cover
Contact Name
I Nyoman Laba Jayanta
Contact Email
laba.jayanta@undiksha.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
lessonandlearningstudies@gmail.com
Editorial Address
Universitas Pendidikan Ganesha Jl. Udayana Kampus Tengah Singaraja, Bali, Indonesia 81116 Telp. +62362-22928
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Journal for Lesson and Learning Studies
ISSN : 26156148     EISSN : 26157330     DOI : https://doi.org/10.23887/jlls
Core Subject : Education,
As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may represent a variety of theoretical perspectives and different methodological approaches. They may refer to any age level, from infants to adults and to a diversity of learning and instructional settings, from laboratory experiments to field studies. The major criteria in the review and the selection process concerns the significance of the contribution to the area of learning and instruction. Instruction, learning and teaching, learning environment, teacher education, educational technology, educational development.
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 3 (2020): October" : 20 Documents clear
Keefektifan Model Contextual Teaching And Learning Berbantu Media Kuphan Terhadap Hasil Belajar Matematika Laili Nur Hidayatul Latifah; Khusnul Fajriyah; Fajar Cahyadi
Journal for Lesson and Learning Studies Vol. 3 No. 3 (2020): October
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v3i3.28235

Abstract

Pembelajaran yang kurang menarik minat belajar dan perhatian siswa menyebabkan timbulnya beberapa hal diantaranya, peserta didik umumnya kurang aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran, kemandirian belajar peserta didik masih kurang mencapai hasil pembelajaran yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan model Contextual Teaching and Learning berbantu media Kuphan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDN. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode pre-experimental design tipe one group pretest-posttest. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas III SDN yang berjumlah 35 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, dokumentasi, tes, dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil analisis uji t di peroleh t hitung > t tabel yaitu 9,100 > 1,690. Jadi, Model Contextual Teaching and Learning berbantu media Kuphan dapat meningkatkan dengan hasil belajar siswa.
Keefektifan Model Reciprokal Teaching dan Teams Games Tournament Terhadap Hasil Passing Bawah Bola Voli Muhammad Ridwan; Ibnu Fatkhu Royana; Danang Aji Setyawan
Journal for Lesson and Learning Studies Vol. 3 No. 3 (2020): October
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v3i3.28339

Abstract

Keresahan tentang masalah rendahnya hasil belajar siswa, hal tersebut dibuktikan dengan rata-rata nilai siswa penjasorkes materi bola voli yang kurang memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Keefektifan Model Pembelajaran Reciprokal Teaching Dan Teams Games Tournament Terhadap  Hasil Passing Bawah Bola Voli Siswa Kelas VIII. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimental design tipe two group pretest posttest-group (tes awal-tes akhir dua kelompok). Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B SMPNegeri 3 Sayung Demak yang berjumlah 60 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh dari hasil dokumentasi, tes, dan observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t. Data yang diperoleh yaitu rata-rata nilai posttest analisis uji t di peroleh t hitung> t tabel yaitu 6,594>2,001 sehingga H0 di tolak dan Ha diterima, dari pengujian ketuntasan belajar individu nilai diatas KKM (75.00) peserta didik berjumlah 37 siswa lulus KKM dengan nilai tuntas dari KKM, dan dari pengujian ketuntasan belajar klasikal hasil passing bawah peserta didik secara keseluruhan mencapai persentase 62%. Meningkatnya hasil passing bawah peserta didik sebelum dan sesudah di beri perlakuan berupa pemberian model Reciprokal Teaching dan Teams Games Tournament yang ditunjukan dengan hasil nilai rata-rata posttest yang meningkat. 
Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbasis Tri Hita Karana Berkontribusi Meningkatkan Sikap Sosial Siswa Pada Tema 7 I Kadek Ratnada; Ni Wayan Arini; Luh Putu Putrini Mahadewi
Journal for Lesson and Learning Studies Vol. 3 No. 3 (2020): October
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v3i3.28454

Abstract

Kurangnya moral dan sikap sosial pada siswa sekolah dasar menjadi alasan utama dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbasisi Tri Hita Karana pada Tema 7 terhadap sikap sosial siswa. Jenis penelitian ini tergolong quasi experiment atau penelitian semu dengan menggunakan desain non-equivalent post test only control group design. Populasi dari penelitian ini berjumlah 180 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas V SD berjumlah 38 siswa dan kelas V SD berjumlah 37 siswa. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Data skor sikap sosial dikumpulkan menggunakan metode nontes berupa lembar kuesioner. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan rumus  uji–t. Berdasarkan analisis data diperoleh thitung = 12,715 dan ttabel = 1,993 (pada taraf signifikansi 5%). Hal ini berarti thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil analisis uji-t tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbasis Tri Hita Karana sesuai untuk diterapkan karena model ini dapat melatih siswa untuk aktif dalam menyelesaikan permasalahan serta siswa juga belajar mengenai nilai-nilai yang terkandung dalam Tri Hita Karana dan mengimplementasikannya dengan baik, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Saitifik Pada Topik Gaya Listrik Dinamis dan Statis Kelas IV Sekolah Dasar Gede Radipa Surya Agatha; Ndara Tanggu Renda; I Nyoman Laba Jayanta
Journal for Lesson and Learning Studies Vol. 3 No. 3 (2020): October
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v3i3.28455

Abstract

Banyak guru mengalami kesulitan dalam menyusu perangkat pembelajaran yang sesuai dengan yang diharapkan oleh pemerintah sehingga mempengruhi proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada Topik Gaya Listrik Dinamis dan Statis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), tahap develop (pengembangan) dan tahap disseminate (penyebaran). Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner. Subyek penelitian ini adalah guru-guru kelas IV SD. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis validitas isi dan analisis reliabilitas instrumen. Hasil penelitian ini yaitu validitas isi instrumen sebesar 1 yakni pada kategori validitas sangat tinggi, dan uji reliabilitas instrumen sebesar 0.80 pada kategori kuat. Berdasarkan hasil analisis diperoleh simpulan yakni Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Pada Topik Gaya Listrik Dinamis dan Statik diperoleh validitas isi instrumen dinyatakan valid dan reliabel. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Pada Topik Gaya Listrik Dinamis dan Statik dapat diterapkan oleh guru dalam proses pembelajaran.
Model Pembelajaran Penemuan Menggunakan Praktikum Kimia Hijau untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Luh Maharani Merta
Journal for Lesson and Learning Studies Vol. 3 No. 3 (2020): October
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v3i3.29373

Abstract

Rendahnya hasil belajar kimia siswa menjadi permasalahan utama didalam penelitian ini, sehingga diperlukan model pembelajaran yang mampu memotivasi siswa agar berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran penemuan menggunakan praktikum kimia hijau. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI berjumlah 39 orang dan objek penelitian adalah hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa metode tes. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data statistik kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata skor hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 74,13 dan standar deviasi 13,23 dengan ketuntasan belajar klasikal 82,05%, sedangkan rata-rata skor hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 79,77 dan standar deviasi 7,16 dengan ketuntasan belajar klasikal 87,18%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran penemuan menggunakan praktikum kimia hijau dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Implikasi penelitian ini adalah dapat meningkatkan motivasi belajar, minat belajar, keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif, dan hasil belajar siswa.
Pengembangan Media Flashcard untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna pada Anak Usia Dini Ida Ayu Putu Ratna Novian Dewi
Journal for Lesson and Learning Studies Vol. 3 No. 3 (2020): October
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v3i3.29391

Abstract

Kemampuan mengenal warna pada anak usia dini sangat rendah, sehingga diperlukan sebuah media pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kelayakan media flashcard untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak usia dini. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian pengembangan. Subyek penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, dan guru TK, dan objek penelitian ini adalah kelayakan media flashcard untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak usia dini. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, angket/kuesioner, dan dokumentasi, dengan instrumen berupa angket kelayakan media. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media flashcard untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna memperoleh hasil persentase sebesar 78,33% dari ahli materi, persentase sebesar 92% dari ahli media, dan persentase sebesar 97,55% dari enam orang guru. Simpulan penelitian ini adalah media flashcard untuk pengenalan warna bagi anak usia dini yang sudah dikembangkan dapat digunakan di Taman Kanak-Kanak sebagai media pembelajaran. Implikasi penelitian ini adalah dapat mempermudah guru dalam mengajar pengenalan warna untuk anak.
Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini Melalui Media Gambar Cerita Berseri Ni Nyoman Diana Putri Trisna Dewi
Journal for Lesson and Learning Studies Vol. 3 No. 3 (2020): October
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v3i3.29398

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara pembelajaran yang kurang menggunakan media yang inovatif menyebabkan anak bosan dan tidak mampu mengontrol kecerdasan emosianal yang dimilikanya, sehingga diperlukan sebuah media yang mampu melatih kemampuan kecerdasan emosional anak. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis validitas pengembangan media gambar berseri untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian ini adalah validitas media gambar berseri untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode non-test dengan memberikan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data statistik kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan presentase oleh validator ahli materi 96,00%, ahli media pembelajaran 92,50% dan tanggapan oleh enam orang guru kelompok B 92,56%. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran gambar cerita berseri untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak yang telah dikembangkan dapat digunakan di TK sebagai media pembelajaran. Implikasi dari pelaksanaan penelitian ini adalah anak dapat belajar berperilaku dari tokoh-tokoh yang ada dalam cerita berupa pesan-pesan moral yang membuat anak belajar memahami emosional yang dimilikinya, lebih mengetahui tentang arti kehidupan, lebih memahami dunianya serta mampu menjadikan anak lebih antusias sehingga anak akan lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajarank.
Pengembangan Media Pembelajaran Big Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama pada Anak Made Diana Sintia
Journal for Lesson and Learning Studies Vol. 3 No. 3 (2020): October
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v3i3.29409

Abstract

Kurangnya kemampuan kerjasama pada anak usia dini seperti masih mengerjakan tugas kelompok secara indivudu dan masih banyak anak yang tidak mau saling tolong menolong saat melakukan suatu kegiatan menjadi permasalahan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran big puzzle untuk meningkatkan kemampuan kerjasama pada anak kelompok B TK. Jenis penelitian ini ialah penelitian Research & Development (R&D) dengan model Borg & Gall yang terdiri dari tahap potensi dan masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain produk, tahap validasi desain, revisi desain, dan tahap uji coba produk. dalam penelitian pengembangan ini melibatkan ahli materi, ahli media sebagai validator. Subyek pada penelitian ini adalah guru TK. Hasil Uji coba yang dilakukan oleh validator ahli materi dengan presentase sebesar 84.00% yang termasuk dalam kategori sangat baik dengan keterangan sangat layak, validator ahli media  dengan presentase skor 93.00% yang termasuk dalam kategori sangat baik dengan keterangan sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran big puzzle ini layak digunakan dan bermanfaat untuk menstimulasi kemampuan kerjasama pada anak usia dini.
Media Magic Book Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Anak Usia Dini Ni Putu Saras Dewi
Journal for Lesson and Learning Studies Vol. 3 No. 3 (2020): October
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v3i3.29411

Abstract

Rendahnya kemampuan bekerjasama pada anak usia dini disebabkan karena proses pembelajaran lebih sering diberikan kegiatan individu. Selain itu, kurangnya media pembelajaran inovatif membuat siswa kurang tertarik dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media magic book untuk meningkatkan kemampuan kerjasama anak usia dini. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model Research & Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang terdiri dari tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Pada penelitian ini melibatkan ahli materi dan ahli media sebagai validator. Subyek dari penelitian ini adalah guru kelompok B. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yaitu hasil validator ahli materi mendapatkan kualifikasi baik (80%), hasil validator ahli media pembelajaran mendapatkan kualifikasi sangat baik (93%), dan hasil uji coba penggunaan produk dari guru mendapatkan kualifikasi sangat baik (93%). Berdasarkan hasil uji coba tersebut maka dinyatakan bahwa media magic book yang telah dikembangkan layak dan dapat digunakan dan diterapkan di TK sebagai media pembelajaran yang bertujuan untuk mempermudah guru dalam meningkatkan kemampuan kerjasama anak.
Project Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Meningkatkan Partisipasi Belajar Anak A. A. Ayu Vira Widya Putri
Journal for Lesson and Learning Studies Vol. 3 No. 3 (2020): October
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v3i3.29412

Abstract

Rendahnya tingkat partisipasi anak dalam belajar disebabkan karena pembelajaran hanya terpusat pada guru dan kurangnya media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh project-based learning menggunakan audio visual terhadap partisipasi belajar anak. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen (pre-eksperimental) dengan one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah 17 anak. Sampel penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B1 TK.  Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan wawancara. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian yaitu berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung = 13,52, dengan taraf signifikansi 5%, t hitung 2,024, maka t hitung 13,52 > t tabel 2,024. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis tersebut, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai rata-rata sebelum diadakannya perlakuan (pretest) adalah 44,11 dan nilai rata-rata sesudah diadakannya perlakuan (posttest) adalah 97,54. Berdasarkan hasil uji coba maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran project-based learning berbantuan media audio visual dapat meningkatkan partisipasi belajar anak. Implikasi penelitian ini adalah model pembelajaran yang dipadukan media audio visual ini dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam belajar, membuat suasana pembelajaran menjadi menyenangkan sehingga berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa.

Page 1 of 2 | Total Record : 20