cover
Contact Name
Chavid Moyo Jaladri
Contact Email
lppmstiekop@gmail.com
Phone
+6285235260662
Journal Mail Official
jurnalkomastie@gmail.com
Editorial Address
Jl. W.R. Supratman No.9, Rampal Celaket, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65111
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Journal Koperasi Dan Manajemen
ISSN : 27226123     EISSN : 28091213     DOI : https://doi.org/10.52838/komastie.v2i02
Core Subject : Economy,
Journal Koperasi dan Manajemen (KOMASTIE) bertujuan untuk menjadi media penyebarluasan hasil penelitian dan pertukaran karya ilmiah bidang Ekonomi, Manajemen, dan Koperasi di kalangan akademisi lingkungan STIEKOP, Prektisi internasional, praktisi, pengatur kebijakan, dan untuk kalangan umum. KOMASTIE diterbitkan dua kali dalam setahun pada bulan April, dan Oktober. KOMASTIE adalah jurnal ilmiah tentang bidang Ekonomi, Manajemen, Dan Koperasi yang Saat ini berupaya untuk mendapatkan akreditasi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia, selanjutnya, KOMASTIE juga berupaya untuk mendapatkan terindeks di EBSCO, EconLit (American Economic Association), ProQuest, dan Scopus dan lain-lainnya.
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 02 (2021): JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN" : 16 Documents clear
ANALISIS PENGARUH E-COMMERCE DAN DESAIN PRODUK TERHADAP VOLUME PENJUALAN Indah Datin Nadliroh
JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN Vol 2 No 02 (2021): JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN
Publisher : STIEKOP MALANG PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (182.118 KB) | DOI: 10.52838/komastie.v2i02.47

Abstract

Purpose – Untuk mengetahui dan menelaah konspe e-commerce yang mempengaruhi desain produk terhadap volume penjualan, diharapkan dapat memberikan bahan pertimbangan dalam penentuan e-commerce dan desain produk untuk penjual online, dalam hal ini media sosial yang digunakan adalah WhatsApp. Design/methodology/approach – Penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan dibantu dengan program SPSS Findings – Hasil dari pengujian simultan (uji F) dapat dilihat e-commerce dan desain produk terhadap volume penjualan dengan nilai sebesar 16,111, e-commerce terhadap volume penjualan nilai signifikansi sebesar 0,084 > 0,05, desain produk terhadap volume penjualan dengan nilai signifikansi sebesar 0,40> 0,05. Hasil dari uji determinasi menyatakan bahwa e-commerce dan desain produk sebesar 88,3%. Research limitations/implications – Penelitian ini membahas variabel desain produk dan volume penjualan dan hanya menggunakan 1 media. Dengan adanya penelitian ini diharapkan bisa memanaatkan penelitian ini sebagai acuan dalam meningkatkan pehaman e-commerce dengan sudut pandang yang berbeda kedepan. Originality/value – Dalam penelitian ini fungsi pendekatan dengan memanfaatkan softwate detceting and acumulating data (DAD) dan proses analisis data dengan menggunakan googleform untuk memperkuat hasil penelitian di masa pandemi. Keyword : e-commerce; desain produk; volume penjualan; iklan; Paper type : Case Study
ANALISIS PEMBERIAN INSENTIF TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI DEPARTEMEN PENJUALAN PG KEBON AGUNG MALANG Dita Rachmawati
JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN Vol 2 No 02 (2021): JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN
Publisher : STIEKOP MALANG PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.147 KB)

Abstract

Purpose – Pemberian insentif merupakan salah satu hal pokok yang harus diperhatikan oleh perusahaan. Semangat tidaknya karyawan bisa juga disebabkan oleh besar kecilnya insentif yang diterima. Design/methodology/approach – penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan dibantu dengan program SPSS Findings – Kinerja karyawan PG Kebon Agung Malang sebesar 10,120 satuan, dengan ini asumsi insentif dalam keadaan konstan/tetap. hasil ini membuktikan bahwa kinerja karyawan secara signifikan akan meningkat sebesar 52,3% jika insentif bagi karyawan PG Kebon Agung Malang meningkat 1%. Research limitations/implications – Penelitian ini hanya membahas variabel intensif dan kinerja karyawan dengan objek penelitian PG Kebonagung Malang. Dengan adanya penelitian ini diharapkan PG Kebonagung bisa memanaatkan penelitian ini sebagai acuan dalam meningkatkan kinerja karyawan. Originality/value – dalam penelitian ini fungsi pendekatan dan wawancara secara langsung juga di gunakan sehingga penambahan data kualitatif untuk memperkuat hasil penelitian. Keyword : Intesnif; Bonus; Salary; Kinerja; Capaian Paper type : Case Study
PERANAN PENGERAHAN DANA SEBAGAI FAKTOR UTAMA PEMBELANJAAN DI PT. BANK JATIM Ari Nurcahyo Darmawan
JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN Vol 2 No 02 (2021): JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN
Publisher : STIEKOP MALANG PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.128 KB) | DOI: 10.52838/komastie.v2i02.49

Abstract

Purpose – Upaya yang harus dilakukan bank sebagai lembaga dalam melakukan ativitas penyaluran dana masyarakat guna memaksimalkan pengguna jasa perbankan dalam meningkatkan kinerja perbankan. Design/methodology/approach – Dalam penelitian ini peneliti menggunakan analisa kualitatif dengan menggunakan memanfaatkan data skunder dari perusahaan untuk pendekatan yang digunakan adalah dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Findings – Keberhasilan pengerahan dana yang dicapai oleh bank tidak diikuti dengan keberhasilan dalam hal pembelanjaan dana. Untuk Ketentuan jangka waktu kredit yang ditetapkan oleh PT. Bank Jatim dianggap kurang panjang, sehingga nasabah merasa keberatan pada saat pembayaran angsuran. PT. Bank Jatim juga masih kurang maksimal menggunakan sumber daya yang ada dalam menarik nasabah kreditur. Nasabah debitur dari Bank Jatim dibebani dengan biaya administrasi pencairan kredit yang dianggap terlalu besar. Beberapa peraturan yang ditetapkan oleh Bank Jatim terlalu ketat untuk pengembalian pinjaman. Research limitations/implications – Penelitian ini hanya berfokus pada objek penelitian bank jatim saja, akan tetapi dalam penelitian ini bisa memberikan pemahan dan juga informasi agar bank jatim bisa melakukan pembenahan dan perbaikan agar bisa memaksimalkan pengerahan dana. Originality/value – Dalam penelitian ini menggunakan data skunder dengan memasukan beberapa data yang dianggap bisa menjadi rujukan dalam penelitian selanjutnya dan juga bisa diperluas dengan objek penelitiannya. Keyword : Bank; Dana; Pembelanjaan; Keuangan; Paper type : Case Study
STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA KELOMPOK USAHA BATU ALAM KONDA Chavid Moyo Jaladri
JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN Vol 2 No 02 (2021): JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN
Publisher : STIEKOP MALANG PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.774 KB) | DOI: 10.52838/komastie.v2i02.50

Abstract

Purpose – Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan strategi pengembangan sumber daya manusia pada kelompok usaha batu Alam di Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan. Design/methodology/approach – Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan instrumen dokumentasi, observasi, studi kepustakaan dan wawancara dengan informan terkait masalah yang diteliti. Populasi sekaligus sebagai sampel dalam penelitian ini adalah 55 orang pelaku usaha yang terlibat dalam usaha batu Alam di Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan Findings – Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang tepat untuk digunakan dalam pengembangan sumber daya manusia pada kelompok usaha batu Alam di Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan adalah strategi divestment yang penerapannya melakukan proses seleksiaktivitas sumber daya manusia seperti meniadakan proses pembuatan liontin atau kalung dikarenakan produk tersebut kurang diminati oleh masyarakat sehingga aktivitas tersebut dapat dialihkan pada proses pengembangan bakat yang lebih bermanfaat agar kedepannya para pengrajin menjadi lebih berkembang dan kreatif untuk menghasilkan produk batu Alam yang lebih bervariatif dan inovatif. Research limitation/implication - Penelitian ini diambil dengan objek penelitian yang mempunyai populasi yang dibawah 100 dan berada di satu daerah saja dan kemudian bisa menjadikan acuan di daerah lain dengan kondisi yang serupa untuk meningkatkan pengembangan SDM di usaha yang sama seperti yang ada di Konawe. Originalitiy/value – dalam penelitian ini adanya peran dari lingkungan yang berada dengan banyak komoditas batu alam yang bagus mampu membuat sumberdaya manusia menjadi kreatif dan produktif dalam memanfaatkan potensi alam yang ada disekitar. Keyword – SWOT; Strategi; Usaha Bisnis; Tambang; Batu Alam, SDM Paper type - Case study
ANALISIS PENENTUAN PORTOFOLIO YANG OPTIMAL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INDEKS TUNGGAL PADA INDEKS LQ-45 PERIODE 2015-2016 DI BURSA EFEK INDONESIA Zaki Bahrun Ni'am; Chavid Moyo Jaladri
JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN Vol 2 No 02 (2021): JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN
Publisher : STIEKOP MALANG PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.967 KB) | DOI: 10.52838/komastie.v2i02.51

Abstract

Purpose – Dalam memilih saham yang akan dimasukkan ke dalam portofolio para investor juga harus berhati-hati karena saham-saham yang dipilih akan menentukan besarnya risiko dan tingkat keuntungan yang akan diperoleh investor dari investasinya. Untuk memperoleh portofolio yang optimal, para investor perlu memilih sebuah model untuk menganalisisnya. Design/methodology/approach – Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Sifat dari penelitian ini merupakan replikasi dari penelitian sebelumnya Findings – Konsistensi pembentukan portofolio optimal dalam penelitian ini menggunakan data historis. Untuk membentuk portofolio yang optimal maka proporsi dana yang akan dibentuk pada saham Jasa Marga Tbk (JSMR) mayoritas lebih besar presentase proporsi dananya dibandingkan dengan presentase proporsi dana saham Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI). Portofolio optimal yang terbentuk tersebut menawarkan tingkat keuntungan/tingkat pengembalian yang lebih besar daripada risiko portofolio yang akan dihadapi investor. Research limitations/implications – Dalam penelitian ini yang dimasukan hanya saham-saham yang ada di LQ45, diharapkan kedepan bisa menjadikan penelitian lanjutan apakah hasil yang didapat sekarang masih tetap atau berubah di masa yang akan datang. Originality/value – Penelitian ini meggunakan data skunder karena mempertimbangkan nilai fundamental yang ada dalam perusahaan. Disamping itu juga menggunakan data historis agar data bisa relevan untuk sumber rujukan di masa yang akan datang. Keyword : IHSG; Saham; Indeks; LQ-45; Model Indeks Tunggal; Paper type : Case Study
PENGARUH PENDATAPAN DAN TINGKAT BONUS TERHADAP TABUNGAN WADIAH PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA Abdullah Syakur Novianto
JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN Vol 2 No 02 (2021): JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN
Publisher : STIEKOP MALANG PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.374 KB) | DOI: 10.52838/komastie.v2i02.52

Abstract

Purpose - Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi Tabungan Wadiah perbankan syariah di Indonesia. Objek penelitian adalah industri perbankan syariah di Indonesia selama kuartal pertama tahun 2013 sampai dengan kuartal kedua tahun 2021. Variabel dalam penelitian ini adalah Tabungan Wadiah, Pendapatan (Produk Domestik Bruto/PDB) dan Tingkat Bonus Tabungan Wadiah. Design/methodology/approach - Metode statistik yang digunakan adalah Vector Error Correction Model (VECM) untuk mengetahui pengaruh jangka pendek dan jangka panjang dari variabel Pendapatan (Produk Domestik Bruto/PDB) dan Tingkat Bonus Tabungan Wadiah terhadap Tabungan Wadiah Perbankan Syariah di Indonesia. Findings - Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada jangka pendek variabel Pendapatan (Produk Domestik Bruto/PDB) dan Tingkat Bonus Tabungan Wadiah perpengaruh positif terhadap Tabungan Wadiah, namun pada jangka panjang Pendapatan (Produk Domestik Bruto/PDB) dan Tingkat Bonus Tabungan Wadiah berpengaruh negatif terhadap Tabungan Wadiah Perbankan Syariah di Indonesia. Research limitation/implication - Originalitiy/value - Penelitian ini menggunakan model Vector Error Correction Model (VECM) sehingga dapat mengetahui tingkah laku jangka pendek dari suatu variabel terhadap jangka panjanganya. Keyword - Tabungan Wadiah, Produk Domestik Bruto, Perbankan Syariah Indonesia Paper type - Case study
STRATEGI EKSPANSI BMT TEKAD MANDIRI DI LINGKUNGAN PONDOK TEBUIRENG JOMBANG Didik Setiawan; Wina Nurhayati
JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN Vol 2 No 02 (2021): JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN
Publisher : STIEKOP MALANG PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.173 KB) | DOI: 10.52838/komastie.v2i02.53

Abstract

Purpose – Peneltian ini mempunyai tujuan untuk BMT Tekad Mandiri tetap bertahan, mampu bersaing dan terus berkembang. Oleh karena itu untuk mencapai tujuan tersebut salah satu langkah yang harus dilakukan adalah penetapan strategi Ekspansi secara tepat. Design/methodology/approach – Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan instrumen dokumentasi, observasi, studi kepustakaan dan wawancara dengan informan terkait masalah yang diteliti. Findings – Penelitian ini menunjukkan bahwa BMT Tekad Mandiri Jombang mengalami perkembangan yang fluktuatif. Kekuatan BMT Tekad Mandiri yakni margin yang kompetitif, tingkat pendidikan pengelola dan pengurus, ketersediaan sarana dan prasarana, sistem syariah, penerapan strategi jemput bola. Kelemahan BMT yakni lokasi yang kurang strategis, masalah permodalan, tenaga marketing, legalitas usaha, ketegasan dalam menghadapi anggota bermasalah. Peluang BMT yaitu tahan terhadap krisis global, perkembangan Bank Syariah di Indonesia, masyarakat yang mayoritas Muslim, misi yang sejalan dengan program pemerintah, fatwa MUI tentang pengharaman bunga bank. Ancaman BMT yaitu pemahaman masyarakat, Bank Konvensional, masalah regulasi, minat masyarakat, kepercayaan masyarakat. Strategi alternatif yang dapat digunakan ada tiga yaitu meningkatkan sosialisasi, membuka unit baru dan usaha baru, melakukan penetrasi pasar untuk meningkatkan jumlah konsumen atau nasabah. Research limitation/implication - Penelitian ini diambil dengan objek penelitian yang berada di lingkungan pesantren sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap BMT yang berada di luar lingkungan pondok pesantren Originalitiy/value – dalam penelitian ini adanya peran dari lingkungan pondok pesantren dan komunitas yang menjadi kekuatan dalam pengembangan dan expansi yang dilakukan kedepan. Keyword – BMT; Strategi; Bank syariah; ekspansi; Pondok Pesantren Paper type - Case study
Pengaruh Perencanaan Sumber Daya Manusia dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Organisasi pada Badan Kepegawaian Daerah Pemkot Malang Ferra Eka Ramadhani; Ninda Rachnawati
JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN Vol 2 No 02 (2021): JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN
Publisher : STIEKOP MALANG PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52838/komastie.v2i02.62

Abstract

Purpose – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perencanaan sumber daya manusia dan budaya organisasi terhadap kinerja organisasi pada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemkot Malang. Design/methodology/approach – Metode yang digunakan ialah kuantitatif pada intrumen yang dinyatakan valid dan reliabel sehingga layak digunakan dengan jumlah responden yang digunakan sebanyak 48 responden dengan total pernyataan sebanyak 22 peryataan. Teknik yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang dihitung menggunakan SPSS Version 25 for Window. Findings – Hasil penelitian menggunakan analisis regresi berganda yang menunjukkan perencanaan sumber daya manusia tidak berpengaruh terhadap kinerja organisasi, budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja organisasi. Secara simultan perencanaan sumber daya manusia dan budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja organisasi. Research limitations/implications – Perencanaan sumber daya manusia dan budaya organisasi berperan sebagai salah satu pemicu tumbuhnya hasil kinerja organisasi yang optimal. Maka dengan semakin baiknya persepsi masing-masing anggota organisasi mengenai budaya organisasi ditempat kerjanya maka akan semakin tinggi pula hasil kinerja organisasi tersebut terhadap organisasi. Originality/value – Penelitian ini menggunakan wawancara secara langsung dan melalui google form yang digunakan untuk memdukung hasil penelitian. Keyword : Perencanaan SDM, Budaya Organisasi, Kinerja Organisasi Paper type : Case Study
ANALISIS PENGARUH E-COMMERCE DAN DESAIN PRODUK TERHADAP VOLUME PENJUALAN Indah Datin Nadliroh
JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN Vol 2 No 02 (2021): JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN
Publisher : STIEKOP MALANG PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52838/komastie.v2i02.47

Abstract

Purpose – Untuk mengetahui dan menelaah konspe e-commerce yang mempengaruhi desain produk terhadap volume penjualan, diharapkan dapat memberikan bahan pertimbangan dalam penentuan e-commerce dan desain produk untuk penjual online, dalam hal ini media sosial yang digunakan adalah WhatsApp. Design/methodology/approach – Penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan dibantu dengan program SPSS Findings – Hasil dari pengujian simultan (uji F) dapat dilihat e-commerce dan desain produk terhadap volume penjualan dengan nilai sebesar 16,111, e-commerce terhadap volume penjualan nilai signifikansi sebesar 0,084 > 0,05, desain produk terhadap volume penjualan dengan nilai signifikansi sebesar 0,40> 0,05. Hasil dari uji determinasi menyatakan bahwa e-commerce dan desain produk sebesar 88,3%. Research limitations/implications – Penelitian ini membahas variabel desain produk dan volume penjualan dan hanya menggunakan 1 media. Dengan adanya penelitian ini diharapkan bisa memanaatkan penelitian ini sebagai acuan dalam meningkatkan pehaman e-commerce dengan sudut pandang yang berbeda kedepan. Originality/value – Dalam penelitian ini fungsi pendekatan dengan memanfaatkan softwate detceting and acumulating data (DAD) dan proses analisis data dengan menggunakan googleform untuk memperkuat hasil penelitian di masa pandemi. Keyword : e-commerce; desain produk; volume penjualan; iklan; Paper type : Case Study
ANALISIS PEMBERIAN INSENTIF TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI DEPARTEMEN PENJUALAN PG KEBON AGUNG MALANG Dita Rachmawati
JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN Vol 2 No 02 (2021): JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN
Publisher : STIEKOP MALANG PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Purpose – Pemberian insentif merupakan salah satu hal pokok yang harus diperhatikan oleh perusahaan. Semangat tidaknya karyawan bisa juga disebabkan oleh besar kecilnya insentif yang diterima. Design/methodology/approach – penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan dibantu dengan program SPSS Findings – Kinerja karyawan PG Kebon Agung Malang sebesar 10,120 satuan, dengan ini asumsi insentif dalam keadaan konstan/tetap. hasil ini membuktikan bahwa kinerja karyawan secara signifikan akan meningkat sebesar 52,3% jika insentif bagi karyawan PG Kebon Agung Malang meningkat 1%. Research limitations/implications – Penelitian ini hanya membahas variabel intensif dan kinerja karyawan dengan objek penelitian PG Kebonagung Malang. Dengan adanya penelitian ini diharapkan PG Kebonagung bisa memanaatkan penelitian ini sebagai acuan dalam meningkatkan kinerja karyawan. Originality/value – dalam penelitian ini fungsi pendekatan dan wawancara secara langsung juga di gunakan sehingga penambahan data kualitatif untuk memperkuat hasil penelitian. Keyword : Intesnif; Bonus; Salary; Kinerja; Capaian Paper type : Case Study

Page 1 of 2 | Total Record : 16