cover
Contact Name
Muhammad Istiqlal
Contact Email
m.istiqlal@gmail.com
Phone
+6285729356143
Journal Mail Official
m.istiqlal@gmail.com
Editorial Address
Jl. KH. Ahmad Sholeh Km. 04, RT.002 RW.001,Dsn.Bandungan,Ds. Gedangan,Kec. Tuntang, Semarang 50773
Location
Kab. semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 27459985     DOI : https://doi.org/10.35672/afeksi.v2i2.28
Core Subject : Education, Social,
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is one of the media for dissemination of information research results in the field of education which aims to communicate the various results of studies that can serve as the basis of scientific development to create educational innovation that emphasized on improving the quality of education. Afeksi is published by Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran in corporate with Mahfud Ridwan Institute.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 3 (2023)" : 10 Documents clear
PENINGKATKAN KEAKTIFAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI COOPERATIVE LEARNING STRUCTURE PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI Sita Kurniasari
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 4, No 3 (2023)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35672/afeksi.v4i3.78

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tetang: Peningkatkan   Keaktifan  Dan  Hasil   Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Cooperative Learning Structure Pada Mata Pelajaran Biologi Materi Virus  Dan  Peranannya  Bagi Kehidupan. Tujuan dalam penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran biologi melalui metode pembelajaran Cooperative Learning Structure (CLS) pada kelas X IPA-1 MAN 2 Surakarta  Semester Gasal Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, refleksi dan evaluasi. Untuk mengetahui perkembangan keaktifan belajar dan nilai hasil belajar siswa setiap siklusnya dilakukan dengan Post Test dan  menghitung rata-rata prestasinya. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini analisis deskritif kualitatif berdasarkan pada hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Cooperative Learning Structure dapat meningkatkan keaktifan belajar dari kondisi rendah ke kondisi akhir tinggi dan meningkatkan hasil belajar biologi  bagi siswa kelas X IPA-1 MAN 2 Surakarta dari kondisi awal hasil belajar rendah, yakni dengan rata-rata 68,6 ke kondisi akhir hasil belajar tinggi yakni dengan rata –rata 82 dengan kenaikan sebesar 52.9%. 
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI PEMBELAJARAN MELALUI TEKNIK DISKUSI DENGAN METODE PBL (PROBLEM BASED LEARNING) SISWA Sutarmi Sutarmi
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 4, No 3 (2023)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35672/afeksi.v4i3.77

Abstract

Penelitian ini bertujuan : mengikatakan motivasi dan hasil belajar sejarah pada materi Indonesia awal merdeka hingga tahun 1950 melalui metode diskusi dengan teknik PBL (Problem Based Learning) untuk meningkatkan siswa kelas XI IPA1 MAN 2 Surakarta. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang merupakan bagian pemecahan masalah. Tempat penelitian di MA Negeri 2 Surakarta.Teknik pengumpulan data meliputi teknis tes, teknik pengamatan/observasi, teknik analisa dokumen, teknik wawancara atau diskusi, dan tes. Adapun prosedur penelitian sebagai berikut : 1). Dialog awal 2). Perencanaan tindakan 3). Pelaksanaan tindakan 4). Observasi dan monitoring 5). Refleksi 6). Evaluasi. Penelitian ini dapat dikatakan berhasil apabila setelah pelaksanaan tindakan terjadi: Peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan perolehan nilai tes tertulis lebih dari 90%, dengan nilai rata-rata kelas minimal 75. Dengan Ketentuan Ketuntasan Minimal (KKM) = 75. Hasil penelitian tindakan yang diperoleh bahwa dengan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Teknik Diskusi tipe PBL, dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar sejarah bagi siswa kelas XI-IPA1 MA Negeri 2 Surakarta pada dengan hasil tuntas dengan nilai di atas 75.
WALISONGO ISLAMIC EDUCATION (CULTURAL ACCULTURATION APPROACH) Waluyo Waluyo; Muhammad Amiruddin Dardiri
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 4, No 3 (2023)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35672/afeksi.v4i3.103

Abstract

Nusantara, especially Javanese, before the arrival of Walisongo, was culturally and religiously thick with beliefs passed down from ancestors.  Religious education, in particular, has not been well organized. Java is reflected in the unorganized condition of society in terms of clothing, food, and shelter. Islam in Java was spread during the collapse of the Majapahit kingdom, then the Demak kingdom was established. This era is a transitional period of religious, political, and artistic life. For people who are Muslims, there are several levels, one of which is the guardian as a spiritual leader at the top level. Almost all Islamic education in Java refers to walisongo, although many still consider it fictitious. Some opinions are related to this because there is no historical evidence as a form of the fact of existence and education. This research focuses on the nature of Walisongo's reality and the transformation patterns of education. The ontological approach, in this case, examines the existence of Walisongo in terms of its existence and Islamic education. The essence of Walisongo's education is contained in the fibers of Prince Bonang or Het Book van Bonang and Kropak Ferrara. FiberPrince Bonang and kropak ferrara prove that Walisongo is a fact. The above text shows the truth and existence of Walisongo in terms of Islamic education.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE EVALUASI Q-VISIT PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS Musyarrafah Musyarrafah; Rofiqoh Rofiqoh; Mutmainah Wahyuningrum
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 4, No 3 (2023)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35672/afeksi.v4i3.105

Abstract

Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris siswa sekolah menengah pertama dengan menggunakan metode evaluasi Q-Visit. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII Literasi SMPN 1 Palu semester genap tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah peserta didik sebanyak 31 orang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas kolaboratif.  Dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing sebanyak 2 kali pertemuan. Hasil yang diperoleh setelah diaadakan tindakan berupa penerapan evaluasi Q-Visit siklus I diperoleh skor rata-rata 46.65 dengan skor ideal 100, berada di kategori rendah. Mengalami peningkatan pada siklus II skor rata-rata menjadi 71.45 dengan skor ideal 100, berada pada kategori timggi. Pada post-test sendiri nilai rata-rata menjadi 83.68 dengan skor ideal 100, berada pada kategori tinggi pula. Kesimpulan dari penelitian yaitu penerapan metode evaluasi Q-Visit terdapat penigkatan hasil belajar bahasa Inggris siswa kelas VII SMP Negeri 1 Palu.
KOMPETENSI PENDIDIK SAYYID MUHAMMAD BIN ALWI AL MALIKI DALAM KITAB MUHAMMAD AL-INSAN AL-KAMIL Wisnu Wisnu; Mukh Nursikin
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 4, No 3 (2023)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35672/afeksi.v4i3.109

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pendidik pada kitab Muhammad al-Insan al-Kamil Karya Sayid Muhammad. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui pertanyaan adalah:(1) Bagaimana kompetensi Rasulullah dalam kitab Muhammad al-Insan al-Kamil? (2) Bagaimana relevansi kitab Muhammad al-Insan al-Kamil terhadap pendidik? Metode penelitian yang digunakan adalah penellitian kepustakaan (library research). Sumber data primer adalah kitab Muhammad al-Insan al-kamil, sumber sekundernya diambil dari kitab-kitab lain, jurnal, artikel, buku dan lain sebagainya yang bersangkutang dan relevan dengan penelitian. Tekns analisis data menggunakan metode deskriptif analisis. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kitab Muhammad al-Insan al-Kamil relevan didalam dunia pendidikan. Kompetensi pendidikan yang terkandung didalamnya yaitupemahaman wawasan dengan Metode perumpamaan, kesempurnaan kasih sayang terhadap alam semesta, kesempurnaan sifat dermawanya, menguatkan perkataan dengan bukti teoritis, menjawab persoalan dengan rasionil, kelembutan dalam bergaul pada manusia, canda menyegarkan suasana, menghilangkan keprihatinan dan menyenangkan hati. Kompetensi pendidik dalam kitab tersebut relevan dengan kompetensi pendidik.
PENERAPAN LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK MATERI SIFAT AMANAH SISWA KELAS IV MI AL HUDA KEDUNGUMPUL KANDANGAN TEMANGGUNG Ahmad Marzuki; Adang Kuswaya
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 4, No 3 (2023)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35672/afeksi.v4i3.111

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan data penerapan literasi digital dalam pembelajaran, untuk menganalisis aktifitas siswa dalam memanfaatkan digital literacy skill pada pembelajaran dan untuk mengungkap faktor pendukung dan penghambat penerapan literasi digital dalam pembelajaran akidah akhlak materi sifat amanah siswa kelas IV MI Al Huda Kedungumpul. Metode penelitian ini menggunakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala Madrasah, guru kelas IV, peserta didik dan walimurid MI Al Huda Kedungumpul. Data diperoleh melalui pengamatan, wawancara dan penelaahan dokumen. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan literasi digital merupakan kemampuan memanfaatkan teknologi dan informasi dengan menggunakan perangkat digital dalam berbagai aspek yang digunakan dalam dunia pendidikan. Penggunaan literasi digital pada pembelajaran sebagai akses informasi dalam memudahkan siswa untuk memenuhi kebutuhan dan rasa ingin tahu yang lebih mendalam. Sebagai guru juga harus bisa lebih inovatif dalam pembuatan media pembelajaran yang menarik; (2) Aktifitas siswa secara mandiri belajar menggunakan literasi digital pada ranah afektif dapat dilihat dari sikap mandiri, kerjasama dan tanggung jawab. peserta didik saat ini sudah semakin memahami dan mandiri dalam belajar dan tanggung jawab mengerjakan tugas-tugasnya, hal ini dapat membangun dan terintegrasi antara kebiasaan literasi dengan perilaku peserta didik, Selain itu nilai akademik mereka semakin bagus, lebih bertanggung jawab dan disiplin mengumpulkan tugas; (3) Faktor pendukung dan penghambat penerapan literasi digital yaitu adanya dukungan fasilitas dan sarana-prasarana penunjang di satuan pendidikan, literasi digital dikembangkan sebagai mekanisme pembelajaran terintegrasi dalam kurikulum atau setidaknya terkoneksi dengan sistem belajar mengajar. Adapun hambatan yang ditemukan dalam penerapan literasi digital adalah terkait keterbatasan sarana dan prasarana sekolah, keterbatasan fasilitas dirumah terutama gadget dalam mendukung berlangsungnya pembelajaran daring, Sumber daya manusia, kemudian hambatan keterbatasan dalam durasi waktu pelajaran dan kendala secara teknis seperti masalah jaringan internet dan gadget yang tidak mensuport
PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TOLERANSI MELALUI PENCAK SILAT PAGAR NUSA SISWA KELAS VIII MTS MAMBAUL HISAN TEMPURAN MAGELANG Nur Muhamad Abdulloh Mubaroq; Fatchurrahman Fatchurrahman
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 4, No 3 (2023)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35672/afeksi.v4i3.112

Abstract

Karakter disiplin dan toleransi merupakan pendukung keberhasilan pendidikan karakter di Indonesia yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional. Pada kenyataannya, di dalam dunia pendidikan masih terdapat permasalahan remaja  yang tidak mencerminkan sikap disiplin dan toleransi. Bahkan berita harian Radar Semarang menyatakan, bahwa dekadensi moral bangsa Indonesia terus mengalami kemerosotan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pendidikan karakter disiplin dan toleransi, problematika dan solusinya melalui pencak silat pagar nusa kelas VIII di MTs Mambaul Hisan Tempuran Magelang. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Responden dalam penelitian ini, meliputi: Kepala Madrasah, Waka Kesiswaan, Pelatih, dan beberapa siswa kelas VIII. Pengumpulan data diperoleh dengan cara mengamati dokumen perencanaan, proses dan evaluasi, serta mengumpulkan dokumen kegiatan dalam pendidikan karakter. Penyajian data dilakukan dalam bentuk deskripsi singkat kegiatan, meliputi: perencanaan, proses dan evaluasi dalam pembentukan karakter disiplin dan toleransi melalui pencak silat pagar nusa. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data dan menyajikan data-data yang diperoleh dengan deskripsi singkat kegiatan untuk menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pendidikan karakter disiplin dan toleransi melalui pencak silat pagar nusa pada siswa VIII di MTs Mambaul Hisan Tempuran Magelang, meliputi: (1) Proses pendidikan karakter disiplin dan toleransi diikuti pelatih dan siswa hadir tepat waktu, menghormati dan menjunjung tinggi sportifitas. (2) Materi pendidikan karakter disiplin dan toleransi mengarah keatlitan dan Kepagarnusaan. (3) metode pendidikan karakter disiplin dan toleransi dengan keteladanan. (4) Cara Siswa mengimplementasikan karakter disiplin dan toleransi di lingkungan sekolah, keluarga maupun masyarakat. (5) Problematika dalam pendidikan karakter disiplin dan toleransi: ketersediaan pelatih, kesiapan siswa dan dukungan orang tua. (6) Solusi dalam pendidikan karakter disiplin dan toleransi dengan merekrut pelatih dari luar pondok pesantren, memberlakukan peraturan dan hukuman, memberikan motivasi serta memberikan kesempatan mengikuti lomba.
KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PENERAPAN VARIASI MENGAJAR BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI”DAN KOMUNIKASI PASCA MENGIKUTI PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU Darojah Arga Fatmawati; Imam Sutomo
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 4, No 3 (2023)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35672/afeksi.v4i3.113

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam penerapan variasi mengajar berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang dilakukan oleh guru sebelum mengikuti PPG, variasi mengajar yang dilakukan oleh guru dan kesulitan guru dalam menerapkan variasi mengajar berbasis teknologi informasi dan komunikasi pasca mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) MI Kabupaten Magelang. Prosedur pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, paparan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.  Pengecekan keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini ialah triangulasi dengan menggunakan jenis triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum mengikuti PPG, jenis media pembelajaran yang digunakan oleh guru ialah buku paket, media gambar, media visual dan audio visual, ada juga guru yang menggunakan media yang kongkrit atau asli. Guru belum sepenuhnya menyesuaikan media yang digunakan dengan tujuan pembelajaran dan kondisi anak. Sebelum mengikuti PPG guru kurang menguasai dalam TIK dibandingkan dengan setelah mereka mengikuti PPG guru lebih kompeten. Variasi mengajar berbasis TIK yang diterapkan guru setelah mengikuti PPG yaitu dengan memanfaatkan media visual power point presentation yang menyesuaikan dengan kondisi dan perkembangan anak, membuat video pembelajaran yang diunggah (upload) di youTube,  penggunaan Google meet, audio visual, video kreatif live di YouTube, media berbasis Flash atau animasi ebook, dan sistem e-learning. Ada juga guru yang telah mempraktikkan pembuatan video sendiri. Kesulitan guru dalam menerapkan variasi mengajar berbasis TIK dikarenakan kemampuan guru di bidang IT masih kurang, kurangnya dukungan dari sekolah dalam penyelenggaraan pelatihan dibidang TIK, akses internet di Madrasah dan dilingkungan rumah siswa yang kurang stabil dan kendala pada kurangnya sarana prasarana pendukung di Madrasah.
ENCOURAGING STUDENTS’ MOTIVATION TO WRITE WITH GOOGLE SITE. Jusriati Jusriati
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 4, No 3 (2023)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35672/afeksi.v4i3.104

Abstract

This study discussed about students’ motivation in using google site as tool in teaching writing. This study used both quantitative and qualitative method. The instrument consist of observation, questionnaire and interview. After analyzing the findings and discussion in the preceding chapter, it can be concluded that utilizing Google Site as an online learning platform stimulates students' motivation in learning writing. The students demonstrated a significant degree of motivation when learning Descriptive Text through Google Site. They were enthusiastic about learning English and were supportive of using Google Site as an effective online learning medium. To motivate students, it is essential for teachers to employ diverse media, as evidenced by the results of this study, which show that using the Google Site application motivates students to learn English, as demonstrated by the dominant extrinsic motivation among the students.
METODE ASSESMENT GURU PAI TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER MORAL KEAGAMAAN Erika Febriana; Ahmad Fauzi; Herwati Herwati
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 4, No 3 (2023)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35672/afeksi.v4i3.116

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan assesment Guru PAI dan pengembangan karakter moral keagamaan siswa, metode assesment pada pengembangan karakter moral keagamaan siswa probolingngo. Karena itu penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut bahwa: 1). Penerapan metode assesment Guru PAI dilaksanakan sesuai dengan prinsip formatif yang terintregasi dengan kegiatan pembelajaran, 2) Metode assesment Guru PAI dapat mengembangkan karakter moral keagamaan peserta didik menjadi lebih baik melaksanakan kewajiban beribadah. Implikasi metode assesment yang diterapkan di SMP An Nur Karomatul Hasan dalam bidang pendidikan agama islam ini bisa digunakan sebagai alternatif dalam membentuk akhlak peserta didik melalui kebiasan - kebiasaan baik yang dilaksanakan  secara berulang. Seperti pembiasaan sholat, zakat, qurban, serta pembiasaan berkata jujur, sopan dan lain sebagainya. 

Page 1 of 1 | Total Record : 10