cover
Contact Name
M. Ikhwanul Hakim
Contact Email
paiiaihnwlotim2021@gmail.com
Phone
+6281805503485
Journal Mail Official
nahdlah@iaihnw-lotim.ac.id
Editorial Address
Jln. Utama Mataram-Lb. Lombok Anjani Kec. Suralaga Kab. Lombok Timur
Location
Kab. lombok timur,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam
ISSN : 28076958     EISSN : 28075412     DOI : 10.51806
Core Subject : Religion, Education,
An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam which focuses on issues related to the field of Islamic Education. We invite lecturers, students, researchers, practitioners, and observers in the field of Islamic Education to publish their manuscripts that have never been published in other media, which focus on: Models, Strategies, Methods, and Learning Techniques for Islamic Religious Education Development of Islamic Religious Learning Media Evaluation of Islamic Religious Education Learning Implementation and Development of Islamic Education Curriculum Management of Islamic Education Institutions and Teaching
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2021): Mei-Agustus" : 6 Documents clear
STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST Muh Irawan Zuliatul Apri; H Hakkul Yakin
An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2021): Mei-Agustus
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (588.712 KB) | DOI: 10.51806/an-nahdlah.v1i1.8

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam proses belajar mengajar di sekolah dijumpai siswa pada sekolah tersebut mengalami kesulitan belajar, terlebih pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits. Kesulitan belajar tersebut dapat timbul dari berbagai faktor. Jika kesulitan-kesulitan yang ada itu tidak diatasi dengan seksama maka akan mempengaruhi pada keberhasilan belajar siswa. Oleh karena itu, berbagai pihak yang bersangkutan berusaha mengatasinya guna tercapainya tujuan pendidikan yang seoptimal mungkin. Penelitian ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakaan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan beberapa metode diatas memperoleh hasil bahwa: (1) Jenis kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits di MTs Nurul Ijtihad NW Tenang adalah kesulitancmembaca Al-Qur’an dan kesulitan dalam menghafal Al-Qur'an dan Hadits (2) Strategi yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa padamata pelajaran Al-Qur'an Hadits di MTs Nurul Ijtihad NW Tenang yaitu dengan cara: pemberian motivasi, penggunaan fasilitas seperti media LCD proyektor, penggunaan aplikasi google classroom, pengadaan madrasah diniyah.
MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATA PELAJARAN PPKN Helmi Najamudin
An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2021): Mei-Agustus
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (727.387 KB) | DOI: 10.51806/an-nahdlah.v1i1.9

Abstract

Kualitas pendidikan akan baik apabila proses penyampaiannya dapat dipahami dan dimengerti siswa dengan tidak hanya menguasai materi pengetahuan saja akan tetapi mampu menggunakan pengetahuannya dalam kehidupan nyata yang memiliki keterkaitan dengan ilmu yang dimiliki, dengan permasalahan dalam penelitian ini rendahnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dikelas VIII A SMP Nasional Malang, yang diketahui dari hasil observasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, 1). Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI), 2). Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dapat meningkatkan keaktifan siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus dan subjek penelitian ini siswa kelas VIII A. Lokasi di SMP Nasional Malang dengan jumlah 27 siswa, teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi keaktifan siswa. Metode yang digunakan dalam analisis data yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil menujukkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) ini mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan keaktifanbelajar pada pra tindakan rata-rata presentase keaktifan siswa sebesar 34,15%, meningkat di siklus I pertemuan pertama dengan presentase 39,91%, dan pertemuan kedua meningkat lagi sebesar 44,44%. Sedangkan siklus II pertemuan pertama dengan presentase 48,96%, dan meningkat pada pertemuan kedua dengan presentase sebesar 62,95%.
PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU DI SMP ISLAM PLUS DARUL HUKUMAINI JONGGAT Lalu Fauzi Haryadi; Safinah Safinah
An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2021): Mei-Agustus
Publisher : Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (418.057 KB) | DOI: 10.51806/an-nahdlah.v1i1.10

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplin guru pada masa pandemik covid-19 dan bagaimana kendala yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplin guru di SMP Islam Plus Darul Hukumaini Jonggat Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah Tahun. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplin guru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Adapun wawancara dilakukan dengan metode wawancara terstruktur kepada narasumber yaitu guru dan kepala sekolah, observasi untuk melihat kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh guru sebagai data pendukung dari hasil wawancara. Sedangkan teknik analisis data dengan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan guru di SMP Islam Plus Darul Hukumaini Jonggat sudah cukup baik namun masih tetap perlu diadakan upaya peningkatan karena berbagai pelanggaran tata tertib guru/protocol kesehatan kerap kali terjadi. Sedangkan faktor pendukung kepala sekolah yakni prasarana sekolah, peraturan sekolah yang akuntabel, dan lingkungan sekolah.
STRATEGI PENANAMAN KARAKTER ISLAMI DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII DI MTs DARUSSHOLIHIN NW KALIJAGA Muzakkir Walad
An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2021): Mei-Agustus
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (432.432 KB) | DOI: 10.51806/an-nahdlah.v1i1.11

Abstract

Madrasah telah lama dianggap sebagai lembaga sosial yang memiliki fokus terutama pada pengembangan intelektual dan moral bagi siswanya. Seharusnya, semakin banyak orang terdidik, maka karakter anak semakin baik. Namun kenyataanya bahwa kemerosotan karakter saat ini masih terjadi dikalangan remaja dan dewasa. Salah satunya sekolah menenggah pertama yang banyak melakukan hal-hal yang menyimpang dalam melakukan suatu perbuatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengethui Strategi Penanaman Karakter Islami Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif Subyek dalam penelitian ini adalah guru Aqidah Akhlak kelas VIII MTs Darussholihin NW Kalijaga. Informan dalam penelitian ini adalah wakil kepala madrasah, guru Aqidah Akhlak lainnya dan siswa kelas VIII. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Penanaman Karakter Islami Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas VIII MTs Darussholihin NW Kalijaga. Melalui keteladanan, pembiasaan, motivasi, ceramah, pemberian hukuman. dan Faktor pendukung dalam menanamkan karakter islami terdiri dari dua faktor yaitu internal dan eksternal, faktor internalnya adalah adanya kerja sama antar guru disekolah dan adanya ekstarakurikuler di MTs Darussholihin,sedangkan faktor eksternalnya adalah respon positif dari pemerintah,bekerja sama dengan instasi lain serta dukungan orangtua.
PENGARUH KEMAMPUAN MEMBUAT SIMULASI BERBASIS M-FILE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBUAT SIMULASI GUI PADA PROGRAM MATLAB Zainul Arifin; Muhammad Irwanti
An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2021): Mei-Agustus
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (439.553 KB) | DOI: 10.51806/an-nahdlah.v1i1.12

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kemampuan membuat simulasi berbasis M-file terhadap kemampuan membuat simulasi berbasis GUI (Grafical User Interface) Pada Program MATLAB di Program Studi Tadris Matematika Semester IV Tahun Pelajaran 2018/2019. Adapun analisis data, penelitian menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan Software MINITAB untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antar variabel. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh nilai rhitung = 20.80. Nilai ini selanjutnya dibandingkan dengan nilai rtabel dengan taraf signifikansi 5% dan diperoleh rtabel =4,10. Dari hal tersebut, diperoleh bahwa rhitung > rtabel. Hasil kemampuan simulasi M-file terdapat 10 orang mahasiswa yang kemampuan membuat simulasi M-file dalam katagori tinggi dengan presentase sebesar 27%, 27 orang mahasiswa memiliki kemampuan berbasis M-file dalam kategori sedang dengan presentase 73% dan tidak ada memiliki kemampuan rendah. Kemampuan membuat simulasi berbasis GUI terdapat 8 orang mahasiswa memiliki Hasil kemampuan berbasis GUI dalam kategori tinggi dengan presentase sebesar 22%, 29 orang mahasiswa memiliki Hasil kemampuan berbasis GUI dalam kategori sedang dengan presentase sebesar 78% dan tidak ada mahasiswa yang memiliki kemampuan berbasis GUI dalam kategori rendah. Sehingga dari hasil ini menunjukkan Ada Pengaruh Kemampuan Mahasiswa Membuat Simulasi Berbasis M-File Terhadap Kemampuan Membuat Simulasi Berbasis GUI Pada Program MATLAB
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH Muh Zulkifli; Rosli Hady
An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2021): Mei-Agustus
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.056 KB) | DOI: 10.51806/an-nahdlah.v1i1.13

Abstract

Menghadapi era globalisasi yang penuh dengan persaingan dan ketidak puasan dibutuhkan guru yang visioner yang mampu mengelola proses belajar mengajar secara efektif dan inovatif di dalam kelas. Juga diperlukan perubahan strategi dan model pembelajaran yang sedemikian rupa sehingga dapat memberikan nuansa yang menyenangkan bagi guru dan peserta didik, sehingga tujuan pendidikan itu dapat tercapai atau berdaya guna. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar adalah dengan menerapkan model pembelajaran langsung. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran fiqih dalam meningkatkan prestasi siswa di kelas VII MTs Babussalam NW Pengadang Baru, kendala apa saja yang menghambat meningkatnya prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data metode yang digunakan adalah metode wawancara, tes, dokumentasi, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran langsung dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih sudah berhasil dan efektif. Hal ini dapat di lihat dari meningkatnya pemahaman siswa dan keterampilan siswa dalam melaksanakan tata cara taharah. Sehingga prestasi yang dicapai meningkat dan maksimal.

Page 1 of 1 | Total Record : 6