cover
Contact Name
Nurjanah
Contact Email
nurjanah3434@yahoo.com
Phone
+6281281217150
Journal Mail Official
jurnalpkmunindra@gmail.com
Editorial Address
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat)
ISSN : 2614574X     EISSN : 26154749     DOI : http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) focuses on publishing articles about the results of community service activities in any form, whether in the form of products or in the form of modules and methods. This journal contains publications from all fields of science, both education, arts and humanities, engineering, computers, and social sciences.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 3 (2021): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat" : 15 Documents clear
PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI UNTUK MENCEGAH MERARIQ KODEQ (PERNIKAHAN DINI) DI MA AL-ISLAHUDDINY Muammar Qadafi; Neneng Agustiningsih
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 3 (2021): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v4i3.6427

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu untuk mengetahui bagaimana kesehatan reproduksi dan merariq kodeq dalam perspektif Agama Islam, ilmu psikologi, dan ilmu kesehatan, efektivitas metode delegasi dan roadshow class, serta respon siswi terhadap pendidikan kesehatan reproduksi untuk mencegah merariq kodeq (pernikahan dini). Metode dalam pengabdian ini adalah observasi dan wawancara, pemetaan potensi dan masalah, persiapan Pendidikan Kesehatan Reproduksi Melalui Metode Delegasi Dan Road Show Class Hubungannya Dengan Merariq Kodeq. Kegiatan ini dilaksanakan di pondok pesantren al Islahuddiny dan diikuti oleh siswi kelas IX madrasah Aliyah. Setelah kegiatan berakhir, peserta diberikan pendampingan, serta evaluasi dengan diberikan angket respon. Hasil menunjukkan bahwa siswa dapat memanami berbagai dampak merariq kodeq dilihat dari multi perspektif dan metode delegasi dan roadshow class cukup efektif dalam memberikan pemahaman kepada siswa tentang merariq kodeq.
Penggunaan Google Classroom pada ibu PKK Lubang Buaya ega shela marsiani; Dian Nur Sholihaningtias
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 3 (2021): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v4i3.7515

Abstract

Maksud diadakannya abdimas ini adalah agar peserta pengetahuan serta pemahaman dalam penggunaan aplikasi google classroom untuk membantu serta mendampingi anak anak mereka secara online atau daring dikarenakan pandemic covid-19 yang sedang melanda Negara kita. Medote yang digunakan adalah observasi, wawancara dan pelatihan. Berdasarkan penyuluhan yang diadakan diperoleh hasil sebagai berikut : 1) Peserta dapat memantau serta memberi arahan kepada anak anak mereka dalam kegiatan belajar menggunakan google classroom. 2) Para orang tua atau ibu – ibu saat ini haruslah melek IPTEK dan mau belajar mengikuti perkembangan jaman untuk dapat mengawasi anak anak mereka.
PEMBUATAN APLIKASI ‘CALISTUNG’ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID Nilma Nilma; Putri Dina Mardika
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 3 (2021): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v4i3.7022

Abstract

Abstrak Dampak negatif dari perkembangan telepon pintar pada semua kalangan terutama anak usia dini, salah satunya adalah rasa candu akan gawai dan permainan berbasis online pada media telepon pintar. Padahal telepon pintar dapat dimanfaatkan secara positif sebagai sebuah media edutainment yaitu media yang menggabungkan unsur edukasi (education) dengan hiburan (entertainment) atau sering disebut bermain sambil belajar. Calistung adalah aplikasi berbasis android yang dibuat sebagai media pembelajaran membaca, menulis dan berhitung untuk Pendidikan anak usia dini di Taman Kanak-kanak. Pemanfaatan telepon pintar sebagai media pembelajaran mengimplementasikan visualisasi yang menarik bagi anak usia dini dalam belajar. Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini yaitu berupa aplikasi Calistung yang dapat digunakan bagi guru dan orang tua dalam memberikan Pendidikan yang interaktif kepada anak. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan peningkatan pemahaman anak usia dini dalam membaca, menulis dan berhitung menjadi lebih cepat.  
DOLANAN ANAK SEBAGAI UPAYA MEMBATASI PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK DI DESA PENAMBANGAN SIDOARJO Intan Chairun Nisa; Restika Dewi Mayangsari; M. Khoirul Rizani
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 3 (2021): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v4i3.6467

Abstract

Masa anak-anak merupakan masa emas dimana pertumbuhan dan perkembangan otak berlangsung cepat. Penggunaan gadget yang berlebihan dapat berbahaya bagi perkembangan otak, syaraf dan kepribadian anak. Salah satu media alternatif untuk mengalihkan perhatian anak dari gadget adalah melalui Dolanan Anak. Dolanan Anak dibuat dengan menciptakan arena bermain yang lengkap dengan atribut permainan di sekitar lokasi tempat tinggal anak. Program ini dilakukan melalui 4 tahap yaitu penentuan lokasi, pembangunan arena Dolanan Anak, sosialisasi serta monitoring dan evaluasi. Lokasi yang digunakan yaitu di Desa penambangan RT 02 RW 01, Kec. Balongbendo, Kab. Sidoarjo karena memiliki aspek kenyamanan, strategis dan keamanan. Pembangunan arena Dolanan Anak dilakukan dengan membersihkan, mengecat, dan memberikan beberapa fasilitas permainan anak. Sosialisasi dilakukan pada para orang tua melalui penyuluhan dan anak-anak melalui ajakan serta membiasakan bermain di arena Dolanan Anak selama satu bulan. Monitoring dan evaluasi dilakukan melalui kuesioner yang diberikan kepada warga sekitar. Berdasarkan hasil kuesioner dari 24 responden menunjukkan bahwa masyarakat sekitar puas dengan kinerja tim pelaksana, pembangunan arena Dolanan Anak, serta dampak Dolanan dalam membatasi penggunaan gadget bagi anak.
IMPLEMENTING 21ST CENTURY SKILLS IN PROJECT BASED LEARNING TO DEVELOP YOUNG LEARNERS LITERACY Wahyu Eka Prasetyaningtyas; Helda Jolanda Pentury; Anastasia Dewi Anggraeni
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 3 (2021): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v4i3.6901

Abstract

Project-based learning gives young learners an opportunity to combine the literacy of words, grammar, numbers, into productive speech and writing. In implementing a 21st century approach to developing literacy through the project-based learning, teachers need to create a learning situation which has curiosity and gives the young learners a real creative reason to learn. To do this, learning activity was set up in creative interesting projects a round. Each project has several set of creation that the young learners are led to practice with, so that they can find out more about literacy creatively by themselves. They collaborated with other learners to compare, contrast and share their learning experiences and discoveries. Finally, they made the projects creatively, displayed and presented them in groups. So, they have to be creative and innovative in creating and setting the projects through projects learning as well as to analyze and evaluate young learners’ literacy competence. Through Project-Based Learning, teachers of young learners at Kindergarten of TK Asa’adah Limo-Cinere can develop their ability to produce and communicate their literacy competence which is later can be implemented for their young learners there. They worked to define and organize ideas, inspire new topics, imagine the stories to tell, they are able to manage conceptual-problems better than those taught in common learning of literacy as well. In this case, they can write workbook or handbook for their young learners. The training of train teachers by implementing ‘21st century skills’ into the lesson of literacy, ideas, such as collaboration, critical thinking, creativity and communication are becoming effective and extraordinary purpose for the lesson itself.
PENDAMPINGAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF SEBAGAI PERSIAPAN UN DI SMPIT DAN SMAIT YAPIDH Ahmad Khoiril Anam; Fauzi Rahman; Ryan Hidayat
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 3 (2021): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v4i3.7520

Abstract

One of the problems in the low interest in learning Indonesian is the too long paragraphs of a discourse and the difficulty in determining the important elements in the paragraphs. In addition, the topics on a writing, sometimes become something that is very complicated to understand. From starting to determine the main sentence, main ideas, even the main ideas contained in a writing. To determine a main idea, it can be studied or reviewed from the material about paragraphs and its development. The problems that often arise are in the Indonesian National Examination questions, usually students have difficulty determining the main idea and main sentence and determining the theme of the entire paragraph. This ibM activity aims to provide an understanding of paragraph development and determine the main idea and main sentence in a paragraph as a form of preparation for the National Examination at SMPIT and SMAIT Yapidh. The methods used in this community service are lectures, questions, and answers with assignments. The results of the activity show the importance of understanding paragraph development and how to determine main ideas and main sentences in preparation for the National Examination. This is very helpful in increasing the confidence of students when facing the Computer-based National Examination. Because, by understanding and knowing the main idea of a paragraph correctly, students can find out the outline of the story and can conclude the contents of the paragraph appropriately.
SOSIALISASI PENGELOLAAN HHBK BAGI MASYARAKAT DI PERBATASAN PAPUA INDONESIA - PAPUA NEW GUINEA Muhammad Zaenul Muttaqin; Ilham Ilham; Usman Idris
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 3 (2021): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v4i3.6462

Abstract

Pengabdian masyarakat ini berjudul Sosialisasi Pengelolaan HHBK (Hasil Hutan Bukan Kayu) bagi masyarakat di Perbatasan Papua Indonesia – Papua New Guinea. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini untuk memberikan wawasan sekaligus pemahaman bagi masyarakat mengenai pengelolaan HHBK (Hasil Hutan Bukan Kayu) di Papua. Secara spesifik, pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di Distrik Yaffi Kabupaten Kerom Provinsi Papua, dengan menggunakan metode Sosialisasi untuk penyebarluasan pengetahuan yang terkait dengan regulasi dan pengelolaan HHBK. Hasil Sosialisasi dan diskusi bersama masyarakat menunjukkan bahwa terdapat keterbatasan informasi sehingga banyak warga yang tak mengetahui mengenai regulasi dan pengelolaan HHBK sehingga lembaga-lembaga dari tingkat kampung hingga distrik belum memiliki pemahaman mengenai HHBK. Kemudian pihak Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Provinsi Papua selaku fasilitator belum melakukan inventarisasi komoditas HHBK di wilayah Distrik Yaffi. Selanjutnya kelompok tani hutan di Distrik Yaffi belum terbentuk. Dengan adanya sosialisasi mengenai penguatan kapasitas dalam pengelolaan HHBK diharapkan, masyarakat maupun pemerintah distrik dapat mengakses program pengelolaan HHBK dan memanfaatkan komoditas hutan secara optimal guna memenuhi kebutuhan ekonominya secara otonom.
PENYULUHAN DALAM MENGHADAPI PELUANG DAN TANTANGAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI YAYASAN MIZAN AMANAH TEBET Muhammad Firdaus; Rahmawati Yuliyani
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 3 (2021): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v4i3.6595

Abstract

Alhamdulillah, by looking at the future of rapid and sophisticated development of information technology that does not rule out the possibility of every Indonesian society in general, the teachers and the management of Mizan Amanah in particular get updated information and knowledge, so as not to be outdated and to compete with the community abroad. The purpose of conducting PKM activities within the Mizan Amanah Foundation is to introduce ideas, inovation, and realization of the industrial revolution 4, provide an overview and experience in responding to the digital era, and to use it wisely. In this PKM (Community Service) activity, we use observation and direct interviews as  research methods with the management to get information related to daily activities and activities at the Foundation, so that we can get to know the educational background, expertise, and professions of each of them each teacher and administrator. From this research, students are expected to be more open in their insights about information technology and its use, and to use it more wisely in everyday life. This is possible to be able to give positive hope to them in the future, so that they are ready to be able to welcome a better tomorrow.
PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DESA DABUK MAKMUR DENGAN PENGELOLAAN JAMUR SAWIT MENJADI JAMUR CRISPY BERNILAI EKONOMI Budhi Santoso; Distri Wiranti; Jusriama Bhw
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 3 (2021): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v4i3.6476

Abstract

Desa dabuk mamur memiliki sumber daya alam berupa tanaman sawit, tanaman sawit dapat dimanfaatkan bijinya sebagai minyak yang diproduksi oleh pabrik disekitar Desa Dabuk Makmur. Selain tanaman sawit dapat dimanfaatkan menjadi olahan minyak, jamur yang tumbuh di tanaman sawit dapat dimanfatkan menjadi olahan camilan yaitu jamur crispy.  Jamur ini secara alami dapat tumbuh  pada tumpukkan limbah  tandan kosong kelapa sawit diperkebunan kelapa sawit. Pemanfaatan jamur sawit yang tumbuh pada tandan Kosong kelapa sawit sebagai media tumbuh jamur sawit belum bayak dimanfaatkan, padahal jamur sawit meiliki nilai ekonomi. Untuk mengoptimalkan pemanfaatan potensi ini dilaksanakan pelatihan dan pendampingan kepada kelompok masyarakat dalam bentuk pengembangan produk jamur yakni jamur crispy. Pemberdayaan Ekonomi masyarakat dengan cara pengelolaan jamur sawit menjadi jamur crispy yang bernilai ekonomi.
Pendidikan Karakter Pada Generasi Alpha: Tanggung Jawab, Disiplin dan Kerja Keras Muhamad Yasir; Susilawati Susilawati
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 3 (2021): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v4i3.10116

Abstract

Generasi Alpha adalah generasi yang lahir bersamaan dengan korporasi Apple. Generasi ini memiliki ciri-ciri karakter yang berbeda dengan generasi seebelumnya. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat adalah memberikan penyuluhan tentang pendidikan karakter(Tanggung Jawab, Disiplin, Kerja Keras) bagi masyarakat khususnya yang memiliki anak yang termasuk ke dalam Generasi Alpha di Kampung Raden Jatiraden Jatisampurna Bekasi. Metode yang digunakan yaitu Metode Ceramah, Tanya Jawab, dan Diskusi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pendidikan karakter dapat diterapkan melalui kegiatan sehari-hari dalam lingkungan keluarga.

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 6, No 5 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 6, No 4 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 6, No 3 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 6, No 2 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 6, No 1 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 5, No 6 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 5 (2022): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 4 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 3 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 2 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 1 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 6 (2021): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 5 (2021): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 4 (2021): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 3 (2021): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 2 (2021): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 1 (2021): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 4 (2020): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 3 (2020): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 2 (2020): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 1 (2020): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 03 (2019): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 02 (2019): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 01 (2019): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1, No 03 (2018): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1, No 02 (2018): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1, No 01 (2018): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat More Issue