cover
Contact Name
Tanto Aljauharie Tantowie
Contact Email
bestari.iaid@gmail.com
Phone
+6281323444351
Journal Mail Official
bestari.iaid@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kiai Ahmad Fadlil No. 8, Kampus Pesantren Darussalam, Ciamis Jawa Barat 46271
Location
Kab. ciamis,
Jawa barat
INDONESIA
Bestari: Jurnal Studi Pendidikan Islam
ISSN : 19071337     EISSN : 28076532     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Bestari: Jurnal Studi Pendidikan Islam| This journal covers textual and fieldwork studies with various perspectives of all educational areas studies including Islamic philosophy of education, Islamic educational psychology, sociology of education, curriculum, learning models, learning strategies, learning methods, educational management, educational technology.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 14 No 2 (2017): Studi Pendidikan Islam" : 7 Documents clear
KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT SYAIKH TAQIYUDDIN AN-ABHANI DALAM BUKU NIDHAM AL-ISLAM WAFIATUNNISA, AMATULLAH; Darifah, Udung Hari; HAYATUNNUFUS, ALIFA BAIDURI
Bestari | Jurnal Studi Pendidikan Islam Vol 14 No 2 (2017): Studi Pendidikan Islam
Publisher : Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Darussalam (IAID), Ciamis, Jawa Barat, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap tujuan, strategi pembelajaran dan kurikulum pendidikan Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis). Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Tujuan Pendidikan Islam adalah membentuk kepribadian Islam serta membekalinya dengan berbagai ilmu dan pengetahuan yang berhubungan dengan kehidupan. Metode penyampaian pelajaran dirancang untuk menunjang tercapainya tujuan tersebut. Setiap metodologi yang tidak berorientasi pada tujuan tersebut dilarang; 2) Syaikh Taqiyuddin an-Nabhani menyebutkan bahwa strategi pembelajaran pendidikan Islam dibuktikan dengan hanya terdapat satu kurikulum pendidikan. Tidak boleh digunakan kurikulum selain kurikulum negara. Tidak ada larangan untuk mendirikan sekolah-sekolah swasta selama mengikuti kurikulum negara dan berdiri bedasarkan strategi pendidikan yang di dalamnya terealisasi politik dan tujuan pendidikan. Hanya saja pendidikan di sekolah itu tidak boleh bercampur baur antara laki-laki dengan perempuan baik di kalangan murid maupun guru. Juga tidak boleh dikhususkan untuk kelompok, agama, mazhab, ras atau warna kulit tertentu; 3) Menurut Syaikh Taqqiyuddin an-Nabhani isi kurikulum pendidikan wajib berlandaskan akidah Islamiyah. Mata pelajaran serta metodologi penyampaian pelajaran seluruhnya disusun tanpa adanya penyimpangan sedikikitpun dalam pendidikan dari asas tersebut
PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL PEMIKIRAN ABDUL MUNIR MULKHAN KADIR, AH; MILLAH, SAEPUL; SAHAL, YOSEP FARHAN DAFIK
Bestari | Jurnal Studi Pendidikan Islam Vol 14 No 2 (2017): Studi Pendidikan Islam
Publisher : Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Darussalam (IAID), Ciamis, Jawa Barat, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep pendidikan Islam dan konsep pendidikan Islam multikultural menurut Abul Munir Mulkhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode content analysis (analisis isi). Kesimpulan penelitian sebagai berikut: 1) Konsep pendidikan Islam menurut Abdul Munir Mulkhan bahwa pendidikan merupakan wahana bagi siswa untuk belajar tentang kehidupan. Sekolah dan kelas menjadi lingkungan untuk memanusiawikan siswa; 2) Konsep Pendidikan Islam Multikultural menurut Abdul Munir Mulkhan yaitu sikap yang berawal dari pemahaman untuk menerima, mengakui dan menghargai orang lain dengan berbagai latar belakang yang ada.
PENGGUNAAN STRATEGI READING GUIDE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MAULANA, ANZAR; Al Hamdani, M. Djaswidi; RAHMAWANGSIH, YULI ALTRI
Bestari | Jurnal Studi Pendidikan Islam Vol 14 No 2 (2017): Studi Pendidikan Islam
Publisher : Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Darussalam (IAID), Ciamis, Jawa Barat, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan ini dilakukan untuk mengungkap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan strategi Reading Guide di kelas IV SDN 1 Sukanagara. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas Model Kurt Lewin. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Kinerja guru dalam merencanakan pembelajaran selama tiga siklus menunjukan hasil yang baik. Pada siklus pertama mencapai nilai rata-rata 74, sedangkan pada siklus kedua mencapai nilai rata-rata 84 dan pada siklus ketiga mencapai nilai rata-rata 87; 2) Kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran PAI dengan menggunakan strategi pembelajaran Reading Guide pada siklus pertama mencapai skor rata-rata 76, pada siklus kedua mencapai skor 86 dan pada siklus ketiga mencapai skor 87. Prestasi belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran Reading Guide pada pokok bahasan Kisah Nabi Ibrahim A.S, hasil yang diperoleh selama tiga siklus menunjukan hasil yang baik. Terbukti pada siklus pertama prestasi belajar yang diperoleh adalah dengan rata-rata nilai 69, lalu pada siklus kedua rata-rata nilai yang diperoleh adalah 71 dan pada siklus ketiga nilai rata-rata yang diperoleh adalah 80
DAMPAK PERCERAIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MARSELLA, RESTI; JULAIHAH, ELIS SITI; NURJANAH, Hj.
Bestari | Jurnal Studi Pendidikan Islam Vol 14 No 2 (2017): Studi Pendidikan Islam
Publisher : Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Darussalam (IAID), Ciamis, Jawa Barat, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali tentang dampak perceraian orang tua terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs. Asysifaa Cidolog Kabupaten Ciamis Tahun 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dipaparkan sebagai berikut: 1) Frekuensi atau tingkat Perceraian orang tua siswa kelas VII dan VIII MTs Asysyifaa Cidolog Kecamatan Cidolog Kabupaten Ciamis tergolong rendah; 2) Motivasi Belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VII dan VIII MTs Asysyifaa Cidolog dari hasil perhitungan diperoleh rata-rata sebesar 40,28 (80,56%) dengan kategori sangat baik karena ada pada rentang 80 – 100; 3) Terdapat dampak dari perceraian orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (P-AI) di kelas VII dan VIII MTs Asysyifaa Cidolog dengan nilai korelasi sebesar 0,430, dengan uji keberartian satu arah adalah 2,037 karena thitung (4,815) lebih besar dari ttabel (2,037) signifikan pada taraf 0,01. Variabel terhadap motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) jdi kelas VII dan VIII MTs Asysyifaa Cidolog di pengaruhi sebesar 9,7% oleh frekuensi perceraian orang tua
PENGARUH PERSEPSI SISWA DALAM PENERAPAN SISTEM FULL DAY SCHOOL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PERMATASARI, ITA; Herlina, N Hani; Selamet, Selamet
Bestari | Jurnal Studi Pendidikan Islam Vol 14 No 2 (2017): Studi Pendidikan Islam
Publisher : Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Darussalam (IAID), Ciamis, Jawa Barat, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menggali pengaruh persepsi siswa dalam penerapan sistem Full day School terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X SMA Negeri 1 Ciamis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dengan menyebar angket, dokumentasi dan wawancara, dan adapun data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian disimpulkan sebagi berikut: 1) Persepsi siswa kelas X SMA Negeri 1 Ciamis dalam penerapan sistem Full Day School mencapai 72,55. Hal ini menunjukkan bahwa persepsi siswa dalam penerapan sistem Full Day School berada pada kualifikasi tinggi karena berada pada 59 – 79; 2) Prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Ciamis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam mencapai 72,20. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar belajar siswa berada pada kualifikasi tinggi karena berada pada kualifikasi tinggi karena berada pada rentang 59 -79; 3) Pengaruh persepsi siswa dalam penerapan sistem Full day School terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X SMA Negeri 1 Ciamis diketahui nilai R squared-nya yaitu sebesar 0,001, artinya variabel X mempengaruhi variabel Y Sebesar 0,01%. Masih terdapat pengaruh variabel lain sebesar 99,9% terhadap variabel Y selain variabel X dan ditunjukkan oleh nilai korelasi penulis memperoleh koefisien korelasi antara variabel X dengan variabel Y sebesar 0,041 > 0,05. Maka H0 diterima dan nilai koefisien korelasinya sebesar 0,041 ini tergolong pada interpretasi hampir tidak ada korelasi karena berada pada rentang 0,00 – 0,20.
PENGARUH OPTIMASI OTAK KANAN TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIKIH (Penelitian di MTs Al-Istiqomah Sukajaya Desa Sukajaya Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis) FATIMAH, DUROTUL; HUSNI, H; PASHA, RAYI
Bestari | Jurnal Studi Pendidikan Islam Vol 14 No 2 (2017): Studi Pendidikan Islam
Publisher : Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Darussalam (IAID), Ciamis, Jawa Barat, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap tentang pengaruh optimasi otak kanan terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MTs Al-Istiqomah Sukajaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Pre-Experimental Design dan model penelitian One Group Pretest-posttest. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan dokumentasi. Data-data yang terkumpul lalu dianalisis dengan teknik statistik deskriptif untuk melihat nilai rata-rata dan statistik inferensial dengan uji test of normality, uji t berpasangan dan uji t parsial. Setelah melakukan analisis data, penulis memperoleh beberapa hasil penelitian, yaitu: (1) Minat belajar peserta didik sebelum mengikuti pembelajaran dengan optimasi otak kanan pada mata pelajaran Fikih di MTs Al-Istiqomah sukajaya tergolong cukup, karena kualitas penilaiannya adalah sebesar 2,98 yakni terdapat pada jarak interval 2,5 – 3,5. (2) Minat belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan optimasi otak kanan pada mata pelajaran Fikih di MTs Al-Istiqomah sukajaya tergolong tinggi karena kualitas penilaiannya adalah sebesar 4,16 yakni terdapat pada jarak interval 3,5 – 4,5. (3) Penggunaan optimasi otak kanan memiliki pengaruh positif terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih di MTs Al-Istiqomah Sukajaya dengan diperoleh nilai thitung =4,821 > ttabel 2,048 dengan nilai Sig 0,000 < 0,05.
IMPLEMENTASI METODE QIRO’ATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS ALQURAN BAGI SISWA MADRASAH DINIYAH HIDAYATUL MUBTADIIN DESA KIARAPAYUNG KECAMATAN RANCAH KABUPATEN CIAMIS WASIAH, AAH; ROHMAN, AHMAD ABDUR; AZIS, ABDUL
Bestari | Jurnal Studi Pendidikan Islam Vol 14 No 2 (2017): Studi Pendidikan Islam
Publisher : Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Darussalam (IAID), Ciamis, Jawa Barat, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengungkap implementasi metode qiro’ati dalam meningkatkan kemampuan baca tulis alquran bagi siswa Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadiin Desa Kiarapayung Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut: Implementasi metode qiro’ati dalam pembelajaran berhasil meningkatkan kemampuan baca tulis Alquran siswa. Kelemahan implementasi metode qiroati dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Alquran adalah waktu penyelesaian 6 jilid qiro’ati yang membutuhkan waktu cukup lama, keistiqomahan dalam menghadiri pengajian, dan perlunya dukungan dari orang tua. Kegiatan pengajian hanya dilakukan satu pertemuan dalam satu hari, sehingga untuk segera mencapai target agak kesulitan. Implementasi metode qiro’ati, tidak berdasarkan pada usia siswa, tapi berdasarkan kemampuan awal siswa dalam membaca dan menulis alquran sebelum belajar dengan menggunakan metode qiro’ati.

Page 1 of 1 | Total Record : 7