cover
Contact Name
Akhmad Ghasi Pathollah
Contact Email
akhmadpathollah91@gmail.com
Phone
+6285244005652
Journal Mail Official
akhmadpathollah91@gmail.com
Editorial Address
Kantor Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari, Dusun Gardu Salak, RT/RW 001/001, Desa Tangsil Wetan, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Bondowoso 68282 Jawa Timur
Location
Kab. bondowoso,
Jawa timur
INDONESIA
Salwatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : 27972429     EISSN : 27972429     DOI : -
Core Subject : Education,
Salwatuna adalah jurnal yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari untuk peningkatan out-put penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal ini memuat kajian pendidikan dan kependidikan Islam dan kedua kajian itu dalam kaitannya dengan berbagai disiplin keilmuan lain secara interdisipliner atau multidisipliner. Tujuan adanya jurnal ini adalah melaksanakan diseminasi keilmuan dalam wujud distribusi hasil penelitian sekaligus bentuk konkret dari pengamalan keilmuan dan wujud pengabdian kepada masyarakat. Dengan demikian, jurnal ini memuat kajian praktis dari keilmuan pendidikan dan kependidikan Islam baik monodisiplin, interdisiplin atau pun multidisiplin serta pula wujud pengamalan keduanya dalam pengabdian kepada masyarakat. Jurnal ini terbit secara berkala dalam periode 4 bulanan, yakni Pebruari, Juni dan Oktober. Hal ini tak lain adalah wujud kesungguhan sivitas akademik Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari Bondowoso dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi secara komprehensif.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2023): Pengabdian kepada Masyarakat" : 5 Documents clear
Pendampingan Pengembangan Inovasi Pendidikan dalam Mengarahkan Karakter Digital Native Generasi Millenial Susanti, Desi; Muta'allim, Muta'allim; Wafi, Ali
Salwatuna : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 3 No 2 (2023): Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59106/salwatuna.v3i2.151

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pendampingan masyarakat dalam pengembangan inovasi pendidikan dalam mengarahkan karakter digital native generasi millenial. Pasalnya, remaja sebagai generasi millenial yang notabene sedang dalam proses belajar di sekolah seringkali mengalami disorientasi dalam pembelajaran disebabkan oleh kegandrungan mereka terhadap handphone atau gadget. Generasi ini memang hidup secara akrab dengan perkembangan teknologi, namun butuh untuk didampingi agar keakraban terhadap teknologi menjadi hal yang positif. Metode yang dipakai dalam pengembdian ini adalah Partipatory Action Research (PAR). Metode ini dianggap sesuai dengan karakteristik objek kajian yang akan dibahas. Adapun hasil yang didapat adalah karakter digital native merupakan sebuah keunggulan dimana teknologi pada era digital ini mengisi segala ruang kehidupan. Teknologi akan memberikan dampak dalam efektifitas dan efisiensi bagi kehidupan manusia terutama remaja millenial terutama dalam proses pembelajaran mereka. Inovasi pendidikan butuh untuk dilaksanakan karena kemampuan peserta didik yang bisa melampaui terhadap scope pelajarannya lewat akses autodidak yang disediakan oleh teknologi, bahkan melewati batas-batas kewajaran. Inovasi dalam hal ini adalah inklusi teknologi dalam pembelajaran. Artikel ini diharapkan memberikan kontribusi dalam pengembangan inovasi pendidikan dalam mengarahkan karakter digital native generasi millenial.
Pendampingan Madrasah dalam Penguatan Toleransi dalam Minimalisasi Bullying Siswa di MTs Miftahul Ulum Kerang Sukosari Bondowoso Pathollah, Akhmad Ghasi; Munir, Misbahul
Salwatuna : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 3 No 2 (2023): Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59106/salwatuna.v3i2.153

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pendampingan madrasah dalam penguatan toleransi dan minimalisasi bullying siswa. Pasalnya, perilaku bullying marak terjadi di antara siswa tanpa memandang letak geografis. MTs Miftahul Ulum yang ada di pelosok desa juga tak luput dari adanya perilaku bullying di antara para siswa. Perilaku ini sebetulnya bermula dari hal kecil dan remeh, yang dalam bahasa madura dikelanl dengan ‘congucho’, namun ketika prilaku ini terjadi secara intensif dan dalam skala luas, maka mengakibatkan mental down pada korban bullying itu. Sebegai sebuah langkah antisipasi, sosialisasi dan penguatan toleransi menjadi penting untuk dilakukan bagi siswa dan guru serta orang tua. Metode yang dipakai dalam artikel pengabdian ini adalah Partipatory Action Research (PAR). Sebuah metode yang menuntut peneliti terlibat dalam pelaksanaan proses di lapangan. Metode ini sesuai karena pengabdian yang berupa pendampingan menuntut partisipasi peneliti dalam proses. Hasil dari pembahasan artikel ini adalah bahwa perilaku bullying jamak terjadi di antara para siswa mulai dari bullying verbal dan bullying non-verbal, fisik dan non-fisik. Perilaku bullying ini menyerang terhadap mental siswa apalagi bila dilakukan secara berkelompok. Langkah antisipatif dibutuhkan agar perilaku bullying tidak menjadi karakter bagi siswa sehingga menjadi kebiasaan yang buruk yang dijaga dan dilestarikan. Artikel ini diharapkan akan membangun kesadaran toleransi dan keterbukaan yang tinggi pada siswa dan pada gilirannya mengurangi terhadap prilaku bullying dalam kadar yang paling minimal.
Optimalisasi Perpustakaan Desa dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Adi Suwarno, Suparjo; Romlah, Siti; Aini, Nur; Ayu Wulandari, Putri
Salwatuna : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 3 No 2 (2023): Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59106/salwatuna.v3i2.163

Abstract

Pendidikan adalah satu hal penting dalam memajukan tingkat kesejahteraan dan tingkat perekonomian. Berdasarkan data kualitatif yang diperoleh menunjukkan bahwa di Desa Pecalongan kebanyakan penduduk usia produktif hanya memiliki bekal pendidikan formal pada level pendidikan dasar 52.89 % dan pendidikan menengah - SLTP dan SLTA 7,68 %. Sementara yang dapat menikmati pendidikan di Perguruan Tinggi hanya 1,87 %. Dan terdapat 1687 jiwa atau 52.89 % tidak tamat SD. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh mahasiswa KKMT Integratif Riset menunjukkan bahwa mayoritas siswa-siswi dan masyarakat kurang minat dalam membaca, serta adanya perpustakaan yang kurang dimanfaatkan.
Pendampingan Manajemen Referensi Zotero dalam Optimalisasi Penulisan Artikel Mahasiswa Diana, Eka; Ma’nuna, Durratul; Annisah, Ira; Kholifatunnisak, Kholifatunnisak
Salwatuna : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 3 No 2 (2023): Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59106/salwatuna.v3i2.167

Abstract

Pengelola jurnal, baik nasional maupun internasionalmewajibkan penggunaan aplikasi Reference salah satunya adalah Zotero dalam penulisan artikel ilmiah. Namun, hasil observasi tim pengabdian menunjukkan bahwa masih banyak mahasiswa yang belum terbiasa atau bahkan belum menguasai penggunaan Zotero dalam mendukung penulisan karya ilmiah, terutama bagi mereka yang sedang menyusun tugas akhir berupa jurnal ilmiah terakreditasi.Metode pengabdian ini dilakukan melalui ceramah, diskusi, dan pendampingan dalam beberapa tahapan, yaitu observasi, perencanaan, pelaksanaan, pendampingan, dan evaluasi. Hasil pre-test sebelum pelatihan menunjukkan bahwa mayoritas peserta belum familiar dengan penggunaan Zotero. Namun, setelah dilakukan pelatihan, hasil post-test menunjukkan adanya perubahan yang signifikan. Peserta pelatihan telah menunjukkan peningkatan pemahaman dan kemampuan dalam mengoperasikan aplikasi Zotero setelah mendapatkan pendampingan yang intensif.Dari hasil ini, terlihat bahwa melalui pendekatan pengabdian yang mencakup tahapan observasi hingga evaluasi serta pendampingan yang terarah, dapat menghasilkan perubahan positif dalam pemahaman dan keterampilan peserta terkait penggunaan aplikasi Zotero dalam penulisan karya ilmiah. Hal ini merupakan langkah yang penting untuk membekali mahasiswa, terutama yang tengah menyelesaikan tugas akhir, dengan keterampilan yang relevan dan diperlukan di dalam dunia akademis.
Pendampingan Penyusunan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Android Firdaus, Sulton; Yusuf, Muhammad; Munir, Misbahul; Rifa’i, M. Ma’shum; Setyawan, M. Taufani; Zainullah, Mahbub
Salwatuna : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 3 No 2 (2023): Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59106/salwatuna.v3i2.168

Abstract

Lembaga Pengembangan Bahasa Asing adalah sebuah lembaga kursus yang fokus pada pengembangan bahasa arab dan inggris, yang berada di lingkungan PP. Nurul Jadid Paiton. Dalam praktek pengajaran yang terjadi, penggunaan media pembelajaran yang berbentukbukuatau kitab masihmenggunakanbuku, dimanaantaraisibuku dan tujuanpembelajarankurangsingkron, cendrungmembosankan dan kurangmenyesuaikanterhadaptingkatkompetensi dan latarbelakangpesertadidik, akibatnyadalammewujudkancapaiantujuanpembelajaransecarakomperhansiptidaksepenuhnyatercapaidenganbaik. Kegiatan Pendampingan penyusunan Media Pembelajaran berbasis Android inibertujuan : 1) Memberikanwawasan dan pengalamankepadatenagapendidik dan pengurus dalam mengembangkan media dan bahan ajar yang baik dan benar, 2) Tersusunnyabahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Metode yag ditempuh dalam pengabdian ini yaitu dalam bentuk pendampingan pelatihan penyusunan media pembelajaran. Dari kegiatanpendampingan yang telah dilakukan, mulai dari proses hingga penggunaan media yang di kembangkan, menjadikan para tenaga pendidk atau pengurus lembaga pengembangan bahas aasing, sangat bersemangat dan antusias untuk mengembangkan bahan ajar secara mandiri dan berkesinambungan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5