cover
Contact Name
Hadi Gunawan Sakti
Contact Email
hgs@lingkarpenaindonesia.com
Phone
+6287864842289
Journal Mail Official
lingkarpenaindonesia@gmail.com
Editorial Address
Jl. Soekarno-Hatta, Griya Menang Asri, Lombok Barat, Indonesia.
Location
Kab. lombok barat,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran
ISSN : -     EISSN : 27743225     DOI : 10.36312/lpi
Core Subject : Education,
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran is an open access peer reviewed research journal that Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia publishes. The journal publishes state-of-art papers in the form of conceptual research and studies in the field of learning media, learning models, and learning strategies, with a systematic proposed method, sufficient review of previous works, expanded discussion, and concise conclusion. As our commitment to the advancement of science and technology, the Lentera Pendidikan Indonesia follows the open access policy that allows the published articles to be freely available online without any subscription.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 3 (2021): August" : 9 Documents clear
HUBUNGAN KINERJA GURU DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA Wardiah Aeni; Suhirman Suhirman; Alkusaery Alkusaery
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 2 No. 3 (2021): August
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (297.003 KB) | DOI: 10.36312/lpi.v2i3.23

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kinerja guru dan pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar siswa kelas X di MA Yusuf Abdussatar Kediri Lombok Barat. Penelitian ini memiliki tiga variabel yaitu kinerja guru (X₁) dan pola asuh orang tua (X₂) sebagai variabel bebas serta kemandirian belajar siswa (Y) sebagai variabel terikat. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian expost-facto. Adapun Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data ialah berupa angket dan wawancara. Populasi pada penelitian ini berjumlah 107 siswa. Adapun teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 siswi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik analisis statistik dengan model regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara kinerja guru dan pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar siswa kelas X di MA Yusuf Abdussatar. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan program SPSS22 sehingga didapat nilai pada uji silumtan model regresi ganda yaitu berupa f hitung = 10,60 dan f tabel = 3,32 pada taraf signifikansi 5%. Hal ini berarti bahwa nilai f hitung variabel kinerja guru dan pola asuh orang tua > f tabel yaitu 10,60 > 3,32, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak.
ANALISIS KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN PEMBELAJARAN DARING DI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN MANDALIKA Endah Resnandari Puji Astuti; Muh Husein Baysha
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 2 No. 3 (2021): August
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (155.696 KB) | DOI: 10.36312/lpi.v2i3.24

Abstract

Pandemic covid-19, pelaksanaan kegiatan pembelajaran di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Mandalika memanfaatkan e-learning sebagai media pembelajaran secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keunggulan dan kelemahan pembelajaran daring di Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Mandalika. Data yang diperlukan diperoleh dari penyebaran angket atau kuesionar melalui whatsapp grup mahasiswa Prodi Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Mandalika. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuanlitatif deskriptif. Penelitian kuantitatif merupakan penelitan yang datanya berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistic. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disebarkan kepada mahasiwa teknologi Pendidikan. Responden penelitian ini sebanyak 66 mahasiswa. Angket kelemahan dan keunggulan pembelajaran daring terdiri dari 16 pernyataan menggunakan skala likert. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kelemahan pembelajaran daring yang paling dirasakan oleh hampir seluruh mahasiswa atau sebesar 81,8%. Sebesar 51.5% menyatakan tidak tersedia jaringan internet yang memadai untuk melakukan pembelajaran daring. Kurangnya semangat untuk belajar karena pembelajaran hanya terjadi secara daring sebesar 45,5%. ebesar 47% mahasiswa setuju dan merasa bahwa kurangnya penguasaan terhadap aplikasi pembelajaran daring yang digunakan. Sebanyak 37,9% mahasiswa merasa kesulitan dalam melakukan komunikasi dan diskusi secara online dengan dosen maupun teman. Sebesar 30,3% sangat setuju dan 39,4% mahasiswa setuju bahwa mereka memiliki kerterbatasan dalam perangkat atau media pendukung untuk pembelajaran secara daring. Kelemahan-kelemahan seperti ini lah yang pada akhirnya dapat menjadi penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran secara daring.
MENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS DESCRIPTIVE DAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS ASPEK MEMBACA MELALUI METODE GIVE ME ONE YOU GET ONE BAGI SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 2 MOJOSONGO Danik Retno Kusuma
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 2 No. 3 (2021): August
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.272 KB) | DOI: 10.36312/lpi.v2i3.41

Abstract

Peneltian ini untuk meningkatkan keterampilan membaca teks Descriptive dan hasil belajar Bahasa Inggris aspek membaca melalui metode give me one you get one bagi siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Mojosongo semester 2 tahun 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk sebagai upaya guru untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pembelajaran. Membantu siswa dalam mengatasi permasalahan pada proses belajar, khususnya Bahasa Inggris, serta Memberi kesempatan kepada siswa seluas luasnya untuk mengembangkan ide. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Mojosongo yang berjumlah 32 siswa. Objek penelitian ini adalah peningkatan keterampilan menulis. Penelitian ini dilakukan dengan tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data diperoleh dari observasi, wawancara, tes, angket, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Keberhasilan tindakan ditentukan oleh peningkatan proses dan produk. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, Adanya peningkatan keterampilan membaca teks Descriptive setelah diterapkannya metode give me one you get one. Pada akhir siklus I siswa yang mendapatkan nilai mencapai KKM berjumlah 22 siswa (69%). Akan tetapi belum memenuhi target ketuntasan klasikal sebesar 85%. Pada akhir siklus II siswa yang mendapatkan nilai mencapai KKM berjumlah 32 siswa (100%), artinya target ketuntasan klasikal sebesar 85% terlampaui.
PENERAPAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SD NEGERI PEMATANG KARANGAN HILIR 1 Nurkholis Majid
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 2 No. 3 (2021): August
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (201.841 KB) | DOI: 10.36312/lpi.v2i3.42

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan metode make a match proses Pendidikan Agama Islam kompetensi dasar menyebutkan tugas malaikat siswa kelas IV SD Negeri Pematang Karangan Hilir I. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitiannya adalah siswa kelas IV SD Negeri Pematang Karangan Hilir I kecamatan Tapin Tengah Kabupaten Tapin. Hasil penelitian menunjukkan dimana Siklus I dengan metode make a match dengan hasil nilai rata-rata dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 70 dengan ketuntasan siswa 40 % hasil nilai rata-rata kelasnya 68 yang dicapai oleh 4 siswa yang tuntas dari 10 siswa Tahap kedua siklus II hasil nilai rata-rata kelasnya 77 yang dicapai oleh 10 siswa yang tuntas secara keseluruhan ketuntasan mencapai 100 %. Berdasarkan data tersebut dengan penerapan "make a match", siklus I dan II dapat diketahui ada peningkatan hasil belajar setelah diterapkannya strategi pembelajaran "make a match".
PENERAPAN MODEL INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS 6 SD NEGERI 4 RATOLINDO Majajareng Majajareng
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 2 No. 3 (2021): August
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.235 KB) | DOI: 10.36312/lpi.v2i3.43

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan agama islam siswa kelas 6 SD Negeri IV Ratolindo pada mata melalui pendekatan inquiry learning. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan rancangan penelitian mengikuti tahap penelitian yang mengacu pada modifikasi diagram Kemmis dan Mc Taggart, yaitu 1) Perencanaan tindakan 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar, dari siklus I ke siklus II. Pada hasil belajar pada siklus I, daya serap klasikal mencapai 70,8%, ketuntasan klasikal mencapai 78,57%, aktifitas siswa rata-rata mencapai 40% dengan kategori kurang. Akan tetapi pada siklus II diperoleh persentase sangat baik dengan daya serap klasikal 76%, ketuntasan klasikal mencapai 100% dan aktifitas siswa mencapai 96,42% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendekatan inquri learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas 6 SD Negeri 4 Ratolindo.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR KETELADANAN NABI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V SD NEGERI 1 TOJO Rukmin N Aepu
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 2 No. 3 (2021): August
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183 KB) | DOI: 10.36312/lpi.v2i3.44

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam siswa kelas V SD Negeri 1 Tojo melalui model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian mengikuti tahap penelitian yang mengacu pada modifikasi diagram Kemmis dan Mc Taggart, yaitu 1) Perencanaan tindakan 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi, materi yang di bahas tentang Keteladanan Nabi dengan melibatkan subyek penelitian sebanyak 10 siswa. Teknik pengumpulan data ialah observasi dan pemberian tes hasil belajar tiap akhir tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar, dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, daya serap klasikal mencapai 60%, ketuntasan klasikal mencapai 68%, aktifitas siswa rata-rata mencapai 40% dengan kategori kurang. Pada siklus II diperoleh persentase sangat baik dengan daya serap klasikal 78%, ketuntasan klasikal mencapai 100% dan aktifitas siswa mencapai 96,42% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan data hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas V SD Negeri 1 Tojo.
PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA ASMA UL HUSNA KELAS V SD NEGERI RANGDA MALINGKUNG 3 Mu’minah Mu’minah
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 2 No. 3 (2021): August
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.541 KB) | DOI: 10.36312/lpi.v2i3.45

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Rangda Malingkung 3 pada materi Asma ul Husna. Sebagian besar siswa cenderung hanya menerima informasi dari guru dan tidak menggali informasi secara individu, tanpa ada pemahaman konseptual dan prosedural. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mtaeri ini, peneliti menerapkan pembelajaran dengan menggunakan strategi Index Card Match (ICM). Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri atas empat komponen, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah berupa data yang diperoleh dari hasil observasi kegiatan guru dan kegiatan siswa pada siklus I dan siklus II, serta hasil tes pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian pada siklus I dan Siklus II, hasil belajar siswa meingkat, tetapi tidak mencapai keseluruhan kriteria keberhasilan tindakan.
Cover and Editorial Pages Editor
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 2 No. 3 (2021): August
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.839 KB)

Abstract

Cover, Editorial Member List, and Table of Contents
MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DENGAN METODE KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH KELAS IV SD NEGERI AYUNAN PAPAN Noorhasanah Noorhasanah
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 2 No. 3 (2021): August
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (184.289 KB) | DOI: 10.36312/lpi.v2i3.47

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas IV SD Negeri Ayunan Papan. Hal ini ditunjukan dengan hasil belajar siswa yang dibawah KKM. Model Kooperatif Tipe Make a Match dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model Kooperatif Tipe Make a Match dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendiidkan agama islam dan budi pekerti di SD Negeri Ayunan Papan. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Ayunan Papan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan data Pra siklus, siklus I dan Siklus II. Pada Pra Siklus diketahui 3 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 25%, pada siklus I diketahui 6 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 50%, pada siklus II diketahui 10 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 83%. Dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Kooperatif Tipe Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Ayunan Papan mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti.

Page 1 of 1 | Total Record : 9