cover
Contact Name
Iskandar Ahmaddien
Contact Email
admin@jurnaljesi.com
Phone
+6282185653585
Journal Mail Official
admin@jurnaljesi.com
Editorial Address
Griya Shanta Eksekutif P470 Lowokwaru, Malang, Indonesia 65141
Location
Kab. malang,
Jawa timur
INDONESIA
Berdikari : Jurnal Ekonomi dan Statistik Indonesia
Published by Future Science
ISSN : -     EISSN : 27770028     DOI : 10.11594/jesi
Core Subject : Economy,
Berdikari: Jurnal Ekonomi dan Statistik Indonesia (JESI) has aimed to present the progress and results of complex analyses in the economic, environmental, and social spheres. Our mission is to promote the official statistics as a tool supporting the decision making at the level of international organisations, central and local government authorities, as well as businesses. We contribute to the world debate and efforts in strengthening the bridge between theory and practice of the official statistics. We covered all scopes related to fields of economics, including (but not limited to) finances, fiscal, environment and natural resource, industrial organization, regional and urban economics, and international and trade, Business statistics, economic statistics, macroeconomics and microeconomics, and Financial Market Microstructure.
Articles 74 Documents
The Effect of Overeducation on Unemployment Duration in Indonesian Maya Friska; Arie Damayanti
Jurnal Ekonomi Dan Statistik Indonesia Vol 1 No 1 (2021): Berdikari: Jurnal Ekonomi dan Statistik Indonesia (JESI)
Publisher : Future Science

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.11594/jesi.01.01.01

Abstract

Unemployment has a negative impact on individuals. During the unemployment period, job seekers will use their money or assets savings and as long as the unemployment period is not over, the job seekers will need more money or assets in order to meet their needs during the unemployment period. The open unemployment rate (TPT) in Indonesia is more dominated by people with high school education and above indicating an oversupply of graduates with high education. This oversupply is one of the causes of the mismatch in the level of education or also referred to as overeducation. This study aims to determine the effect of overeducation on unemployment duration in Indonesia. This study uses the National Labor Force Survey Panel (SAKERNAS PANEL 2017) through a survival analysis approach with Cox Proportional Hazard Regression. The results showed that overeducation would extend the length of time someone was looking for work.
Pengaruh Kekayaan Rumah Tangga terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Ketimpangan: Studi Kasus Provinsi di Indonesia 2010-2019 Farida Nurkhayati Gumilang
Jurnal Ekonomi Dan Statistik Indonesia Vol 1 No 2 (2021): Berdikari: Jurnal Ekonomi dan Statistik Indonesia (JESI)
Publisher : Future Science

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.11594/jesi.01.02.06

Abstract

Kekayaan yang dimiliki oleh rumah tangga dapat diidentifikasikan sebagai kekayaan bersih rumah tangga yang terbentuk dari aset riil dan aset keuangan dikurangi hutang. Paper ini bertujuan untuk mendeskripsikan kekayaan rumah tangga dan jenis-jenisnya, lalu menganalisis pengaruh kekayaan rumah tangga terhadap pertumbuhan ekonomi dan ketimpangan provinsi di Indonesia periode 2010 hingga 2019. Metode estimasi yang digunakan adalah dengan regresi data panel. Hasil estimasi menunjukkan bahwa kekayaan rumah tangga signifikan berpengaruh terhadap pertumbuhan pendapatan riil per kapita yang merupakan proxy pertumbuhan ekonomi. Aset finansial berpengaruh positif terhadap pertumbuhan pendapatan riil per kapita, sedangkan kewajiban keuangan mempunyai dampak yang berlawanan. Semakin banyak beban hutang suatu rumah tangga, maka akan memperlambat pertumbuhan ekonomi. Ketimpangan distribusi pendapatan di Indonesia cukup stabil, sehingga kekayaan rumah tangga hanya mempunyai pengaruh yang kecil terhadap pengentasan ketimpangan. Aset finansial yang dimiliki oleh suatu rumah tangga berpengaruh positif terhadap ketimpangan, artinya aset finansial yang semakin tinggi hanya dikuasai oleh golongan masyarakat tertentu sehingga distribusi pendapatan semakin tidak merata.
Pengaruh Persepsi dan Minat Masyarakat Yogyakarta Terhadap Sikap Masyarakat dalam Wakaf Taufik Riza Mahendra
Jurnal Ekonomi Dan Statistik Indonesia Vol 1 No 1 (2021): Berdikari: Jurnal Ekonomi dan Statistik Indonesia (JESI)
Publisher : Future Science

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.11594/jesi.01.01.02

Abstract

Wakaf dalam peranannya di Indonesia memiliki potensi dan peranan terhadap pemberdayaan ekonomi kerakyataan Indonesia yang perlu terus dikembangkan. Sehingga, tujuan penelitian ini ialah untuk memberikan pengetahuan perkembangkan wakaf yang didasarkan pada analisis persepsi, minat, dan sikap masyarakat dalam berwakaf. Responden yang digunakan oleh peneliti berjumlah 60 masyarakat muslim Yogyakarta. Teknik analisi yang digunakan dalam penelitian adalah analisis deskriptif. Dari hasil penelitian, menunjukan adanya pengaruh persepsi dan minat terhadap sikap masyarakat Yogyakarta dalam berwakaf.
UMKM, Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan di Indonesia Avid Leonardo Sari; Irwandi Irwandi; Heru Rochmansjah Rochmansjah; Irfan Nurdiansyah; Diena Fanny Aslam
Jurnal Ekonomi Dan Statistik Indonesia Vol 1 No 1 (2021): Berdikari: Jurnal Ekonomi dan Statistik Indonesia (JESI)
Publisher : Future Science

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.11594/jesi.01.01.03

Abstract

Mempromosikan kesetaraan gender telah menjadi kenyataan yang diakui secara global dan dapat diterima. Masalah gender juga telah diidentifikasi sebagai hal yang penting untuk pencapaian tujuan pembangunan nasional. Bahkan, pencapaian kesetaraan gender tidak hanya dilihat sebagai tujuan itu sendiri, tetapi juga sebagai katalisator, dan sine-qua-non bagi pencapaian pembangunan berkelanjutan. Penelitian ini mencoba menilai tingkat pencapaian kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dengan menggunakan tiga indikator penting yaitu: partisipasi dalam pendidikan di tingkat dasar, menengah dan tinggi, pekerjaan dan pengambilan keputusan politik, memanfaatkan sumber data sekunder yang berharga. Studi ini menggunakan metode kualitatif yang dianalisis dengan pendekatan deksriptif. Narasumber adalah pemilik Cirebon Home Made. Inti masalah ketimpangan gender di Indonesia adalah dilema pemerintah Indonesia untuk mengambil keputusan untuk mengurangi masalah perluasan tingkat kapasitas yang diperlukan untuk meningkatkan kesempatan untuk mengakomodasi kebutuhan yang berbeda-beda dari keduanya. Para juga berpendapat bahwa pencapaian kesetaraan gender di Indonesia yang sudah dibatasi waktu, akan menjadi fatamorgana karena faktor penghambat multidimensi. Penelitian ini bertumpu pada aktualisasi kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan pada keinginan dan keniscayaan pendekatan pragmatis.
Internet dan Pengaruhnya Terhadap Pengangguran di Indonesia Tahun 2015-2019 Anna Kristiana Yunita
Jurnal Ekonomi Dan Statistik Indonesia Vol 1 No 1 (2021): Berdikari: Jurnal Ekonomi dan Statistik Indonesia (JESI)
Publisher : Future Science

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.11594/jesi.01.01.05

Abstract

The internet has two effects, whether it supports or will it reduce productivity which will have an impact on the unemployment rate. This study aims to examine the effect of the internet on the unemployment rate in Indonesia in 2015-2019. Panel data analysis with the Feasible generalized least square (FGLS) method using STATA software was used to solve the problem of not fulfilling the assumptions of normality and heteroscedasticity in this study. Based on the results of data processing, the proportion of internet users shows a positive and statistically significant sign. The coefficient value of the proportion of internet users is 0.4898; which means that an increase in the proportion of internet users by 1 percent will cause the open unemployment rate to increase by 0.4898 percent, assuming the other variables are fixed. It can be concluded that the higher the proportion of internet users in an area, the higher the area's open unemployment rate. This is because the use of the internet in Indonesia is still not fully used to increase the productivity of the population such as looking for jobs or improving skills through training so that the internet actually causes the unemployment rate to increase.
Pengaruh Financial Technology (Fintech) dalam Meningkatkan Produktivitas Ibu PKK Dengan Literasi Media (Studi Kasus : Ibu PKK RT.01/RW.17 Kelurahan Sumber Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta Provinsi Jawa Tengah) Michael Sitorus; Benyamin Ebenhaezer Gurning; Nenden Hendayani
Jurnal Ekonomi Dan Statistik Indonesia Vol 1 No 1 (2021): Berdikari: Jurnal Ekonomi dan Statistik Indonesia (JESI)
Publisher : Future Science

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.11594/jesi.01.01.04

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh fintech dalam meningkatkan produktivitas Ibu PKK dengan literasi media selama pandemi Covid 19. Pada penelitian ini respondennya ibu PKK berjumlah 50 orang dengan teknis pengumpulan datanya menggunakan jenis data primer dan jenis data sekunder yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel fintech terhadap produktivitas ibu PKK. Objek penelitian di RT.01/RW.17 Kelurahan Sumber Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner, maka untuk pemberian sekor yang digunakan dalam instrumen ini yaitu dengan menggunakan Skala Likert yang telah dimodifikasi dengan 5 (lima) alternatif jawaban. Hasil pengujian hipotesis dan pengaruh fintech terhadap literasi media dapat dijelaskan bahwa menunjukkan t hitung lebih besar dari pada t tabel dan taraf signifikan sebesar 0.922 > 0,05 dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan Ha. Kesimpulannya adalah ada pengaruh fintech terhadap literasi media yang berarti bahwa fintech berpengaruh dangat signifikan dalam meningkatkan produktivitas ibu PKK dengan literasi media sosial
Gender Inequality: Dampaknya terhadap Pendapatan Per Kapita (Studi Kasus 33 Provinsi di Indonesia 2011-2019) Cita Puspita Sari
Jurnal Ekonomi Dan Statistik Indonesia Vol 1 No 1 (2021): Berdikari: Jurnal Ekonomi dan Statistik Indonesia (JESI)
Publisher : Future Science

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.11594/jesi.01.01.06

Abstract

Gender Inequality (gender inequality) is a classic problem in various countries, especially in developing countries like Indonesia. Gender inequality in various fields is considered to hinder economic growth. Slowing economic growth is considered to have a negative impact on income, both at the national level and the per capita level. Researchers are interested in examining per capita income as a proxy for economic growth. Per capita income is a measure of community welfare that is most often used by the government. This study aims to examine the description of gender inequality and per capita income in Indonesia, and analyze the impact of gender inequality on per capita income in Indonesia. The results of descriptive analysis show that there are still gender disparities in all provinces throughout Indonesia in 2011-2019. Furthermore, based on the results of the inference analysis using panel data, this study concludes that gender inequality simultaneously has a significant effect on per capita income. Gender inequality variables that have a partial effect include wages for women workers, women's labor force participation, and gender development
Pengaruh Pengelolaan Piutang terhadap Efektivitas Arus Kas pada PT. Telekomunikasi Indonesia (PERSERO) TBK Periode 2015-2019 Ramayani Yusuf; Nurul Ramdini Sapitri
Jurnal Ekonomi Dan Statistik Indonesia Vol 1 No 2 (2021): Berdikari: Jurnal Ekonomi dan Statistik Indonesia (JESI)
Publisher : Future Science

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.11594/jesi.01.02.03

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan piutang terhadap efektivitas arus kas pada PT. Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk periode 2015-2019, serta permaasalahan dan upaya yang dilakukan berkaitan dengan pengelolaan piutang pada PT. Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk periode 2015-2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan periode 2015-2019. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa pengelolaan piutang berpengaruh terhadap efektivitas arus kas sebesar 98,4% yang artinya sangat kuat, sisanya 1,6% dipengaruhi oleh variabel lain. Permasalahan yang terjadi adalah piutang tidak tertagih. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perusahaan melakukan penagihan secara agresif kepada pelanggan yang memiliki tunggakan besar. Adapun saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah melakukan kunjungan langsung kepada pelanggan yang memiliki tunggakan yang besar, melakukan kerja sama dengan mitra jasa tenaga pencairan piutang serta aktif menghubungi pelanggan melalui telpon, surat dan email.
Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Perkembangan dan Prospek Perkembangan Syariah Annisa Nur Safitri; Muhammad Iqbal Fasa; Suharto
Jurnal Ekonomi Dan Statistik Indonesia Vol 1 No 2 (2021): Berdikari: Jurnal Ekonomi dan Statistik Indonesia (JESI)
Publisher : Future Science

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.11594/jesi.01.02.02

Abstract

Pandemi Covid-19 telah menyebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Jumlah kasus Covid-19 yang semakin meningkat melemahkan perekonomian nasional maupun internasional. Berbagai sektor bisnis mengalami perlambatan akibat virus Covid-19. Dalam penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang mana diharapkan para pelaku ekonomi dan bisnis yang berkaitan dengan islam ini menunjukkan empati dan solidaritas kepada para pemangku kepentingan. Pelaku bisnis islam memanfaatkan dan mendukung pula program stimulus dari pemerintah. perbankan syariah dan lembaga keuangan lainnya harus mulai memperbaiki kembali target pertumbuhan dan penerapan teknologi digital transaksi dalam satu solusi . Ekonomi dan bisnis islam dapat berperan memulihakan hal buruk yang terjadi pada ekonomi islam dengan mengutamakan pencapaian tujuan – tujuan syariah.
Pengaruh Leverage dan Pertumbuhan Aset terhadap Return on Equity pa-da PT Pegadaian (PERSERO) Euis Hernawati; Muthmainnah
Jurnal Ekonomi Dan Statistik Indonesia Vol 1 No 2 (2021): Berdikari: Jurnal Ekonomi dan Statistik Indonesia (JESI)
Publisher : Future Science

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.11594/jesi.01.02.01

Abstract

Perbandingan antara leverage dengan modal sendiri dalam struktur modal perusahaan merupakan alat untuk melakukan perencanaan dan kebijakan dalam perusahaan untuk menentukan kewajiban dalam memaksimalkan keuntungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan hubungan antara leverage yang diukur dalam debt to equity ratio serta pertumbuhan aset terhadap return on equity pada PT Pegadaian (Persero). Penelitian ini menggunakan sampel laporan keuangan perusahaan pada periode 2015 sampai dengan 2019. Sedangkan teknik pemeriksaan yang digunakan untuk pengolahan data menggunakan analisa regresi berganda. Hasil dari penelitian menunjukan secara parsial baik debt to equity ratio maupun pertumbuhan aset memiliki hubungan negative dan signifikan terhadap return on equity serta secara simultan debt total equity dan pertumbuhan aset berpengaruh signifikan terhadap return on equity.