cover
Contact Name
Ahmad Fitriansyah
Contact Email
ahmad.fitriansyah@swadharma.ac.id
Phone
+6287870716976
Journal Mail Official
jurnal.jris@swadharma.ac.id
Editorial Address
Kampus 1 Institut Teknologi dan Bisnis Swadharma Jl. Malaka No.3, Tambora, Jakarta Barat 11230
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
JURNAL REKAYASA INFORMASI SWADHARMA (JRIS)
ISSN : 27745759     EISSN : 27745732     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh LPPM ITB Swadharma. Jurnal ini mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian dengan topik Big Data, Sistem Informasi Berbasis Komputer, Data Mining, Data Scientists, Enterprise Architecture, Enterprise Resource Planning (ERP), Tata Kelola Teknologi, Information Retrieval System, Audit Sistem Informasi, Manajemen Pengetahuan Berbasis Sistem Informasi, Sistem Informasi Manajemen, Manajemen Proyek, Proses Bisnis, Smart City, Sosial Media, Sistem Penunjang Keputusan, Kecerdasan Bisnis.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2023): JURNAL JRIS EDISI JANUARI 2023" : 10 Documents clear
PREDIKSI LUAS LAHAN SAWAH DENGAN PROGRAM MATLAB MENGGUNAKAN JARINGAN SYARAF TIRUAN Salma Rita
JRIS : Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma Vol 3, No 1 (2023): JURNAL JRIS EDISI JANUARI 2023
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Swadharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56486/jris.vol3no1.255

Abstract

Indonesia is a country that makes rice as a staple food. This means that the more rice consumption is offset by an increase in population, the narrower the area of paddy fields due to the shift in function of paddy fields. It is very important to monitor land use in an area to avoid the problem of narrowing the rice field area caused by misuse of land which impacts on rice production. This study focuses on the objective of predicting the area of paddy fields, where the authors chose Cikampek District as research material. In addition, the authors use artificial neural networks as a method in their predictions. The program with matlab was chosen to display the predicted results where it was used as an indicator of the achievement of this research. This research method uses data from the Badan Pusat Statistik (BPS) for the Cikampek District area. The data used is from 2010 to 2020. The use of artificial neural networks with backpropagation has succeeded well in predicting the area of paddy fields where the parameters used in the design of artificial neural networks that must be considered include the number of input neurons, the hidden layer and the output layer. The results of the implementation with matlab obtained a graphic output from neural network training with MSE of 0.030922 and the test produced a regression of 0.9747.Indonesia merupakan negara yang menjadikan beras sebagai salah satu makanan pokok. Hal ini, semakin banyak konsumsi beras yang diimbangi dengan pertambahan jumlah penduduk, maka luas lahan persawahan semakin menyempit dikarenakan beralih fungsinya lahan sawah. Sangat penting untuk memantau penggunaan lahan di suatu wilayah untuk menghindari masalah penyempitan kawasan persawahan yang disebabkan oleh penyalahgunaan lahan yang berimbas pada produksi beras. Penelitian ini berfokus pada tujuan untuk prediksi luas lahan sawah, dimana penulis memilih Kecamatan Cikampek sebagai bahan penelitian. Selain itu, penulis menggunakan jaringan syaraf tiruan sebagai metode dalam prediksinya. Program dengan matlab dipilih untuk menampilkan hasil prediksi dimana hal tersebut digunakan sebagai indikator capaian dari penelitian ini. Metode penelitian ini menggunakan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) wilayah Kecamatan Cikampek. Data yang digunakan adalah dari tahun 2010 sampai 2020. Penggunaan jaringan syaraf tiruan dengan backpropagation berhasil dengan baik dalam memprediksi luas lahan sawah dimana parameter yang digunakan dalam perancangan jaringan syaraf tiruan yang harus diperhatikan diantaranya jumlah neuron yang dimasukan, layer tersembunyi dan layer keluaran. Hasil implementasi dengan matlab diperoleh grafik keluaran dari neural network training dengan MSE sebesar 0,030922 dan pada pengujian menghasilkan regresi sebesar 0,9747.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN HAJI BERBASIS WEBSITE Syamsul Bakhri; Ali Haidir
JRIS : Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma Vol 3, No 1 (2023): JURNAL JRIS EDISI JANUARI 2023
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Swadharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56486/jris.vol3no1.275

Abstract

Registration for the pilgrimage is the first and main step that must be taken by every Muslim who intends to carry out the implementation of the pillars of Islam towards the Holy Land. Indonesia as a country whose people have high enthusiasm for the implementation of the pilgrimage from time to time. Therefore, to realize the pilgrimage registration service, good administrative activities are needed to support, assist, serve, and facilitate the pilgrimage registration process. However, not all KBIH have a supporting registration system and data management is still manual. Therefore it is necessary to have a more effective information system for the management of Hajj registration. The Hajj registration application was made with the aim of making it easier for pilgrims to get information services and socialization of worship guidance, this application also makes it easier for KBIH to manage data collection and filing of pilgrims quickly, effectively and efficiently. This application uses the waterfall method in its software development. System modeling uses the unified modeling language method, this method is visually used as a means of designing object-oriented systems. This system is made with mysql database software, codeigneiter, php, and javascript as the programming languange.Pendaftaran ibadah haji merupakan langkah pertama dan utama yang harus dilakukan setiap umat Islam yang berniat menunaikan pelaksanaan rukun Islam menuju ke Tanah Suci. Indonesia sebagai negara yang masyarakatnya memiliki antusiasme tinggi terhadap pelaksanaan ibadah haji dari masa ke masa. Oleh sebab itu, untuk mewujudkan layanan pendaftaran ibadah haji diperlukan kegiatan administrasi yang baik guna mendukung, membantu, melayani, dan mewadahi dalam proses pendaftaran ibadah haji. Namun tidak semua KBIH mempunyai sistem pendaftaran yang menunjang dan pengelolaan datanya masih manual. Maka dari itu perlu adanya sistem informasi yang lebih efektif untuk pengelolaan pendaftaran Ibadah Haji. Aplikasi Pendaftaran ibadah haji dibuat bertujuan untuk memudahkan Jamaah dalam mendapatkan pelayanan informasi dan sosialisasi bimbingan ibadah, aplikasi ini juga memudahkan pihak KBIH dalam mengelola pendataan dan pemberkasan jamaah yang cepat, efektif dan efesien. Aplikasi ini menggunakan metode waterfall dalam pengembangan perangkat lunaknya. Pemodelan sistem menggunakan metode unified modelling language, metode ini secara visual digunakan sebagai sarana perancangan sistem berorientasi objek. Sistem ini dibuat dengan software database mysql, codeigneiter, php, dan javascript sebagai bahasa pemrogramannya.
PENERAPAN ANALISIS PIECES PADA RANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN HUMAN ASSET VALUE BERBASIS WEB Harun Ar-Rasyid; Jamah Sari; Chika Rahayu
JRIS : Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma Vol 3, No 1 (2023): JURNAL JRIS EDISI JANUARI 2023
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Swadharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56486/jris.vol3no1.287

Abstract

The purpose of this research is to analyze and design a website-based Human Asset Value information system so that companies can make appropriate decisions, make it easier for companies to find high-performing employees, and be fairer in assessing employee performance. The method used is a qualitative research method by carrying out field observations and interviews with managers and staff of PT. Sumber Agung Motor regarding the data and information needed for the system to be developed. The results of the research are in the form of a website-based Human Asset Value information system design with the concept of Human Asset Value Mapping. The designed system has services for managing master data, consisting of job data, department data, employee data, work process master services, and work product master. Transaction data management services consist of the PPA Program and Design IPP. Report management services consist of progress performance reports and assessment results reports.Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis dan merancang sistem informasi Human Asset Value berbasis website agar perusahaan dapat melakukan pengambilan keputusan yang sesuai, dan mempermudah perusahaan dalam mencari karyawan yang berprestasi serta dapat lebih adil dalam menilai kinerja karyawan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan melaksanakan observasi lapangan dan wawancara dengan manajer dan staf PT. Sumber Agung Motor terkait data dan informasi yang diperlukan pada sistem yang akan dikembangkan. Hasil penelitian berupa rancangan sistem informasi Human Asset Value berbasis website dengan konsep Human Asset Value Mapping. Sistem yang dirancang memiliki layanan untuk pengelolaan data master, terdiri dari data jabatan, data departemen, data karyawan, layanan master proses kerja, master hasil kerja. Layanan pengelolaan data transaksi terdiri dari PPA Program, Design IPP. Layanan pengelolaan laporan terdiri dari laporan progress performance dan laporan hasil penilaian.
SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BAHAN BAKU PRODUKSI PADA PT. COFEE BLACK GALLERY JAKARTA RC Esti Nursumaryanti; Taufiqurrochman Taufiqurrochman; Erian Wehalo
JRIS : Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma Vol 3, No 1 (2023): JURNAL JRIS EDISI JANUARI 2023
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Swadharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56486/jris.vol3no1.295

Abstract

In the era of globalization, especially in the field of information technology, the development of the business world is currently increasing rapidly, requiring accurate, fast, and systematic information. Precise and accurate information to assist management in determining raw material requirements, and monitoring and reporting raw materials. Production raw materials are one of the parts or divisions of PT. Coffee Black Gallery has a direct impact on the company's overall production performance. Delays in the schedule for fulfilling products ordered by consumers can be detrimental to the company in terms of an unfavorable image. Meanwhile, if the supply of raw materials for production is excessive, it can increase storage costs, damage, and loss of raw materials. The research aims to design an effective and real-time production raw material inventory data processing system application. This study uses qualitative research methods using field research approaches and library research in its data collection method using observation and interview techniques. The results of the research are in the form of a data processing application system designed for the production of raw material inventories that are made, as an effort to improve the old system and have been implemented properly according to the plan.Pada era globalisasi terutama di bidang teknologi informasi saat ini perkembangan dunia usaha yang semakin pesat membutuhkan informasi yang tepat, cepat, dan sistematis. Informasi yang tepat dan akurat untuk dapat membantu pihak manajemen dalam menentukan kebutuhan bahan baku, memantau, dan melaporkan bahan baku. Bahan baku produksi merupakan salah satu bagian atau divisi PT. Cofee Black Gallery yang memiliki dampak langsung terhadap kinerja produksi perusahaan secara keseluruhan. Keterlambatan jadwal pemenuhan produk yang dipesan konsumen dapat merugikan perusahaan dalam hal image yang kurang baik. Sedangkan jika persediaan bahan baku produksi berlebihan dapat meningkatkan biaya penyimpanan, kerusakan, dan kehilangan bahan baku. Tujuan penelitian adalah merancangan aplikasi sistem pengolahan data persediaan bahan baku produksi yang efektif dan realtime. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian lapangan (Field Research) dan penelitian kepustakaan (Library Research) dalam metode pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian berupa rancangan sistem aplikasi pengolahan data persediaan bahan baku produksi yang dibuat, sebagai upaya perbaikan dari sistem yang lama dan telah diimplementasikan dengan baik sesuai dengan rencana.
ANALISA METODE PIECES DALAM REKAYASA SISTEM INFORMASI JASA PENGIRIMAN BARANG BERBASIS WEB Jelman Nasri; Khusnul Khoiriyah; Diki Romadoni
JRIS : Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma Vol 3, No 1 (2023): JURNAL JRIS EDISI JANUARI 2023
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Swadharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56486/jris.vol3no1.296

Abstract

Goods delivery companies that provide services that have additional features will certainly be a priority for users of goods delivery services, and will indirectly increase customer satisfaction. PT. Sinar Bahana Mandiri is a company engaged in the field of freight forwarding services, serving goods delivery to all parts of Indonesia, both door-to-door and port-to-port. When the system is running, customers cannot receive real-time delivery information. This research aims to create a goods delivery service system that can find out information about the goods it sends. The research method used is a qualitative method with data collection techniques using observation and interviews. The results of the research are in the form of a Web-Based Freight Forwarding Service Information System application that can increase the speed and ease of carrying out the process of sending goods.  Perusahaan pengiriman barang yang memberikan layanan yang memiliki fitur tambahan tentunya akan menjadi prioritas oleh para pemakai jasa pengiriman barang, dan secara tidak langsung akan meningkatkan kepuasan para pelanggan. PT. Sinar Bahana Mandiri merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman barang, melayani pengiriman barang ke seluruh wilayah Indonesia baik pengiriman barang door-to-door maupun port-to-port. Sistem yang berjalan, pelanggan tidak dapat menerima informasi pengiriman barang secara real time. Tujuan penelitian ini untuk membuat sebuah sistem jasa pengiriman barang yang dapat mengetahui informasi tentang barang yang dikirimnya. Metoda penelitian yang digunakan merupakan metoda kualitatif dengan Teknik pengumpulan data yang digunakan Observasi dan wawancara. Hasil penelitian berupa aplikasi Sistem Informasi Jasa Pengiriman Barang Berbasis Web dapat meningkatkan kecepatan dan kemudahan dalam melakukan proses pengiriman barang.
PENERAPAN ANALISA SWOT UNTUK PERANCANGAN SISTEM PENGGAJIAN KARYAWAN KOPERASI PUTRA SETIA MANDIRI Hari Suryantoro; Heru Winarno; Iqbal Fachrian
JRIS : Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma Vol 3, No 1 (2023): JURNAL JRIS EDISI JANUARI 2023
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Swadharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56486/jris.vol3no1.289

Abstract

This research aims to design a payroll information system for the employees of the Putra Setia Mandiri Cooperative by applying the SWOT analysis method. The current problem is still being done manually using the MS assist program. Excel. The process of calculating employee salaries still uses formulas in excel and the data is not stored in the database, so it requires a repeated checking process. For this reason, an accurate payroll system is needed with an easy input process and fast and precise data output. This study uses field research methods with data collection techniques in the form of interviews and observations. Then the results are described quantitatively in the form of an information system design. The results of the research are in the form of applying the results of the SWOT analysis which can help determine the right information system design according to the needs of the institution to overcome the problems currently faced.Tujuan penelitian adalah untuk merancang sistem informasi penggajian untuk karyawan Koperasi Putra Setia Mandiri dengan menerapkan metode analisis SWOT. Permasalahan saat ini masih dilakukan secara manual menggunakan program bantu MS. Excel. Proses perhitungan gaji karyawan masih menggunakan rumus di excel dan data-data tersebut tidak tersimpan ke dalam basis data sehingga membutuhkan proses pengecekan yang berulang-ulang. Untuk itu dibutuhkan sistem penggajian yang akurat  dengan proses input yang mudah dan output data yang cepat dan tepat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi untuk kemudian hasilnya dideskripsikan secara kuantitatif dalam bentuk rancangan sistem informasi. Hasil penelitian berupa penerapan hasil analisa SWOT yang dapat membantu menentukan rancangan sistem informasi yang tepat dan sesuai kebutuhan lembaga untuk  mengatasi permasalahan yang dihadapi saat ini
PENERAPAN METODE FUZZY PADA SISTEM PENILAIAN KINERJA KARYAWAN TOKO MAS CITRA Yogasetya Suhanda; Heru Winarno; Alfiandi Alfiandi
JRIS : Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma Vol 3, No 1 (2023): JURNAL JRIS EDISI JANUARI 2023
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Swadharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56486/jris.vol3no1.297

Abstract

Performance appraisal is the process of measuring the organization in achieving the goals that have been set. Performance appraisal can also be interpreted as a periodic determination of the operational effectiveness of an organization, and its personnel, based on the vision, mission and organizational standards that have been previously set. HR management of a company greatly influences many aspects of determining the success of the work of the company. Performance appraisal is carried out between superiors and subordinates, looking at the work of employees in the last year. Employee performance appraisal at Toko Mas Citra still uses a manual system so that the files are not neatly arranged. The fuzzy method is used to get the best employee performance, with 5 criteria to produce the greatest value selected. This research is to design an employee performance appraisal application with a fuzzy method, to get a bonus. The designed system provides convenience in processing data, as well as preparing reports, sending performance appraisal information so that it is cost and time efficient.Penilaian kinerja merupakan proses pengukuran organisasi dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Penilaian kinerja dapat juga diartikan sebagai penentuan secara periodik efektivitas operasional suatu organisasi, dan personilnya, berdasarkan visi, misi dan standar organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya. Pengelolaan SDM dari suatu perusahaan sangat mempengaruhi banyak aspek penentu keberhasilan kerja dari perusahaan tersebut. Penilaian kinerja dilakukan antara atasan dengan bawahan, melihat hasil kerja karyawan dalam setahun terakhir. Penilaian kinerja karyawan pada Toko Mas Citra masih menggunakan sistem manual sehingga berkas-berkas file tidak tersusun secara rapi. Metode fuzzy digunakan dalam mendapatkan kinerja karyawan terbaik, dengan 5 kriteria untuk menghasilkan nilai terbesar yang terpilih. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi penilaian kinerja karyawan dengan metode fuzzy, untuk mendapatkan bonus. Sistem yang dirancang memberikan kemudahan dalam memproses data, maupun pembuatan laporan, pengiriman informasi penilaian kinerja sehingga efisiensi biaya dan waktu.
SISTEM INFORMASI PENDATAAN IMUNISASI BERBASIS WEB PADA PUSKESMAS KELURAHAN PENJARINGAN Septiana Ningtyas; Ike Kurniati; Anwar Ma’ruf
JRIS : Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma Vol 3, No 1 (2023): JURNAL JRIS EDISI JANUARI 2023
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Swadharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56486/jris.vol3no1.292

Abstract

The Human health has a very broad scope both from lifestyle, disease prevention to healing. Children are immunized, meaning they are given immunity against a certain disease. The fact of recording and reporting this activity in the field has several obstacles, such as if the mother forgot to bring or lost the record about her baby's previous immunizations, or the report book from the officer was damaged or lost. This affects the officer's report to the next level. Conditions like this can affect the health of the baby. Because officers have difficulty seeing the data on the actions that have been taken. Based on the background of the problem, this research will discuss how to build a system that can be used to collect data on the implementation of immunization activities at the Penjaringan village health center. The aim of this research is to build a system that can assist officers in recording their activities. Technological Feasibility for Systems that are technologically designed are declared feasible, provide convenience for users and can help to store a child's immunization history.Kesehatan manusia memiliki cakupan yang sangat luas baik dari pola hidup, pencegahan penyakit sampai dengan penyembuhannya. Anak diimunisasi, berarti diberikan kekebalan terhadap suatu penyakit tertentu. Fakta tentang pencatatan dan pelaporan kegiatan ini di lapangan memiliki beberapa kendala, seperti jika sang ibu lupa membawa atau menghilangkan catatan tentang imunisasi bayi mereka yang sebelumnya, atau buku laporan dari petugas rusak atau hilang. Hal ini mempengaruhi laporan petugas ke jenjang berikutnya. Kondisi seperti ini dapat mempengaruhi kesehatan sang bayi. Karena petugas kesulitan melihat data tindakan yang telah dilakukan. Berdasarkan latar belakang permasalahannya, maka penelitian ini, yang akan dibahas bagaimana membangun sebuah sistem yang dapat digunakan untuk melakukan pendataan pelaksanaan kegiatan imunisasi di Puskesmas kelurahan Penjaringan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sebuah sistem yang dapat membantu petugas dalam mendata kegiatannya. Kelayakan Teknologi bagi Sistem yang dirancang secara teknologi dinyatakan layak, memberikan kemudahan bagi penggunanya dan dapat membantu untuk menyimpan riwayat imunisasi anak
PENINGKATAN SERVICE PELANGGAN MELALUI APLIKASI PELACAKAN PENGIRIMAN LOGISTIK PADA PT TRANS SUMATERA Dhila Franzely Dhimas Putra; Christine Sientta Dewi; Sentosa Kusnadi
JRIS : Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma Vol 3, No 1 (2023): JURNAL JRIS EDISI JANUARI 2023
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Swadharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56486/jris.vol3no1.294

Abstract

The rapid development of information technology, humans have a desire to find out the latest information as quickly as possible. The desire arises so that between each computer can interact with each other and form a network. Making a web page as a provider of information on the internet, allows all the desired information to be displayed and accessed by everyone in all corners of the world through HTML. PT. Sarana Trans Sumatra, a company engaged in the field of Ship Freight Expedition (EMKL), serves EMKL shipments with Less Container Load (LCL) and Full Container Load (FCL) services. So far there have been problems in controlling goods due to the frequent occurrence of duplicate data and the lack of information on the whereabouts of goods to customers. A logistics delivery tracking information system is needed to track the position of goods, and provide precise and accurate data to improve customer service. The aim of the research is to design an information system that can provide information to customers regarding the status of goods shipments, control goods and present data accurately. Feasibility test results The system is designed technologically very feasible, easy to operate according to plan.Berkembang pesatnya teknologi informasi, manusia mempunyai keinginan untuk mengetahui informasi terbaru secepat mungkin. Timbul keinginan agar antara tiap komputer dapat berinteraksi satu sama lain dan membentuk jaringan. Pembuatan web page sebagai penyedia informasi di internet, memungkinkan Segala informasi yang diinginkan dapat ditampilkan maupun diakses oleh semua orang di segala penjuru dunia melalui bahasa HTML. PT. Sarana Trans Sumatera, perusahaan yang bergerak di bidang Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL), melayani pengiriman EMKL dengan layanan Less Container Load (LCL) dan Full Container Load (FCL). Sejauh ini terjadi kendala dalam pengontrolan barang dikarenakan sering terjadi nya duplikat data dan kurangnya informasi keberadaan barang kepada customer. Diperlukan sebuah sistem informasi Tracking pengiriman logistik untuk melacak posisi barang, dan memberikan data yang tepat serta akurat untuk meningkatkan pelayanan pelanggan. Tujuan Penelitian adalah untuk merancang sebuah sistem informasi yang dapat menyediakan informasi kepada pelanggan mengenai status pengiriman barang, melakukan pengontrolan barang dan menyajikan data secara akurat. Hasil uji Kelayakan Sistem yang dirancang secara teknologi sangat layak, mudah dioperasikan berjalan sesuai dengan rencana.
PENGGUNAAN METODE FIFO UNTUK PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BARANG BERBASIS WEB Satrio Broto; Rahmad Fitri; Fransiskus Diron
JRIS : Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma Vol 3, No 1 (2023): JURNAL JRIS EDISI JANUARI 2023
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Swadharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56486/jris.vol3no1.290

Abstract

Currently, the information system is very important in carrying out job and business activities. The information system is expected to facilitate work and company goals can be achieved optimally. CV. Mulia Agung Elektronik is a company engaged in the trading of electronic devices. The research objective is to produce an inventory information system that applies the First-In-First-Out method using a web-based application. The methodology used is direct observation of the ongoing process flow and interviews with the head and staff at CV. Mulia Agung Elektronik. The results are a system design consisting of three input data: user data, supplier data, and goods data. There are two processes, the incoming goods process, and the outgoing goods process and reports. The system was built using the PHP programming language to make it easier to access the system created.Saat ini sistem informasi merupakan hal yang sangat penting dalam menjalankan suatu pekerjaan dan kegiatan usaha. Dengan sistem informasi diharapkan mempermudah pekerjaan dan tujuan perusahaan dapat tercapai secara maksimal. CV. Mulia Agung Elektronik adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan alat-alat elektronik. Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan sistem informasi persediaan yang menerapkan metode First In First Out dengan menggunakan aplikasi berbasis web. Metodologi yang digunakan yaitu pengamatan langsung terhadap alur proses yang sedang berjalan dan proses wawancara dengan kepala dan staf di CV. Mulia Agung Elektronik. Hasil penelitian berupa rancangan sistem yang terdiri dari tiga data input yaitu  data user, data supplier dan data barang. Terdapat dua proses yaitu proses barang masuk dan proses barang keluar serta laporan. Sistem dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP untuk memudahkan pengaksesan sistem yang dibuat.

Page 1 of 1 | Total Record : 10