cover
Contact Name
Fuad Zaini
Contact Email
fuadzaini06@gmail.com
Phone
+6282360501584
Journal Mail Official
fuadzaini06@gmail.com
Editorial Address
Jl. Seser Komplek Citra Mulia Residence Blok D. 14 Medan – 20229
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
ALACRITY : Journal Of Education
ISSN : -     EISSN : 27754138     DOI : https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i3
Core Subject : Education,
ALACRITY : Journal Of Education is an interdisciplinary publication of original research and writings on education that publishes articles in journal form to an international audience of educational researchers. This journal aims to provide a forum for scientific understanding of the fields of education, social and management and play an important role in promoting the accumulation of knowledge, values, and skills that are transmitted from one generation to another; and to make the methods and content of evaluation and research in education available to teachers, administrators, students, faculty and research workers. This journal covers a wide range of topics,Learning, including, social, curriculum, management science, educational philosophy and educational approaches.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Volume 2 Issue 2 Juni 2022" : 12 Documents clear
Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Anekdot Melalui Penerapan Media Gambar Siswa Kelas X SMAN 1 Barumun TP.2021-2022 Yuli Amelia Sikumbang, Mimi Rosadi
ALACRITY : Journal of Education Volume 2 Issue 2 Juni 2022
Publisher : LPPPI Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52121/alacrity.v2i2.76

Abstract

Kemampuan menulis adalah salah satu keterampilan berbahasa yang produktif dan ekspresif yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung dengan pihak lain dengan mengungkapkan gagasan,pikiran,pendapat dan perasaan,sedangkan teks anekdot adalah sebuah teks yang memenyajikan cerita lucu dan menarik yang terinspirasi oleh fakta dengan tujuan menyindir seseorang atau suatu kebiasaan buruk namun menggunakan kritikan halus.Salah satu media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan menulis teks anekdot adalah media gambar.media gambar adalah sesuatu yang diwujudkan secara visual dalam bentuk 2 dimensi yang merupakan peniruan dari benda benda,pemandangan,dalam hal bentuk,rupa serta ukurannya elative terhadap lingkungan, media ini paling umum dipakai karena mudah dipahami dan dinikmati dimana saja.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMAN 1 Barumun.Maka peneliti mencoba mengaplikasikan media gambar dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis teks anekdot. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang melibatkan 30 orang siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan analisis data. Perolehan hasil dalam penelitian ini yaitu 25% pada prasiklus, 70% pada siklus I, dan 90% pada siklus II. Hasil pengamatan pada penelitian tindakan kelas (PTK) ini mencapai kriteria kesuksesan sebesar 90%.Peneliti berharap penelitian ini dapat di jadikan refrensi dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.
Analisis Sosiologi Sastra Tokoh Utama Dalam Novel Laut Bercerita Karya Leila S. Chudori Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA Dinda Husnul Hotimah, Mimi Rosadi
ALACRITY : Journal of Education Volume 2 Issue 2 Juni 2022
Publisher : LPPPI Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52121/alacrity.v2i2.77

Abstract

Dalam karya sastra termasuk novel terdapat nilai-nilai kehidupan yang berguna bagi pembaca, yang salah satunya adalah nilai perjuangan. Nilai perjuanagn ialah suatu tindakan yang dilakukan seseorang berupa usaha. Penelitian ini dilatarbelakangi adanaya nilai-nilai perjuangan yang terkandung dalam novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai-nilai perjuanagan yang ditunjukan oleh tokoh utama dalam novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori dan mengimplementasikan hasil penelitian sebagai referensi materi ajar dan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Nilai-nilai perjuangan yang ditunjukan oleh tokoh utama yakni Biru Laut dalam novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori berupa nilai perjuangan rela berkorban 7 data, nilai perjuangan persatuan 3 data, nilai perjuangan harga menghargai 2 data, nilai perjuangan pantang menyerah 11 data, dan nilai perjuangan kerja sama 3 data. (2) Hasil dari penelitian skripsi akan diterbitkan dalam bentuk jurnal yang mana jurnal penelitian ini dapat dijadikan acuan bagi guru-guru khususnya guru Bahasa Indonesia dalam mengimplementasikan pembelajarannya disekolah dalam bentuk karya sastra dan hasil penelitian dapat dijadikan sebagai alternatif materi ajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Materi ajar tersebut terdapat dalam KD. 3.9 menganalisis isi dan kebahasan novel baik lisan maupun tulisan.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengurutkan Bilangan 1-20 Melalui Media Puzzle Pada Anak Kelompok B TK Gracia Sustain Medan T.A 2021/2022 Fransiska Panjaitan, Darajat Rangkuti
ALACRITY : Journal of Education Volume 2 Issue 2 Juni 2022
Publisher : LPPPI Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52121/alacrity.v2i2.78

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengurutkan lambang bilangan 1-20 dengan puzzle. Subyek penelitian ini adalah anak Kelompok B TK Gracia Sustain sebanyak 14 orang. Objek penelitian ini berupa kegiatan mengurutkan lambang bilangan dengan menggunakan puzzle. Desain Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) desain penelitian Kemmis dan MC Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanakan tindakan, observasi atau pengamatan dan refleksi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengurutkan bilangan 1-20 dengan menggunakan media puzzle meningkat dari siklus I ke siklus II. Hasil persentase ketuntasan yang diraih anak pada siklus I yatu 50%, dan pada siklus II meningkat menjadi 85,71%. Dengan demikian penggunaan media puzzle pada aktivitas mengurutkan lambang bilangan dapat meningkatkan kemampuan anak kelompok B dalam mengurutkan lambang bilangan 1-20 di TK Gracia Sustain Medan.
Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Niat Berwirausaha Mahasiswa Asal Kota Sawahlunto Asril, Yahya, Hadiyanto
ALACRITY : Journal of Education Volume 2 Issue 2 Juni 2022
Publisher : LPPPI Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52121/alacrity.v2i2.79

Abstract

Penelitian ini mencoba untuk mengetahui pengaruh Pendidikan Kewirausahaan (EEd) terhadap niat berwirausaha mahasiswa di Kota Sawahlunto. Studi ini dipandu oleh tujuan khusus berikut: untuk menguji sifat pendidikan kewirausahaan yang diperoleh siswa untuk menentukan sejauh mana pengaruh pendidikan yang diperoleh pada efikasi diri kewirausahaan siswa dan untuk menentukan sejauh mana pengaruh dari pendidikan yang diperoleh. pendidikan tentang pola pikir kewirausahaan siswa.. Temuan mengungkapkan bahwa siswa cukup setuju bahwa mereka telah memperoleh pendidikan di bidang utama kewirausahaan yang meliputi kreativitas, inovasi, dan penciptaan usaha dan bahwa EEd memiliki pengaruh positif yang signifikan pada self-efficacy kewirausahaan dan pola pikir kewirausahaan mereka. Kajian ini merekomendasikan bahwa manajemen universitas harus merancang sarana tindak lanjut yang memadai dari lulusan mereka untuk memastikan terjemahan niat kewirausahaan mereka ke dalam penciptaan usaha, sementara dosen pendidikan kewirausahaan harus memberikan perhatian khusus pada bidang penciptaan usaha seperti yang dilakukan mahasiswa. tampaknya tidak terlalu optimis dalam kemampuan mereka untuk menerjemahkan peluang bisnis ke dalam proyek bisnis / usaha.
Praktik Pengawasan Kepala Sekolah Melalui Pandangan Guru Syaifuddin Zuhri Daulay, Rifma, Syahril
ALACRITY : Journal of Education Volume 2 Issue 2 Juni 2022
Publisher : LPPPI Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52121/alacrity.v2i2.80

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi sikap guru SMP dan kepala sekolah terhadap inspeksi perkuliahan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian studi kasus. Alat pengumpulan data digunakan dalam wawancara karena bertujuan untuk membantu kepala sekolah mengakses data yang lebih luas terkait dengan komentar guru sekolah menengah tentang inspeksi kuliah. Kelompok studi penelitian ini adalah lima guru yang bekerja di MTS Swasta Pasaman pada tahun ajaran 2020-2021. Sampel dalam penelitian ditentukan dengan convenience sampling. Data untuk penelitian ini diperoleh melalui formulir wawancara semi terstruktur yang disiapkan oleh peneliti setelah studi pustaka. Validitas formulir wawancara yang digunakan dalam memperoleh data penelitian dianggap bertahap dalam hal kriteria. Temuan pada komentar guru di sekolah tempat penelitian dilakukan pada inspeksi kuliah oleh kepala sekolah. Temuan dianggap secara terpisah sebagai sub-masalah. Pada sub-masalah pertama, penulis bertujuan untuk menetapkan harapan kepala sekolah dalam hal tugas dan kompetensi. Para peserta diminta untuk membuat daftar tugas dan kompetensi yang mereka harapkan. Pada sub-masalah kedua, para peserta ditanya tentang pendapat mereka tentang peran kepemimpinan kepala sekolah selama inspeksi. Para peserta menginginkan seorang kepala sekolah yang merupakan pemimpin konstruktif yang dapat mengontrol gaya dan tingkat kritik. Pada sub-masalah ketiga, guru diminta pendapatnya tentang evaluasi dan gaya umpan balik kepala sekolah setelah pemeriksaan. Durasi harus ditentukan berdasarkan guru.
The Effect Of Team Quiz Method On Students’ Reading Comprehension Skill In Narrative Text At SMP Swasta Al-Hikmah Shally Ari Adinda, Dahlia Sirait
ALACRITY : Journal of Education Volume 2 Issue 2 Juni 2022
Publisher : LPPPI Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52121/alacrity.v2i2.81

Abstract

This study aims to determine the effect of the quiz team method on students' reading comprehension skill in narrative texts in the eighth grade of SMP Swasta Al-Hikmah. The method used in this study is a quantitative method. This research design is experimental research. It was carried out into two classes namely the experimental class (VIII-1) which consisted of 30 students was taught using the quiz team method while the control class (VIII-2) consisted of 30 students taught without the team quiz method. The instrument of this research is a multiple choice test consisting of 10 questions. The tests consist of two types, namely pre-test and post-test to collect data. After collecting data, the writer then analyzed the test results using the t-test formula. Based on the analysis of the data obtained, it shows that the t-test is 4.59 and the t-table is 1.67 for ? = 0.05. Because the t-test is higher than the t-table (4.59 > 1.67), this means that Ho is rejected and Ha is accepted. Based on the results, it was concluded that using the quiz team method was effective in improving students' reading comprehension skill in narrative text at eight grade of SMP Swasta Al-Hikmah
The Effectiveness Of Using Cooperative Script Method On Students’ English Reading Comprehension At Grade X Of SMA Al-Washliyah 3 Medan Habibah Yuhlizar Wibowo, Yulia Sari Harahap
ALACRITY : Journal of Education Volume 2 Issue 2 Juni 2022
Publisher : LPPPI Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52121/alacrity.v2i2.82

Abstract

The purpose of this research was to determine the effect of using the Cooperative Script Method in reading comprehension. This research was conducted using experimental research methods. The research subjects were students of class X SMA Al Washliyah 3 Medan in the academic year 2021-2022, with their parallel classes and there were 60 students. Each class consists of 30 students and the entire population is taken as a sample, then divided into two groups. The first group as the experimental group was taught using the Cooperative Script Method, while the second group as the control group was taught without using the Cooperative Script Method. The instrument used to collect the data was a multiple choice test set. Pre-test and post-test were given. Data were collected statistically by applying the t-test formula. The results showed that the observed t was higher than the table value 5,24 > 1.67 at a significant level of 0.05 and the degree of freedom (df) was 58. The null hypothesis was rejected and the alternative was accepted. This implies that reading using the Cooperative Script Method has a significant effect on students' reading comprehension.
Hubungan Manajemen Waktu Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2021-2022 Nurhayati Br Silalahi, Nurul Azmi Saragih
ALACRITY : Journal of Education Volume 2 Issue 2 Juni 2022
Publisher : LPPPI Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52121/alacrity.v2i2.85

Abstract

Manajemen Waktu yaitu suatu kemampuan peserta didik dalam mengatur waktu sebuah aktivitas memanfaatkan dan mengelola waktu dengan baik. kondisi akan menghasilkan peserta didik selalu taat dan tepat pada penyelesaian tugas sesuai dengan jadwal yag direncanakan. Prokrastinasi akademik merupakan perilaku peserta didik yang cenderung secara sengaja untuk menunda dalam menyelesaikan tugas dan mengalikannya dengan melakukan suatu kegiatan aktivitas jauh lebih menyenangkan, sehingga perilakunya yang berhubungan dengan tugas akademik. kondisi ini mengakibatkan peserta didik tidak berhasil menyelesaikan tugasnya secara memadai dan keterlambatan dalam pengumpulan tugas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara manajemen waktu dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas X SMK Negeri 6 Medan. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi sebanyak 324 siswa dan sampel sebanyak 49 siswa.Penulis menggunakan teknik random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu skala manajemen waktu dan prokrastinasi akademik. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket yang berbentuk skala penilaian. Angket manajemen waktu terdiri dari 25 item pernyataan valid dengan koefisien reliabilitas sebesar = 0,89. Angket prokrastinasi akademik terdiri dari 36 item pernyataan valid dengan koefisien reliabilitas sebesar = 2,7617.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi product moment. Hasil analisis korelasi antara variabel manajemen waktu dengan prokrastinasi akademik menghasilkan korelasi sebesar = 0,513 dengan pvalue =0,01 lebih kecil dari taraf signifikansi yang telah ditentukan yaitu sebesar 0,05. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa adanya korelasi secara positif yang signifikan antara manajemen waktu dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas X SMK Negeri 6 Medan.hasil ini menunjukkan bahwa semakin tinggi manajemen waktu yang dimiliki peserta didik maka semakin tinggi tingkat prokrastinasi akademik peserta didik dan sebaliknya.
Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Prokrastinasi Pada Siswa Di Tsanawiyah Al-Wasliyah Pancur Batu Annisa Syahfitri, Ika Sandra Dewi
ALACRITY : Journal of Education Volume 2 Issue 2 Juni 2022
Publisher : LPPPI Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52121/alacrity.v2i2.86

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi pada perilaku prokrastinasi pada siswa di Tsanawiyah Alwasliyah Pancur Batu. Penelitian ini akan melakukan pengambilan sekitar 10 (Sepuluh) anak yang memiliki perilaku Prokrastinasi yang tinggi kemudian diberikan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi. Pengambilan sampel penelitian berdasarkan siswa yang memiliki skor perilaku prokrastinasi yang paling tinggi. Pengumpulan data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa skala perilaku prokrastinasi. Validitas instrument menggunakan rumus Product Moment dengan 39 dari 40 item dinyatakan valid. Reabilitas menggunakan rumus Alfa Cronbach dengan skor 0,956. Analisis data menggunakan rumus T-test. Hasil penelitian menunjukkan beberapa kesimpulan yakni: (1) Adanya hubungan yang signifikan antara bimbingan kelompok teknik diskusi dengan Prokrastinasi. Skor t (hitung)= 15,018 kemudian dibandingkan dengan t (table)= 2,10092204. Dengan demikian 15,018 > 2,10092204 dinyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Maka layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dapat signifikan mengurangi prokrastinasi pada siswa Tsanawiyah Al-Wasliyah Pancur Batu.
Upaya Meningkatkan Sosial Emosional Melalui Kegiatan Music And Movement Pada Anak Kelompok B Di PAUD Al-Mirah Tanjung Morawa T.A 2021-2022 Debora JC Hasibuan, Dewi Fitria
ALACRITY : Journal of Education Volume 2 Issue 2 Juni 2022
Publisher : LPPPI Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52121/alacrity.v2i2.87

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan sosial emosional anak usia melalui kegiatan music and movement. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan sosial emosional anak usia dini melalui kegiatan music and movement pada anak kelompok B di PAUD Al-Mirah Tanjung Morawa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Empat tahap dalam penelitian tindakan kelas yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan repleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok seluruh anak usia dini kelompok B yang berjumlah 20orang. Objek penelitian adalah kemampuan sosial emosional anak usia dini melalui kegiatan music and movement pada kelompok B PAUD Al-Mirah Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2021-2022. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan sosial emosional anak meningkat melalui Kegiatan music and movement. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata kemampuan sosial emosional anak melalui kegiatan music and movement pada pra siklus sebesar 22,6% meningkat menjadi 63,3% pada siklus I, dan mencapai 95% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan music and movement dapat meningkatkan sosial emosional anak usia dini PAUD Al-Mirah Tanjung Morawa.

Page 1 of 2 | Total Record : 12