cover
Contact Name
Muh Barid nizarudin Wajdi
Contact Email
baridnizar1@gmail.com
Phone
+6282232057858
Journal Mail Official
baridnizar1@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Manajemen Pendidikan Islam STAI An Najah Indonesia Mandiri
Location
Kab. sidoarjo,
Jawa timur
INDONESIA
Edusiana : Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam
ISSN : 23552743     EISSN : 25493612     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal ini terbit 2 kali setahun menyajikan 5 artikel baik hasil penelitian maupun pemikiran yang terkait dengan bidang manajemen dan pendidikan Islam. Para penulis akan menempuh tahapan seleksi dari redaktur dan mitrabestari.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 10 No. 2 (2023): Edusiana : Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam" : 5 Documents clear
Peran Manajemen Pendidikan Islam Dalam Menanggulangi Ekstremisme Dan Radikalisme Muh Ibnu Sholeh; Hawwin Muzakki
EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam Vol. 10 No. 2 (2023): Edusiana : Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam
Publisher : EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil tentang upaya yang harus dilakukan oleh institusi pendidikan islam dalam mencegah ekstremisme dan radikalisme, tantangan dan hambatan yang mempengaruhi keberhasilan pencegahan ekstremisme dan peran yang harus dilakukan negara dalam mendukung pendidikan islam yang toleran dan moderat anti-ekstremisme. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan(library research). Data diperoleh dari berbagai sumber seperti jurnal ilmiah, buku, makalah seminar, dan publikasi lain yang terkait dengan topik penelitian baik offline maupun online. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan model kualitatif interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran yang dapat dilakukan oleh institusi pendidikan islam dalam upaya mencegah ekstremisme dan radikalisme antara lain dengan pendidikan tentang ajaran islam yang moderat, memperkuat identitas islami yang positif, meningkatkan pemahaman tentang pluralisme dan toleransi, menyampaikan bahaya ekstremisme dan radikalisme, melibatkan orang tua dan keluarga, menerapkan pengawasan terhadap materi dan kegiatan, menggalakkan kegiatan sosial dan keagamaan yang positif, pelatihan bagi guru dan karyawan, kolaborasi dengan lembaga terkait dan mendorong partisipasi siswa dalam masyarakat. Tantangan dan hambatan yang mempengaruhi keberhasilan pencegahan ekstremisme antara lain adanya resistensi dari kelompok ekstrem, kurangnya sumber daya dan dukungan finansial, kesulitan dalam mengukur efektivitas, isu sensitif dalam penyampaian materi, keterbatasan pendidikan guru dan pengajar, dampak lingkungan sosial, tantangan dalam melibatkan orang tua dan komunitas dan perubahan pandangan dan sikap yang lambat. Peran yang harus dilakukan negara dalam mendukung pendidikan islam yang toleran dan moderat anti-ekstremisme antara lain dengan membuat kebijakan pendidikan yang inklusif, memberikan pelatihan bagi guru dan pengajar, memastikan ketersediaan sumber belajar yang berkualitas, membangun kerjasama dengan lembaga pendidikan islam, melibatkan keluarga dan komunitas, mendorong dialog antaragama, memperkuat lembaga pendidikan agama resmi, menyediakan dukungan finansial dan fasilitas, serta membentuk komisi dan badan terkait. Kata Kunci: Manajemen Pendidikan Islam, Menanggulangi, Ekstremisme, Radikalisme
Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Vocational Skill Siswa MA Bahrul Ulum Binangun Singgahan Tuban Mela Anggilia; Ahmad Suyanto
EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam Vol. 10 No. 2 (2023): Edusiana : Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam
Publisher : EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Untuk mengatasi beberapa siswa lulusan yang tidak dapat melanjutkan studi pendidikannya ditingkat perguruan tinggi karena faktor ekonomi dan kemampuan siswa yang terbatas. untuk itu meningkatkan kemampuan keterampilan siswa perlu beberapa kegiatan ketrampilan, akan tetapi tidak mudah untuk menerapkan kegiatan ini karena masih terdapat beberapa kendala. penelitian ini dilakukan di MA Bahrul Ulum Binangun Singgahan Tuban, karena lembaga pendidikan ini memiliki kegiatan ketrampilan siswa yang dapat mengembangkan bakat-bakat siswanya. fokus penelitian ini Pertama, tentang Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan vocational Skill Siswa. kedua, kendala-kendala yang dialami dalam pelaksanaannya.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan yang diharapkan dapat memberi gambaran dari tempat penelitian.Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi.Sumber data penelitian ini adalah kepala Sekolah, wakil kepala Sekolah Bidang Keiswaan, pembimbing vocational skill siswa. dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan manajemen kesiswaan melalui empat fungsi empat manajemen yaitu, 1)perencanaan dengan pembuatan program kerja serta tujuan kegiatan, 2) pengorganisasian dengan mengrekrut siswa dan pembuatan struktur kegiatan, 3) pelaksanaan pembuatan desain untuk efent-efent tertentu, penguploudan 122 desain ke social media, pembuatan 20 gantungan kunci dan 6 tas dari songket,serta 5 anak yang mahir dalam public speaking dan 16 anak yang dalam proses pelatihan public speaking. 4) evaluasi melalui pengecekan jurnal kegiatan, absen serta LPJ kegiatan. kendala yang di alami yaitu kurangnya sarana dan prasarana dalam pelaksanaan kegiatan serta kondisi siswa mulai dari motivasi belajar serta lingkungan sekitar yang kurang mendukung. kata kunci: manajemen kesiswaan, vocational skill, siswa
Analisis Faktor Manajemen Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam Triana Rosalina Noor; Izzatul Islamiya
EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam Vol. 10 No. 2 (2023): Edusiana : Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam
Publisher : EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Manajemen Pendidikan Islam merupakan suatu proses pendayagunaan setiap sarana yang dimiliki oleh pemeluk agama Islam, institusi pendidikan Islam dan sebagainya, sehingga mutu lembaga pendidikan Islam perlu selalu ditingkatkan sesuai dengan perkembangan zaman. Penelitian ini merupakan penelitian studi kepustakaan yang bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis faktor yang berkaitan dengan manajemen peningkatan mutu pendidikan Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan, yakni melakukan proses telaah pada buku-buku, teori-teori yang ada untuk dikait hubungkan dengan topik mengenai mutu pendidikan, khususnya Pendidikan Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan mutu pendidikan Islam sebagaimana amanah tujuan pendidikan nasional membutuhkan pengelolaan yang membutuhkan dukungan penuh dari beragampihak mulai dari pemerintah, siswa sekolah, orang tua siswa dan masyarakat. Sebuah peningkatan mutu pendidikan membutuhkan penguatan dalam beberapa komponen yakni kepemimpinan yang efektif, kepuasan pelanggan, budaya organisasi, kinerja pendidik dan tenaga kependidikan, kurikulum dan kualitas lulusan. Kata Kunci: manajemen peningkatan mutu, pendidikan Islam
Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sma Negeri 1 Batang Mukharil Syach Elrico; M. Athoiful Fanan
EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam Vol. 10 No. 2 (2023): Edusiana : Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam
Publisher : EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada sekolah SMA Negeri 1 Batang serta kendala kesenjangan Kurikulum Merdeka Belajar pada sekolah SMA Negeri 1 Batang. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan Observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif yang berfokus pada mendeskripsikan suatu pristiwa dan kejadian yang teah terjadi pada penelitian yang dilakukan itu. Hasil Penelitian menunjukan ahwa dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka belajara pada sekolah SMA Negeri 1 Batang, dimulai dari Sistem pembelajaran, manajerial pembelajaran yang mencakup dari perencanaan, Menyusun KOSP (Kurikulum Oprasional Satuan Pendidikan), pembuatam modul ajar, pelaksanaan pembelajaran projek penguatan profil pelajar Pancasila, dan evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian berikut adanya kendala dan kesenjagan dari iplementasi kruikulum merdeka belaajr pada SMA N 1 Batang yakni kurangnya manajemen waktu pembelajaran dan kurangnya referensi terutama dalam tenaga pengajar (guru) dan menerapkan pembelajaran di kurikulum merdeka belajar ini. Kata Kunci : Implementasi, Kurikulum, Merdeka belajar
Hakikat Dan Sistem Nilai Dalam Konteks Pendidikan Khumaini Rosadi; Khojir
EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam Vol. 10 No. 2 (2023): Edusiana : Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam
Publisher : EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Human potential must be developed by studying and continuing to read as instructed by Allah in the first revelation, namely IQRA. In fact, this is the essence of education. Reading will be a good culture, whereas never reading will be a bad culture. Not just reading books in copies, but reading the book of life. Books that live within oneself and books that live in the environment, such as family, neighbors, society and social media. Therefore, every human being must communicate with others. Can't live alone. Because humans are social creatures, so get along with everyone well. Live your life by following the rules that apply in society. Don't just want to live as you please. Because humans have feelings, ethics and norms. This is the true essence of education. Gain value by respecting norms. Whether religious norms, social norms, or community norms. Because human values, whether good or bad, can be reflected in the way they behave in society, and this attitude is the result of education that they have learned in life and put into practice in their daily lives. Whether your grades are good or bad, it all depends on you. Because the potential value is in his attitude. Keywords: Essence of education, Good culture, Attitude.

Page 1 of 1 | Total Record : 5