cover
Contact Name
tedy ardiansyah
Contact Email
tedy.ardiansyah@unindra.ac.id
Phone
+6287728003460
Journal Mail Official
tedy.ardiansyah@unindra.ac.id
Editorial Address
Jl. Nangka no.58 C (TB Simatupang), kelurahan tanjung barat kecamatan jagakarsa jakarta selatan 12530
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal USAHA
ISSN : -     EISSN : 27462471     DOI : 10.30998
Business entrepreneurship Entrepreneurship kontekstual : Social entrepreneurship Public entrepreneurship Political entrepreneurship Ethnic entrepreneurship Agripreneurship Agropreneurship Rural entrepreneurship Urban entrepreneurship Minority entrepreneurship Spiritual entrepreneurship Economy entrepreneurship
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2022): Juni" : 5 Documents clear
MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN BAKSO ACI MAS JAY BANDUNG MELALUI SOCIAL MEDIA MARKETING DAN BRAND AWARENESS Ani Solihat; Alghani Maulana; Andry Trijumansyah; Ridwan Ridwan; Djunarto Djunarto
Jurnal USAHA Vol 3, No 1 (2022): Juni
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v3i1.1031

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh social media marketing dan brand awareness terhadap minat beli konsumen pada Bakso Aci Mas Jay. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survey dengan mengambil objek penelitian 100 responden. Kesuksesan marketing melewati social media yang semakin berkembang akhir-akhir ini membuktikan dalam pentingnya kehadiran social media dalam proses marketing yang membuat konsumen menjadi lebih mudah serta dimanjakan dalam bentuk apapun. Di Indonesia sendiri, proses marketing pada social media menggambarkan suatu perkembangan yang pesat dikarenakan mudah, serta terjangkau dan akan menghemat dalam segi biaya dan waktu bagis semua kalangan. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu menganalisis tentang pengaruh social media marketing dan brand awareness terhadap minat beli konsumen bakso aci mas jay baik secara silmultan maupun secara parsial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian yaitu masyarakat kota bandung yang mengetahui bakso aci mas jay sedangkan sampelnya menggunakan teknik non probabilitas sampling. Data dikumpulkan dengan perangkat kuesioner, menggunakan metode kuantitatif dengan analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa variabel social media marketing dan brand awareness berpengaruh signifikan baik secara simultan maupun secara parsial terhadap minat beli konsumen bakso aci mas jay bandung. Variabel yang dominan memengaruhi minat beli konsumen Bakso Aci Mas Jay adalah variabel brand awareness.
PARADIGMA KESUKSESAN WIRAUSAHA STARTUP DI INDONESIA joned Ceilendra Saksana
Jurnal USAHA Vol 3, No 1 (2022): Juni
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v3i1.1104

Abstract

Perusahaan rintisan atau startup menjadi kunci utama dalam pergerakan ekonomi saat ini dimana sangat tepat dengan situasi pandemik yang mewabah diseluruh dunia termasuk Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor apa saja dalam mendukung kesuksesan wirausaha startup di Indonesia. Metode yang digunakan adalah pendekatan riset kualitatif deskriptif dimana data yang diambil berasal dari data riset kuantitatif sebelumnya. Konstruk teori didukung dengan empiris dan scientific research. Hasil dari riset menjawab hipotesis mengalami perubahan bahwa selama ini modal, sumber daya manusia, regulasi, pasar, strategi serta fasilitas tidak menjadi lagi bagian utama dalam menunjang kesuksesan startup. Variabel seperti inovasi produk, fokus usaha, pola atau model usaha, prestasi atau kinerja usaha, kelompok atau tim yang hebat serta timing waktu dalam meluncurkan produk. Variabel baru tersebut sangat mendukung kesuksesan wirausaha startup di Indonesia.
BERANI DAN TANGGUH SEBAGAI MODAL UTAMA BERWIRAUSAHA Masayu Endang Apriyanti
Jurnal USAHA Vol 3, No 1 (2022): Juni
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v3i1.962

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pentingnya keberanian dan ketangguhan yang dimiliki meyakinkan seseorang masuk ke dunia bisnis. Namun porsi keberanian dan ketangguhan orang tentunya berbeda, sehingga, jika ada sekelompok orang merasa memiliki sikap berani dan Tangguh, namun pada akhirnya hanya orang tertentu saja yang serius memilih berbisnis, mampu bertahan bahkan bisa terus memenangkan persaingan bisnisnya. Metode penelitian dilakukan secara deskriptif melalui studi pustaka, literatur, juga melalui pengamatan langsung kepada kelompok pengusaha kecil dan menengah di beberapa wilayah secara random. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa keberanian dan ketangguhan sungguh dua modal utama yang harus dimiliki setiap orang yang ingin berkecimpung menjadi wirausaha atau menjadi pebisnis yang sukses.
ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN DALAM SEKTOR BISNIS PROPERTI DI MASA PANDEMI COVID-19 Hasan Al Farisi; Bambang Hermanto; Pratami Wulan Tresna
Jurnal USAHA Vol 3, No 1 (2022): Juni
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v3i1.868

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengedentifikasi gaya kepemimpinan yang digunakan oleh pengusaha sukses di sektor bisnis properti serta dampak gaya kepemimpinannya dalam menghadapi pandemi Covid-19 bagi karyawan-karyawannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif serta data primer yaitu data yang diperoleh berasal dari narasumber utama yang diwawancarai untuk menjawab secara eksplisit permasalah yang diangkat di dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan demokratis dan transaksional digunakan oleh narasumber sebagai cara untuk menghadapi pandemi Covid-19 dan menjaga agar perusahaan tetap dalam kondisi baik walau lingkungan sedang tidak baik-baik saja. Kesimpulan menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan demokrasi dapat dijadikan metode yang ideal dalam menyelesaikan persoaalan yang tak terduga seperti Covid-19 sehingga seluruh elemen anggota perusahaan terlibat dalam pencarian solusi terbaik bersama-sama.
EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL “INSTAGRAM” YANG DILAKUKAN OLEH UMKM REFIZA Elisa Ayu Saffitri; Endah Widati
Jurnal USAHA Vol 3, No 1 (2022): Juni
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v3i1.1105

Abstract

Media sosial merupakan suatu interaksi sosial antara individu untuk berkomunikasi, berpartisipasi, mencari informasi, saling berbagi bertukar informasi dan membentuk hubungan atau jaringan secara online. Instagram merupakan salah satu media sosial yang berfokus pada penggunaan gambar dan video selain itu, cara menggunakannya juga cukup mudah dan tidak memerlukan biaya yang besar, maka dari itu Instagram dapat menjadi solusi yang tepat sebagai media pemasaran. Sudah banyak pebisnis atau penjual yang menggunakan wadah Instagram untuk berjualan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pengguna profil bisnis Instagram di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode evaluasi yang bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidaknya komunikasi pemasaran melalui media sosial Instagram yang dilakukan oleh UMKM produk Pakaian Wanita “Toko Refiza”. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis triangulasi untuk menguji keabsahan data yang diperoleh dan matriks aktivitas kegiatan pemasaran yaitu bauran pemasaran melalui media sosial. Narasumber dari penelitian ini adalah pemilik usaha Toko Refiza. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah belum efektifnya media sosial Instagram Toko Refiza karena hasil menunjukkan bahwa kontribusi penjualan yang didapat dari pemanfaatan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran (promosi) hanya sebesar 17,1% dari total penjualan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5