cover
Contact Name
tedy ardiansyah
Contact Email
tedy.ardiansyah@unindra.ac.id
Phone
+6287728003460
Journal Mail Official
tedy.ardiansyah@unindra.ac.id
Editorial Address
Jl. Nangka no.58 C (TB Simatupang), kelurahan tanjung barat kecamatan jagakarsa jakarta selatan 12530
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal USAHA
ISSN : -     EISSN : 27462471     DOI : 10.30998
Business entrepreneurship Entrepreneurship kontekstual : Social entrepreneurship Public entrepreneurship Political entrepreneurship Ethnic entrepreneurship Agripreneurship Agropreneurship Rural entrepreneurship Urban entrepreneurship Minority entrepreneurship Spiritual entrepreneurship Economy entrepreneurship
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2023): Juni" : 10 Documents clear
MENGEMBANGKAN HOBI MENJADI PELUANG BISNIS GARLID ADVENTURE Endah Putri Lestari; Ahmad Nadzaruddin; Irma Santika; Muthia Rahman; Usmirah -; Rita Ningsih
Jurnal USAHA Vol 4, No 1 (2023): Juni
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v4i1.1605

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa peluang usaha yang dijalankan bisa dimulai dari hobi yang biasanya kita lakukan. Melalui hobi yang dimiliki dengan mengembangkannya bisa dijadikan sebuah usaha yang menghasilkan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode kualitatif dan data primer. Hal ini dikarenakan data diperoleh melalui hasil observasi langsung dengan objek yang penulis teliti serta memperoleh sumber data dari wawancara secara langsung dengan pihak terkait pemilik usaha Garlid Adventure. Dalam mengembangkan hobi diperlukan adanya Percaya dan yakin bahwa usaha dapat dilaksanakan, Mau menerima gagasan, semangat kerja yang tinggi, Mampu berkomunikasi dengan baik, Bertanya pada diri sendiri, Mau mendengarkan saran orang lain. Peluang usaha juga harus dipersiapkan dengan matang. Jangan sampai peluang usaha hilang begitu saja hanya karena kecerobohan semata. Beberapa persiapan yang dapat dilakukan antara lain meneliti luas usaha yang dipilih, bentuk usaha, jenis usaha yang ditekuni, mengenal informasi usaha yang diterima, dan memiliki peta peluang usaha yang menguntungkan. Melalui penelitian yang dilakukan pada usaha Garlid Adventure meskipun tergolong UMKM tetapi,  usaha ini terbilang sukses hingga mempunyai beberapa cabang di berbagai kota, yakni Garlid Yogyakarta, Garlid Depok, Garlid Bojong, Garlid banten, Garlid Depok dua. 
The Influence of Entrepreneurship Education, Entrepreneurial Knowledge and Entrepreneurial Inspiration on Generation Z’s Entrepreneurial Intention Khalifah Sholihah; Agus Wibowo; Karunia Dianta
Jurnal USAHA Vol 4, No 1 (2023): Juni
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v4i1.1838

Abstract

This study aims to examine the effect of entrepreneurship education on students' entrepreneurial intentions, as well as examine the mediating role of entrepreneurial knowledge and entrepreneurial inspiration. This study uses primary data obtained from a sample of 192 students at SMAN 108 Jakarta. In addition, the analytical method used in this study is SEM-PLS analysis method. The findings of this study strengthen the study of the influence of entrepreneurship education both directly and indirectly through entrepreneurial knowledge and entrepreneurial inspiration on entrepreneurial intentions. In addition, it found direct and indirect effects of entrepreneurship education on entrepreneurial intentions through entrepreneurial knowledge and entrepreneurial inspiration. This research was limited to one school and with limited variables, there are entrepreneurship education, entrepreneurial knowledge, entrepreneurial inspiration and entrepreneurial intention. The findings of this study provide insight into increasing entrepreneurial intentions by increasing the effectiveness of learning entrepreneurship education in schools.
Strategi pemasaran dan promosi produk dalam meningkatkan bisnis online shop Anggi Wulandari Nariyah; Tedy Ardiansyah
Jurnal USAHA Vol 4, No 1 (2023): Juni
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v4i1.1905

Abstract

Studi ini bermaksud untuk bisa meningkatkan bisnis online shop dan strategi pemasaran dan promosiproduk yang tepat. Demi memperkenalkan, mempromosikan, dan memasarkan produk mereka padakonsumen sebagai calon konsumen, maka pihak penjual atau produsen harus mempromosikan produkmereka sebagai satu dari sekian upaya pemasaran. Pemasaran online ialah teknik marketing yangdijalankan dengan memanfaatkan jaringan internet, lewat satu website, media sosial,iklan,blog.Manfaatnya pun banyak dirasakan oleh para pebisnis sebab diera sekarang ini pengguna medsos,situsweb,ataupun aplikasi berbasis internet selalu meningkat.Online shop lazimnya lewat media sosial untukaktivitas pembelian barang dan jasa.Online shop sangat mempermudah dalam melakukan interaksipembelian tanpa bertatap muka dengan penjual pembeli bisa menanyakan harga atau pertanyaan apapunterkait produk pada penjual secara langsung.Jenis studi ini ialah studi kualitatif.Teknik pengumpulan datamemakai pengolahan data dari artikel,jurnal ataupun buku,dan data sekunder diambil dari sejumlahmaklumat yang sudah ada sebelumnya dengan sengaja dihimpun oleh peneliti yang dipakai untukmemaksimalkan kebutuhan data penelitianKata kunci :strategi pemasaran online,promosi produk,online shop
EVALUASI STRATEGI PEMASARAN DALAM USAHA MIKRO WARUNG KOPI JAMBU Tasya Mahira; Hanna Alia; Annisa Salsabila; Trie Ananda Harwiya; Celia Nurul Amalina; Muhammad Ivan Noor Salim; Rita Ningsih; Westri Andayanti
Jurnal USAHA Vol 4, No 1 (2023): Juni
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v4i1.1599

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif dan efisien strategi pemasaran yang telah dijalankan oleh pemilik usaha mikro Warung Kopi Jambu. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumen. Selain itu, metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode evaluasi kualitatif. Setelah melakukan analisis dan evaluasi strategi pemasaran yang diterapkan pada usaha mikro Warung Kopi Jambu dapat ditarik simpulan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh usaha mikro Warung Kopi Jambu di daerah Depok belum efektif. Hal ini disebabkan karena pandemi covid-19 (tahun 2020-2021) yang mengakibatkan penjualan pada usaha mikro Warung Kopi Jambu mengalami penurunan sehingga hasil perhitungan penjualan menjadi belum stabil. Analisis VRIO dengan kinerja diatas normal yaitu sumber daya letak geografis dan sumber daya produk. Analisis PESTLE yang menjadi peluang dilihat dari segi ekonomi, sosial, dan legalitas.
PERAN KEPUASAN KERJA DAN FAKTOR LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA BANK MTP FRYDA AULIA WARDANI; Tedy Ardiansyah
Jurnal USAHA Vol 4, No 1 (2023): Juni
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v4i1.1906

Abstract

Bukan seberapa keras atau baik seseorang bekerja, yang menentukan kepuasan kerja, tetapi inisiatif tinggi dalam menajalankan setiap pekerjaannya. Faktor lingkungan kerja seperti suasana kerja, fasilitas, dan dukungan dari rekan kerja dan manajemen juga dapat mempengaruhi kinerja karyawan. Suasana kerja yang menyenangkan dan ruang yang memadai dapat meningkatkan produktivitas karyawan dan meminimalkan tingkat absensi atau turnover karyawan. Dari hasil Penelitian yang sudah dilakukan pada Bank MTP (Bank Mandiri Taspen Pasuruan) dengan metode penelitian kuantitatif yang menggunakan metode pengumpulan data kuesioner. Kepada karyawan pada Bank MTP untuk mencari informasi yang akan diteliti dengan jumlah responden hanya 31. Terdapat uji t dan uji F, analisis frekuensi, uji validasi dan juga determinasi. Hasil dari penelitian ini diproses melalui penggunaan program SPSS Versi 25.  sehingga dapat disimpulkan bahwa persentase jenis kelamin responden 58,1% laki-laki sedangkan yang berjenis kelamin perempuan 41,9%. Uji validitas dari aspek jenis kelamin, pendidikan, lama bekerja dan juga jabatan semua hasilnya Valid. Secara segmental kepuasan kerja mepunyai efek tinggi terhadap kinerja karyawan tetapi faktor lingkungan kerja malah sebaliknya. Karena kedua variabel bebas mempengaruhi kinerja pekerja secara bersamaan, hasilnya signifikan.
ANALISIS SWOT PADA USAHA MIKRO KECIL,DAN MENENGAH (UMKM)" DONATOCHI" Restu Adhitama Putra; Cristiana dewi; Restu habiba; Rifa Zahra; Sabilla Ayuning Lalistya; Sayyida nafisa; Rita ningsih
Jurnal USAHA Vol 4, No 1 (2023): Juni
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v4i1.1607

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) pada UMKM “Donatochi” yang digeluti oleh Ibu Farah yang bertempat tinggal di Pondok Kopi, Jakarta Timur. Usaha “Donatochi” adalah salah satu UMKM yang bergerak di bidang kuliner, khususnya roti dan juga donat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Penelitian ini diharap dapat memenuhi rasa ingin tahu penulis terhadap analisis SWOT pada usaha “Donatochi”.Kata kunci: Analisis SWOT, UMKM
PENGARUH PENGEMBANGAN KARIR DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PT KNA Vivi Setiya Anggraini; Tedy Ardiansyah
Jurnal USAHA Vol 4, No 1 (2023): Juni
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v4i1.1922

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana karyawan PT Keong Nusantara Abadi mengembangkan karir mereka dan mendorong mereka untuk mempertahankan pekerjaan mereka. Memengaruhi kepuasan kerja mereka. Kami juga ingin tahu bagaimana motivasi kerja memengaruhi kepuasan karyawan. Data kuantitatif digunakan dalam studi asosiatif kasual ini. Lima puluh pekerja PT. Keong Nusantara Abadi melakukan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan skala Likert dan program SPSS 22 untuk menganalisis data kuesioner. Kami juga menggunakan validitas, koefisien determinasi, uji rehabilitasi, dan satu set analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh; tingkat signifikansi 0,074 lebih besar dari 0,05, dan nilai t tabel 1,825 lebih besar dari 0,287. Oleh karena itu, benar untuk mengatakan bahwa "Pengembangan karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan" dan juga benar untuk mengatakan bahwa "Pengembangan karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja", karena motivasi kerja dan kemajuan karir mempengaruhi kepuasan kerja. 
ANALISIS PENGELOLAAN USAHA PRODUK KECANTIKAN PADA LADY BEAUTY HOUSE Annisa Nada Nabilah; Burhanudin Burhanudin; Dona Fitria
Jurnal USAHA Vol 4, No 1 (2023): Juni
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v4i1.1847

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Lady Beauty House memulai, mengelola dan mempertahankan usahanya ditengah persaingan bisnis kosmentik, skin care dan body care di Indonesia Penelitan ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang menggunakan observasi dan wawancara serta studi dokumentasi untuk mengumpulkan datanya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis triangulasi dan analisis deskriptif. Hasil penelitia Manajemen pengelolaan usaha yang dilakukan oleh pemilik usaha Lady Beauty  House masih sangat sederhana dan juga belum memperhatikan praktik bisnis yang semestinya walaupun pemanfaatan internet sebagai aktivias digital marketing sudah dilakukan melalui media sosial dan juga platform marketspace seperti shopee. Hasil juga menunjukkan bahwa saat ini usaha Lady Beauty House rata-rata penjualan kotor naik sebesar 50% sedangkan rata-rata pendapatan bersih mencapai 38%
PENGARUH STRATEGI PROMOSI DAN JUMLAH OUTLET TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN LEPAS PT XYZ Dipa Teruna; Asyari Asyari; Suadi Sapta Putra
Jurnal USAHA Vol 4, No 1 (2023): Juni
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v4i1.1952

Abstract

Terdapat beberapa permasalahan yang sering muncul dalam upaya peningkatan penjualan mulainya kurangnya pemahaman pasar sampai dengan masalah dalam rantai pasokan sehingga selalu mengganggu target penjualan. Tujuan penelitian ini adalah mengkonfirmasi dari penelitian sebelumnya antara variabel strategi promosi, jumlah outlet terhadap peningkatan penjualan. Metode penelitian menggunakan kuantitatif riset dengan pendekatan riset survey dengan memberikan angket terhadap pimpinan perusahaan PT XYZ sebanyak 40 responden dari berbagai lokasi. Hasil riset memberikan gambaran bahwa strategi promosi memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan (t hitung = 10,441, sig < 0,05), begitu pula dengan jumlah outlet (t hitung = 9,487, sig < 0,05). Uji statistik juga menunjukan untuk kedua variabel secara simultan memberikan dampak positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan (F hitung > F tabel, sig < 0,05). Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pemahaman tentang hubungan antara strategi promosi, jumlah outlet dan peningkatan penjualan di PT XYZ. Implementasi riset ini akandapat digunakan sebagai panduan perusahaan dalam meningkatkan peningkatan penjualan melalui variabel strategi promosi dan jumlah outlet yang berada dimasing-masing lokasi.
PENGARUH KOMPENSASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEKERJA HARIAN LEPAS PT BTA Rifki Bahrul Ulumudin; Tedy Ardiansyah
Jurnal USAHA Vol 4, No 1 (2023): Juni
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/juuk.v4i1.1891

Abstract

Secara umum kompensasi dan disiplin kerja dapat memengaruhi kinerja pekerja, namun pada beberapa perusahaan variabel ini ternyata tidak berpengaruh pada kinerja pekerja. Sehingga gap riset ini menjadi menarik untuk diketahui lebih lanjut. Studi ini dilakukan dengan riset asosiatif kausal melalui pendekatan kuantitatif. Detail akumulasi data diterima dari  penyebaran kuesioner kepada 85 pekerja harian lepas PT Buana Tirta Abadi (BTA) melalui teknik probabilitas samping yaitu random sampling. Hasil riset memberikan gambaran bahwa t hitung dari kompensasi sangat efektif dalam memengaruhi kinerja pekerja yaitu 2,272 lebih tinggi dari t tabel dan signifikan dibawah 0,05. Begitupun t hitung dari variabel disiplin kerja dalam memengaruhi kinerja pekerja yaitu 9,014 lebih tinggi dibanding t tabel dengan sig dibawah 0,05. Selain itu,  F hitung keduanya menunjukan skor yang lebih tinggi dibanding F tabel dengan sig dibawah 0,05. Artinya kedua variabel ini juga memberikan pengaruh yang efektif dan signifikan secara bersamaan kepada kinerja pekerja harian lepas PT Buana Tirta Abadi (BTA).

Page 1 of 1 | Total Record : 10