cover
Contact Name
-
Contact Email
jmmb@umj.ac.id
Phone
+6285717985227
Journal Mail Official
jmmb@umj.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jl. KH. Ahmad Dahlan Cirendeu, Ciputat, Jakarta. Kode Pos 15419.
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (JMMB)
ISSN : 27164152     EISSN : 27219062     DOI : 10.24853/jmmb
Core Subject : Economy,
Manajemen Strategis, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasi, Perilaku Organisasi, Kewirausahaan, serta Keuangan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2023): Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (JMMB)" : 5 Documents clear
PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN E-TRUST TERHADAP E-SATISFACTION DAN E-LOYALTY NASABAH PENGGUNA MOBILE BANKING BPD DIY Dhiajeng Aroma Gunawan; Yuni Istanto; Titik Kusmantini
JURNAL MUHAMMADIYAH MANAJEMEN BISNIS Vol 4, No 2 (2023): Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (JMMB)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/jmmb.4.2.9-16

Abstract

ABSTRAKM-banking BPD DIY merupakan fasilitas layanan perbankan digital yang dapat digunakan oleh nasabah untuk melakukan transaksi keuangan secara online. Penelitian ini berkaitan dengan kepuasan nasabah dan loyalitas elektronik dengan menggunakan M-banking BPD DIY yang menarik untuk diulas karena terkait dengan keberhasilan sistem informasi perbankan dalam hal kualitas layanan elektronik dan kepercayaan elektronik yang dirasakan nasabah selama mengadopsi mobile banking. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan serangkaian pengujian hipotesis penelitian. Penelitian ini melibatkan 350 responden dari pelanggan yang berada di BPD DIY Pembatu Tempel cabang Sleman yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner secara offline. Kuesioner yang diperoleh kemudian diolah menggunakan analisis SEM-PLS dengan bantuan aplikasi statistik SmartPLS versi 3.2.9. Penelitian ini berhasil menemukan bahwa E-Satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap E-Loyalty, E-Service Quality & E-Trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap E-Satisfaction & E-Loyalty nasabah pengguna m-banking BPD DIY. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kepuasan dan loyalitas nasabah m-banking BPD DIY akan meningkat apabila kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap m-banking BPD DIY dapat ditingkatkan. Nasabah yang memiliki kepuasan tinggi terhadap m-banking BPD DIY akan lebih sering menggunakan aplikasi tersebut sehingga loyalitas nasabah akan meningkatKata kunci: M-banking BPD DIY, E-Satisfaction, E-Loyalty, E-Service Quality & E-TrustABSTRACTM-banking BPD DIY is a digital banking service facility that can be used by customers for online financial transactions. This research relates to customer satisfaction and electronic loyalty using BPD DIY M-banking which is interesting to review because it is related to the success of banking information systems in terms of electronic service quality and electronic trust felt by customers while adopting mobile banking. This research uses quantitative methods by conducting a series of research hypothesis testing. This study involved 350 respondents from customers located at BPD DIY Pembatu Tempel Sleman branch who were obtained by distributing questionnaires offline. The questionnaires obtained were then processed using SEM-PLS analysis with the help of the SmartPLS version 3.2.9 statistical application. This study managed to find that E-Satisfaction has a positive and significant effect on E-Loyalty, E-Service Quality & E-Trust has a positive and significant effect on E-Satisfaction & E-Loyalty customers using m-banking BPD DIY. Based on the results of the study, it was shown that m-banking BPD DIY customer satisfaction and loyalty would increase if the quality of service and trust in m-banking BPD DIY could be increased. Customers who have high satisfaction with BPD DIY m-banking will use the application more often so that customer loyalty will increase.Keywords: M-banking BPD DIY, E-Satisfaction, E-Loyalty, E-Service Quality & 
PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR (OCB) KARYAWAN MILENIAL (STUDI KASUS DI KOTA TANGERANG SELATAN) Muhammad Yusuf; Cecep Haryoto
JURNAL MUHAMMADIYAH MANAJEMEN BISNIS Vol 4, No 2 (2023): Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (JMMB)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/jmmb.4.2.17-26

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja dan iklim organisasi terhadap organizational citizenship behaviour (OCB) karyawan milenial di Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif, dengan jumlah responden sebanyak 97 orang karyawan milenial di Kota Tangerang Selatan. Pengumpulan data dengan kuesioner melalui google form dan pengambilan sampel dengan teknik Sample Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behaviour (OCB) karyawan milenial di Kota Tangerang Selatan, (b) iklim organisasi berpengaruh terhadap organizational citizenship behaviour (OCB) karyawan milenial di Kota Tangerang Selatan, dan (c) kepuasan kerja dan iklim organisasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap organizational citizenship behaviour (OCB) karyawan milenial di Kota Tangerang Selatan.
FIRM GROWTH, RETURN ON ASSET DAN EXCHANGE RATE TERHADAP CAPITAL STRUCTURE Azimah Hanifah; Litdia Litdia; Gilang Pandu palagan; Dini Hadiato
JURNAL MUHAMMADIYAH MANAJEMEN BISNIS Vol 4, No 2 (2023): Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (JMMB)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/jmmb.4.2.27-36

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Struktur modal terhadap Pertumbuhan Perusahaan, Return on Asset dan nilai Tukar pada Perusahaan sub sektor Konstruksi dan Bangunan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) periode 2014 – 2020. Hal mendasar dalam penelitian ini adalah melihat kinerja perusahaan BUMN sub sektor Konstruksi dan bangunan yang terdiri dari 4 perusahaan yaitu PT. Adhi Karya, PT Pembangunan Perumahan, PT. Wijaya Karya dan PT Waskita Karya. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Berganda menggunakan SPSS versi 20. Hasil peneliiian ini telihat  bahwa variabel Pertumbuhan perusahaan berpengaruh negatif dan tidak signifikan, Return On Asset berpengaruh negatif dan signifikan sedangkan kurs berpengaruh positif dan tidak signifikan. R square diperoleh sebesar 53,5% artinya 46,5% dari Struktur modal dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini.Kata kunci: struktur modal, pertumbuhan penjualan, Return on Asset, Nilai TukarABSTRACTThis research aims to analyze the effect of capital structure on company growth, return on assets, and exchange rates in construction and building sub-sector companies of state-owned enterprises (BUMN) for the period 2014-2020. The fundamental thing of this study is to look at the performance of state-owned companies in the construction sub-sector and buildings consisting of 4 companies, namely PT. Adhi Karya, PT Housing Development, PT. Wijaya Karya and PT Waskita Karya. The analytical method used in this research is Multiple Regression Analysis using SPSS version 20. This research shows that the company growth variable has a negative and insignificant effect, and Return on Assets has a negative and significant effect. In contrast, the exchange rate has a positive and not significant effect. R square obtained by 53.5% means 46.5% of the capital structure is influenced by other factors that are not included in this studyKeywords: Capital structure,  Firm  Growth, Return on Asset, Exchange Rate
PENGARUH PENGALAMAN KONSUMEN DAN LABEL HALAL TERHADAP MINAT BELI ULANG MELALUI KEPUASAN KONSUMEN Moh. Zadul Washil; Mochammad Farid Afandi; Sumani Sumani
JURNAL MUHAMMADIYAH MANAJEMEN BISNIS Vol 4, No 2 (2023): Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (JMMB)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/jmmb.4.2.37-50

Abstract

Mixue merupakan salah satu brand dari sekian banyak industri Food and Beverage (F&B) yang berkembang pesat di Indonesia. Keberhasilan suatu bisnis atau usaha berkaitan erat dengan kemampuan manajemen pemasaran yang baik. Salah satu strategi dalam manajemen pemasaran adalah dengan mempelajari perilaku konsumen. Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena yang berkaitan dengan perilaku konsumen dimana tidak sedikit konsumen yang melakukan pembelian produk Mixue dengan kurang memperhatikan adanya Label Halal pada kemasan. Tidak hanya itu, pengalaman yang dirasakan konsumen juga menjadi faktor yang menentukan dalam pengaruhnya terhadap Minat Beli Ulang. Maka dari itu, hal yang dikaji dalam penelitian ini mengenai pengaruh Pengalaman Konsumen dan Label Halal terhadap Minat Beli Ulang melalui Kepuasan Konsumen Mixue di Kabupaten Jember.Penelitian ini bertujuan untuk menguji, menganalisis dan membahas apakah Pengalaman Konsumen dan Label Halal berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Ulang melalui Kepuasan Konsumen Mixue di Kabupaten Jember. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 97 responden. Jenis data pada penelitian ini adalah data kuantitatif atau data kualitatif yang dikuantitatifkan. Alat ukur yang digunakan yaitu skala Likert.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengalaman Konsumen berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, Label Halal berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, Pengalaman Konsumen berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Ulang, Label Halal tidak berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Ulang, dan terakhir Kepuasan Konsumen berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Ulang.
PENGARUH PERCEIVED TRANSACTION CONVENIENCE DAN PERCIEVED RISK TERHADAP BEHAVIOURAL INTENTION DIMEDIASI OLEH PERSONAL INNOVATIVENESS Wisnalmawati Wisnalmawati; Fathir Arya Dimas; Yuni Istanto
JURNAL MUHAMMADIYAH MANAJEMEN BISNIS Vol 4, No 2 (2023): Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (JMMB)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/jmmb.4.2.1-8

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi berupa QRIS dapat mempermudah transaksi keuangan secara elektronik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis minat sebagai pedagang di Pasar yang akan mengadopsi QRIS. Variabel yang digunakan yaitu perceived transaction convenience dan perceived risk sebagai independent dan personal innovativeness sebagai mediasi. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif, pengujian hipotesis dengan analisis SEM-PLS. Sampel yang digunakan sebanyak 200 nasabah Bank  sebagai pedagang di Pasar. Hasil penelitian menunjukan bahwa perceived transaction convenience berpengaruh positif dan tidak signifikan, perceived risk berpengaruh negatif dan tidak signifikan. Personal innovativeness sebagai mediasi yang dapat meningkatkan minat nasabah bank sebagai  pedagang pasar yang mengadopsi QRIS. Personal innovativeness merupakan kebaruan penelitian ini. Peelitianni berkontibusi secara teoritis dan praktisKata kunci: Perceived Transaction Convenience, Perceived Risk, Personal Innovativeness, Behavioural Intention, & QRIS. ABSTRACTTechnological developments in the form of QRIS can facilitate electronic financial transactions. The purpose of this study is to analyze interest as traders in the market who will adopt QRIS. The variables used are perceived transaction convenience and perceived risk as independent and personal innovativeness as mediation. The method used is quantitative, hypothesis testing with SEM-PLS analysis. The samples used were 200 Bank customers as market traders. The results showed that perceived transaction convenience has a positive and insignificant effect, perceived risk has a negative and insignificant effect. Personal innovativeness as a mediation that can increase the interest of bank customers as market traders who adopt QRIS. Personal innovativeness is the novelty of this research. This research contributes theoretically and practicallyKeywords: Perceived Transaction Convenience, Perceived Risk, Personal Innovativeness, Behavioural Intention, & QRIS.

Page 1 of 1 | Total Record : 5