami berharap media tersebut dapat diimplementasikan melalui platform YouTube dan Instagram serta dapat diakses oleh setiap keluarga KIM di Kota Tangerang. Metode penelitiannya yaitu pengumpulan data, perancangan media dengan Adobe Premiere pro CC 2020 dan Adobe Photoshop CC 2020, dan Konsep Produksi Media yaitu pre production, production dan post production. Melalui media video informasi Rumah Kelompok Informasi Masyarakat dapat membantu Diskominfo Kota Tangerang, dalam menyampaikan informasi secara lebih lengkap, menarik, up to date, dikenal dan bermanfaat bagi masyarakat Kota Tangerang
Desain Educational Kit Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Tunagrahita Pada Sekolah Khusus YKDW 01 Tangerang Dewi Immaniar Desrianti; Qathrunnada Salsabil; Vina Selviana
Jurnal MAVIB Vol 5 No 2 (2024): MAVIB Journal - Agustus 2024
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/mavib.v5i2.3090

Abstract

Anak tunagrahita adalah anak yang kemampuan intelektualnya di bawah rata-rata. Keterbatasan intelektual anak tunagrahita menyebabkan terbatasnya kemampuan belajar. SLB YKDW 01 Tangerang memberikan layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus, tunagrahita pada tingkat SDLB, SMPLB, SMALB. Tujuan penelitian ini adalah dengan adanya educational kit maka diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan motivasi siswa tunagrahita dalam pembelajaran di kelas terutama pada kelas matematika, dan diharapkan dapat membantu guru menyampaikan materi matematika dengan baik. Saat ini metode pembelajaran yang digunakan hanya kartu angka, kartu huruf, dan lembar kerja hasil kreasi dari guru, menyampaikan materi dengan metode ceramah dinilai kurang efektif. maka dibutuhkan media seperti buku cetak, puzzle angka, alat peraga, dan poster. Metode penelitian yang digunakan adalah pengumpulan data, analisis PIECES, perancangan media menggunakan software Adobe Illustrator CC 2018, dan Hasil dari penelitian ini adalah bahan pembelajaran educational kit berupa buku cetak, puzzle, alat peraga, dan poster. Melalui perancangan Educational Kit ini, kami berharap dapat membantu guru SLB YKDW 01 Tangerang dalam mengajarkan mata pelajaran matematika, dan memberikan dampak positif bagi perkembangan akademik siswa.
Media Video Profile sebagai Sarana Promosi PT. Prakarsa Putra Kabupaten Tangerang Karunia Suci Lestari; Rifky Mardistira; Aang Hidayat
Jurnal MAVIB Vol 5 No 2 (2024): MAVIB Journal - Agustus 2024
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/mavib.v5i2.3091

Abstract

Bisnis keliling menggunakan mobil pribadi saat ini sedang menjadi sebuah trend kustomisasi Bisnis sebagai pembeda layanan mereka dengan bisnis lain, hal tersebut membuat banyak permintaan dalam memodifikasi kendaran bermotor. Permintaan tersebut membuat usaha karoseri menjadi target pelanggan baru PT. Prakarsa Putra yang bergerak dalam bidang karoseri dalam memodifikasi kendaraan bermotor. Sejauh ini perusahaan hanya mengandalkan Google Map, Instagram, Website yang kurang aktif dan Media Cetak brosur, kartu nama serta hasil portofolio produk yang telah dikerjakan PT. Prakarsa Putra sehingga masih banyak yang belum mengetahui perusahaan ini. Untuk menarik minat klien atau pelanggan baru mengenal jasa dan produk perusahaan, maka dibutuhkan sebuah media periklanan berupa video profil perusahaan sebagai media penyampaian informasi yang berisi profil perusahaan, fasilitas pendukung, manfaat produk, proses pembuatan produk, produk yang diproduksi, hubungan perusahaan, dll. Metode yang digunakan antara lain pengumpulan data, analisis SWOT, perancangan media menggunakan Adobe Premiere Pro CC 2020, Adobe Photoshop CC 2020, Adobe After Effect CC 2020, dan konsep produksi media (KPM) yaitu pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Video tersebut akan diposting di YouTube dan Instagram perusahaan. Penulis berharap video ini dapat menjadi sarana edukasi dan promosi yang dapat membantu PT. Prakarsa Putra dikenal masyarakat luas dan meningkatkan basis pelanggannya setiap tahunnya
Media Majalah Sekolah Berbasis Digital Sebagai Sarana Informasi Dan Promosi Pada SMK Plus Multimedia As- Saadah 2 Junaidi .; Ferry Firmansyah; Rifqi Hadhiyanto
Jurnal MAVIB Vol 5 No 2 (2024): MAVIB Journal - Agustus 2024
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/mavib.v5i2.3109

Abstract

Lembaga pendidikan di Indonesia berkembang dengan pesat, seiring dengan majunya teknologi informasi. Setiap instansi pendidikan saat ini berusaha memberikan layanan informasi dan promosi yang menarik. Salah satu media yang tepat dalam menyampaikan informasi mengenai profil, dan kegiatan adalah majalah sekolah digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu institusi pendidikan dalam penyebaran informasi mengenai pendidikan, pengajaran, serta aktivitas sekolah. Permasalahannya yaitu, saat ini sekolah belum memiliki media majalah sekolah digital, sebelumnya hanya menggunakan media cetak biasa berupa foto kegiatan dan informasi singkat yang belum up to date, media sebelumnya kurang menyampaikan informasi sekolah secara lengkap. Maka diperlukan majalah sekolah untuk menyampaikan informasi berupa profil, program sekolah, keunggulan, fasilitas, kegiatan dan prestasi sekolah. Metode yang digunakan termasuk pengumpulan data, analisis SWOT, dan perancangan media. Konsep desain yang digunakan termasuk layout kasar, layout komprehensif, dan karya seni terakhir. Majalah sekolah ini akan diterapkan melalui platform media sosial sekolah. Melalui media majalah sekolah ini diharapkan dapat mempromosikan sekolah, sehingga dapat lebih dikenal masyarakat luas, juga menarik siswa baru untuk bergabung di SMK Plus Multimedia As-Saadah 2.
Analisis Project Puan Karya Nicoline Patricia Malina Melalui Pendekatan Estetika Feminisme Raynald Alfian Yudisetyanto; Achmad Oddy Widyantoro; Susanto Umboro
Jurnal MAVIB Vol 5 No 2 (2024): MAVIB Journal - Agustus 2024
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/mavib.v5i2.3136

Abstract

Penelitian ini menganalisis Project Puan Karya Nicoline Patricia Malina dengan pendekatan estetika feminisme. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana elemen-elemen estetika feminisme direfleksikan dalam karya fotografi tersebut. Metode kualitatif deskriptif digunakan untuk menguraikan berbagai aspek visual yang terkandung dalam Project Puan dan menjelaskan interpretasi simbolik serta pesan yang ingin disampaikan oleh Nicoline Patricia Malina melalui karyanya. Hasil analisis memperlihatkan bahwa Project Puan tidak hany a sekedar proyek fotografi, tetapi juga sebuah medium yang kuat untuk menyuarakan isu kesetaraan gender dan stigma kecantikan Wanita yang terlepas dari patriarki. Elemen-elemen visual seperti komposisi, warna, dan subjek wanita dalam fotografi dipilih secara khusus untuk menggambarkan kekuatan dan kecantikan Wanita secara utuh. Diharapkan dengan menganalisa project puan dapat memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana seni fotografi dapat menjadi sarana ekspresi dan advokasi bagi isu-isu perempuan dalam konteks kontemporer. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Project Puan berhasil menyajikan sebuah narasi visual yang menantang norma-norma gender yang ada dan mengungkapkan standar kecantikan yang beragam dan multidimensional.
Perancangan Animasi Augmented Reality dalam Perancangan Buku Generasi Emas Bebas Stunting Adelladia Teshania Wandanissyika; Masnuna .; Mahimma Romadhona
Jurnal MAVIB Vol 5 No 2 (2024): MAVIB Journal - Agustus 2024
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/mavib.v5i2.3156

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, tidak terkecuali bahwa teknologi juga ikut berkembang. Salah satunya dalam memperoleh informasi, akibatnya mulai jarang masyarakat yang akhirnya tertarik untuk membaca buku. Inilah salah satu faktor yang menimbulkan angka literasi Indonesia rendah. Masalah tersebut akhirnya merambah pada kesehatan masyarakat. Kurangnya edukasi dan literasi masyarakat akan kesehatan dapat menimbulkan suatu masalah pula salah satunya adalah stunting. Menurut data dari SSGI angka stunting Indonesia tahun 2022 lalu senilai 21.6%. Pemerintah berupaya untuk menurunkan angka ini sampai 14% pada tahun 2024. Oleh karena itu, dirancanglah sebuah buku “Generasi Emas Bebas Stunting” dengan berbasis teknologi baru yaitu Augmented Reality. Augmented Reality tersebut kemudian akan memunculkan sebuah animasi singkat mengenai salah satu poin yang dibahas pada buku yang dirancang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah; metode penelitian data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Tujuan perancangan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan bahaya stunting dan pencegahannya, serta sebagai kontribusi untuk membantu pemerintah dan tenaga kesehatan dalam menurunkan angka stunting di Indonesia. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan data bahwa, meskipun Augmented Reality merupakan media yang menarik untuk edukasi, nyatanya cukup memakan waktu dalam proses pengaplikasiannya sehingga kurang efektif.

Page 1 of 1 | Total Record : 10