cover
Contact Name
Hasrul Rahman
Contact Email
hasrul.rahman@pbsi.uad.ac.id
Phone
+6285725773388
Journal Mail Official
jurnal.genre@pbsi.uad.ac.id
Editorial Address
Jalan Kolektor Ring Road Selatan, Tamanan Banguntapan Bantul Yogyakarta
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
ISSN : -     EISSN : 27162613     DOI : https://doi.org/10.26555/jg.v2i2.3918
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) merupakan jurnal ilmiah mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia, Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal ini menerbitkan hasil penelitian mahasiswa yang berhubungan dengan pengajaran bahasa dan sastra Indonesia, kajian linguistik dan pengajarannya, serta kajian sastra dan pengajarannya. Jurnal ini terbit 2 kali setahun, Agustus, dan Februari. E-ISSN = 2716-2613. Jurnal ini bertujuan untuk menampung hasil penelitian mahasiswa Prodi PBSI, UAD dan di luar UAD yang memiliki jalinan kerja sama. Ruang lingkup jurnal ini adalah mahasiswa perguruan tinggi pada prodi PBSI yang berkerja sama dengan UAD. Fokus jurnal ini adalah pengajaran bahasa dan sastra Indonesia, kajian linguistik dan pengajarannya, serta kajian sastra dan pengajarannya.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2021): JURNAL GENRE (Bahasa, Sastra, Pembelajarannya)" : 5 Documents clear
Diksi dan bahasa figuratif pada komik Si Juki: Lika-Liku Anak Kos karya Faza Meonk sebagai alternatif bahan ajar di SMA Wiwit Meilani; Haryadi Haryadi
Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol. 3 No. 2 (2021): JURNAL GENRE (Bahasa, Sastra, Pembelajarannya)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26555/jg.v3i2.4457

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh unsur-unsur pembangun gaya bahasa mengenai diksi dan bahasa figuratif khususnya pada komik Si Juki yang kemudian dikaitkan dengan teks cerpen. Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mendeskripsikan diksi yang terdapat dalam komik Si Juki: Lika-Liku Anak Kos karya Faza Meonk, (2) mendeskripsikan bahasa figuratif yang terdapat dalam komik Si Juki: Lika-Liku Anak Kos karya Faza Meonk, dan (3) mendeskripsikan komik Si Juki: Lika-Liku Anak Kos karya Faza Meonk sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMA. Metode analisis data yaitu dengan metode deskriptif kualitatif. Metode ini berfungsi untuk menyelesaikan masalah dengan cara mengumpulkan, mengidentifikasi, mengklasifikasi, mengkaji, menyusun,dan menyimpulkan berdasarkan hasil kajian. Hasil analisis menunjukkan bahwa diksi dan bahasa figuratif menjadi aspek gaya bahasa yang dipilih oleh pengarang guna memperindah kalimat. Pengarang lebih dominan menggunakan kata asing sebagai diksi yang tepat untuk mengekspresikan ide gagasan dalam cerita. Pengarang lebih menggunakan kata yang modern karena mengikuti perkembangan yang semakin maju. Selaras dengan hal tersebut dari tiga aspek kriteria bahan ajar yang disampaikan oleh Rahmanto dapat disimpulkan bahwa komik “Si Juki: Lika-Liku Anak Kos” karya Faza Meonk menjadi alternatif yang tepat untuk dijadikan sebagai bahan ajar sastra di SMA karena memenuhi semua kriteria tersebut.
Desain Media Pembelajaran Berbasis Powtoon dalam Teks Iklan untuk Siswa Kelas VIII SMP Oktavia Dhiya Rofifah; Triwati Rahayu
Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol. 3 No. 2 (2021): JURNAL GENRE (Bahasa, Sastra, Pembelajarannya)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26555/jg.v3i2.4464

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya media pembelajaran yang kurang aktif, kreatif dan inovatif untuk penunjang proses belajar siswa agar tidak merasa bosan dan siswa mudah meminati untuk proses pembelajaran. Kelebihan media powtoon ini mencakup segala aspek indera suatu jenis media berbasis audio-visual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan desain media pembelajaran teks iklan berbasis Powtoon untuk siswa kelas VIII SMP. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan R & D (Research and Development) di mana jenis penelitian ini merupakan metode yang biasa digunakan dalam menghasilkan suatu produk.  Hasil analisis media pembelajaran yang telah dikembangkan menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan masuk ke dalam 3 tahap yaitu (analysis) yang terdiri dari analisis materi, analisis kurikulum dan analisis kebutuhan peserta didik , kedua yaitu (design) desain produk pada penelitian ini dimulai pada tahap penyusunan materi sesuai dengan KI dan KD yang telah dipilih, ketiga yaitu (development) dalam kegiatan pengembangan ini mempunyai beberapa tahap dengan menyiapkan alat dan bahan yang digunakan, mengembangkan kerangka media yang telah dibuat sebelumnya menjadi suatu produk media pembelajaran yang akan diterapkan.
Nilai sangkan paraning dumadi dalam novel Khotbah di Atas Bukit karya Kuntowijoyo Silvia Indah Sari; Haryadi Haryadi
Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol. 3 No. 2 (2021): JURNAL GENRE (Bahasa, Sastra, Pembelajarannya)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26555/jg.v3i2.4587

Abstract

Penelitian ini  dilatarbelakangi oleh dugaan adanya nilai sangkan paraning dumadi dalam karya Kuntowijoyo, khususnya dalam novel Khotbah di Atas Bukit. iTujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai  sangkan  paraning  dumadi  yang  terdapat dalam novel Khotbah Di Atas Bukit karya Kuntowijoyo. Metode penelitian menggunakan metode baca dan catat. Metode pembacaan menggunakan close reading. Penelitian ini dikategorikan penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah novel Khotbah di Atas Bukit memuat nilai sangkan paraning dumadi yang meliputi syariat, hakikat, tarekat, dan makrifat
Analisis keterampilan menulis teks negosiasi dengan metode quantum learning Siti Ana Nur Alfiaturrohmah; Cahyo Hasanudin; Ahmad Kholiqul Amin
Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol. 3 No. 2 (2021): JURNAL GENRE (Bahasa, Sastra, Pembelajarannya)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26555/jg.v3i2.4807

Abstract

Negotiation text is a text that contains a bargain which aims to reach an agreement between two parties who have common interests. This study aims to determine the form of the structure of the negotiating text, namely the form of orientation, request, fulfillment, offer, approval, purchase, closing. This research is a qualitative descriptive study using a case study approach with 23 students as subjects. The results showed that the tenth grade students of MA Asy-Syukuriyah wrote the structure of the negotiating text on the orientation, request, fulfillment, offer, approval, purchase, closing sections categorized as very good. The conclusion of this study is that users of the quantum learning method can make students write negotiating texts well.
VARIASI PENGGUNAAN KONJUNGSI SUBORDINATIF PADA RUBRIK SOSOK HARIAN KOMPAS Lala Kartika Sandra; Dini Restiyanti Pratiwi
Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol. 3 No. 2 (2021): JURNAL GENRE (Bahasa, Sastra, Pembelajarannya)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26555/jg.v3i2.4819

Abstract

Conjunction is a conjunction that functions to connect or string words with words, clauses with clauses, sentences with sentences, paragraphs with paragraphs, and so on. Judging from the position of the constituents connected, conjunctions are divided into two, namely coordinating conjunctions and subordinating conjunctions. Subordinating conjunctions are conjunctions that connect two language units unequally. Kompas Daily is the name of an Indonesian newspaper headquartered in Jakarta. In the daily Kompas, there is one rubric, namely the Figure rubric. The Figure Rubric contains a person's life story both in Indonesia and abroad that can inspire and be imitated by readers. The objectives of this study is to describe the form of subordinating conjunctions in the Kompas daily figure rubric. The results in this study are based on Identification obtained 139 data containing subordinating conjunctions. Based on the classification of data, there are 7 types of subordinate conjunctions including: (a) because 43 data were found, (b) conditions were found 5 data, (c) purpose was found 21 data, (d) timing, 29 data was found, (e) presentation was found 15 data, (f) comparison found 7 data, and (g) the final limit found 19 data. 

Page 1 of 1 | Total Record : 5